TrikMerawat Extraordinary Man!

7 Tips Cara Merawat Udang Hias Di Akuarium

4 min read

cara merawat udang hias

Jika berbicara tentang udang mungkin beberapa orang akan langsung tertuju pada udang yang biasanya diolah menjadi hidangan. Padahal ada spesies lain yang juga bisa dipelihara karena memiliki warna yang lebih estetis yakni udang hias. Anda bisa memeliharanya untuk mempercantik akurium anda di rumah. Jika anda tertarik sebaiknya anda simak tips cara merawat udang hias pada akurium berikut.

Anda bisa memeliharanya untuk mempercantik akurium anda di rumah. Jika anda tertarik sebaiknya anda simak tips cara merawat udang hias pada akurium berikut.

Tips Cara Merawat Udang Hias Di Akurium


1. Perhatikan Tempat Tinggal Udang Hias

Tempat tinggal udang hias yakni akurium sebaiknya berukuran minimal 18.9 liter. Hal ini dikarenakan saat sudah dewasa udang bisa lebih agresif dan bisa menyerang satu sama lain.

Udang hias termasuk hewan yang nantinya bisa bersihkan dirinya sendiri namun, anda tetap harus menyediakan filter tambahan. Filter nantinya bertujuan untuk menjaga keadaan akuarium sehingga, tetap menjadi habitat yang sehat untuk udang hias.

Baca Juga : Cara Merawat Ikan Koi

Ada beberapa filter yang bisa anda gunakan yakni filter spon internal yang bisa berperan menjadi sumber makanan untuk udang. Filter internal juga akan berguna untuk keluarkan air dari tangi sebelum bekerja untuk menyaring apabila ukuran tangki besar.

Filter lain yang  bisa digunakan eksternal yang berguna untuk menyaring kotoran dan mengubah air. Dengan adanya filter kondisi air di dalam akurium akan semakin terjaga.

Red Cherry Shrimp merupakan Udang Hias yang Sangat Populer Hingga Saat Ini

2. Pelajari Karakter dan Ukuran Udang

Dalam cara merawat udang hias di akurium, anda haruslah memperhatikan jumlah udang yang akan menempati satu akuarium. Satu akuarium biasanya ditempati 10 hingga 20 ekor dengan ukuran yang sama.

Namun jumlah ini juga harus disesuaikan dengan ukuran dari akuarium yang anda gunakan. Jumlah yang sebelumnya disebutkan ditujukan untuk akuarium yang memiliki ukuran 2.5 galon.

Jika anda ingin memelihara jenis udang yang berbeda dalam satu akurium tetap bisa dilakukan. Namun pastikan anda memahami terlebih dahulu dari masing-masing jenis udang hias.

Hal ini bertujuan agar tidak adanya saling mangsa antar udang. Seperti yang terjadi jika anda memelihara udang hias lengan panjang atau udang galah yang nantinya akan memangsa spesies yang lebih kecil darinya. Sehingga anda harus memperhatikan hal ini dengan baik.

3. Memberi Alas Akuarium

Akurium untuk memelihara uang hias sebaiknya alas akuarium diisi dengan pasir halus dan tidak mengunakan kerikil besar. Kegunaan dari alas ini adalah agar udah lebih mudah untuk memakan makanannya, karena makanan bisa tertampung pada alas.

Anda juga bisa menambahkan batu karang atau kayu sebagai tempat bermain untuk udang. Udang gemar sekali mengali lubang hal inilah yang membuat anda harus menyediakan pasir.

Baca Juga : Cara Merawat Ikan Cupang

Pasir dan kerikil bisa anda pilih yang bewarna natural seperti coklat, hitam atau putih seperti yang dianjurkan dalam cara merawat udang hias di akuarium.

Sebaiknya anda mengaduk pasir dengan teratur agar tidak terjadi adanya dead spot pada akuarium yang bisa membuatnya cepat rusak. Anda juga bisa memberi tambahan tanaman hias asli  pada akurium, sebagai tempat bersembunyi dan untuk membuat udang hias semakin nyaman.

Penting untuk anda membuat akuarium mirip dengan habitat asli untuk itu penambahan pasir dan tanaman hias bewarna hijau dibutuhkan. Jika udang merasa nyaman di dalam akuarium, maka udah tidak akan mudah stress.

Anda juga sebaiknya menganti airnya secara teratur agar, akuarium tetap bersih dan terlihat indah. Pastikan bukaan filter tertutp rapat agar udang tidak lari, karena hewan satu ini sangat suka mengeksplor dan cukup pintar melarikan diri.

4. Memberi Makan Secara Teratur

Tidak hanya menyediakan lingkungan tempat tinggal yang nyaman namun juga harus memastikan bahwa udang memiliki jadwal makan yang teratur. Makanan yang biasanya diberikan pada udang hias adalah pelet yang tidak mengambang atau tenggelam.

Pelet jenis ini tidak hanya menjadi makanan utama, namun masih ada beberapa makanan pendamping yang bisa anda sesuaikan dengan jenis udang hias yang anda pelihara.

Anda juga bisa memberikan makanan pendamping lain untuk udang sebagai cara merawat udang hias yang baik dan benar. Udang hias dikelompokkan menjadi 2 yakni Neo Cardina dan Cardina.

Baca Juga : Cara Merawat Kura-Kura Brazil

Untuk jenis Neo Cardina umumnya mereka membutuhkan makanan yang berbahan sayuran. Anda bisa memberi makan daun bayam yang sudah direbus setengah matang agar bisa tenggelam. Anda juga bisa mengunakan sayur lain seperti kol atau kacang polong tanpa kulit.

Sementara untuk jenis udang Cardina makanan yang diberikan harus mengandung banyak kalori. Untuk mendapatkannya anda bisa mengunakan makanan udang yang berbahan daging dalam bentuk pellet atau cacing beku.

Makanan lain bisa berupa ulat sutra, serpihan ikan ataupun ayam yang telah dimasak, alga dan lain sebagainya. Jadwal pemberian makan bisa anda lakukan 2 kali dengan jumlah yang bisa dihabiskan udang hias dalam waktu 1- 3 menit.

Bila anda menginginkan udang segera bertelur atau merangsang telur, anda bisa memberinya makanan berupa keong. Daging keong bisa anda masukkan secara langsung atau ditumbuk.

Konsumsi keong ini bisa membuat hormon udang hias meningkat yang nantinya akan membuat udang mengalami perkawinan sehingga udang akan cepat bertelur. Pastikan anda memberikan semua makanan dengan porsi yang sesuai.

Jangan Memberi makan udang dengan apapun yang mengandung tembaga, karena itu akan membunuh Udang

5. Penempatan Akuarium Yang Tepat

Memilih tempat penempatan yang tepat juga termasuk dalam cara merawat udang hias karena mempengaruhi kesehatan udang hias. Sebaiknya anda meletakkan akuarium di tempat yang memiliki suhu yang konsisten dengan cahaya yang tidak berlebihan.

Anda juga disarankan untuk memberi jarak 13 cm dari tembok untuk meletakkan filter. Hindari juga area telalu banyak sinar matahari, dan tepat yang dekat dengan ventilasi agar air tidak cepat kotor.

6. Perhatikan Proses Ganti Kulit

Udang termasuk hewan yang akan menganti kulit atau cangkang sesuai dengan ukuran tubuhnya yang berubah. Pada saat ganti kulit udang cenderung lebih ringkih sehingga butuh perhatian lebih.

Sebaiknya anda jangan membuang cangkang saat berganti cangkang, biarkan udang memakannya agar cangkang baru lebih kuat. Anda juga tidak dianjurkan memberi makan karena udang akan memakan cangkangnya sendiri. Ada baiknya jika anda memisahkan udang tersebut.

7. Memilih Mitra Hidup Dengan Tepat

Pemilihan mitra hidup udang termasuk hal yang sulit karena anda harus menentukan jenis ikan atau makhluk lain dengan tepat. Apalagi jika ukarannya lebih besar maka udang hias akan takut dan bersembunyi.

Jenis ikan yang disarankan menjadi mitra hidup dalam cara merawat udang hias di akuarium adalah ikan tetra, ikan tabr, dan ikan plati. Sementara anda harus menghindari ikan cichild, ikan catfish dan ikan cupang karena bisa membunuh udang anda.

Baca Juga : Cara Merawat Ikan Louhan

Memelihara udang hias di dalam akuarium termasuk mudah karena udang, termasuk hewan yang kuat beradaptasi. Tidak hanya itu, udang juga bisa bertahan hidup dengan air yang memiliki pH berbeda dari habitat aslinya.

Bahkan udang hias juga tidak butuh lahan besar sehingga bisa dengan mudah untuk dipelihara dalam akuarium. Namun untuk meraih kesuksesan anda harus memperhatikan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *