Cara Merawat Tubuh

Rahasia Cara Merawat Tubuh dari Virus Corona Secara Alami

Cara Merawat Tubuh dari Virus Corona
Written by Josua Rifandy

Wabah virus Corona pertama kali terjadi di Wuhan, China. Kini, virus yang disebut dengan Covid-19 kini sudah menyebar di berbagai negara, salah satunya Indonesia. Setelah WHO menyatakan status virus ini tergolong pandemi, masyarakat semakin waspada terhadap kesehatan tubuh.

Di Indonesia sendiri, angka penderita corona terus mengalami peningkatan. Pemerintah menghimbau masyarakat untuk melakukan berbagai cara merawat tubuh dari virus corona yang sebenarnya, bisa dilakukan dengan mudah. Seperti yang paling umum, yaitu rajin mencuci tangan agar penyebaran penyakit ini dapat berkurang.

Virus corona sejauh ini belum ditemukan obat penangkalnya, baik untuk mencegah maupun mengobati. Ilmuwan kesehatan dari berbagai negara sedang berusaha mencari vaksin virus ini.  Sementara menunggu adanya obat yang ampuh untuk melawan virus ini, kita semua bisa melakukan berbagai cara berikut agar tidak terkena wabah ini.

5 Cara Merawat Tubuh dari Virus Corona


Virus corona diperkirakan dibawa oleh hewan yang dapat menular ke manusia. Sedangkan penularan dari manusia ke manusia bisa terjadi sangat cepat, melalui udara saat batuk atau bersin, sentuhan tangan, bahkan sentuhan tidak langsung.

Awalnya virus ini menunjukkan gejala ringan, akan tetapi jumlah korban meninggal akibat virus ini juga mengalami peningkatan. Oleh karena itu, sebaiknya jaga kebersihan tubuh dari kuman dan bakteri. Ikuti cara merawat tubuh dari Virus corona berikut ini.

1. Biasakan Mencuci Tangan dengan Benar

Mencuci tangan merupakan cara paling sederhana mencegah tubuh dari paparan virus corona. Tapi, masih banyak yang belum paham cara mencuci tangan dengan baik dan benar. Sebaiknya, ikuti langkah mencuci tangan yang tepat berdasarkan arahan dari WHO supaya tangan benar-benar bebas dari kuman dan bakteri.

Pertama, basahi tangan dengan air mengalir. Tuang sabun secukupnya, lalu gosok kedua telapak tangan. Jangan lupa gosok punggung tangan dan sela-sela jari. Genggam dan gosok ibu jari dengan gerakan memutar.

Baca Juga : 7 Tips Hilangkan Stres dengan Mudah

Terakhir, gosok bagian ujung jari ke telapak tangan. Kemudian, basuh sabun dengan air mengalir. Keringkan tangan menggunakan lap sekali pakai atau tisu.

Tidak ada ketetapan berapa kali harus mencuci tangan, terpenting pastikan mencuci tangan secara rutin. Terutama setelah menggunakan toilet, sebelum dan setelah makan, setelah bersih-bersih, setelah beraktivitas di luar ruangan, serta setelah batuk atau bersin.

Apabila lebih banyak waktu bekerja di luar rumah, sebaiknya selalu membawa hand sanitizer. Produk ini berguna sebagai alternatif penghilang kuman jika tidak menemukan air dan sabun di tempat umum. Gunakan produk pembersih tangan yang mengandung 60% atau lebih alkohol.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Segala macam penyakit tidak mudah menyerang tubuh yang memiliki daya tahan kuat. Supaya terhindar dari berbagai macam penyakit, terutama corona sangat disarankan untuk menjalankan pola hidup sehat. Konsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi dan kaya gizi seperti daging, ikan, telur, sayur, dan buah.

Imbangi dengan olahraga rutin setiap pagi dan sore, serta atur pola tidur dengan baik. Itu saja belum cukup, mulai hindari gaya hidup seperti mengonsumsi alkohol dan merokok. Lindungi diri sendiri dan keluarga, jangan sampai terjangkit virus yang cukup berbahaya ini.

3. Tidak Keluar Rumah Jika Tidak Ada Keperluan Penting

Sudah dijelaskan dan dipertegas oleh berbagai pihak, virus ini penularannya sangat cepat. Sehingga pemerintah menetapkan peraturan supaya tidak keluar rumah jika memang tidak terlalu penting.

Sekolah sudah diliburkan untuk mengurangi penularan, beberapa perusahaan juga mulai memberlakukan karyawannya untuk bekerja dari rumah.

Hindari berkunjung ke daerah yang tercatat sebagai zona merah. Apalagi yang merencanakan bepergian ke luar negeri, jika bukan urusan pekerjaan sebaiknya tunda perjalanan sampai kondisi stabil.

Ada 160 lebih negara yang sudah terinfeksi corona. Jadi, lebih baik untuk tidak mengunjungi negara-negara tersebut.

4. Menggunakan Masker Saat Keluar Rumah

Apabila memang keadaan tidak mendukung untuk bekerja di rumah. Jangan lupa menggunakan masker pelindung untuk antisipasi penularan. Gunakan masker yang benar-benar safety seperti masker sekali pakai atau masker N95. Kedua jenis masker ini efektif untuk mencegah virus masuk ke dalam tubuh melalui mulut atau hidung.

Masker sekali pakai mudah ditemukan karena dijual bebas di apotik. Harganya juga terjangkau, serta cocok digunakan untuk sehari-hari. Ingat, penggunaan jenis masker ini hanya sekali pakai. Pastikan mengganti masker yang baru setelah melepas masker yang lama. Penggunaan masker maksimal 8 jam.

Sedangkan masker N95 harganya lebih mahal, memang masker ini dirancang khusus untuk menyaring partikel negatif, bakteri, dan virus yang tersebar di udara. Akan tetapi, masker ini tidak nyaman digunakan untuk beraktivitas.

Pada masker bagian luar, memiliki kemungkinan besar untuk terpapar beragam jenis kotoran atau kuman. Maka dari itu, setelah masker jenis apa saja dilepaskan, selanjutnya jangan lupa untuk segera mencuci tangan.

5. Menghindari Kontak dengan Penderita

Cara terakhir ini sangat penting, hindari seseorang yang terpapar virus atau penderita yang sudah positif suspect corona. Selain menghindari kontak dengan pasien corona, hindari juga olahan makanan yang terbuat dari hewan yang diduga dapat menyebarkan virus tersebut. Seperti kelelawar, unta, atau reptil.

Jika ingin mengkonsumsi makanan yang dibeli diluar, pastikan ikan dan daging yang digunakan masih segar. Sayuran juga dicuci sampai bersih, serta diolah dengan benar. Supaya tidak was-was alangkah baiknya memasak sendiri di rumah.

Perbedaan Gejala Flu Biasa dengan Virus Corona

Gejala yang muncul pada penderita flu dan corona hampir sama. Kedua virus ini sama-sama menyerang saluran pernapasan. Akan tetapi, memiliki karakteristik dan berasal dari golongan yang berbeda. Flu disebabkan oleh virus dari golongan rhinovirus, sementara corona disebabkan oleh virus dari golongan coronavirus.

1. Gejala Flu Biasa

Seseorang akan terserang flu ketika rhinovirus menyerang saluran pernapasan. Penderita penyakit ini umumnya mengalami keluhan yang muncul di hidung dan tenggorokan. Gejala yang muncul seperti:

  1. Bersin-bersin
  2. Hidung mengeluarkan cairan, lendir, atau tersumbat
  3. Tenggorokan terasa sakit
  4. Sakit kepala ringan
  5. Batuk
  6. Demam, gejala yang satu ini jarang terjadi. Secara umum, seseorang mengalami demam ketika daya tahan tubuhnya menurun.

Gejala flu akan muncul satu sampai tiga hari setelah seseorang terpapar virus dari orang lain. Rhinovirus lebih sering menyerang anak-anak, dan dapat terjadi sepanjang tahun. Namun, penyakit ini lebih cepat menular ketika musim hujan.

Untuk penderita flu dengan imunitas lemah, membutuhkan perawatan ringan supaya proses penyembuhan lebih cepat. Sudah banyak pengobatan yang dapat dilakukan untuk meredakan penyakit ini.

Seperti contohnya, mengonsumsi obat berdasarkan anjuran dokter seperti paracetamol, ibuprofen. chlorpheniramine, pseudoephedrine, dan guaifenesin.

2. Gejala Terkena Virus Corona

Sementara, corona menunjukkan gejala yang lebih parah. Gejala umum yang muncul yaitu demam tinggi dan batuk yang disertai dengan sesak napas.

Pasien tertentu juga mengalami nyeri otot, sakit kepala, pilek, dan sakit tenggorokan. Ada pula yang menunjukkan gejala diare dan muntah. Namun, gejala ini sangat jarang terjadi dan bukan gejala utama virus corona.

Kasus yang lebih serius, pasien dapat mengalami komplikasi seperti gangguan pernapasan, infeksi paru yang cukup berat, atau kegagalan fungsi organ tubuh yang lainnya.

Baca Juga : Ketahui Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Kesehatan Tubuh

Untuk itu, masyarakat sangat disarankan untuk tidak mengunjungi negara atau wilayah yang sudah tercatat sebagai zona merah terhadap corona.

Itulah beberapa cara merawat tubuh dari Virus corona dan perbedaan flu biasa dengan virus corona. Apabila muncul gejala, seperti yang disebutkan di atas segera periksakan diri ke dokter.

Jika hanya flu biasa tetap jaga jarak dengan orang yang tidak terjangkit. Menggunakan masker saat keluar rumah sangat penting, terutama yang sudah terkena flu.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo Raih Mimpi Mu.

5 Comments

Leave a Comment