Josua Rifandy Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Skuy Raih Mimpi Mu.

Ayo Belajar Cara Merawat Telinga yang Benar

4 min read

cara merawat telinga

Cara merawat telinga perlu diketahui oleh semua orang untuk menjaga kesehatannya. Ternyata, selama ini banyak kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh sebagian besar orang dalam merawat dan membersihkan telinga mereka.

Beberapa kebiasaan sehari-hari justru menyebabkan fungsi telinga menjadi kurang optimal dalam kemampuannya menangkap suara.

Oleh karena itu, pembahasan kali ini akan menjelaskan secara lengkap tentang fungsi telinga dan bagaimana perawatan yang tepat.

Fungsi Telinga sebagai Indera Pendengaran


Secara umum, telinga digunakan untuk mendengarkan suara yang ada di sekitarnya. Namun, fungsi telinga tidak hanya itu, masih banyak fungsi lainnya dan mendukung kondisi tubuh yang optimal.

Misalnya seperti bagian daun telinga berfungsi mengarahkan suara agar bisa masuk ke lubang telinga.

Setelah itu, suara akan diteruskan ke bagian dalam telinga dan di proses ke otak. Otak akan memproses dan menerjemahkan berbagai macam jenis suara yang Anda dengar.

Berikut Ini Cara Merawat Telinga


Agar fungsi dari setiap bagian telinga bisa bekerja secara optimal, Anda perlu mengetahuiperawatan yang tepat seperti berikut ini:

1. Hindari Penggunaan Cotton Bud

Seperti yang diketahui bersama bahwa cotton bud sudah menjadi salah satu alat untuk membersihkan telinga di kalangan masyarakat secara umum. Namun, kebiasaan ini justru sangat tidak baik dan tidak dianjurkan.

Sebenarnya, telinga memiliki mekanisme sendiri untuk membersihkan area nya atau mengeluarkan kotorannya sendiri secara otomatis.

Baca Juga : Cara Merawat Gigi

Menggunakan cotton bud bukanlah cara merawat telinga yang baik karena akan mendorong kotoran masuk lebih jauh ke dalam bagian telinga.

Jika sudah terjadi hal-hal seperti itu, maka telinga bisa mengalami infeksi atau gangguan dan kerusakan fungsi lainnya.

2. Hindari Menggaruk Telinga Saat Gatal

Jika Anda merasakan gatal di telinga, mungkin reflek Anda akan menggaruk nya. Namun, kebiasaan ini ternyata tidak baik untuk kesehatan telinga bahkan dapat memicu gangguan atau masalah telinga.

Tahukah Kamu? Proses mendengar tidak pernah berhenti, Walaupun Kita Sedang tertidur Telinga tetap Mendengar.

Rasa gatal itu sendiri bisa muncul akibat eksem atau psoriasis, jangan digaruk tetapi datanglah ke dokter untuk pemeriksaan.

3. Kunyah Makanan dengan Baik

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa telinga memiliki mekanisme sendiri dalam mengeluarkan kotorannya. Nah, salah satu cara merawat telinga yaitu dengan mengunyah makanan dengan baik.

Baca Juga : Cara Merawat Gigi dan Gusi

Kunyah makanan hingga benar-benar lumat, barulah Anda bisa menelannya.

Tahukah Kamu? Telinga Bukan hanya berfungsi sebagai alat untuk mendengar, tetapi juga menciptakan keseimbangan dalam tubuh agar Anda dapat berdiri dengan tegap dan tidak jatuh. Telinga juga menjaga keseimbangan kepala yang dilakukan oleh vestibular telinga.

Selain baik untuk sistem pencernaan, hal ini juga baik untuk mekanisme pembuangan kotoran telinga. Gerakan mengunyah makanan ini akan membantu proses pengeluaran kotoran telinga.

Untuk dapat merasakannya secara detail, Anda bisa mencoba mengunyah permen karet.

4. Lakukan Perawatan Secara Rutin

Selain dibersihkan selama satu minggu sekali, Anda juga bisa melakukan perawatan rutin dengan mengunjungi dokter THT.

Lakukan pemeriksaan telinga secara rutin ke dokter spesialis setidaknya setahun sekali. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan telinga Anda.

5. Gunakan Eardrops sebagai Pelindung Telinga

Cara merawat telinga yang benar yaitu dengan menggunakan eardrops saat tidur atau berenang. Hal ini akan mencegah debu, kotoran atau serangga masuk ke dalam telinga dan menyebabkan gangguan infeksi telinga.

Selain itu, sebelum tidur sebaiknya Anda memperhatikan kebersihan bantal dan kasur, ditakutkan ada kotoran, semut atau serangga.

Baca Juga : Cara Merawat Kuku

Saat berenang juga sama, air bisa masuk dan menyebabkan gangguan pas telinga Anda. Selain itu, air juga bisa menghanyutkan kotoran atau serangga kecil dan bisa saja masuk ke telinga.

6. Tutup Hidung Saat Nyeri di Pesawat

Jika Anda sering bepergian menggunakan pesawat, mungkin sesekali Anda merasakan nyeri di telinga. Hal ini biasanya terjadi ketika landing atau tak off, namun saat pesawat sudah di atas pun masalah nyeri telinga mungkin saja terjadi.

Jika Anda mengalami hal ini, Anda bisa menutup hidup dan telinga selama beberapa saat. Selain itu, menguap juga bisa menjadi salah satu solusi untuk menghilangkan nyeri telinga.

7. Gunakan Earphone dan Headphone dengan Bijak

Cara merawat telinga selanjutnya yaitu menggunakan earphone dan headphone dengan bijak, jangan terlalu sering dan jangan terlalu keras. Anda bisa menggunakannya sekitar 2 jam kemudian beristirahat selama 6 jam.

Semua hal yang dilakukan secara berlebihan pasti tidak baik dan menyebabkan hal-hal yang buruk. Sama halnya seperti penggunaan earphone atau headphone untuk mendengarkan suara.

Baca Juga : Cara Merawat Mata

Menurut penelitian oleh Profesor Huggonet, ahli akustik, menggunakan earphone/headphone terlalu sering dengan suara kencang berpotensi menyebabkan gangguan pendengaran.

Kemungkinan yang dapat terjadi yaitu menjadi kurang peka terhadap bunyi atau justru terlalu sensitif dengan bunyi. Penggunaan earphone atau headphone yang terlalu sering juga bisa menghambat pengeluaran kotoran.

8. Telinga Tidak Perlu Terlalu Bersih

Cara merawat telinga yang benar ternyata tidak boleh terlalu bersih. Hal ini karena telinga masih butuh lapisan minyak atau serumen di sekitarnya untuk menjaga bagian dalam telinga. Serumen merupakan lapisan minyak yang biasa ada di sekitar telinga dan teksturnya lengket.

Cairan lengket ini sering dikira kotoran telinga, padahal cairan ini justru berfungsi mengikat debu atau serangga kecil yang mencoba masuk.

Tahukah Kamu? Rambut halus di telinga tidak bisa tumbuh

Serumen akan mengering sendirinya dan keluar secara perlahan. Membersihkan telinga cukup dilakukan seminggu sekali dan jangan terlalu bersih hingga membuatnya kering.

Kondisi ini dapat menyebabkan telinga mudah gatal dan iritasi, bahkan bisa memproduksi lebih banyak serumen yang tidak baik bagi pendengaran.

9. Cobalah Terapi Lilin

Ada beragam cara merawat telinga yang bisa dilakukan, salah satunya dengan terapi lilin. Terapi lilin ini sendiri sudah sangat populer dan banyak dilakukan oleh kalangan muda hingga tua.

Terapi ini bukan hanya sedang tren, tetapi benar-benar bisa membantu dalam mengeluarkan kotoran yang ada pada telinga Anda. Anda bisa mempelajari cara atau langkah-langkahnya dan dilakukan secara mandiri di rumah.

10. Gangguan Telinga Juga Butuh Penangan Dokter

Jika ada masalah atau gangguan seperti infeksi yang terjadi pada telinga Anda bisa membawanya ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Jangan sesekali mengambil keputusan sendiri karena Anda tidak pernah tahu apa gangguan telinga seperti apa yang sedang dialami.

Infeksi telinga ada dua macam yaitu infeksi bagian luar dan tengah, berikut ini gejalanya dan cara merawat telinga yang benar.

Gangguan atau infeksi telinga bagian luar bisa terjadi karena terkena air kotor dan menyebabkan telinga menjadi sakit, bengkak, bahkan bernanah.

Pengobatan pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memberi tetesan antiseptik, namun jangan lupa untuk konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Sedangkan gangguan infeksi bagian telinga dalam umumnya menyerang gendang telinga.

Kondisi yang lebih buruk lagi yaitu pecahnya gendang telinga. Untuk itu, segera konsultasi dengan dokter, biasanya penderita akan diberi resep tablet antibiotik dan obat tetes.

Masalah lainnya yaitu telinga terasa nyeri, kondisi ini bisa disebabkan karena gangguan telinga, radang tenggorokan atau nyeri sendi leher. Nah, itulah beragam cara merawat telinga yang perlu Anda ketahui agar tidak salah lagi. Semoga informasinya bermanfaat.

Telinga Bukan hanya berfungsi sebagai alat untuk mendengar, tetapi juga menciptakan keseimbangan dalam tubuh agar Anda dapat berdiri dengan tegap dan tidak jatuh. Telinga juga menjaga keseimbangan kepala yang dilakukan oleh vestibular telinga.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

Josua Rifandy Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Skuy Raih Mimpi Mu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *