Cara Merawat Benda

Tahap Lengkap Bagaimana Cara Merawat Tas yang Baik dan Benar

cara merawat tas
Written by Josua Rifandy

Hampir semua orang pasti punya yang namanya tas. Apalagi, tas itu merupakan salah satu harta yang berharga, karena selalu dibutuhkan dalam banyak hal. Mulai dari anak sekolah, mahasiswa, hingga orang yang sudah bekerja pasti sangat membutuhkan tas untuk berbagai keperluan.

Bahkan, tidak sedikit orang yang suka mengoleksi tas sebagai hobinya, mulai dari tas bahan kanvas, rajut, hingga tas kulit. Mengoleksi tas artinya harus mau untuk merawatnya. Cara merawat tas memang tidak boleh dilakukan sembarangan. 

Jika tidak dirawat dengan baik dan benar, maka kualitas tas bisa semakin menurun. Tentu, sayang sekali jika tas favorit yang kita miliki jadi jelek dan kusam akibat malas merawatnya. Oleh karena itu, penting sekali meluangkan sedikit waktu untuk merawat tas-tas cantik yang jadi koleksi di lemari. Nah, apa saja tahap merawat tas yang benar? Yuk, simak panduan berikut!

Tips Cara Merawat Tas yang Baik dan Benar


Berikut beberapa langkah dan tips merawat tas di rumah :

1. Segera Keringkan Apabila Tas Basah

cara merawat tas
(Sumber: Facetofeet.com)

Cara merawat tas dimulai dari mengeringkannya. Bagaimana cara mengeringkan tas yang benar? Apakah ketika tas basah, kemudian langsung dijemur di bawah terik matahari layaknya kebanyakan orang menjemur pakaian? Tentu tidak! Ada tips tersendiri untuk mengeringkan tas yang basah setelah dicuci atau dibersihkan. Caranya mudah sekali. Jika tas sudah dibersihkan, entah itu dengan kain basah atau yang lainnya, cukup keringkan tas di dalam ruangan atau indoor saja. 

Baca Juga : Tips Cara Merawat Tas Kulit Agar Tak Mudah Rusak

Tapi ingat, ruangan indoor yang dimaksud di sini adalah bukan ruang tertutup tanpa udaha, diusahakan pilih ruangan yang sejuk dan tidak lembab. Hal ini bertujuan agar warna asli tas tidak pudar. Jika dijemur di bawah matahari langsung, dikhawatirkan bisa merusak tekstur dan warna tas itu sendiri. 

Dengan cara ini, maka tas seolah-olah selalu masih baru karena warnanya terjaga. Satu lagi tips untuk menjaga tas agar tetap terawat dengan baik, yaitu jangan lupa memasukkan silika ke dalam tas. Tujuannya adalah untuk mencegah timbulnya jamur di dalam tas ketika dijemur.  

2. Cegah Tas dari Bau Apek 

Salah satu masalah yang dialami kebanyakan orang adalah tas bau apek. Entah itu karena sudah lama tas tidak terpakai, tas basah kena hujan, atau karena penyebab lainnya. Menggunakan tas yang bau apek tentu sangat tidak nyaman dan bisa mengurangi rasa percaya diri. 

Lalu, bagaimana cara menghilangkan dan menjaga supaya tas tidak bau apek? Tentu, caranya mudah sekali. Hanya saja, dibutuhkan ketelatenan dalam proses perawatannya. Pertama, tas yang akan disimpan di dalam lemari wajib diberi silica. Pengawet tas ini berfungsi untuk menjaga tas agar tidak berjamur dan menimbulkan bau tidak sedap). 

Selain diberi silica, tas juga harus diberi wewangian minimal 1-2 kali selama seminggu. Bisa menggunakan parfum atau pewangi tas khusus. Untuk mencegah dan menghilangkan bau tak sedap akibat jamur, penambahan baking powder ke dalam tas juga sangat dianjurkan. Baking powder dibungkus dengan kain tipis atau kertas saring, lalu dimasukkan ke dalam tas. Baking powder akan menyerap bau yang tidak sedap di dalam tas. Ini menjadi salah satu cara merawat tas yang efektif. 

3. Cuci Tas Tanpa Detergen 

Detergen mengandung bahan-bahan kimia dengan konsentrasi yang cukup kuat. Jika tas dicuci menggunakan detergen, maka dikhawatirkan akan membuat tas yang terbuat dari kulit menjadi mudah terkelupas. Perlu diketahui bahwa sabun membuat pori-pori tas kulit menjadi tersumbat. Oleh karena itu, lama-kelamaan tas kulit akan rusak yang ditandai dengan mengelupasnya permukaan tas. Tas menjadi tampak tidak terawat dan lusuh tampilannya. 

Selain disarankan untuk tidak menggunakan detergen, perawatan tas juga tidak dianjurkan menggunakan tissue basah. Hal ini dikarenakan tissue basah juga mengandung banyak bahan kimia seperti deterjen. Akan tetapi, kandungan zat-zat kimia pada tissue basah tidak sebanyak kandungan kimia pada deterjen ya. Oleh karena itu, membersihkan tas menggunakan detergen dan tissue basah ada baiknya untuk dihindari.

4. Simpan Tas dengan Benar

cara merawat tas
(Sumber: Facetofeet.com)

Menyimpan tas dengan cara ditumpuk dengan tas atau bahkan barang adalah kebiasaan buruk yang mulai sekarang wajib dihindari. Kebiasaan ini justru dapat merusak tas itu sendiri. Tekstur tas akan rusak jika disimpan dengan cara ditumpuk bersama tas lain. 

Lalu, bagaimana cara terbaik untuk menyimpan tas? Cara merawat tas dengan benar adalah dengan menyimpan tas di dalam lemari yang masih ada ventilasi udaranya saja. Letakkan tas berjejer dalam posisi berdiri, tanpa menumpuk tas satu sama lain. Sebelumnya, tas juga harus disimpan di dalam wadah khusus berupa karung. Karung khusus ini biasanya sekaligus didapatkan saat membeli tas tersebut. Penyimpanan tas ke dalam karung khusus bertujuan untuk menghindari adanya debu atau jamur.

5. Gunakan Mantel Tas Saat Hujan 

 Jika sering melakukan aktivitas di luar ruangan, alangkah baiknya untuk menggunakan tas yang dilengkapi dengan mantel tas. Hal ini bertujuan untuk menghindari tas dari percikan air hujan yang bisa merusak kualitas dari tas itu sendiri. Ketika hujan turun dan kebetulan sedang berada di luar ruangan, segera pasang mantel pelindung pada tas. 

Baca Juga : Begini Cara Merawat Kaos Agar Lebih Awet

Menjaga tas dari kondisi basah merupakan upaya untuk mencegah tas berjamur dan menimbulkan bau apek. Selain menghindari tas dari hujan, mantel tas bisa digunakan untuk melindungi tas dari sinar matahari saat berkendara. Hal ini sangat penting untuk menjaga ketajaman warna tas.

6. Rawat Tas yang Kualitasnya Menurun 

cara merawat tas
(Sumber: Tallypress.com)

Jangan cepat-cepat memutuskan untuk mengganti tas yang bahannya sudah tidak sebagus dulu. Coba cek terlebih dulu, siapa tau masih bisa diperbaiki. Apabila tas yang rusak berbahan dasar beludru, maka tas masih bisa diperbaiki hanya dengan menyikatnya menggunakan sikat yang berbulu halus. Gunakan air atau minyak untuk menyikat tas berbahan beludru.

Baca Juga : Biar Tetep Awet, Yuk Cari Tahu Cara Merawat Sneakers Yang Benar

Lalu, bagaimana cara merawat tas yang berbahan dasar kulit? Mudah saja. Hanya dengan menggunakan body lotion saja, kulit tas akan terlihat kembali mulus. Dalam merawat tas menggunakan body lotion, cukup dengan olesan yang tipis saja, sehingga kulit masih bisa bernafas dan tidak membuatnya cepat rusak. 

7. Gunakan Tas Secara Bergantian 

Nah, satu lagi cara merawat tas agar awet dan terlihat baru adalah dengan menggunakan tas secara bergantian dengan tas lain. Jangan gunakan satu tas dalam jangka waktu yang lama tanpa bergantian dengan tas lainnya. Hal ini bertujuan agar kualitas tas tetap terjaga. Jika satu tas terlalu sering digunakan, maka tas akan rawan mengalami penurunan kualitas karena harus dipakai berulang-ulang. 

Itulah beberapa tips dan langkah-langkah yang bisa diterapkan untuk merawat tas agar tetap awet dan terlihat bagus ketika digunakan. Cara merawat tas sangat mudah bukan? Jika ingin koleksi tas selalu dalam keadaan bagus dan tidak kusam, maka jangan malas untuk merawatnya ya! Pastikan semua tas selalu disimpan dalam kondisi baik, sehingga tas-tas tersebut bisa menjadi investasi, apalagi jika harganya mahal.  

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo raih mimpi Mu.

Leave a Comment