Cara Merawat Benda

Tips Cara Merawat Tas Kulit Agar Tak Mudah Rusak

cara merawat tas kulit
Written by Trikmerawat.com

Cara merawat tas kulit sebenarnya cukup mudah asalkan mengetahui dengan jelas apa saja yang dapat mempengaruhi kualitas material kulit tersebut.

Biasanya, bahan atau material kulit lebih rentan terhadap kelembaban dan minyak serta masih banyak lagi yang lainnya. Oleh sebab itu, penting sekali mengetahui jenis material kulit pada barang atau aksesoris Anda dan tahu cara perawatannya.

Beragam Jenis Material Tas Kulit


Material kulit merupakan salah satu bahan yang banyak digunakan dalam dunia fashion di seluruh dunia. Tren pakaian, sepatu atau pun tas kulit sepertinya tak pernah padam dan selalu menjadi pilihan bagi penyuka material kulit.

Bahkan, bahan kulit ini juga sudah digunakan sejak masa prasejarah oleh manusia purba. Sedangkan teknologi pertama yang dapat mengolah bahan kulit hadir di era Yunani Kuno.

Baca Juga : Cara Merawat Kaos

Nah, sebelum membahas tentang cara merawat tas kulit, Anda juga perlu tahu apa saja jenis material kulit seperti berikut ini, antara lain:

  • Calfskin : kulit sapi muda dengan tekstur tipis, lembut, halus, tidak kaku meskipun masih baru, serta banyak digunakan untuk aksesoris tas/sepatu
  • Goatskin : kulit kambing dengan karakteristik yang lebih kuat, halus, awet dan ringan jika dibandingkan dengan Calfskin atau kulit sapi muda
  • Lambskin : kulit domba yang memiliki ciri-ciri tekstur yang lebih lembut daripada Calfskin dan banyak digunakan untuk bahan utama pembuatan pakaian
  • Nubuck : merupakan serabut dari kulit yang dihasilkan dengan proses ampelas ke bagian permukaan kulit, oleh sebab itu tekstur permukaannya berserabut
  • Suede :bagian bawah kulit hewan (domba, kambing, sapi, anak sapi, babi, rusa) dengan tekstur lembut dan sedikit berbulu seperti beledu
  • Shell Cordovan : merupakan kulit bokong kuda dengan tekstur yang sangat padat, kuat dan keras, biasanya memiliki hasil akhir yang mengkilap
  • Chamois Leather : atau dikenal juga dengan sebutan wash-leather atau shammy, merupakan kulit yang terbuat dari chamois, kambing gunung dari Eropa
  • Pigskin, bahan kulit yang diambil dari kulit babi dan termasuk salah satu jenis kulit paling kuat setingkat di bawah kanguru
  • Bison/Buffalo Leather, kulit bison dengan grain lebih terlihat dan kasar, tekstur kulit lebih menonjol dan berpola unik
  • Kangaroo Leather yang terbuat dari kulit kanguru yang merupakan jenis kulit paling kuat, namun teksturnya lebih ringan dari kulit kambing/sapi
  • Grain Leather, biasanya dari kulit sapi yang diolah, tekstur seperti kulit jeruk dan terbagi menjadi beberapa grade (full-grain, top-grain, corrected-grain)
  • Patent Leather merupakan salah satu jenis kulit yang permukaannya dioleh dan diberi lapisan warna atau lapisan yang membuatnya jadi mengkilap

Cara merawat tas kulit juga berbeda-beda tergantung dengan jenis kulitnya. Selain jenis kulit di atas, ada juga kulit Exotic Leatheryang berasal dari 4 jenis kulit yang berbeda. Beberapa di antaranya yaitu spesies buaya, ular, lizard dan lainnya seperti ocelot, jaguar, termasuk ostrich, seperti di bawah ini:

  • Crocodile Leather yang terbuat dari kulit buaya dan merupakan jenis kulit premium karena langka, memiliki pesona, dan produksinya cukup rumit
  • Snake Skin, kulit ular yang unik, cantik, menarik karena corak dan sisiknya, namun teksturnya lembut, halus, tipis sehingga tidak kuat
  • Lizard Skin, kulit reptil lizard lebih tipis dari Exotic Leather lainnya, tidak mengandung kalsium sehingga teksturnya lebih fleksibel dan lembut
  • Ostrich Leather dari kulit burung unta Afrika dan cukup unik karena terdapat tekstur bintik-bintik dari bulunya, produksinya mahal dan rumit

Tahukah Kamu? Salah satu tas kulit termahal adalah tas dengan merk Hermes

Cara Merawat Tas Kulit yang Benar


Merawat tas atau aksesoris lainnya yang terbuat dari kulit memang gampang-gampang susah. Di bawah ini ada beberapa tips untuk perawatan aksesoris dengan material kulit, antara lain:

1. Bersihkan Secara Rutin

Membersihkan tas atau aksesoris dari material kulit memang wajib dilakukan, mengingat material ini bersifat lebih rentan daripada material lainnya. Bahkan, aktivitas membersihkan tas kulit perlu dilakukan secara rutin misalnya satu minggu sekali.

Cara merawat tas kulit kali ini cukup mudah dengan lap bersih yang dibasahi terlebih dahulu dengan air hangat dan sabun.

Baca Juga : Cara Merawat Jaket Kulit

Perlu diperhatikan bahwa membersihkan tas kulit harus menggunakan lap yang lembut atau tidak kasar agar tidak merusak serat-serat kulit. Jangan gunakan tisu basah, cuka atau pun bahan dapur lainnya karena akan merusak kulit dan membuat warnanya menjadi pudar/luntur.

Jika terdapat noda luntur jangan dibersihkan dengan air karena akan merusak serat kulit dan menjadi mudah terkelupas.

2. Menghapus Noda Dengan Tinta Khusus

Cara merawat tas kulit selanjutnya adalah dengan menggunakan produk khusus untuk membersihkan noda tas berbahan kulit. Lakukan proses pembersihan dengan sangat hati-hati agar tidak merusak serat kulit. Selain itu, jika terdapat noda yang cukup sulit dibersihkan, jangan sebarangan membersihkannya.

Salah satu Tas termahal adalah Tas Mouawad 1001 Nights Diamond Purse yaitu seharga Rp 53 miliar

Ada cairan atau jenis tinta yang dibuat khusus untuk membersihkan noda pada tas kulit. Namun, perawatan ini tetap harus dilakukan dengan hati-hati dan ikuti langkah-langkahnya sesuai dengan petunjuk aturan.

3. Mengusir Bau dengan Baking Powder

Cara merawat tas kulit dengan baking powder ini bisa dibiarkan selama kurang lebih 24 jam. Tas kulit yang tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama akan menimbulkan bau kulit yang tidak sedap dan mengganggu.

Masalah bau ini bisa diatasi dengan menggunakan baking powder yang diletakkan pada wadah dan dimasukkan ke dalam tas kulit.

Baca Juga : Cara Merawat Jam Automatic

Setelah itu, simpan tas kulit seperti biasanya menggunakan sarung tas atau sarung bantal lalu letakkan di tempat penyimpanan yang kering dan tidak lembap.

Baking powder itu sendiri akan bekerja menyerap bau sehingga setelah baking powder dikeluarkan, tas kulit tidak akan bau lagi.

Birkin 30 berwarna putih merupakan tas kulit termahal dengan harga lebih dari 377.000 dollar AS (sekitar 5 miliar rupiah)

4. Simpan Dengan Benar

Cara merawat tas kulit selanjutnya adalah dengan menyimpan tas kulit di tempat yang kering dan tidak lembap. Selain itu, tas kulit yang jarang dipakai ternyata bisa mengalami perubahan bentuk, terutama beberapa tas yang berukuran besar.

tas kulit berukuran besar memang tidak akan sering dipakai untuk aktivitas sehari-hari.

Untuk itu, Anda bisa menyimpannya dengan cara mengisi tas dengan beberapa barang agar bentuknya tidak berubah. Selain itu, gunakan tas pelindung atau sarung tas agar terhindar dari debu.

5. Jangan Biarkan Terpapar Sinar Matahari

Perhatikan baik-baik dimana Anda biasa meletakkan tas kulit kesayangan Anda, jangan sampai terpapar sinar matahari. Hal ini karena sinar matahari berbahaya bagi material kulit dan menyebabkan warna material kulit menjadi pudar dan luntur.

Baca Juga : Cara Merawat Sneakers

Oleh karena itu, cara merawat tas kulit selanjutnya yaitu jangan membiarkan tas kulit terpapar sinar matahari secara langsung atau tidak.

6. Jangan Gunakan Saddle Soap

Saddle soap atau disebut juga sabun pelana merupakan sabun yang biasa digunakan untuk membersihkan sepatu. Namun, jangan sesekali menggunakannya untuk membersihkan tas kulit karena akan menyebabkan warna tas kulit menjadi luntur.

Meski tas dan sepatu tersebut sama-sama terbuat dari kulit, namun kegunaan dari sabun ini sangat berbeda.

Langkah Membersihkan Lipatan Pada Tas Kulit


Pertama

Langkah pertama untuk membersihkan bagian lipatan atau lekukan pada tas kulit adalah menyiapkan bahan pembersihnya. Yang Anda butuhkan adalah air bersih atau bisa memakai air mineral dan sabun yang lembut contohnya sabun wajah.

Buat campuran dengan perbandingan air dan sabun 8:1. Lalu masukkan ke dalam botol semprot seperti botol bekas parfum yang sudah dicuci dengan bersih.

Kedua

Siapkan kain lembut seperti microfiber, lalu semprot dengan menggunakan cairan pembersih yang telah dibuat sebelumnya. Ingat, kainnya yang dibasahi bukan permukaan tas kulit.

Ini adalah hal penting dalam cara merawat tas kulit dengan benar. Karena penyemprotan langsung pada lipatan tas adalah hal yang salah.

Usapkan dengan lembut searah jarum jam kain basah tadi pada permukaan lipatan tas kulit. jangan terlalu ditekan karena bisa membuat permukaan tas mengelupas. Usap hingga noda atau jamur yang ada pada tas hilang dan bersih.

Ketiga

Selanjutnya adalah keringkan tas yang sudah selesai dibersihkan. Ingat dalam cara merawat tas kulit yang telah dijelaskan di atas bagaimana mengeringkan dengan benar. Yaitu cukup diangin-anginkan saja dan biarkan tas kering sendiri.

Hindari mengeringkan menggunakan hair dryer atau alat pengering lainnya. Jangan letakkan tas kulit di bawah sinar matahari langsung yang akan membuatnya retak dan pecah.

Empat

Setelah tas kulit benar-benar bersih dan kering Anda bisa menyimpannya dengan cara yang telah dijelaskan sebelumnya. Atau akan lebih baik kalau tas kulit tersebut lebih sering Anda gunakan karena akan menghindarkannya dari kelembapan dan jamur selama disimpan.

Anda juga bisa merawat tas dengan menggunakan cairan pelembab khusus kulit. Oleskan pada permukaan tas kulit sebelum Anda menyimpannya. Cara perawatan pada tas kulit yang benar akan membuatnya lebih awet dan tetap dalam kondisi terbaik seperti saat baru membeli.

Nah, itulah berbagai macam cara merawat tas kulit yang bisa Anda lakukan di rumah. Pastikan untuk tetap berhati-hati dalam menggunakan, menyimpan dan membersihkannya agar tidak mudah rusak, luntur atau pun berubah bentuk. Semoga informasinya bermanfaat.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

About the author

Trikmerawat.com

Situs yang Membahas tentang Cara Merawat Tanaman, Cara Merawat Hewan, Cara Merawat Tubuh dan Cara Merawat Benda.

3 Comments

Leave a Comment