TrikMerawat Extraordinary Man!

Sudah Tahu Cara Merawat Tanaman Jeruk Lemon ? Yuk Cek Disini

4 min read

cara merawat tanaman jeruk lemon

Buah lemon (sitrun) merupakan buah yang kaya akan manfaat karena kandungan vitaminnya. Tidak hanya sebagai bahan untuk menambah cita rasa pada makanan, buah bewarna kuning ini juga bisa menjadi bahan untuk membuat minuman.

Selain itu, lemon juga memiliki manfaat untuk kecantikan hingga membersihkan perabot. Namun sudah tahukan ada cara merawat tanaman jeruk lemon, yuk simak pada ulasan berikut.

Cara Merawat Tanaman Jeruk Lemon Agar Cepat Berbuah


1. Pastikan Tanah Memiliki Nutrisi

Tanaman lemon bisa tumbuh pada lahan tanam yang memiliki tanah gembur dan mempunyai kandungan organik yang baik, untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tanaman lemon.

Pastikan lahan penanaman bisa mendapat sinar matahari cukup agar tanaman lemon bisa tumbuh dengan baik. Anda juga harus rajin membersihkan gulma yang tumbuh disekitaran pohon agar nutrisi tanaman lemon tidak terbagi dengan tanaman penggangu.

Baca Juga : Cara Merawat Tanaman Seledri

Pada saat  proses penanaman sebelumnya, pastikan untuk memberi jarak antara tanaman lemon satu dengan lainnya. Pemberian jarak ini berguna agar, akar tanaman bisa tumbuh dengan maksimal dan tidak menyatu dengan tanaman lainnya.

Tahukah Kamu? Jeruk lemon memiliki beberapa sifat anti-bakteri dan anti-jamur yang membuat jeruk lemon dapat menghilangkan jerawat dan komedo.

Sehingga nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman juga terserap sesuai dengan kebutuhan. Tanah yang bernutrisi dan penanaman yang tepat merupakan faktor utama agar tanaman lemon tetap sehat.

2. Pemangkasan Ranting

Pohon lemon biasanya akan berbuah saat sudah berusia 1 hingga 2 tahun. Saat bertumbuh pohon akan memiliki ranting dan cabang yang hanya menghasilkan daun saja. 

Untuk itu cara merawat tanaman jeruk lemon yang harus dilakukan agar cepat berbuah adalah melakukan pemangkasan pada ranting atau cabang yang tidak memiliki buah.  Ranting dan cabang yang tumbuh ini menghabiskan energi dari tanaman sendiri.

Baca juga : Cara Merawat Tanaman Meat Leaf

Ranting dan cabang ini, biasanya tumbuh pada tengah-tengah batang atau bahkan bawah batang. Sebaiknya dahan tersebut di potong agar tidak mempengaruhi pertumbuhan dari tanaman sendiri.

Tidak hanya itu, fungsi lain pemotongan juga untuk memperindah pohon serta agar pohon tidak perlu membuang energi selain untuk pembuahan.

Sebaiknya anda segera memangkas tanaman tersebut dan melakukan dengan sering tanpa menunggu ranting tubuh subur agar tanaman segera berbuah.

3. Pemberian Pupuk

Nutrisi pada tanaman lemon tidak hanya didapatkan dari tanah yang baik di awal penanaman, namun juga membutuhkan pupuk tambahan agar segera bertumbuh.

Pupuk diberikan adalah pupuk dengan kandungan fosfor tinggi yang berguna untuk membantu bunga terbentuk. Kandungan fosfor tinggi bisa didapatkan dari pupuk TSP atau pupuk NPK yang diberikan melalui akar.

Pemupukan dalam cara merawat tanaman jeruk lemon biasanya dilakukan dengan membuat lubang disekitaran tanaman. Kemudian pupuk dimasukkan ke dalam lubang dan ditimbun kembali.

Selanjutnya, tanah disiram sehingga pupuk larut dan meresap ke dalam tanah. Setelah meresap akar akan menyerap nutrisi dari pupuk tersebut sehingga membantu tanaman bertumbuh dengan baik.

Baca Juga : Cara Merawat Tanaman Melon

Tidak hanya untuk membuat tanaman berbunga, pupuk juga bisa diberikan untuk menutrisi daun. Pupuk yang bisa digunakan yakni Gandasil B, Foliar, Hipotex, Growmore dan berbagai merk lain yang memiliki kandungan fosfor tinggi.

Pemberian pupuk sebaiknya anda berikan sekitar satu minggu sekali secara rutin. Anda juga perlu melakukan penyemprotan hingga tanaman jeruk lemon mengeluarkan bunga.

4. Melakukan Stress Air

Stress air ini bisa dilakukan bagi anda yang menanam lemon pada pot dan tidak untuk yang menanam langsung pada tanah. Penanaman mengunakan teknik ini memiliki keuntungan karena bisa merubah pengaturan air yang berguna untuk merangsang proses pembuahan pada tanaman.

Teknik stress air ini bisa dilakukan ditanah namun sangat sulit dan tingkat keberhasilannya rendah.

Pohon yang subur dan sehat menjadi syarat utama sebelum melakukan teknik stress air ini. Tanaman harus memiliki nutrisi serta energi yang cukup agar bisa membentuk bunga setelah dilakukan stress air, yang merupakan salah satu cara merawat tanaman jeruk lemon.

Baca Juga : Cara Merawat Tanaman Jagung Manis

Tanaman yang tidak sehat akan membuat bunga yang tumbuh cepat rontok. Tahapan awal yang harus dilakukan sebelum melakukan teknik ini adalah memberi pupuk NPS dua minggu sebelum.

Anda memiliki kulit jenis kulit berminyak? Anda dapat melakukan tips perawatan wajah dengan lemon.

Langkah selanjutnya adalah meletakkan tanaman dibawah sinar matahari setelah dua minggu diberikan pupuk setiap hari. Anda tidak perlu menyiram selama 1 hingga 2 minggu hingga tanaman layu namun tidak sampai mati.

Setelah tanaman mengalami stress, anda harus menyiramnya terus menerus tergantung cuacanya. Dalam waktu 2 hingga 3 minggu tanaman lemon akan mengeluarkan tunas baru dan harus dijaga dengan baik dengan penyiraman normal.

5. Mengendalikan Hama Pada Tanaman

Tanaman jeruk lemon memiliki banyak hama penganggu yang bisa menyerang kapan saja. Hama tentunya membuat tanaman yang anda rawat tidak berbuah dengan maksimal.

Untuk itu anda harus melakukan pengendalian hama agar, mendapat hasil yang maksimal sesuai dengan kerja keras anda selama ini. Biasanya hama akan sering muncul saat tanaman lemon memasuki waktu berbunga.

Baca Juga : Cara Merawat Tanaman Kacang Panjang

Hama yang biasanya menyerang yaitu lalat buah, tungau, ulat peliat daun, kutu loncat dan pengerek buah. Dalam cara merawat tanaman jeruk lemon hama ini bisa disingkirkan dengan cara melakukan penyemprotan insektisida yang disesuaikan dengan hama yang menyerang.

Tahukah Anda? Lemon ternyata dapat membantu mengembalikan warna putih alami gigi Anda loh! Coba saja

Cara lain yang bisa dilakukan yaitu membuat jebakan buah. Pengendalian hama ini harus segera dilakukan jika tanda-tanda sudah terlihat pada pohon lemon.

6. Perlakuan Setelah Panen Pertama

Tanaman jeruk lemon biasanya bisa dipanen saat sudah berusia 3 hingga 5 tahun. Saat panen pertama kali jumlah buah yang dihasilkan melimpah maka, anda perlu untuk melakukan pemangkasan agar produktivitas tetap terjaga pada panen yang akan datang.

Anda juga bisa menebang sebagian batang utama pohon lemon agar jumlah cabang meningkat. Hal ini harus anda lakukan agar tetap mendapatkan hasil maksimal setelah melewati masa panen pertama.

7. Melukai Batang Tanaman Lemon

Cara ini merupakan cara paling terakhir dalam merawat tanaman jeruk lemon agar cepat berbuah karena luka pada batang bisa menyebabkan tanaman terinfeksi penyakit, bakteri, jamur hingga virus CVPD.

Anda dapat menerapkan cara ini jika tanaman lemon tidak kunjung berbuah walaupun sudah melewati masanya. Melukai batang pohon dilakukan dengan mengikat erat tanaman mengunakan kawat hingga kulit terluka dan menembus hingga batang kayu.

Baca juga : Cara Merawat Tanaman Anggrek

Cara merawat tanaman jeruk lemon lainnya yaitu dengan mengelupas kulit pohin hingga nampak kambiumnya. Sehingga tanaman terhambat proses pengiriman karbohidrat yang membuat terjadinya penimbunan karbohidrat pada batang, daun dan ranting.

Penimbunan inilah yang akan membuat bunga dan buah tumbuh. Teknik ini bisa anda coba jika memang semua teknik sudah dicoba namun tetap tidak membuahkan hasil.

Tanaman jeruk lemon bisa mengalami banyak faktor yang membuat tanaman enggan untuk berbuah meskipun sudah bertahun-tahun. Faktor tersebut bisa muncul karena kurangnya perawatan dan kurangnya pemilik dalam mengenali tanaman lemon.

Ada baiknya anda memperbanyak informasi seputar budidaya jeruk lemon agar hasil yang diharapkan juga maksimal. Mempelajarinya bisa dari berbagai sumber yang saat ini bisa dengan mudah diakses.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *