Cara Merawat Benda Cara Merawat Tanaman

Cara Merawat Taman Sendiri saat Pandemi Corona

cara merawat taman
Written by Josua Rifandy

Sejak pemerintah menetapkan peraturan Work From Home (WFH), kini semakin banyak orang yang menghabiskan waktunya di rumah. Berada di rumah selama berminggu-minggu lamanya, pasti sangat membosankan. Untuk itu, kesempatan berada di rumah saja ini sebaiknya dimanfaatkan untuk menekuni hobi agar bisa menghibur dan menyenangkan diri. Nah, salah satu aktivitas positif yang bisa dilakukan selama di rumah adalah dengan cara merawat taman bunga di halaman atau pekarangan rumah. 

Bukan hanya untuk mengisi waktu luang saja, merawat taman bunga juga akan membuat rumah semakin indah mempesona. Merawat taman di rumah terbilang cukup mudah. Jadi, tidak perlu ragu jika ingin mulai merawat taman bunga sendiri di rumah. Namun, ada beberapa tips dan trik khusus supaya semua tanaman hias yang ditanam bisa tumbuh subur dan asri.

Cara Merawat Taman Bunga Saat Pandemi Corona 


Taman menjadi faktor penting yang bisa menambah keindahan suatu hunian. Dengan keberadaan taman, maka suasana rumah akan semakin asri. Para penghuni rumah juga bisa merasa semakin nyaman dengan banyaknya asupan oksigen yang dihasilkan oleh tanaman tersebut. Inilah beberapa cara merawat taman yang bisa dilakukan di tengah pandemi corona. 

1. Selalu Jaga Kebersihan Lingkungan Taman 

cara merawat taman
(Sumber: Medium.com)

Cara merawat taman yang pertama adalah menjaga kebersihan lingkungan taman. Agar taman selalu tampak indah dan asri, maka kebersihannya sangat perlu dijaga. Caranya adalah dengan rutin menyapu sampah, ranting yang berjatuhan, atau daun kering yang berserakan di tanah. Jika sampah tersebut jarang dibersihkan dan dibiarkan begitu saja, maka taman akan terkesan jorok dan berkurang keindahannya.

Bukan cuma itu saja, kondisi taman yang jarang dibersihkan dari sampah juga bisa berpotensi menjadi sarang berbagai penyakit. Oleh karena itu, sebaiknya rutin membersihkan taman setiap hari, misalnya pada pagi atau sore hari. Dengan begitu, maka taman akan selalu terlihat hijau dan asri.

Baca Juga : Tips dan Trik Sukses Budidaya Bunga Desember Anti Ribet

2. Pastikan Rutin Memangkas Tanaman yang Tumbuh Liar 

Banyaknya tanaman liar yang tumbuh di taman, tentu akan mengurangi kerapian dan keindahan taman itu sendiri. Oleh sebab itu, cara merawat taman selanjutnya bisa dilakukan dengan rutin memangkas tanaman yang tumbuh secara liar. Terutama untuk jenis tanaman liar yang berperan sebagai parasit, misalnya gulma. 

Jika tidak segera dipangkas, maka gulma bisa mengganggu pertumbuhan dan kesuburan tanaman lainnya. Bahkan, keberadaan gulma bisa menyebabkan tanaman menjadi layu dan akhirnya mati. Jika sudah begitu, maka pemandangan taman menjadi kurang menyejukkan. Pasalnya, banyak tanaman yang mati sehingga keindahan taman kurang bisa dinikmati.

3. Pangkas Rumput Secara Rutin 

Rumput menjadi tanaman yang selalu ada di setiap halaman atau pekarangan rumah. Rumput juga bisa tumbuh dengan tinggi semaunya. Cara merawat taman juga bisa dilakukan dengan memangkas rumput secara rutin, karena jika dibiarkan begitu saja, maka rumput akan tumbuh semakin tinggi dan menghalangi tanaman hias yang ada di taman. 

Akhirnya, bunga-bunga yang mekar di taman jadi kurang bisa dinikmati karena dihalangi oleh rerumputan yang tinggi. Maka dari itu, potonglah rumput secara berkala agar tidak mengganggu indahnya pemandangan taman.

4. Beri Perawatan Pada Pohon Besar

Beberapa orang mungkin memiliki pohon berukuran besar yang tumbuh di pekarangan atau halaman rumahnya. Meski pohon jumbo ini bisa dijadikan sebagai area berteduh, namun pohon yang terlalu tinggi dan besar bisa mengurangi estetika taman. 

Bukan itu saja, pohon yang besar juga bisa membahayakan penghuni jika terjadi hujan atau angin yang besar. Bahkan, daun-daun yang berjatuhan juga bisa menutupi saluran palang air di atas rumah. Oleh karena itu, sebaiknya potong ranting-ranting pohon yang tumbuh terlalu panjang. Jangan lupa pula untuk membersihkan daun kering yang berguguran.

5. Jaga Kebersihan Kolam 

cara merawat taman
(Sumber: Gardencenter.id)

Jika di halaman atau pekarangan rumah dihiasi pula dengan kolam ikan, maka jangan pernah melewatkan waktu untuk membersihkan kolam ikan tersebut. Ingat, bahwa kolam ikan yang tidak terawat akan ditumbuhi banyak lumut dan menjadi sarang nyamuk.

Tidak perlu menggunakan cairan pembersih untuk membersihkan kolam ikan. Hal ini dikarenakan penggunaan zat-zat kimia yang terkandung dalam cairan pembersih bisa membahayakan ikan-ikan. Jadi, cukup lakukan dengan menggosok kolam menggunakan sikat kamar mandi saja, lalu dibilas sampai benar-benar bersih. 

Baca Juga : Cara Budidaya Bunga Anyelir Mulai dari Awal Hingga Panen

6. Ganti Tanaman yang Sudah Layu

Cara merawat taman selanjutnya adalah dengan mengganti tanaman yang sudah layu. Setiap orang pastinya ingin memiliki tanaman hias dan bunga-bunga cantik yang tumbuh subur di taman rumahnya. Namun, ada kalanya tanaman tersebut layu, kering, dan tidak menunjukkan tanda-tanda kehidupan. Jika hal ini terjadi, sebaiknya segera singkirkan tanaman yang sudah mati tersebut. Lalu, ganti dengan tanaman yang baru. 

Membiarkan tanaman layu dan kering di taman hanya akan membuat suasana taman menjadi kurang asri. Jadi, pastikan untuk segera menggantinya dengan tanaman baru. Baik menanam ulang dari awal atau membeli tanaman langsung di toko bunga.

7. Jangan Lupa Menyiram Taman Secara Rutin 

cara merawat taman
(Sumber: Idea.grid.id)

Menyiram tanaman adalah cara merawat taman yang paling utama. Sama seperti manusia, tanaman juga membutuhkan asupan air untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Air mengandung banyak mineral yang sangat dibutuhkan oleh kehidupan tanaman. Jadi, jangan lupa untuk selalu rutin menyiram tanaman yang tumbuh di taman. 

Namun, penyiraman tanaman juga tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Hal ini mengingat bahwa setiap jenis tanaman membutuhkan kadar air yang berbeda.  Untuk itu, sebaiknya cari informasi lengkap tentang tanaman tersebut. Berapa banyak dan berapa kali penyiraman perlu dilakukan. Jangan sampai tanaman kelebihan atau kekurangan air. Hal ini akan membuat tanaman menjadi cepat layu dan mengalami kematian.

8. Rawat Pompa Air 

Jika di taman ada kolam ikan, biasanya akan pula pompa air yang melengkapinya. Pompa air juga menjadi bagian taman yang perlu mendapat perhatian. Pastikan bahwa instalasi pompa air berjalan dengan baik. Selain itu, pastikan pula bahwa semua bagian pompa air dan keadaan bersih dan tidak ada kendala terkait fungsi.

Lantas, apakah hubungan antara kinerja pompa air dengan keindahan sebuah taman? Coba bayangkan, jika pompa air dalam keadaan rusak, maka biasanya akan mengeluarkan suara yang sangat bising. Hal ini tentu akan mengganggu dan mengurangi kenyamanan taman. Penghuni rumah pun menjadi kurang nyaman dengan bunyi pompa air yang muncul.

Baca Juga : Yuk Intip Rahasia Sukses Budidaya Bunga Celosia Lengkap

9. Lakukan Pemupukan Tanaman dengan Rutin 

Cara merawat taman yang terakhir adalah dengan melakukan pemupukan tanaman yang ada di taman secara rutin. Selain air, tanaman juga membutuhkan nutrisi tambahan agar bisa tumbuh subur sesuai harapan. Nutrisi tersebut bisa diperoleh dengan memberikan pupuk pada tanaman. Pupuk untuk tanaman umumnya mengandung unsur Nitrogen, Phospor, dan Kalium. Pemberian pupuk akan membuat tanaman tumbuh semakin segar dan tidak kusam. Sebisa mungkin, pilih pupuk organik karena lebih aman untuk tanaman.

Itu dia, 9 cara merawat taman yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Sangat mudah bukan? Dengan merawat taman dengan baik dan benar, maka semua tanaman yang menghiasi taman akan tumbuh subur. Suasana rumah menjadi semakin asri dan penghuni rumah pun bisa semakin tenteram dan bahagia saat melihat tanaman dan bunga-bunga cantik bermekaran.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo raih mimpi Mu.

Leave a Comment