TrikMerawat Extraordinary Man!

Biar Tetep Awet, Yuk Cari Tahu Cara Merawat Sneakers Yang Benar

4 min read

cara merawat sneakers

Banyak orang yang senang menggunakan sepatu sneakers, hal ini karena sneakers dianggap nyaman dan mudah disesuaikan dengan berbagai macam aktivitas.

Namun, sepatu yang sering digunakan umumnya rentan rusak dan kotor. Kamu pun pasti ingin sepatu itu awet tahan lama bukan ? Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui cara merawat sneakers agar sepatu tetap kece.

Tips Cara Merawat Sneakers yang Baik dan Benar


1. Langsung Bersihkan Seusai Digunakan

Apabila sepatu sneakers dipakai untuk kegiatan di luar rumah, tentu sepatu akan terkena kotoran baik itu bagian bawah maupun bagian samping sepatu.

Setelah menggunakannya  jangan menunda untuk membersihkan sepatu. Jika kamu menunda untuk membersihkan kotoran tersebut, bisa jadi noda kotor akan semakin menempel dan susah untuk dihilangkan.

Baca Juga : Cara Merawat Jaket Kulit

Segera bersihkan sepatu sepulang dari kegiatan, atau ketika sepatu terkena air segera lap kering sepatu sneakers. Meskipun terlihat sepele, tapi noda kecil seperti noda tanah atau air yang menempel pada sepatu dapat mengurangi tampilan dari sneakers.

Jika perlu, selalu bawa micro fiber kering untuk membersihkan sepatu dengan segera.

2. Bersihan Menggunakan Sikat Gigi

Sepatu sneakers yang kita miliki pasti memiliki bagian selipan kecil, apabila selipan tersebut kotor tentu membersihkannya pun menjadi sulit.

Cara merawat sneakers untuk membersihkan bagian kecil tersebut, gunakanlah sikat gigi, gosok bagian yang terkena kotoran tersebut menggunakan sikat gigi yang memiliki sikat cukup kuat.

Baca Juga : Cara Merawat Kaos

Perlu diperhatikan meskipun memiliki sikatgigi dengan bulu sikat yang kuat, jangan menggosok dengan kekuatan tinggi. Apabila kamu menggosoknya terlalu kuat, warna serta material yang ada pada sneaker bisa mengelupas dan mengurangi kualitas dari sneakers kamu.

Bersihkan juga bagian bawah dari sneakers yang memiliki banyak pola lipatan yang susah dibersihkan.

Tahukah Kamu? Asal mula nama sneakers mengacu pada karakter sneakers itu sendiri, yang ketika dipakai tak mengeluarkan bunyi alias diam (sneak). Keren yaa

3. Bersihkan dengan Deterjen

Sama seperti baju yang kotor, sepatu yang terkena noda juga dapat dibersihkan menggunakan deterjen. Tidak perlu membasahi sepatu hingga basah kuyup, cukup tuangkan sedikit deterjen ke dalam air lalu gosokkan ke bagian yang terkena noda.

Agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal, usahakan untuk menggunakan air panas.

Baca Juga : Cara Merawat Sepatu Kulit

Air panas terbukti ampuh untuk mengagkat noda membandel pada sepatu sneakers, sehingga ketika kita mencuci sepatu dengan air panas noda akan lebih mudah untuk dihilangkan.

Ketika menggosok, tidak perlu sampai menimbulkan busa yang begitu banyak. Cukup gosok hingga busa hanya menutupi bagian yang kotor saja.

4. Gunakan Shampoo yang lembut Untuk Noda Minyak

Ketika kamu pergi ke tempat atau gedung yang terjamin kebersihan lantainya seperti mall, bukan berarti sepatu terbebas dari noda dan kotoran.

Sepatu sneakersmu bisa saja menginjak noda minyak, atau bekas makanan yang terjatuh. Setelah sampai rumah, cara merawat sneakers  yang patut diakukan adalah dengan segera bersihkan noda kotoran tersebut.

Noda minyak memang dinggap susah untuk diberihkan jika hanya menggunakan air, oleh karena itu kamu bisa menggunakan shampoo yang bertekstur lembut untuk menghilangkan noda minyak tersebut.

Campurkan sedikit shampoo lembut dengan air hangat, lalu lap atau sikat sepatu sneakers dengan lembut.

5. Batasi Menggunakan Pemutih

Apabila sneakers yang dimiliki berwarna putih, tentu kita ingin warna putih tersebut tetap terjaga bukan ?

Maka dari itu banyakyang menggunakan pemutih agar speatu sneakers tetap berwarna putih bersih. Namun, tahukah kamu bahwa memberikan pemutih dengan takaran yang cukup banyak justru merusak warna sepatu ?

Lebih baik mencampur pemutih dengan menggunakan perbandingan satu banding lima dengan air. Apabila kamu mencampurkan pemutih dengan takaran yang cukup banyak, justru menimbulkan warna yang aneh pada sepatu.

Cara merawat sneakers adalah dengan mencampurkan pemutih dengan air hingga cukup cair, lalu gosok dengan lembut sepatu menggunakan cairan tersebut. Setelah dirasa cukup bersih, bilas menggunakan air hangat.

6. Jemur Sepatu Hingga Kering Sempurna

Setelah dicuci, keringkan sepatu hingga seluruh bagian benar-benar kering. Jemur sepatu di bawah matahari agar tidak ada bagian sepatu yang masih basah.

Usahakan untuk memeriksa sepatu secara keseluruhan, karena apabila sepatu tidak kering sempurna dapat menjadi sarang kuman dan jamur.

Baca Juga : 12 Bahan Pembersih Perabot Alami

Apalagi jika kamu menggunakan sepatu sneakers untuk berolahraga, keringat kaki yang terkena kelembaban sepatu akan membuat sepatu tesebut menjadi bau dan berjamur.

Ketika menjemur sepatu, pastikan seluruh bagian terkena sinar matahari. Lepaskan tali sneakers dan ubah posisi sepatu menghadap sinar matahari.

Salah satu Sepatu Sneakers termahal adalah Diamond Encrusted Air Force 1 Socal dengan harga $50,000 atau seharga Rp 672.275.000 dan Michael Jordan Worn Air Jordan 12 yang ditandatangani oleh Michael Jordan sendiri seharga $104,000 atau setara Rp 1.398.332.000.

7. Bersihkan Tali Sneakers

Untuk menjaga agar warna dan tampilan sepatu sneakers selalu terlihat baru, maka seluruh bagian dari sneakers perlu diperhatikan. Pastikan kebersihan dari alas sepatu, bagian luar sepatu, serta tali sepatu.

Tali sepatu mungkin terdengar tidak begitu memerlukan perawatan khusus, namun tali sepatu juga menunjang penampilan dan kualitas sepatu sneakers.

Dalam beberapa model, tali sneakers memang kurang terlihat namun tetap saja apabila warna tali sudah kusam dapat membuat seluruh penampilan sneakers menjadi menurun.

Kamu bisa membersihkan tali sepatu ini dengan cara yang sama, yaitu dengan menyikat menggunakan sikat gigi.

8. Bersihkan Juga Bagian Dalam Sepatu

Cara merawat sneakers selanjutnya adalah dengan membersihkan bagian dalam sepatu. Apabila sepatu telah bersih dan terlihat cantik dari luar, perhatikan juga bagian dalam dari sepatu sneakers.

Meskipun tidak terlihat, namun bagian dalam sepatu justru memiliki banyak kuman dan debu dari kaki. Keringat yang dihasilkan oleh kaki pun dapat membuat bagian dalam sepatu menjadi bau.

Segera keringkan bagian dalam sepatu dari keringan kaki yang menempel, setelah itu angin-anginkan bagian dalam sepatu dengan membuka bagian llidah sneakers.

Kamu juga bisa meletakkan biji kopi didalam sepatu untuk menghilangkan bau tidak sedap dari sepatu sneakers.   

9. Perhatikan Waktu Penggunaan Sneakers

Hal terpenting untuk merawat sepatu sneakers agar tahan lama, tentu dengan memperhatikan penggunaannya. Meskipun berbahan dasar kain dan karet yang kuat, bukan berarti kamu bisa menggunakan sepatu ini di tengah hujan deras.

Apalagi ketika hujan partikel tanah akan bertebaran, sehingga sepatu sneakers pasti sangat mudah untuk terkena noda.

Baca Juga : Cara Merawat Jam Tangan Warna Emas

Lebih baik untuk memperhatikan cuaca ketika hendak keluar rumah menggunakan sepatu sneakers. Apabila sedang musim hujan, lebik baik menunggu hujan reda berangkat.

Noda tanah yang menempel pada sepatu sneakers tentu mengurangi penampilan ketika tiba di tujuan. Sehingga cara merawat sneakers adalah dengan menghindari jalanan basah atau becek untuk meminimalisir terkena noda.

10. Simpan dengan Baik Sepatu Sneakersmu

Apabila kamu menggunakan sepatu untuk kegiatan yang berat seperti olahraga, angin-anginkan terlebih dahulu sepatu sneakers.

Setelah itu bisa disimpan menggunakan tempat penyimpanan sepatu yang menggunakan ziplock, agar perlindungan dari kotoran atau jamur bisa secara menyeluruh.

Kurangi atau hilangkan udara pada ziplock tersebut sebelum menutupnya, atau kamu juga bisa menggunakan vacuum cleaner agar kondisi sepatu tetap terjaga.

Sneaker memang menjadi sepatu yang banyak digandrungi kalangan muda saat ini, pemakaiannya nyaman serta kemudahan untuk disuaikan segala acara pun membuat sepatu sneaker menjadi pilihan favorit.

Bagi pecinta sneakers tentu ingin sepatunya awet tahan lama, sehingga kebersihan dan cara penyimpanan sepatu sneakers pun perlu diperhatikan. Kesalahan dalam merawat  sepatu sneakers justru dapat menimbulkan berbagai masalah pada sepatu.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

2 Replies to “Biar Tetep Awet, Yuk Cari Tahu Cara Merawat Sneakers…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *