TrikMerawat Extraordinary Man!

3 Cara Merawat Sepatu Kulit Agar Tetap Awet, Kamu Harus Tahu !

4 min read

cara merawat sepatu kulit

Sepatu merupakan suatu jenis alas kaki yang bisa digunakan oleh siapa saja dan dapat digunakan sehari hari. Sepatu memiliki corak yang beragam, mulai dari bahan karet hingga kulit.

Tahukah anda, ini sepatu kulit memiliki perawatan yang berbeda dengan sepatu lainnya ? Cara merawat sepatu kulit harus lebih intensif daripada sepatu lainnya, karena sepatu kulit dapat menunjang penampilan anda.

Berbagai Bahan Sepatu Kulit


Sepatu dikelompokkan berdasarkan fungsi dan tipenya, seperti sepatu resmi ( pesta ) , sepatu santai (kasual), sepatu dansa, sepatu olahraga, sepatu kerja, dan lainnya. Sepatu terbuat dari berbagai bahan.

Salah satu bahan populer yang digunakan untu membuat sepatu adalah kulit hewan. sudah tahukah anda bahan sepatu kulit yang biasa digunakan? Berikut beberapa jenis bahan sepatu kulit.

Finish Leather adalah jenis kulit yang umum digunakan dan banyak ditemukan di pasaran. Bahan kulit ini diproses secara utuh sehingga tidak mengubah atau memodifikasi struktur permukaan kulit bawaannya.

Motif pori pori kulit ( grain ) akan terlihat sangat alami dan natural yang menjadikan tekstrur kulit binatang masih terlihat cukup jelas. Oleh karena itu, bahan kulit ini sangat diminati karena motif yang masih jelas.

Salah satu Sepatu Kulit Termahal adalah Debbie Wingham Diamond and Gold Heels dengan harga 213,2 Miliyar Rupiah. Wow!

Suede adalah jenis kulit yang diproses secara terbalik, yaitu dengan cara disamak dari bagian dalam kulit binatang. Jenis kulit Suede akan memiliki tekstruk yang lebih halus dan lembut.

Dengan menggunakan jenis kulit ini, anda akan memiliki penampilan dengan kesan lebih santai. Cara merawat sepatu kulit ini lebih sulit dilakukan karena jenis kulit ini lebih cepat kotor dan apabila terkena air, warna akan berubah.

Baca Juga : Cara Merawat Kaos

Jenis kulit Pull up adalah pengolahan lanjutan dari jenis kulit Finish Leather. Pada proses ini, kulit yang telah diproses menjadi finish leather kemudian ditarik agar melar.

Hal ini dilakukan untuk mendapatkan kulit yang lebih tipis, sehingga kulit akan lebih mudah dibentuk menjadi berbagai bentuk sepatu. Karena proses penarikan kulit tersebut, warna yang dihasilkan menjadi sedikit lebih pudar.

Nubuck Leather adalah jenis kulit yang juga banyak beredar di pasaran. Secara kasat mata, jenis kulit ini hampir sama seperti jenis kulit Suede.

Hanya saja, Nubuck memiliki proses pembuatan yang berbeda, dimana kulit yang digunakan dari bagian luar kulit binatang. Namun permukaan akan dihaluskan menggunakan permukaan yang kasar. Sehingga menghasilkan permukaan kulit yang halus.

Jenis kulit Patent Leather adalah jenis yang diproses dan dilapisi dengan bahan protektif seperti acrylic, sehingga menghasilkan jenis kulit yang sangat mengkilap, berwarna terang, dan licin.

Kelebihan dari sepatu yang dipasang dengan jenis kulit ini adalah mudah dibersihkan dan selalu terlihat mengkilap. Namun jenis kulit ini terlihat kurang eksotis karena tampilan permukaan kulit alami yang hilang. Nah, untuk itu anda harus tahu cara merawat sepatu kulit dengan benar dan nyaman

Langkah membersihkan sepatu Kulit


Sepatu kulit sangat nyaman digunakan di berbagai momen, seperti memadupadankan dengan model baju dan suasana. Namun, bagaimana memelihara sepatu ini dengan benar?

Terutama jika sepatu kulit anda digunakan terlalu sering dan terdapat noda yang sulit untuk dihilangkan . Berikut cara merawat sepatu kulit yang bisa anda lakukan agar sepatu kulit kesayangan anda tetap bersih dan awet.

Tahap pertama, anda perlu membersihkan debu dan lumpur kering pada sepatu kulit terlebih dahulu sebelum dibersihkan dengan air. Sepatu kulit dengan bahan Suede bisa anda cuci menggunakan sikat lembut khusus untuk hasil mencuci yang maksimal.

Baca juga : Cara Merawat Jaket Kulit

Sepatu Kulit yang terbuat dari bahan kulit halus, anda harus gunakan lap berbahan lembut saja. Anda hanya perlu menggosok dengan lembut agar tekstur kulit tidak rusak.

Tahap kedua, anda perlu menyiapkan kondisioner untuk membersihkan sepatu kuli. Konditioner akan berfungsi untuk menjaga kelenturan kulit sepatu.

Dr. Martens awalnya dianggap sebagai sepatu kerja untuk pria yang praktis karena solnya yang berbantalan udara.

Caranya dengan menggunakan lap bersih untuk mengaplikasikan kondisioner dengan gerakan melingkar pada permukaan sepatu. Setelah itu, anda hanya perlu menunggu selama kurang lebih dua puluh menit, lalu bersihkan.

Tahap ketiga, anda perlu mengaplikasikan semir sepatu padat. Gosok sepatu kulit dengan semir sepatu dengan lap khusus. Kemudian anda diamkan terlebih dahulu selama kuran glebih lima belas menit sebelum akhirnya di lap bersih.

Anda dapat membeli lap khusus ini di toko ketika anda membeli sepatu kulit. Lap khusus dibuat agar permukaan sepatu tidk tergores terkena gesekan saat anda membersihkan sepatu.

Langkah terakhir  sebagai cara merawat sepatu kulit  yang perlu anda lakukan adalah dengan menggosok sepatu menggunakan lap bersih dan kering tanpa semir.

Lakukan tahap ini dengan gerakan cepat namun ringan. Hal ini bertujuan untuk mengangkat sisa produk semir yang tertinggal pada permukaan sepatu kulit.

Hasilnya, sepatu kulit anda akan tampak mengkilap seperti baru digunakan. Sepatu kulit sering dipilih sebagai sepatu pilihan karena dapat memberikan kesan apik saat digunakan.

Selain itu, sepatu kulit mampu untuk mengikuti bentuk kaki anda sehingga nyaman saat digunakan. Tekstur kulit pada sepatu membuat sirkulasi udara berjalan dengan baik sehingga tidak meminimalisir terjadinya bau kaki.

Cara Merawat Sepatu Kulit


Sepatu kulit dapat anda temukan beredar luas di pasaran. Berbagai produk dan jenis bahan untuk sepatu kulit tersedia untuk memenuhi kebutuhan anda.

Apabila anda membeli produk sepatu kulit langsung dari produsennya, ada kemungkinan anda dapat mendapatkan harga yang lebih murah. Sepatu kulit memiliki harga yang lebih mahal daripada sepatu dari bahan lainnya, namun memiliki kualitas bersaing.

Sepatu kulit terbuat dari kulit hewan tertentu yang kemudian diproses sedemikian rupa agar menarik saat digunakan. Sepatu kulit dikenal dengan kualitas yang bagus karena termasuk barang yang dapat bertahan dengan lama apabila perawatan  sepatu kulit dilakukan dengan benar.

Apabila anda tidak merawatnya, barang apapun tidak akan bisa bertahan lama. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk merawat sepatu kulit anda.

Pertama, anda sebaiknya menghindari mengenakan sepatu kulit yang sama selama berhari hari. Kenapa anda tidak boleh selalu menggunakan sepatu kesayangan anda ? karena, sepatu kulit harus memiliki waktu istirahat agar tetap terjaga kelembapannya.

Ini adalah satu cara merawat sepatu ini.  Seperti kulit kita, sepatu kulit membutuhkan istirahat dan nutrisi yang cukup untuk mempertahankan kesehatan dan kelembapannya.

Baca Juga : Cara Merawat Sneakers

Kemudian, anda perlu menghindari sepatu kulit dari air atau daerah yang memiliki kelembapan berlebih. Apabila sepatu basah terkena air, maka anda perlu mengeringkan sepatu dengan sempurna.

Cara agar sepatu kering dengan sempurna adalah dengan memasukkan gumpalan kertas koran kering kemudian mengangin anginkannya. Jangan keringkan sepatu kulit di atas matahari langsung.

Anda perlu menggunakan pengganjal khusus untuk  mempertahankan bentuk sepatu kulit. Bahan pengganjal yang direkomendasikan adalah pengganjal yang terbuat dari kayu aras atau vedarwood.

Bahan kayu ini mempu menghalau ngengat dan dapat menyerap kelembapan pada sepatu, sehingga sangat cocok untuk merawat sepatu kulit anda.

Sepatu kulit dikenal sebagai sepatu ternyaman digunakan. Selain itu, sepatu kulit juga dapat anda gunakan di berbagai kesempatan, seperti acara formal atau sekedar berkumpul dengan teman.

Sepatu ini dapat menunjang penampilan anda kapanpun. Namun, anda harus memperhatikan cara perawatan khusus sepatu ini agar tetap awet dan tetap keren saat digunakan.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

One Reply to “3 Cara Merawat Sepatu Kulit Agar Tetap Awet, Kamu…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *