TrikMerawat Extraordinary Man!

Milenials Harus Tahu, Yuk Intip Cara Merawat Rambut Smoothing Disini

4 min read

cara merawat rambut smoothing

Smoothing menjadi salah satu solusi bagi kamu yang memiliki rambut keriting dan menginginkan rambut lurus. Pelurusan rambut ini dilakukan dengan mengunakan alat serta bahan-bahan kimia yang membuat rambut lurus namun tetap lembut alami.

Biaya smoothing yang tidak murah dan beberapa diantaranya ada yang tidak bertahan lama, membuat kamu harus benar-benar tahu cara merawat rambut smoothing yang benar. Simak ulasannya.

Tips Cara Merawat Rambut Smoothing Agar Tetap Lurus


1. Hindari Keramas Setelah Smoothing

Saat kamu baru saja selesai melakukan proses smoothing, maka kamu jangan langsung mencuci rambut. Hal ini tidak boleh dilanggar dan harus dituruti karena obat smoothing belum terserap dengan baik.

Untuk mendapatkan hasil yang bagus, obat pelurus rambut baru boleh di bilas setelah 3 hingga 4 hari. Jadi kamu harus menahan diri untuk tidak keramas sebelum waktu tersebut jika tidak ingin smoothing yang kamu lakukan sia-sia.

2. Mengunakan Conditioner

Setelah batas waktu dilarang keramas sudah terlewati, yang harus kamu perhatikan selanjutnya adalah memakai conditioner. Pengunaan conditioner setelah keramas memiliki tujuan agar rambut kamu tetap terjaga kelembutannya.

Gunakan shampoo dan conditioner yang dapat memberikan nutrisi tambahan pada rambut setelah di-smoothing

Sebaiknya kamu tidak mengunakan hingga ke akar rambut karena bisa membuat rambut menjadi lepek, berketombe dan membuat gatal. Cara merawat rambut smoothing agar tetap lurus adalah memberikan conditioner hanya pada batang rambut.

3. Jangan Keringkan Rambut Dengan Hairdyer

Setelah keramas dan cara pengunaan conditioner sudah kamu lakukan dengan benar, maka kamu harus mengeringkan rambut dengan benar.

Sebaiknya kamu melakukan pengeringan rambut secara alami tanpa mengunakan hairdyer jika, ingin rambut lurus hasil smoothingmu bertahan lama dan tetap lurus.

Baca juga : Cara Merawat Rambut Keriting

Karena pengunaan hairdryer akan membuat rambut rusak akibat suhu tinggi dari hairdyer, tidak hanya itu rambut bisa menjadi kering.

Pengeringan dengan hairdyer memang tidak dianjurkan untuk rambut biasa ataupun rambut smoothing karena suhunya yang tinggi membuat rusak rambut.

Sebaiknya kamu mengunakan handuk tanpa mengesek rambut dan menekannya dengan perlahan. Kamu juga tidak dianjurkan untuk menyisir rambut dalam keadaan basah dan biarkan rambut kering secara alami dengan bantuan angin.

4. Mengunakan Sisir Bergigi Renggang

Pemilihan sisir juga berpengaruh untuk rambut yang baru saja kamu smoothing, karena pemilihan sisir yang salah bisa merusak rambutmu.

Cara merawat rambut smoothing yang benar adalah dengan mengunakan sisir bergerigi jaranguntuk merapikan rambut. Kamu juga tidak disarankan mengunakan sisir yang berbahan plastik karena bisa membuat rambut bervolume.

Sebaiknya gunakan sisir berbahan kayu yang renggang agar rambut tidak rontok.

5. Hindari Mengikat dan Mengulung Rambut Terlalu Sering

Beberapa perempuan senang mengikat dan mengulung rambutnya agar ringkas dan tidak menganggu aktivitas. Apalagi jika rambut yang dimiliki panjang, cara ini memang sangat membantu dan nyaman dilakukan.

Namun, kebiasaan tersebut tidak disarankan untuk kamu yang memiliki rambut smoothing. Bekas karet setelah mengulung atau mengikat rambut bisa membuat rambut bergelombang, ikal serta mengembang.

Smoothing menggunakan “obat” yang mengandung protein atau dikenal dengan nama keratin dan diaplikasikan sebelum menggunakan flat iron.

Kebiasaan tersebut jika dilakukan terlalu sering pada rambut smoothingmu akan membuatnya rusak dan tidak lurus lagi. Sebaiknya kamu mengurai rambut hasil proses smoothing daripada mengikatnya.

Solusi lainnya yang bisa kamu lakukan adalah mengunakan jepit rambut dengan perlahan dan hati-hati. Jika terpaksa mengikat sebaiknya gunakan karet rambut berbahan lembut yang tidak menimbulkan bekas.

6. Melakukan Trim Rambut Secara Rutin

Cara merawat rambut smoothing yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah melakukan trim pada rambut kamu. Rambut lurus yang dihasilkan oleh smoothing biasanya, mulai mengalami masalah setelah beberapa minggu akibat pengunaan bahan kimia.

Masalah yang kerap kali dialami yakni rambut rontok, bercabang, bahkan mudah patah. Sehingga trim atau memotong sebagian rambut menjadi solusi untuk masalah tersebut.

Baca Juga : Cara Merawat Rambut Keriting Pria

Rambut yang bercabang menjadi indikasi jika rambut kamu sudah tidak sehat. Dengan trim rambut rusak kamu tidak menyebar dan tidak bertambah parah.

Pemotongan ujung rambut ini tidak hanya memangkas bagian yang tidak sehat saja namun juga agar rambut berikutnya tumbuh lebih baik. Kamu bisa memangkas 2 hingga 3 cm hingga bagian yang bercabang terbuang.

7. Jangan Lakukan Pewarnaan Rambut

Jika kamu menginginkan rambut tetap sehat, sebaiknya jangan melakukan pewarnaan rambut. Pewarna rambut juga mengandung bahan kimia yang tinggi, padahal rambut kamu baru saja terkena bahan kimia dari proses smoothing.

Semakin banyaknya pengunaan bahan kimia, akan membuat rambut kamu semakin rusak. Masalah rambut sebelumnya seperti rapuh dan bercabang tidak hanya satu-satunya. Kamu bisa mengalami kerotokan rambut juga.

Harga smoothing relatif lebih mahal dibandingkan dengan rebonding meskipun daya tahannya cenderung lebih singkat.

Pewarnaan bisa kamu lakukan jika sudah menginjak kurang lebih 3 bulan setelah melakukan smoothing. Cara merawat rambut smoothing ini bertujuan untuk membuat efek dari smoothing tahan lama dan tetap lembut.

Sebaiknya kamu memperhatikan hal ini jika tidak ingin mahkotamu semakin rusak dan hasil smoothing yang kamu lakukan sia-sia. Apalagi mengingat jika sudah mengeluarkan banyak biaya.

8. Jangan Mencatok Terlalu Sering

Saat tanpa sengaja kamu membuat rambut smoothing kamu bergelombang akibat mengikat rambut, mencatok menjadi salah satu solusi agar rambut kamu tetap lurus.

Namun, mencatok terlalu sering ternyata tidak bagus untuk rambut smoothing kamu. Pengunaan catok bisa membuat rambut kehilangan kelembaban alami yang membuatnya menjadi kering, kusam dan kasar.

Maka jangan mencatok terlalu sering agar rambut kamu tetap indah.

9. Mengunakan Sarung Bantal Lembut

Jika kamu ingin rambut smoothing kamu tetap lurus maka perhatikan bahan dari sarung bantal yang kamu gunakan. Sebaiknya, kamu mengunakan bahan yang lembut agar rambut kamu tidak kusut ketika bangun tidur.

Baca Juga : Cara Merawat Rambut Kering dan Mengembang

Sarung bantal dengan bahan kasar yang bergesekan ketika tidur akan membuat rambut kamu menjadi rusak apabila terjadi dalam jangka waktu panjang. Bahan yang disarankan untuk sarung bantal adalah kain satin yang lembut.

10. Mengunakan Masker Rambut

Memiliki rambut smoothing yang indah juga membutuhkan cara merawat rambut smoothing yang ekstra. Tidak hanya menghindari hal-hal yang membuat rambut smoothing kamu rusak, memberi nutrisi untuk rambut juga perlu di lakukan.

Kamu bisa mengunakan masker rambut agar rambut tetap ternutrisi dan mendapat vitamin dari masker yang kamu gunakan. Masker rambut juga bisa meminimalkan efek bahan kimia dari smoothing.

Mengunakan masker dengan bahan alami lebih baik daripada mengunakan masker rambut yang banyak dijual dipasaran. Beberapa bahan yang memiliki banyak kandungan baik untuk rambut yakni:

  • Alpukat
  • Lidah buaya
  • Yoghurt
  • Susu
  • Santan kelapa

Bahan-bahan tersebut sangat mudah didapatkan dan juga memberi banyak manfaat untuk kesehatan rambut hasil smoothing kamu. Sebaiknya kamu memakai masker rambut secara rutin.

Proses smoothing atau pelurusan rambut dilakukan dengan mengunakan banyak bahan kimia sehingga, rambut bisa lurus lebih lama daripada proses reboinding.

Efek bahan kimia tersebut bisa menjadi penyebab kerusakakan pada rambut kamu jika tidak dilakukan perawatan yang maksimal.

Perawatan harus dilakukan secara rutin dan teratur agar hasil yang didapatkan maksimal dan tidak membuat rambut semakin rusak.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

One Reply to “Milenials Harus Tahu, Yuk Intip Cara Merawat Rambut Smoothing…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *