Rambut Cara Merawat Tubuh

Panduan Cara Merawat Rambut Rusak Agar Sehat dan Indah

cara merawat rambut rusak
Avatar
Written by Josua Rifandy

Rambut rusak disebabkan oleh banyak hal. Yang paling sering adalah kurangnya perawatan. Cara merawat rambut rusak lebih membutuhkan banyak biaya, tenaga dan waktu karena selain harus mengembalikan rambut menjadi sehat kembali, rambut juga harus tetap dirawat untuk dijaga kesehatannya.

Kerusakan rambut yang kerap terjadi antara lain rambut kering, rontok, rambut rusak akibat bleaching, dan masih banyak lagi. Kerusakan rambut dapat diatasi dengan perawatan yang konsisten menggunakan produk rambut yang tepat. Selain itu merawat rambut yang rusak juga dapat dilakukan dengan bahan-bahan alami yang mudah didapat di kehidupan sehari-hari.

Kunci dalam merawat rambut yang rusak adalah konsisten dan kesabaran. Perlu waktu supaya rambut kembali sehat dan tampil lebih indah. Oleh karena itu tanpa perlu berlama-lama lagi, langsung saja simak penjelasan mengenai cara merawat rambut yang rusak berikut ini.

Baca Juga : Cara Merawat Rambut Ikal Sulit Diatur menjadi Lebih Indah

Tips Merawat Rambut Rusak Akibat Kering dan Rontok


Masalah rambut yang seringkali dihadapi oleh setiap orang adalah rambut kering dan rontok. Sayangnya masih cukup jarang yang mengetahui bagaimana cara merawat kedua masalah rambut ini. Dengan mencuci rambut menggunakan sampo saja sebenarnya masih belum cukup, karena rambut harus dirawat dengan serangakaian perawatan extra supaya rambut menjadi sehat. Inilah penjelasan selengkapnya.

A. Merawat Rambut Kering

Rambut kering disebabkan oleh kurangnya kelembapan pada kulit kepala serta rambut. Oleh karena itu untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memilih produk perawatan rambut dengan kandungan bahan yang dapat melembapkan kulit kepala serta rambut.

Serangkaian perawatan yang harus dilakukan adalah dengan memilih sampo yang tepat, menggunakan hair mask dan hair wrap, serta vitamin khusus rambut. Penjelasan lebih lanjut simak di bawah ini.

1. Memilih Sampo untuk Rambut Kering

Memilih Sampo untuk Rambut Kering
(Sumber: Medcom.id)

Bisa jadi rambut menjadi kering karena sampo yang digunakan kurang cocok. Maka untuk mengatasi masalah rambut yang cenderung kering, yang pertama kali dilakukan adalah mengganti sampo ke sampo khusus rambut kering.

Pilihlah sampo dengan kandungan argan oil. Argan oil ini bermanfaat untuk menjaga kelembapan rambut serta memberikan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan rambut. Minyak argan juga dapat menjaga kesehatan kulit kepala, serta menjadikan rambut lebih indah, berkilau dan mudah diatur.

Sampo dengan kandungan minyak argan sangat cocok digunakan oleh orang-orang yang rutin menggunakan catokan maupun hair dryer. Beberapa merek sampo yang bisa digunakan diantaranya TRESemme Shampoo Keratin Smooth, Sunsilk Soft & Smooth, L’Oreal Paris Smooth Intense Anti Frizz Shampoo, dan masih banyak lagi.

2. Menggunakan Hair Mask

Sampo saja masih belum cukup. Perawatan rambut kering berikutnya adalah dengan menggunakan hair mask. Penggunaan hair mask disarankan dilakukan rutin minimal seminggu sekali. Untuk kandungannya, pilihlah yang mengandung bahan yang bermanfaat melembapkan rambut serta kulit kepala, seperti minyak zaitun, madu, serta yogurt.

3. Membungkus Rambut

Rambut kering disebabkan karena kurangnya kelembapan. Oleh karena itu setelah selesai keramas, jangan langsung keringkan rambut menggunakan hair dryer. Tapi bungkus terlebih dahulu rambut yang masih basah dengan handuk dan biarkan setidaknya 1 sampai 2 jam. Kemudian lepas handuk dan biarkan mengering dengan sendirinya. Cara ini terbukti membuat rambut terasa lebih lembut seketika.

4. Menggunakan Vitamin Rambut

Rambut yang kering dan kasar juga dapat disebabkan karena kurangnya nutrisi. Menutrisi rambut adalah dengan memberikan vitamin rambut. Cukup gunakan sebutir minyak rambut saja setiap selesai keramas, serta gunakan sebelum mengeringkan menggunakan pengering rambut.

Baca Juga : Cara Merawat Rambut Berwarna Tetap Sehat untuk Pemula

B. Merawat Rambut Rontok

Kerontokan menjadi masalah rambut berikutnya yang kerap kali terjadi. Kerontokan yang parah dapat menyebabkan volume rambut menipis. Hal ini tentu akan sangat mengurangi keindahan rambut. Untuk itu perawatan rambut rontok tidak cukup hanya dengan perawatan luar saja, akan tetapi juga harus dirawat dari dalam dengan menambah nutrisinya. Adapun cara merawatnya adalah sebagai berikut:

1. Mengonsumsi Suplemen Penyubur Rambut

Mengonsumsi Suplemen Penyubur Rambut
(Sumber: Jovee.id)

Kerontokan bisa menyebabkan volume rambut berkurang, sehingga rambut akan terlihat menipis dan jadi tidak indah lagi. Solusinya adalah konsumsi suplemen khusus untuk menyuburkan rambut. Suplemen-suplemen itu diantaranya meliputi minyak ikan, vitamin C, vitamin D, vitamin E, biotin atau vitamin B7, selenium, lysine, dan lycopene. Suplemen ini diklaim dapat membantu merangsang pertumbuhan pada rambut serta mengendalikan rambut rontok.

2. Menggunakan Tonik Daun Jambu

Perawatan rambut rontok juga bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami, yakni daun jambu yang dibuat menjadi tonik. Caranya adalah dengan merebus segenggam daun jambu biji dengan air, kemudian usai keraman semprotkan tonik pada kulit kepala dan dilanjut dengan pemijatan. Tonik daun jambu biji ini diklaim dapat menjaga kesehatan rambut karena mengandung vitamin B, vitamin C serta zat besi dengan kandungan anti-inflamasi, antioksidan, analgesik, serta anti-mikroba.

3. Menggunakan Masker Berbahan Bawang Merah dan Bawang Putih

Bahan alami lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi kerontokan adalah bawang putih serta bawang merah. Bahan dapur ini bisa diolah menjadi masker rambut dengan diambil sarinya. Kandungan dari bawang merah dan bawang putih ini dapat membantu dalam merangsang pertumbuhan rambut.

Baca Juga : Cara Perawatan Rambut Kering dan Mengembang Yang Benar

C. Cara Merawat Rambut Rusak

Selain cara-cara di atas, masih ada lagi cara merawat rambut rusak lainnya supaya rambut menjadi sehat dan lebih indah seperti berikut:

1. Memakai Conditioner

Memakai Conditioner
(Sumber: Allthingshair.com)

Apabila ingin mendapatkan rambut yang sehat dan lebih indah, maka mulai saat ini biasakan untuk menggunakan conditioner setelah keramas. Saat ini conditioner sudah ada yang digunakan tanpa bilas. Conditioner berfungsi untuk menghidrasi lapisan terluar rambut sehingga dapat menambah kelembapan rambut. Gunakan conditioner pada bagian akar rambut untuk mengatasi masalah seperti rambut kering dan kusam.

2. Rutin Memotong Rambut yang Rusak

Bagian ujung rambut yang rusak akibat bercabang dan kering, sebaiknya harus dipangkas secara rutin. Tujuannya supaya rambut terhindar dari kerusakan, dan tidak mengurangi keindahannya.

3. Mengurangi Penggunaan Hair Spray dan Styling Gel

Terlalu sering menggunakan produk pengeras rambut seperti styling gel maupun hair spray sebenarnya dapat memnyebabkan rambut menjadi cepat rusak. Produk-produk ini mengandung bahan kimia yang berdampak buruk terhadap kesehatan rambut. Rambut juga akan menjadi lebih cepat kotor bahkan menjadi sarang jamur. Maka dari itu sebaiknya kurangi atau sebisa mungkin jauhi produk-produk ini.

4. Mengurangi Penggunaan Hair Dryer dan Catokan

Rambut jadi cepat kering bahkan rusak jika terlalu sering menggunakan pengering rambut dan catokan. Kedua mesin ini menghasilkan panas yang dapat membuat rambut jadi kering dan kusam. Jika ingin rambut tetap sehat, ada baiknya kurangi penggunaan 2 mesin rambut ini, atau setidaknya atur suhunya supaya tidak terlalu panas.

5. Menggunakan Minyak Alami

Tips cara merawat rambut rusak yang terakhir adalah dengan menggunakan minyak alami. Diantaranya minyak kelapa, minyak kemiri, atau urang-aring. Pakai minyak ini pada kulit kepala serta pijat lembut. Minyak alami dapat membantu menyehatkan rambut.

Demikian penjelasan mengenai cara merawat rambut rusak agar sehat dan lebih indah. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Avatar

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo raih mimpi Mu.

Leave a Comment