Rambut Cara Merawat Tubuh

Tips Simpel Cara Merawat Rambut Rusak agar Kembali Sehat

Cara merawat rambut rusak agar kembali sehat
Written by Josua Rifandy

Salah satu bagian tubuh yang paling sering menjadi perhatian wanita adalah rambut. Sebagai mahkota perempuan, rambut sering kali diganti sesuai dengan mood atau gaya yang sedang trend. Tujuannya? Tentu saja, agar tampil gaya dan modis.

Setelah diubah dengan banyak gaya, terpapar panas dari alat penata rambut, matahari, hingga bahan kimia dari berbagai produk pewarna, rambut biasanya akan rusak. Untuk mengatasi kerusakan tersebut, rambut perlu mendapatkan perawatan yang sesuai. Lalu, bagaimana cara merawat rambut rusak agar kembali sehat? Yuk, cari tau jawabannya!

8 Cara Merawat Rambut Rusak agar Kembali Cantik dan Sehat


Berikut ini adalah cara untuk merawat rambut rusak supaya kembali sehat:

1. Kenali Jenis Rambut Terlebih Dahulu 

Cara merawat rambut rusak agar kembali sehat yang pertama adalah dengan mengenali jenis rambut terlebih dulu. Untuk melakukan perawatan pada rambut rusak, hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengetahui jenis rambut. Ini perlu dilakukan untuk mengetahui langkah apa yang perlu dilakukan serta jenis produk apa yang sebaiknya digunakan. 

Baca Juga : Cara Merawat Rambut agar Cepat Panjang dengan Trik Khusus

Setidaknya, terdapat tiga jenis rambut, yakni kering, normal, dan juga berminyak. Apabila rambut cenderung sering rontok, patah, dan bercabang, maka dapat dipastikan bahwa jenis rambut tersebut adalah kering.

Jika rambut lepek dan mudah kusam, maka jenis rambutnya adalah berminyak. Sementara itu, untuk rambut normal biasanya rambut cenderung memiliki tingkat ketombe dan juga kerontokan yang sedikit.

2. Pilih Produk Sampo yang Sesuai Jenis Rambut

Cara merawat rambut rusak agar kembali sehat
(Sumber: Thehealthy.com)

Setelah menentukan jenis rambut, cara merawat rambut rusak agar kembali sehat selanjutnya adalah menentukan jenis sampo yang sesuai. Sampo sendiri berfungsi untuk memberikan nutrisi pada rambut, sehingga rambut semakin sehat dan kuat. Selain itu, sampo dapat membantu membersihkan serta mengembalikan kesehatan rambut yang sempat rusak.

Rambut rusak dapat disebabkan oleh paparan bahan kimia dari berbagai produk perawatan rambut yang sering digunakan. Selain itu, terlalu sering terpapar sinar matahari juga menjadi penyebab rusaknya kesehatan rambut. Pemilihan produk sampo yang sesuai dapat membantu mengatasi berbagai kerusakan rambut, seperti rontok, ketombe, lepek, kusam, bercabang, dan lain sebagainya.

3. Usahakan Pakai Masker Rambut Secara Teratur 

Cara merawat rambut rusak agar kembali sehat yang selanjutnya adalah dengan rutin menggunakan masker rambut. Penggunaan masker rambut atau hair mask dapat membantu mengembalikan kesehatan rambut serta mengatasi kerusakan pada rambut. 

Saat ini, sudah banyak jenis produk masker rambut yang beredar di pasaran. Akan tetapi, banyak juga bahan-bahan alami yang dapat digunakan sebagai alternatif. Misalnya, lidah buaya, minyak almond, alpukat, yoghurt dan pisang, santan, urang aring, telur, dan susu madu. Bahan-bahan masker rambut tersebut juga terbilang cukup mudah untuk ditemukan. 

4. Jangan Lupa Gunakan Produk Kondisioner

Cara merawat rambut rusak agar kembali sehat
(Sumber: Rd.com)

Tidak hanya manusia, rambut juga dapat mengalami stress. Stress pada rambut ini biasanya diakibatkan oleh penggunaan alat penata rambut ataupun bahan kimia pada produk pewarna rambut. Untuk mengatasi stress pada rambut, langkah yang dapat dilakukan adalah menggunakan kondisioner. 

Kondisioner biasanya digunakan setelah keramas dengan cara mengoleskan atau mengaplikasikan kondisioner ke pangkal hingga ujung rambut. Setelah diaplikasikan, diamkan rambut beberapa saat sampai kondisioner meresap ke dalam rambut. Penggunaan kondisioner ini wajib untuk rambut yang rusak, karena kondisioner dapat membantu rambut kembali sehat, mudah diatur, dan lembab.

5. Menggunakan Vitamin Rambut dengan Kandungan yang Tepat

Salah satu cara merawat rambut rusak agar kembali sehat yang sering dilupakan adalah memberi vitamin rambut. Vitamin rambut dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah pada rambut serta membantu untuk menyehatkan, mengencangkan, mengkilaukan, dan meluruskan rambut. Dalam memilih vitamin rambut, hal yang perlu diperhatikan adalah kandungan pada vitamin rambut tersebut. Vitamin rambut yang baik setidaknya harus mengandung vitamin A, B, C, D, dan E. Kelima jenis vitamin tersebut memiliki fungsi masing-masing pada rambut.

Baca Juga : Gak Pake Ribet Yuk Intip Cara Merawat Rambut Keriting Pria

Vitamin A yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan sekaligus melembabkan kulit kepala. Vitamin B berperan untuk menutrisi rambut dan membantu rambut untuk tumbuh kuat dan sehat. Vitamin C fungsinya sebagai antioksidan yang dapat membantu mengatasi kerusakan rambut yang diakibatkan oleh radikal bebas. 

Selanjutnya, ada juga Vitamin D. Dalam beberapa studi, Vitamin D berfungsi dalam mengatasi kerontokan parah pada rambut. Selain itu, vitamin ini dinilai dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Terakhir adalah Vitamin E yang memiliki fungsi yang sama dengan vitamin C, yaitu sebagai antioksidan. Antioksidan pada vitamin E dapat digunakan sebagai pencegah stress oksidatif, mengurangi kerontokan rambut, serta menyehatkan rambut.  

Vitamin rambut sebaiknya diaplikasikan setelah selesai keramas, yaitu saat rambut dalam kondisi setengah kering atau sesaat sebelum tidur. Selain menggunakan vitamin rambut, langkah alternatif lainnya adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat dengan kandungan vitamin tersebut.

6. Jangan Lupa Memotong Bagian Ujung Rambut Secara Rutin 

Cara merawat rambut rusak agar kembali sehat
(Sumber: Indianexpress.com)

Trimming adalah memotong beberapa sentimeter bagian ujung pada rambut untuk membuang atau menghilangkan rambut bercabang atau pecah. Trimming rambut ini dapat dilakukan untuk mengatasi rambut rusak tanpa harus mengubah bentuk rambut. Selain itu, proses trimming rambut ini dapat dilakukan secara mandiri di rumah. 

Untuk men-trimming rambut secara mandiri, pertama-tama cuci terlebih dahulu rambut dengan shampo agar rambut menjadi lembut dan mudah dirapikan. Lalu, tutup bahu dan juga tubuh bagian depan dengan menggunakan handuk atau kain. Hal ini dilakukan agar rambut tidak jatuh mengenai baju atau kulit. 

Selanjutnya, sisir rambut menggunakan sisir dengan gigi yang jarang. Sisir jenis ini akan sangat membantu mengatur rambut dalam kondisi basah. Ikat seperempat rambut dan arahkan ke depan. Biarkan yang lainnya tergerai. Potong satu atau dua sentimeter bagian ujung rambut yang sudah diikat tersebut. Lakukan hal yang sama pada rambut yang tergerai. Ini menjadi salah satu cara merawat rambut rusak agar kembali sehat yang efekfit. Dengan melakukan trimming, rambut pecah dan bercabang akan dapat teratasi.  

7. Hindarkan Rambut dari Alat Penata Rambut yang Mengeluarkan Panas Tinggi

Cara merawat rambut rusak agar kembali sehat selanjutnya adalah perihal alat penata rambut. Alat penata rambut bisa menjadi pisau bermata dua. Selain membantu menata rambut agar terlihat rapi, halus, dan cantik, penggunaan alat penata rambut juga dapat merusak rambut secara perlahan. 

Penggunaan alat penata rambut yang terlalu sering dapat membuat rambut menjadi kering, pecah, dan bercabang. Hal tersebut dikarenakan rambut sangat rentan terhadap panas yang dihasilkan oleh alat penata rambut. Untuk mengatasi kerusakan rambut, sebaiknya kurangi intensitas penggunaan alat penata rambut. 

Namun, jika terpaksa harus menggunakan alat penata rambut, sebaiknya gunakan serum atau heat protector sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk menghalau panas yang dikeluarkan oleh alat agar tidak langsung ke rambut.

8. Jangan Lupa Keramas Setiap Dua Hari Sekali 

Cara merawat rambut rusak agar kembali sehat yang terakhir adalah perihal keramas. Intensitas keramas yang terlalu sering juga dapat menyebabkan rambut kamu menjadi rusak, bukan bersih. Terlalu sering keramas dapat membuat akar pada rambut menjadi mudah lepek. Selain itu, bagian batang rambut juga akan menjadi kering dan kasar. Untuk mencegah kerusakan rambut tersebut, keramas cukup dilakukan paling tidak dua kali sehari.  

Baca Juga : Milenials Harus Tahu, Yuk Intip Cara Merawat Rambut Smoothing Disini

Itu dia, 8 cara merawat rambut rusak agar kembali sehat. Langkah-langkah yang sangat ini wajib dilakukan jika mengalami berbagai masalah pada rambut. Selain itu, mengatasi rambut rusak juga dapat dilakukan dengan menjaga pola makan serta pola hidup yang sehat. Nah, yang tidak kalah penting adalah jangan lupa untuk minum air putih yang cukup untuk menjaga rambut tetap lembab dan sehat. 

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo raih mimpi Mu.

1 Comment

Leave a Comment