TrikMerawat Extraordinary Man!

Yuk Simak Cara Merawat Rambut Keriting Paling Ampuh Disini

4 min read

cara merawat rambut keriting

Sebagai wanita, rambut merupakan salah satu bagian tubuh penting yang dapat menunjang penampilan. Rambut memiliki karakteristik berbeda pada setiap orang, sehingga perawatan rambut setiap orang akan berbeda.

Terutama bagi pemilik rambut keriting, pasti merasakan susahnya mengatur rambut ini setiap hari. Yuk cari tahu cara merawat rambut keriting yang paling efektif berikut ini.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Rambut keriting


Rambut memiliki berbagai macam jenis yang meliputi rambut ikal atau keriting, rambut lurus, rambut bergelombang, rambut yang halus, rambut dengan tekstur kasar, dan rambut yang telah proses kimiawi.

Jenis rambut lurus dan keriting adalah tipe rambut yang banyak dimiliki oleh wanita Indonesia.

Rambut keriting atau ikal memang terlihat cantik dan menarik. Bahkan beberapa orang berusaha untuk mendapatkan rambut jenis ini. Rambut ini dapat memberikan kesan lebih bervolume, lebih seksi dan manis.

Bahkan ada yang beranggapan pemilik rambut keriting dianggap eksotis. Seringkali bagi pemilik rambut keriting akan merasa kesal saat menata rambut anda agar terlihat lebih rapi.

Baca Juga : Cara Merawat Rambut Kering dan Mengembang

Sebagian pemilik rambut ikal merasa bahwa rambut yang dimiliki kurang menarik. Bahkan mereka berusaha untuk  mengganti jenis rambut untuk tampil lebih percaya diri. Tentu hal ini sangat disayangkan karena sebagian orang lainnya bahkan bermimpi untuk mendapatkan rambut keriting. Daripada mengganti jenis rambutmu, kamu bisa mencari cara perawatan bagi rambut ini.

Nggak sekadar keriting, lurus, atau bergelombang aja, ternyata ada penggolongan rambut manusia seperti ini. Rambut Afro biasanya tipe 4A-4C

Sebagian pemilik rambut ini tidak tau cara merawat rambut keriting  yang benar dan dirasa sulit dilakukan. Masalah yang sering dialami rambut jenis ini adalah kering, kusut, dan sulit diatur.

Namun, kamu bisa mempertahankan kesehatan rambutmu agar tetap lembab.  Penasaran bagaimana cara menata rambut jenis ini dengan benar? yuk simak terlebih dahulu tipe yang dimiliki oleh rambut keriting.

Yang pertama adalah tipe rambut 3a, dimana keriting jenis ini memiliki diameter paling besar daripada jenis keriting lainnya. Untuk mendapatkan keriting jenis ini lebih maksimal, kamu bisa gunakan kuncir rambut yang bergelombang.

Namun jika kamu ingin membuat rambut lebih mudah siatur, maka gunakan produk perawatan rambut saat rambut dalam keadaan basah, kemudian gunakan kaos atau handuk yang memiliki bahan microfiber agar rambutmu lebih teratur.

Tipe rambut keriting kedua adalah 3b dengan kriteria rambut keriting terlihat lebih turun ke pundak dibandingkan ke atas rambut. Kamu bisa gunakan contioner agar rambutmu terlihat lebih bouncy.

Tata rambut ketika basah, lalu biarkan mengering dengan sendirinya.  Dengan cara ini, kamu akan mendapatkan hasil rambut yang maksimal dan terlihat lebih rapi. Yang terakhir adalah tipe rambut 3c.

Tipe rambut ini memiliki keriting tertebal dan paling rawan mengalami kusut. Namun jangan khawatir, karena salah satu cara merawat rambut keriting adalah dengan menggunakan contioner.

Untuk menghindari rambut menjadi kusut dan mengembang, kamu juga bisa mensiasati dengan memotong rambut secara teratur agar rambutmu tetap bersinar dan lembab.

Masalah Pada Rambut Keriting


Setiap pemilik rambut keriting tentu memahami bagaimana susahnya untuk mengatur rambut tetap rapi seharian. Walaupun beberapa kali rambut ditata, rambut keriting akan kembali pada bentuk semula.

Hal ini menjadi alasan kenapa pemilik rambut jenis ini terlihat ribet saat berdandan. Berikut beberapa keluhan dari pemilik rambut jenis keriting yang mungkin sering kamu dengar atau rasakan sendiri.

Sebagian orang menyangka bahwa pemilik rambut jenis ini tidak akan repot ketika keramas. Padahal, setiap rambut tentu memerlukan shampo untuk membersihkan rambut dari kotoran yang menempel pada rambut.

Namun, rambut jenis ini memerlukan perawatan lebih seperti menggunakan contioner. Ini adalah salah satu agar lebih rambutmu lebih mudah diatur.

Tidak semua orang menyukai rambut jenis ikal karena dianggap susah utuk dirawat  dan banyak memakan waktu. Tanpa sadar, sebagian orang berfikir bila mengatakan “rambutmu akan terlihat lebih bagus lagi kalau lurus loh ” merupakan sebuah pujian.

Semakin jarang Anda menggunakan alat styling yang panas, semakin baik ikal yang Anda miliki.

Nyatanya, para pemilik rambut keriting akan merasa kurang percaya diri dengan rambut unik yang dimilikinya. Padahal mengomentari fisik seseorang itu tidak baik loh.

Pemilik rambut ikal tentu paham bagaimana susahnya cara merawat rambut keriting. Rambut ikal akan membutuhkan tenaga ekstra ketika kamu mencoba untuk memodelnya. Misalnya kamu ingin mencoba membentuk rambut model topknot hair.

Setelah mencoba berkali kali, rambut tetap akan susah diatur dan kembali ke bentuknya semula. Selain memakan tenaga ekstra, waktu yang dibutuhkan menjadi lebih lama.

Mempertahankan rambut keriting  agar tetap rapi itu tidak mudah. Tanpa sadar, sebagian orang ketika melihat rambut keriting selalu ingin menyentuhnya.

Bahkan seringkali bertanya bagaimana kamu bisa mendapatkan rambut keriting seperti ini. Terkadang, rambut keritingmu akan dijadikan bahan usilan temanmu. Padahal dari pagi kamu sudah berusaha menata rambutmu agar tampil rapi.

Merapikan rambut keriting memerlukan kesabaran yang tinggi. Sebesar apapun keinginanmu untuk mengatasinya, rambut akan tetap kembali seperti semula.

Baca Juga : Cara Merawat Rambut Keriting Pria

Cara cepat mendapatkan rambut keriting agar mudah diatur adalah dengan  meluruskan rambutmu secara permanen. Namun kamu tidak perlu terburu buru dalam memutuskan hal ini, karena kamu juga perlu memperhatikan efeknya.

Ada saat dimana pemilik rambut keriting iri dengan pemilik rambut lurus, karena rambut lurus terlihat lebih rapi dan mudah untuk diatur walaupun dengan model rambut apapun.

Kamu juga sulit menemukan hair stylist yang cocok dengan seleramu. Kamu juga harus pintar memilih sisir yang baik untuk rambutmu. Ada baiknya kamu pilih sisir yang memiliki gigi jarang.

Cara Merawat Rambut Keriting


Masalah yang sering dialami oleh pemilik rambut ini adalah kering, kusut, dan sulit diatur agar tetap rapi. Namun, kamu bisa meminimalisir masalah tersebut dengan cara yang benar.

Ingin tau bagaimana cara merawat rambut keriting yang paling efektif ? sebenarnya caranya cukup mudah, yaitu kamu cukup mempertahankan kesehatan rambut agar tetap lembab. Berikut cara untuk menjaga kelembapan rambut keritingmu.

Pertama, kamu harus cegah rambut menjadi kering dengan menggunakan shampo yang memiliki kandungan deterjen rendah. Jika kamu perhatikan, shampo mengandung deterjen akan menghasilkan busa yang banyak dan dapat membuat rambut menjadi kering.

Kondisioner adalah wajib setelah keramas karena produk ini dapat melembutkan dan mengurangi efek rambut ngembang.

Dengan menggunakan shampo rendah deterjen, kmau bisa menjaga kulit kepala tetap lembab setelah keramas dan jangan lupa gunakan contioner.

Jangan biasakan untuk sering keramas walaupun telah menggunakan shampo rendah deterjen. Kenapa ? karena keramas yang terlalu sering dapat membuat rambut dan kulit kepala kehilangan minyak alaminya. 

Baca juga : Cara Merawat Rambut Smoothing

Kondisi ini akan memicu timbulnya ketombe. Untuk peraawatan rambut ini, kamu hanya perlu keramas selama dua kali seminggu dan gunakan air dingin.

Rambut kering cenderung lebih sensitif, sehingga memerlukan perlakuan lebih lembut. Gunakan handuk yang terbuat dari bahan kaos dan kamu cukup tepuk tepuk kepala untuk menyerap air.

Ada baiknya, kamu menggunakan cara merawat rambut keriting alami agar mengurangi terjadinya kerontokan.

Kamu juga perlu menghindari mengeringkan rambut menggunakan hair dryer agar rambut tidak mengembang. Banyak yang bisa kamu lakukan agar rambut keritingmu dapat tampil sehat dan mudah diatur.

Agar hasilnya maksimal, kamu juga perlu menggunakan masker rambut dan pilih karet rambut yang tebal untuk menjaga rambut agar tidak mudah patah.

Kamu juga perlu memiliki kepercayaan diri terhadap rambutmu sendiri karena setiap orang memiliki rambut unik yang dapat menjadi ciri khas.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

One Reply to “Yuk Simak Cara Merawat Rambut Keriting Paling Ampuh Disini”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *