TrikMerawat Extraordinary Man!

Gak Pake Ribet Yuk Intip Cara Merawat Rambut Keriting Pria

4 min read

cara merawat rambut keriting pria

Tuhan menciptakan manusia dengan beraneka ragam jenis tipe rambut yang pastinya spesial. Rambut lurus bukan yang paling superior dan paling keren karena buktinya pria yang memiliki rambut keriting juga bisa mengikuti tren rambut yang sedang hits.

Hanya saja dibutuhkan perhatian lebih bagi kamu yang memiliki rambut keriting. Lebih lengkapnya yuk simak cara merawat rambut keriting pria berikut.

Cara Merawat Rambut Keriting Pria dengan Mudah

1. Menjaga Kelembaban Rambut

Pemilik rambut keriting haruslah menjaga kelembaban rambut agar mudah di atur. Untuk mendapatkan rambut yang lembab alami sebaiknya kamu tidak mencuci rambut setiap hari.

Keramas setiap hari membuat rambut keritingmu kehilangan zat pelembab alaminya sehingga membuat rambut menjadi kering. Ketika rambut kamu kering  maka rambut keriting akan mengembang dan menjadi tidak rapi.

Baca Juga : Cara Merawat Rambut Smoothing

Sebaiknya kamu mencuci rambut dengan penjadwalan 2 atau hingga 3 hari sekali. Kamu juga harus memperhatikan produk sampo yang kamu gunakan sudah sesuai dengan rambut kamu.

Jadwal tersebut mungkin bisa berubah tergantung aktivita yang kamu jalani jika kamu baru saja berolahraga kamu bisa keramas. Tapi usahakan untuk tidak keramas setiap hari agar rambutmu tetap lembut.

Jangan Pernah Merasa Minder Jika Kamu Mempunyai Rambut Keriting

2. Memperhatikan Potongan Rambut

Cara merawat rambut keriting pria yang paling efektif agar terlihat indah adalah dengan memperhatikan potongan rambut. Apabila rambutmu sudah panjang kamu bisa memotongnya.

Selain agar penampilan kamu terlihat baru kamu juga bisa membuat rambut keriting kamu menjadi semakin rapi. Pastikan model rambut yang kamu gunakan sudah sesuai dengan bentuk wajah yang kamu miliki.

Kamu bisa berkonsultasi dengan hairstylist kamu untuk dapatkan model rambut yang sesuai. Tidak masalah untuk mencoba style baru tren yang saat ini sedang berkembang namun penting untuk mencocokkan dengan bentuk muka.

Potongan yang tidak sesuai akan merusak penampilan yang membuat kamu menjadi kurang percaya diri. Sesekali tidak mengapa untuk berkreasi tapi hairstylist mungkin punya cara lain untuk membuatnya cocok untukmu.

3. Membiarkan Rambut Kering Dengan Sendirinya

Tidak jarang saat terburu-buru mengeringkan rambut mengunakan hairdryer menjadi solusi karena lebih cepat. Namun nyatanya banyak efek buruk jika seringkali dilakukan.

Haidryer memiliki tingkat panas yang membuat rambut keritingmu akan mengembang dan juga sulit untuk diatur. Kondisi ini tentunya akan membuat rambut kamu menjadi tidak rapi dan merusak penampilan kamu.

Baca Juga : Cara Merawat Wajah Pria

Seperti yang disarankan dalam cara merawat rambut keriting pria sebaiknya, kamu mengeringkan rambut secara alami  mengunakan handuk atau membiarkannya kering secara alami.

Pengunaan haidryer secara terus menerus akan membuat rambut tidak hanya mengembang namun juga membuat rambut menjadi kering. Efek jangka panjang yang kamu dapatkan adalah rambut menjadi kasar dan juga bisa membuat rambut bercabang.

4. Meneliti Produk Perawatan Rambut

Membicarakan perawatan rambut banyak produk dijual dipasaran dengan beragam merk dan kualitas. Produk mulai dari sampo hingga gel penata rambut harus kamu perhatikan dengan benar, ketika kamu termasuk orang yang memiliki rambut keriting.

Sebab kandungan produk yang tidak sesuai akan membuat rambut keriting kamu rusak. Masalah lain juga bisa muncul seperti adanya ketombe atau rontok lantaran produk yang kamu pilih tidak sesuai.

Ada baiknya kamu menyempatkan untuk menilik komposisi di belakang kemasan barang sebentar. Jangan mudah tertipu dengan iklan maupun kemasan produk yang menarik.

Kandungan yang sebaiknya dihindari adalah Laurel Natrium Sulfat atau SLS yang dapat membuat kerusakan rambut secara permanen. Hal ini berlaku untuk semua perawatan rambut yang kamu gunakan dan termasuk dalam cara merawat rambut keriting pria yang benar.

5. Memberi Rambut Perlindungan

Bagi kamu pemilik rambut keriting yang memiliki aktivitas padat di luar ruangan sebaiknya memberikan rambut perlindungan. Kamu bisa mengunakan topi sebagai pelindung agar rambut kamu tidak terpapar sinar matahari secara langsung.

Rambut keriting kamu akan semakin mengembang jika sering terpapar cahaya matahari. Rambut juga bisa kehilangan kelembaban alaminya jika dilakukan dalam jangka panjang.

Rambut Keriting Memang Keren, Tapi Lebih Keren Lagi Jika Kamu Merawatnya Setiap Hari. So Yuk Merawat!

6. Gunakan Kondisioner

Menjaga kelembaban rambut pada rambut keriting tidak hanya dilakukan dengan hanya menghindari keramas setiap hari namun, juga dengan memberikan kondisioner. Kondisoner akan membuat rambut keriting kamu lebih lembab dan juga sehat.

Baca Juga : Cara Merawat Rambut Keriting Wanita

Gunakan setelah keramas secara rutin. Tetapi kamu perlu memperhatikan pemilihan prouk yang sesuai dengan jenis kulit kepala kamu untuk menghindar masalah rambut yang lainnya.

7. Menghindari Menyisir Ketika Rambut Kering

Pada dasarnya rambut keriting merupakan jenis rambut yang kering. Untuk menghindari rambut kamu menjadi ikal dan bahkan rusak, sebaiknya kamu jangan menyisir rambut keritingmu saat kering. Kamu bisa menyisirnya saat kondisi rambut setengah basah.

Penting bagi kamu untuk mengikuti arah gerak sisir yang sesuai dengan cara merawat rambut keriting pria, agar rambut keriting kamu tidak berubah menjadi ikal atau bahkan menjadi rusak.

8. Melakukan Perawatan dengan Bahan Alami

Perawatan rambut keriting tidak hanya didapatkan dengan mengunakan produk-produk yang banyak dijual di pasaran. Kamu bisa mengunakan bahan lami yang susah terbukti ampuh dan memiliki kandungan yang baik untuk rambut kamu.

Menyempatkan perawatan dengan bahan alami sebentar akan membuat rambut keriting kamu menjadi lebih sehat dan indah. Beberapa bahan yang bisa kamu gunakan untuk perawatan tersebut mudah didapatkan.

Baca Juga : Cara Merawat Rambut Kering dan Mengembang

Minyak zaitun merupakan salah satu bahan alami yang sangat baik untuk merawat rambut. Kamu bisa mengaplikasikannya 2 minggu sekali pada rambut, setelah merata ke seluruh rambut kamu diamkan beberapa saat.

Hal ini agar kandungan vitamin minyak zaitun bisa meresap ke dalam rambut kamu. Selanjutnya kamu bisa membilasnya seperti keramas pada biasanya, jangan lupa gunakan sampo yang sesuai.

Bahan lain yang juga memiliki banyak khasiat untuk rambut adalah lidah buaya. Sudah sejak dulu banyak orang percaya jika lidah buaya mengandung banyak vitamin yang sangat bermanfaat bagi rambut.

Aloe vera ini adalah cara ampuh untuk membuat rambut kamu tetap lembut. Cara pengaplikasiaannya sama dengan mengunakan minyak zaitun. Kamu bisa mengunakan aloe vera secara langsung atau mengunakan ekstrak lidah buaya yang banyak dijual.

Selain minyak zaitun dan aloe vera, minyak kelapa juga bisa kamu manfaatkan. Kamu bisa mendapatkan rambut keriting yang indah dengan cara membalurkan minyak kelapa pada rambut.

Lakukan pijatan lembut pada kulit kepala yang bertujuan untuk melancarkan peredaran darah. Setelah itu bilas hingga bersih. Semua perawatan tersebut haruslah dilakukan dengan rutin dalam cara merawat rambut keriting pria sehingga hasilnya maksimal.

Memiliki rambut indah dan sehat tidak hanya bisa dimiliki oleh orang memiliki rambut lurus. Bagi kamu yang memiliki rambut keriting keinginan tersebut juga bisa diwujudkan. Dengan melakukan perawatan rutin pada ulasan tersebut akan membuat rambut keriting kamu tetap sehat dan indah.

Ada baiknya bila kamu mengalami masalah dengan rambut keriting kamu, kamu berkonsultasi dengan ahlinya sehingga masalah segera diatasi dengan benar.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *