TrikMerawat Extraordinary Man!

Bikin Makin Cantik, Ini Cara Merawat Rambut Kering dan Mengembang

4 min read

Bikin Makin Cantik, Ini Cara Merawat Rambut Kering dan Mengembang TRIK MERAWAT

Kesehatan rambut merupakan salah satu dari sekian banyak hal yang harus diperhatikan perihal penampilan. Selama rambut dirawat dengan baik tentu tidak akan mengurangi kecantikannya.

Meski beberapa masalah yang muncul adalah rambut menjadi kering, bercabang atau terlihat kusut. Untuk mengatasinya butuh penanganan yang tepat meskipun dilakukan sendiri di rumah.

Bagaimana cara merawat rambut kering dan mengembang? Sebelum mengetahui caranya, ada baiknya anda mencari tahu apa penyebab dari kondisi tersebut.

Rambut yang kering dan mengembang tentu membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Rambut kering bisa disebabkan karena adanya penggunaan hairdryer yang berlebihan. Bisa juga dikarenakan adanya lingkungan yang tak bersih dan terlalu sering keramas.

Cara Merawat Rambut Kering dan Mengembang dengan Mudah


1. Memilih Shampo yang Berbahan Ringan

Cara merawat rambut kering yang pertama adalah memilih shampo berbahan ringan. Pemilihan shampo tentu berdampak pada kesehatan dan kecantikan rambut. Kenali shampo yang memang sesuai dengan jenis rambut.

Disarankan sebaiknya menggunakan shampo yang berbahan ringan dan khusus untuk mengatasi rambut kering dan mengembang. Hindari shampo yang mengandung bahan sulfat. Sebaliknya, anda bisa memilih shampo yang mengandung sedikit deterjen. Hindari pula produk yang mengandung alkohol karena hanya akan membuat rambut menjadi lebih kering.

Gunakan shampo yang berbahan ringan dan khusus untuk mengatasi rambut kering dan mengembang….

2. Menggunakan Kondisioner Setelah Keramas

Ada banyak kondisioner yang dijual dengan kemasan mini untuk memudahkan anda membawanya ketika bepergian. Penggunaan kondisioner setelah keramas merupakan salah satu cara merawat rambut kering dan mengembang.

Baca Juga : Cara Merawat Rambut Kering Pria

Sebab, kondisioner memiliki kandungan yang membuat kutikula rambut tetap sehat dan lebih lembap. Pilih kondisioner yang bagus dan gunakan secara rutin tiap hari.

3. Oleskan Minyak Alami

Cara berikutnya adalah dengan mengoleskan minyak alami pada rambut. Selain menggunakan kondisioner, anda juga bisa mengoleskan minyak yang berasal dari bahan-bahan alami pada rambut kering yang mengembang. Minyak zaitun misalnya.

Minyak ini menjadi salah satu dari sekian banyak minyak alami untuk mendukung perawatan rambut anda serta mempertahankan kelembapan rambut. Bahkan membuat rambut menjadi lebih kuat hingga akarnya.

Ada juga minyak kelapa yang akan membantu mengatasi rambut kering dan mengembang dimana minyak ini juga diyakini akan melindungi rambut dari kerusakan.

4. Beri Perlindungan yang Cukup

Memberi perlindungan pada rambut seolah menjadi salah satu yang wajib. Anda bisa melindungi rambut dari panas dan paparan sinar matahari langsung. Apabila cuaca sedang panas maka gunakan topi ketika beraktivitas di luar ruangan.

Langkah ini memang lebih sebagai cara pencegahan agar tidak makin kering. Gunakan tutup kepala saat mandi atau berenang di kolam renang atau laut agar tidak terkena klorin dan air garam.

5. Membatasi Pengunaan Alat Styling

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa menggunakan hairdryer dikhawatirkan bisa membuat rambut jadi makin kering. Untuk menghindarinya, langkah yang bisa dilakukan adalah dengan menghentikan atau membatasi penggunaan alat styling rambut.

Misalnya saja seperti pengering rambut, catokan dan juga pengeriting yang memberi panas ke rambut. Penggunaan alat styling rambut yang terlalu sering hanya akan merusak rambut kita.

6. Mengonsumsi Makanan yang Sehat

Yang perlu diketahui adalah cara merawat rambut kering dan mengembang tidak hanya dari luar. Tetapi kita bisa mengimbanginya dengan merawat rambut dari dalam.

Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Sebab, apa yang kita konsumsi tentu akan berpengaruh pada semua hal yang ada pada tubuh sekalipun itu adalah rambut. Anda bisa mengonsumsi sayur bayam sebagai perawatan rambut dan  bahan alami untuk mengatasi rambut yang rapuh.

“Tak ada cinta yang lebih tulus dari pada cinta terhadap makanan.”

-George Bernard Shaw

7. Hindari Keramas Terlalu Sering

Mereka yang memiliki rambut kering dan mengembang harus tahu bahwa keramas terlalu sering hanya akan memperparah. Hindari mencuci rambut setiap hari karena akan membuatnya bertambah rusak.

Baca Juga : Cara Merawat Rambut Keriting

Setidaknya, anda bisa mencuci rambut seminggu sekali atau dua kali. Mencuci rambut ketika anda merasa gerah atau rambut terasa kotor akan lebih efektif menjadikannya sehat daripada mencucinya setiap hari.

8. Tidak Mengikat Rambut Terlalu kencang

Mengikat rambut terlalu kencang ternyata menjadi penyebab mengapa rambut makin kering dan mengembang. Sebaiknya anda memperhatikan bagaimana cara mengikat rambut yang baik. tidak terllau kencang dan gunakan penjepit rambut.

Hasil ikatan sebaiknya tidak sampai membuat kepala menjadi sakit hanya karena ingin berdandan. Selain agar rambut tidak rusak, cara ini juga bisa mengurangi rasa sakit kepala yang muncul.

9. Gunakan Air Dingin untuk Keramas

Menggunakan air dingin ketika keramas ternyata memang dianjurkan. Air panas hanya akan mengakibatkan rambut kehilangan minyak alaminya.

Hal ini yang menyebabkan rambut menjadi kering dan mengembang. Keramaslah menggunakan air dingin. Namun, air dingin disini bukan berarti air es melainkan air yang bersuhu sesuai dengan suhu ruangan.

10. Rutin Memijat Rambut

Rutin memijat rambut ternyata menjadi salah satu cara efektif untuk merawat rambut yang kering dan mengembang. Di India memang ada tradisi memijat rambut yang menggunakan minyak.

Hal ini merupakan kebiasaan yang cukup baik. Sebab, memijat rambut dengan minyak memang diketahui mampu mengatasi rambut kering. Anda bisa menuangkan sedikit minyak zaitun, kemiri atau minyak wijen. Pijat rambut dengan lembut dan perlahan.

11. Gunakan Mayones untuk Nutrisi Rambut

Kandungan protein yang tinggi di dalam mayones diketahui bermanfaat untuk melembutkan rambut dan juga mengatasi rambut yang kering dan mengembang. Bagaimana caranya?

Oleskan mayones di kulit kepala secara merata di seluruh bagian rambut. Gunakan shower cap untuk menutup kepala dan diamkan selama kurang lebih 1 jam. Bilas menggunakan air dan keramas hingga bersih. Cara merawat rambut kering dan mengembang ini dirasa cukup efektif.

12. Beri Nutrisi Rambut dengan Cuka Apel

Ternyata selain mayones, anda bisa menggunakan cuka apel untuk memberikan nutrisi pada rambut. Cuka apel bisa dimanfaatkan sebagai pelembab rambut kering.

Baca Juga : Cara Merawat Rambut Keriting

Caranya adalah oleskan cuka apel secara merata ke seluruh bagian rambut dan juga kulit kepala yang basah. Diamkan selama kurang lebih 30 menit dan bilas atau keramas menggunakan shmapo untuk menghilangkan bau menyengat dari cuka.

13. Menurisi Rambut dengan Lidah Buaya

Bahan alami ini memang terkenal akan manfaatnya untuk kecantikan dan kesehatan rambut. Lidah buaya sendiri sering digunakan sebagai cara merawat rambut kering dan mengembang. Fungsinya adalah untuk memanjangkan rambut dan melembabkan rambut kering.

Cara menggunakannya adalah keramasi rambut menggunakan shampo seperti biasa. Gunakan gel lidah buaya ke seluruh bagian rambut hingga kulit kepala. Diamkan selama kurang lebih 30 menit sampai lidah buaya bisa meresap ke rambut. Bilas rambut hingga bersih.

Cantik dimulai ketika kamu memutuskan untuk menjadi dirimu sendiri.

14. Rutin Memotong Rambut

Cara berikutnya adalah dengan rutin memotong rambut. Bagian ujung rambut merupakan area yang rawan menyebabkan rambut menjadi kering dan mengembang.

Rutin memotong rambut setidaknya tiga bulan sekali adalah cara untuk mengatasi masalah rambut kering dan mengembang dengan mudah.

Rawat dan pertahankan kecantikan rambut anda. Termasuk melakukan beberapa tips diatas secara rutin.

Karena rambut kering bisa disebabkan oleh banyak hal maka pastikan anda mengetahui apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam menangani rambut kering.Sekian dulu artikel cara merawat saya pagi ini, semoga tips cara merawat rambut kering dan mengembang ini berguna buat Anda.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

3 Replies to “Bikin Makin Cantik, Ini Cara Merawat Rambut Kering dan…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *