Rambut Cara Merawat Tubuh

Cara Merawat Rambut Ikal Sulit Diatur menjadi Lebih Indah

Cara Merawat Rambut Ikal Sulit Diatur menjadi Lebih Indah Trikmerawat.com
Nur Atinal
Written by Nur Atinal

Banyak yang beranggapan jika rambut ikal itu membuat tampilan selalu berantakan karena sulit diatur. Padahal jika rambut ikal ini dirawat dengan cara yang benar, maka bisa memberikan tampilan yang indah dan terlihat cantik. Sebab rambut ikal adalah rambut yang unik dan menarik. Cara merawat rambut ikal ini tentu bermacam-macam.

Sifat rambut ikal yang terlihat mengembang dan ber-volume, tampak lebat, memberi kesan seseorang lebih menonjol, dan tidak mudah bercabang, tetap perlu dijaga kesehatannya. Salah satunya dengan mempertahankan kelembaban rambut, karena rambut jenis ini mudah kering.

Supaya rambut ikal tetap sehat terawat, yuk lakukan cara merawat rambut ikal berikut dan perhatikan dengan baik tips dan triknya!

1. Usapkan Sampo Mengenai Kulit Kepala

Cara merawat rambut ikal yang pertama adalah dengan mengoleskan sampo ke kulit kepala pada saat keramas. Hal ini untuk meratakan semua bagian rambut hingga kulit kepala, karena pada ujung rambut ikal merupakan bagian yang mudah kering dan terletak jauh dari kulit kepala. Jika Anda tidak telaten merawatnya ketika keramas, maka bagian ujung rambut ini mudah bercabang.

Baca Juga: Trik Gampang Cara Merawat Rambut Bercabang Seperti di Salon

Cara keramasnya adalah dengan mengoleskan sampo hanya pada bagian akar rambut. Kemudian bersihkan ujung rambut saat Anda membilas sampo dengan air hingga bersih.

2. Pilih Sampo yang Cocok

Sampo yang terbaik untuk jenis rambut ikal adalah yang tidak mengandung detergen, sehingga membuat rambut tidak mudah kusut. Sampo tanpa kandungan detergen ini biasanya mencantumkan keterangan ‘bebas sulfat atau bebas SLS’ pada label komposisinya.

Sebagai pilihan utama sampo untuk rambut ikal, Anda bisa memilih sampo yang memberikan efek melembabkan, menutrisi, menguatkan akar rambut, hingga melembutkan. Pilih yang mengandung minyak kepala, dan berbentuk krim (bukan gel).

3. Jangan Terlalu Sering Keramas

Meskipun Anda sudah menggunakan sampo tanpa kandungan detergen, namun tetap saja keramas setiap hari tidak baik untuk kesehatan rambut.

Cara Merawat Rambut Ikal Sulit Diatur menjadi Lebih Indah Trikmerawat.com
(Sumber: Mkoran.com)

Keramas setiap hari menimbulkan kulit kepala kering karena kehilangan minyak alaminya. Nah, kondisi inilah yang menimbulkan munculnya ketombe pada kulit kepala Anda. Gak mau kan kalau Anda ketombean?

Tips cara merawat rambut ikal ini bisa Anda lakukan dengan cara keramas 2 kali seminggu menggunakan air dingin. Ingat, hindari penggunaan air panas, karena hanya akan mengikis kelembaban alami kulit yang berisiko membuat kulit kepala mudah mengalami iritasi.

4. Lakukan Teknik Keramas dengan Benar

Jika ingin rambut ikal Anda tetap terlihat indah dan tidak awut-awutan, lakukan keramas dengan cara mengaplikasikan sampo ke kulit kepala saja. Fokus bersihkan kulit kepala dengan menyekanya perlahan-lahan. Jika sudah merata, Anda bisa membawa busa sampo yang menempel ke seluruh rambut dengan cara memijat dengan lembut.

Sebaiknya hindari cara menggosok kulit kepala atau menggesek rambut terlalu keras, karena hal ini berpotensi membuat rambut ikal menjadi kusut.

5. Aplikasikan Conditioner

Langkah di dalam cara merawat rambut ikal yang kelima adalah dengan mengaplikasikan kondisioner setelah keramas. Ratakan conditioner mulai dari batang rambut sampai ujung rambut. Lalu diamkan beberapa saat.

Untuk pilihan conditioner-nya sendiri, Anda bisa memilih yang mengandung shea butter atau vitamin E. Penggunaan kondisioner membuat rambut ikal mudah diatur dan tidak gampang kusut. Untuk menjaga rambut ikal tetap lembut dan sehat, Anda bisa gunakan deep conditioner seminggu sekali.

Cara Merawat Rambut Ikal Sulit Diatur menjadi Lebih Indah Trikmerawat.com
(Sumber: Cdn1-production-images-kly.akamaized.net)

6. Keringkan secara Alami

Hindari penggunaan alat catok rambut atau pengering rambut untuk tipe rambut ini. Jika Anda sering menggunakan alat penata rambut tersebut maka membuat rambut makin mengembang, kering dan berantakan. Rambut ikal sering digesek-gesek juga membuatnya kusut dan mudah rontok.

Jadi, keringkan rambut secara alami, jangan terlalu menggosok keras menggunakan handuk saat proses pengeringan, dan pilihlah handuk berbahan kaos. Cara merawat rambut ikal ini adalah dengan menepuk-nepuk kepala agar air bisa cepat terserap.

Namun, jika ingin menggunakan hairdryer, gunakan diffuser yang berbentuk corong untuk dipasang di mulut hairdryer. Corong ini membantu untuk mengarahkan angin dari hairdryer dengan lembut. Sehingga tekstur ikal tetap terjaga rapi.

7. Pilih Sisir yang Bergigi Jarang

Setelah rambut Anda kering, cara merawat rambut ikal yang selanjutnya adalah menyisir menggunakan sisir yang bergigi jarang. Sisir ini untuk menghindari agar rambut tidak tersangkut pada sisir.

Untuk permulaan, Anda bisa gunakan jari terlebih dahulu, Lalu mulai gunakan sisir bergigi jarang. Sebab jika Anda menggunakan sisir bergigi rapat membuat ikal menjadi hancur, mengembang, semakin kusut, dan mudah rontok. Bahkan alangkah baiknya lagi jika Anda mengoleskan serum saat rambut masih setengah basah dan sebelum disisir.

8. Sesekali Lakukan Perawatan ke Salon

Menata rambut ikal terkadang sedikit rumit. Namun Anda tidak perlu khawatir jika tidak bisa menata gaya rambut ikal Anda. Karena saat ini sudah banyak salon-salon yang menawarkan pilihan gaya rambut yang menarik. Selain memilih perawatan yang tepat, ada baiknya gunakan jasa penata rambut ikal profesional yang berpengalaman menangani rambut ikal.

Cara Merawat Rambut Ikal Sulit Diatur menjadi Lebih Indah Trikmerawat.com
(Sumber: Cdn.sindonews.net)

9. Hindari Terlalu Sering Catok atau Blow

Sesekali melakukan catok atau blow untuk rambut lurus tidak masalah. Namun untuk rambut ikal justru akan membuatnya tambah kering dan rusak. Hal ini juga bisa merubah bentuk rambut ikal Anda jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Rambut ikal pun menjadi tidak bergelombang tapi juga tidak lurus sehingga tampak berantakan.

Baca Juga: Milenials Harus Tahu, Yuk Intip Cara Merawat Rambut Smoothing Disini

10. Perlakukan dengan Lembut Saat Tidur

Cara merawat rambut ikal yang selanjutnya adalah memperlakukan rambut Anda dengan lembut saat tidur. Karena biasanya sebelum tidur rambut Anda terlihat halus dan cantik, namun jangan kaget jika bangun tidur berubah berantakan dan mengembang, bahkan bentuk ikalnya buyar.

Hal ini terjadi karena rambut mengalami gesekan dengan sarung bantal. Sehingga untuk mengurangi gesekan, Anda bisa menggunakan sarung bantal dan sprei dari kain yang licin, seperti berbahan satin dan sutera. Begitu pula saat Anda menggunakan topi, ada baiknya lapisi bagian dalam topi dengan kain licin supaya pada saat dibuka bentuk rambut ikal tidak buyar.

11. Gunakan Ramuan Alami

Ramuan alami ini bisa membuat rambut ikal Anda sedikit lebih lurus, lembut, dan mudah diatur. Anda bisa gunakan susu murni, santan, pisang dan pepaya, madu, atau seledri. Anda bisa memilih salah satu dari bahan alami tersebut dengan cara mengoleskannya ke kulit kepala dan rambut.

Cara Merawat Rambut Ikal Sulit Diatur menjadi Lebih Indah Trikmerawat.com
(Sumber: 1.bp.blogspot.com)

Diamkan sampai mengering, lalu disisir menggunakan sisir yang renggang. Setelah itu lakukan keramas seperti yang sudah dijelaskan di atas, dan jangan lupa untuk gunakan kondisioner agar rambut ikal tetap halus dan mudah diatur. Jika Anda menggunakan pisang, pepaya, atau seledri, maka haluskan terlebih dahulu dan campur dengan sedikit air.

Demikian cara merawat rambut ikal yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Yuk cobain sekarang supaya rambut ikal Anda selalu terlihat cantik, tidak berantakan, dan mudah diatur, sehingga membuat Anda tetap percaya diri.

Baca Juga: Gak Pake Ribet Yuk Intip Cara Merawat Rambut Keriting Pria

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Nur Atinal

Nur Atinal

A full time digital marketer. A freelance blogger, copywriter and content writer. Lifelong learner in developing skills and mindsets to be professional, disciplined, consistent, and full of integrity.

Leave a Comment