Rambut Cara Merawat Tubuh

Cara Merawat Rambut Berwarna Tetap Sehat untuk Pemula

Cara Merawat Rambut Berwarna Tetap Sehat untuk Pemula Trikmerawat.com
Nur Atinal
Written by Nur Atinal

Bagi Anda yang menyukai style rambut berwarna, pastinya ingin rambut tetap sehat dan berkilau kan? Karena terkadang merawat rambut rambut berwarna itu gampang-gampang susah. Tentu perawatannya pun lebih ekstra dibanding rambut yang tidak diwarnai. Jangan khawatir, di sini Anda akan menemukan cara merawat rambut berwarna agar tetap sehat dan makin mempercantik penampilan Anda. Cara merawat rambut berwarna ini bisa dilakukan oleh pemula, maupun yang sudah lama menyukai rambut yang diwarnai.

1. Gunakan Sampo Khusus

Cara merawat rambut berwarna yang pertama adalah dengan memilih sampo khusus yang tepat untuk kondisi rambut Anda sekarang. Rambut berwarna membutuhkan sampo yang mengandung vitamin dan mineral untuk menutrisi rambut dan menambah pigmen rambut agar warna tidak cepat pudar. Sesuaikan juga sampo yang dipilih dengan jenis kulit kepala Anda, apakah kering atau berminyak.

Tekstur sampo yang lembut memungkinkan Anda untuk mencuci rambut setiap hari. Dengan begitu rambut pun tetap sehat, bersih, dan bersinar.

Cara Merawat Rambut Berwarna Tetap Sehat untuk Pemula Trikmerawat.com
(Sumber: Egindo.b-cdn.net)

2. Bilas Rambut Sampai Bersih

Pastikan Anda sudah membilas rambut sampai bersih usai keramas dan berenang. Karena salah satu cara merawat rambut berwarna adalah dengan menghindari cairan garam dan kaporit. Kedua kandungan ini membuat rambut kering dan rusak.

Baca Juga: Bikin Makin Cantik, Ini Cara Merawat Rambut Kering dan Mengembang

3. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Hair Dryer

Biasakan setelah mencuci rambut, keringkan secara alami saja. Karena pemakaian hair dryer atau catokan akan membuat warna rambut mudah luntur dan tidak tahan lama. Rambut pun juga menjadi lebih berpori.

Cara Merawat Rambut Berwarna Tetap Sehat untuk Pemula Trikmerawat.com
(Sumber: Cdn.popbela.com)

Adapun bahaya penggunaan hair dryer yang lainnya antara lain:

  • Dapat merusak batang rambut. Panas yang dihasilkan hair dryer akan meningkatkan suhu air di rambut, sehingga air akan berubah menjadi uap dan membentuk gelembung-gelembung dengan tekanan yang tinggi di bagian batang rambut. Hal ini membuat rambut menjadi rapuh dan mudah patah.
  • Tekstur rambut menjadi kering. Secara tidak langsung, hair dryer bisa menyerap kelembaban dan nutrisi yang ada di setiap helai rambut. Hal ini membuat warna buatan maupun warna alami rambut menjadi pudar dan tampilan rambut menjadi kering dan kusam.
  • Timbul efek overheating pada kulit kepala. Pemakaian hair dryer tanpa mengontrol suhunya dengan tepat akan menimbulkan efek overheating dan sensasi terbakar di kulit kepala. Suhu pengering rambut yang ideal adalah sekitar 45 derajat Celcius. Namun sebelum memutuskan untuk menggunakan hair dryer, alangkah lebih baik jika Anda mengetahui terlebih dulu jenis dan gaya rambut Anda.
  • Dapat mengganggu pendengaran. Selain bisa merusak struktur rambut dan kulit kepala, penggunaan hair dryer juga bisa mengganggu sistem pendengaran. Suara bising dan memekik dari alat ini pada saat mengeringkan rambut dalam waktu yang lama dapat merusak fungsi telinga Anda. Untuk itu, jarak yang disarankan saat menggunakan alat pengering rambut ini kurang lebih 15 cm.
  • Mempengaruhi siklus tidur. Konsep medan Electromagnetic Fields (EMF) bukanlah suatu hal baru, apalagi saat ini hair dryer dilengkapi dengan sistem EMF intensif, seperti smartphone dan alat elektronik lainnya. Paparan EMF ini akan mengganggu penyelarasan sel-sel otak Anda yang mengubah siklus tidur, perubahan suasana hati, hingga menginduksi tingkat stres. Dalam beberapa kasus, mungkin pengguna alat pengering rambut menjadi sensitif terhadap gelombang elektromagnetik ini.

4. Gunakan Produk Perawatan Rambut Lainnya

Ada beberapa produk di dalam cara merawat rambut berwarna selain sampo yang bisa Anda gunakan. Produk-produk yang mendukung cara merawat rambut berwarna adalah:

  • Tabir Surya

Tabir surya berfungsi untuk melindungi rambut berwarna dari paparan sinar matahari secara langsung. Dengan begitu warna rambut tetap awet dan rambut terlihat bersinar. Produk tabir surya yang berbahan dasar air lebih baik untuk digunakan rambut berwarna daripada produk yang memiliki kandungan minyak berlebih.

  • Kondisioner

Rambut berwarna memiliki tekstur yang lebih kering dibanding rambut alami, sehingga Anda perlu menggunakan kondisioner untuk menjaga kelembaban rambut.

  • Serum

Serum berfungsi untuk melindungi rambut dari pengaruh buruk UV, mengatasi kerusakan rambut yang bisa disebabkan oleh pewarnaan, melindungi rambut dari suhu panas alat hair styling, serta membuat rambut lebih berkilau.

  • Masker Rambut

Aplikasikan masker rambut alami maupun yang dijual di pasaran secara rutin, misalnya seminggu sekali. Masker rambut ini berfungsi menjaga kelembaban rambut dan mencegah rambut bercabang.

Baca Juga: Trik Gampang Cara Merawat Rambut Bercabang Seperti di Salon

  • Dry Shampoo (Sampo tanpa Bilas)

Dry shampoo menjadi salah satu serangkaian produk cara merawat rambut berwarna. Rambut yang diwarnai memang rentan kering dan kusam. Oleh karenanya, lakukan keramas minimal seminggu sekali untuk membersihkan kotoran yang melekat pada rambut. Namun jika Anda tidka punya waktu untuk mencuci dan mengeringkannya secara alami, gunakan sampo tanpa bilas untuk membersihkan rambut dari minyak dan memberi aroma segar.

  • Minyak Zaitun

Produk perawatan alami yang satu ini mengandung nutrisi untuk menjaga kesehatan rambut Anda dan membuat rambut menjadi lebih halus. Caranya cukup mudah, usapkan satu hingga dua sendok teh minyak zaitun ke kulit kepala, lalu pijat perlahan, dan diamkan 20 sampai 30 menit. Setelah itu keramas seperti biasa.

  • Campuran Pisang dan Yogurt

Pisang yang sudah dihaluskan bisa Anda campurkan dengan yogurt, kemudian aplikasikan ke rambut secara merata dari ujung hingga pangkal. Diamkan selama 20 menit, dan cuci rambut seperti biasa. Cara ini mencegah masalah rambut kering dan rusak karena penggunaan chat rambut.

  • Madu

Salah satu cara merawat rambut berwarna yakni dengan mengambil 2-3 tetes madu, lalu campurkan pada sampo atau kondisioner. Usapkan secara merata dari pangkal ke ujung rambut, diamkan sebentar lalu cuci. Maka rambut Anda yang berwarna menjadi lebih lembab dan tidak mudah rontok.

5. Jangan Terlalu Sering Menyentuh atau Memainkan Rambut

Memiliki rambut berwarna dan berkilau, bisa saja membuat Anda tergoda untuk sering menyentuhnya. Padahal menyentuh rambut bisa membuat rambut mengalami kerusakan pada kutikula, rambut menjadi kotor, hingga bisa melukai kulit kepala.

Cara Merawat Rambut Berwarna Tetap Sehat untuk Pemula Trikmerawat.com
(Sumber: Lorealparisusa.com)

Memainkan rambut dengan sering mengganti warnanya menyebabkan rambut menjadi tidak sehat karena sering terkena bahan kimia yang terkandung di pewarna rambut. Sebaiknya cat rambut secara berkala sehingga menciptakan efek warna yang diharapkan dan konsisten.

Baca Juga: Tips Simpel Cara Merawat Rambut Rusak agar Kembali Sehat

6. Lindungi Rambut Saat Berolahraga

Olahraga menjadi aktivitas yang harus dilakukan secara rutin untuk menjaga tubuh tetap sehat. Namun, jangan lupa untuk melindungi rambut Anda saat berolahraga ya. Misalnya dengan menggunakan bandana ketika fitness, menggunakan topi saat olahraga di bawah terik matahari, atau berenang menggunakan topi renang.

7. Keramas Menggunakan Air Dingin

Cara merawat rambut berwarna selanjutnya adalah dengan keramas menggunakan air dingin. Cara ini bisa menjaga kutikula rambut, sehingga rambut tetap lembut dan bercahaya. Dengan mandi pakai air hangat justru bisa membuat kelembaban rambut hilang dan rambut menjadi kering. Sehingga warna rambut menjadi kusam.

Cara Merawat Rambut Berwarna Tetap Sehat untuk Pemula Trikmerawat.com
(Sumber: Primadaily.com)

8. Makan Makanan yang Bernutrisi

Salah satu cara merawat rambut berwarna yang terakhir yakni dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan mendukung kesehatan rambut Anda, yaitu:

  • Makanan yang mengandung zat yang dapat mempercepat pertumbuhan dan regenerasi rambut.
  • Makanan yang mengandung zat besi dan protein yang memperkuat keratin dan menghaluskan tekstur rambut, seperti daging, ikan, keju rendah lemak, putih telur, bayam dan kacang kedelai.
  • Vitamin C yang dapat menopang folikel rambut.
  • Mengkonsumsi vitamin B atau biotin yang mampu memperkuat rambut yang mudah patah, seperti ikan salmon, ikan sarden, wortel, dan kuning telur.

Demikian tips mengenai cara merawat rambut berwarna yang bisa Anda lakukan. Buat Anda yang baru saja mewarnai rambut, tentu hal ini menjadi ilmu yang sangat bermanfaat bukan? Makanya praktekkan sekarang sebelum rambut Anda mengalami kerusakan dan terlihat kurang sehat.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE FacebookFollow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtubpenulis.

About the author

Nur Atinal

Nur Atinal

A full time digital marketer. A freelance blogger, copywriter and content writer. Lifelong learner in developing skills and mindsets to be professional, disciplined, consistent, and full of integrity.

Leave a Comment