Rambut Cara Merawat Tubuh

Trik Gampang Cara Merawat Rambut Bercabang Seperti di Salon

cara merawat rambut bercabang
Written by Josua Rifandy

Bagi semua wanita, penampilan adalah hal paling penting dan utama yang harus diperhatikan. Apalagi, keindahan dan kesehatan rambut benar-benar perlu dijaga. Kurangnya perawatan pada rambut, bisa menyebabkan munculnya berbagai masalah rambut seperti rambut rontok, kering, rusak, hingga bercabang. Oleh karena itu, penting sekali diketahui cara merawat rambut bercabang agar kesehatan rambut bisa tetap terjaga. 

Perawatan rambut yang tepat akan menjaga kesehatan dan keindahan rambut. Sehingga, kepercayaan diri akan semakin bertambah. Sebelum membahas bagaimana cara merawat rambut yang tepat, alangkah lebih baiknya untuk mencari tahu apa saja penyebab timbulnya masalah pada rambut.

Cara Merawat Rambut Bercabang dengan Mudah


Para wanita tentunya akan rela melakukan berbagai perawatan mahal untuk mendapatkan rambut yang indah berkilau. Tapi, belum banyak yang tahu jika ada juga perawatan gampang yang bisa menghasilkan rambut seindah perawatan salon. Beberapa cara merawat rambut bercabang yang gampang dan bisa dilakukan setiap hari adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan Sampo Khusus

Cara merawat rambut bercabang yang pertama adalah dengan menggunakan produk perawatan rambut bercabang yang sesuai. Pastikan produk sampo yang digunakan adalah sampo khusus yang memiliki kandungan anti-breakage complex, amino acid, ataupun kandungan vitamin untuk memenuhi kebutuhan nutrisi rambut. Dengan cara ini, rambut bercabang bisa mendapatkan treatment yang sesuai. 

Baca Juga : Tips Simpel Cara Merawat Rambut Rusak agar Kembali Sehat

Untuk mengetahui apakah produk shampo tersebut memang khusus dibuat untuk mengatasi rambut bercabang adalah dengan memastikan pada label produk. Pilih produk yang berlabel repairing shampoo atau total damage care. Karena tidak semua produk sampo mengandung nutrisi dan bahan material yang dikhususkan untuk perawatan rambut bercabang.

2. Rajin Memakai Masker Rambut

cara merawat rambut bercabang
(Sumber: Thefarmhouse.com.pk)

Cara merawat rambut bercabang tidak cukup hanya pada pemberian sampo yang tepat saja. Perlu juga perawatan tambahan seperti penggunaan masker rambut. Masker rambut ini dapat membantu proses penyerapan nutrisi lebih maksimal hingga ke ujung rambut yang bercabang.

Kebiasaan yang dilakukan para wanita untuk mempercantik penampilan rambutnya adalah dengan mengubah-ubah gaya rambut, entah itu meluruskan rambut, mengeriting rambut, hingga mewarnainya. Kebiasaan-kebiasaan seperti ini dalam prosesnya menggunakan bahan kimia yang bisa berakibat pada hilangnya kelembaban alami rambut. Sudah bisa dipastikan jika rambut kehilangan kelembabannya maka rambut akan kering dan bercabang. Solusi terbaiknya bisa menggunakan masker rambut.

Masker rambut yang digunakan bisa menggunakan masker rambut yang dijual di pasaran atau bisa juga menggunakan bahan alami. Beberapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai masker rambut diantaranya adalah telur, pepaya, madu, pisang, alpukat, minyak zaitun, minyak kelapa, dan masih banyak bahan lainnya.

3. Menggunakan Vitamin Rambut

Ternyata, sampo khusus dan masker rambut saja belum cukup. Cara merawat rambut bercabang yang bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi rambut adalah dengan memberikan vitamin secara rutin. Pemberian vitamin ini dapat membuat rambut menjadi sehat, kuat, dan tidak mudah patah.

Baca Juga : Cara Merawat Rambut agar Cepat Panjang dengan Trik Khusus

Vitamin atau serum rambut ini mudah sekali ditemukan dimana saja, baik yang berbentuk minyak maupun yang disemprotkan ke rambut. Ditambah lagi dengan berbagai variasi aroma yang ada bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Jadi tidak perlu bingung untuk mencari dan memilihnya.

4. Menghindari Kebiasaan yang Membuat Semakin Parahnya Kondisi Rambut

Sebelumnya sudah dijelaskan beberapa kebiasaan sehari-hari yang sering dilakukan para wanita yang ternyata malah membuat masalah rambut bercabang semakin parah. Jadi, setelah memberikan produk perawatan khusus bagi rambut, cara selanjutnya adalah dengan mengurangi dan bahkan menghindari kebiasaan yang membuat semakin parahnya kondisi rambut.

Diantaranya adalah dengan tidak terlalu lama berada di bawah paparan sinar matahari langsung, tidak terlalu sering menggunakan hair dryer, hindari menggunakan sampo yang mengandung petrolatum karena bahan kimia ini bisa mencegah terserapnya kelembapan ke lapisan rambut, dan juga tidak terlalu sering menyisir rambut, serta hindari penggunaan bahan kimia berlebih pada rambut.

5. Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Rambut 

cara merawat rambut bercabang
(Sumber: Nutrafol.com)

Sebenarnya, dari cara-cara yang sudah dijelaskan sebelumnya, hal paling penting dari cara merawat rambut bercabang adalah dengan memberikan nutrisi yang cukup untuk rambut. Selain menggunakan produk khusus perawatan rambut bercabang, cara lain yang bisa digunakan adalah dengan mengonsumsi bayam dan wortel sebagai sumber vitamin A, salmon agar mendapat omega-3, kerang dan kacang mete sebagai sumber zinc. 

Bahan makanan lainnya adalah produk rendah lemak, biji-bijian utuh, serta sayuran yang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang bisa membantu rambut serta kulit kepala tetap sehat.

6. Memotong Ujung Rambut yang Bercabang

Cara merawat rambut bercabang yang terakhir bisa dilakukan dengan memotong bagian ujung rambut yang bercabang. Karena ujung rambut inilah yang paling rentan mengalami kerusakan. Ujung rambut cukup dipotong sekitar 0,5 hingga 1 cm dan dilakukan selama 2-3 bulan sekali. 

Baca Juga : Milenials Harus Tahu, Yuk Intip Cara Merawat Rambut Smoothing Disini

Cara ini sering sekali diabaikan dan dilupakan oleh banyak wanita. Padahal, proses pemotongan ini membuat rambut yang bagus tumbuh dan mengganti rambut yang bercabang. Untuk itu, jangan lupa untuk selalu memotong bagian ujung rambut yang bercabang ya!

Kebiasaan yang Menyebabkan Rambut Kering dan Bercabang


cara merawat rambut bercabang
(Sumber: Fabfitfun.com)

Terdapat beberapa kebiasaan sehari-hari yang bisa menyebabkan masalah rambut bercabang. Sebelum melakukan langkah perawatan lebih lanjut, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu kebiasaan yang menyebabkan masalah rambut bercabang.

Rambut bercabang merupakan masalah yang sering dialami para wanita. Masalah rambut ini tentunya sangat mengganggu penampilan, apalagi rambut adalah mahkota kepala yang bisa meningkatkan rasa percaya diri. Masalah rambut bercabang dapat disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari yang dilakukan.

Tanpa disadari, kebiasaan sehari-hari dapat merusak keindahan rambut. Rambut bercabang dapat disebabkan oleh diet yang tidak seimbang. Ketika tubuh kekurangan nutrisi maka rambut menjadi kering dan akan kehilangan kilau alaminya. Hal ini akan menyebabkan rambut mudah bercabang.

Pada beberapa wanita yang memiliki kulit berminyak tentunya akan merasa risih dengan minyak berlebih di kulit kepala, sehingga salah satu cara yang biasa dipilih agar rambut terasa bersih dan bebas minyak adalah dengan berkeramas. Tapi, ternyata terlalu sering melakukan keramas bisa menjadi penyebab munculnya rambut bercabang. 

Terlalu sering mencuci rambut bisa membuat para wanita menempuh langkah paling cepat untuk mengeringkannya yaitu dengan menggunakan hair dryer dengan tingkat panas yang tinggi. Paparan panas yang tinggi dengan intensitas yang terlalu sering bisa mengakibatkan rusaknya kutikula rambut dan pada akhirnya rambut menjadi kering dan mudah bercabang.

Selain itu, mengikat rambut menggunakan ikat yang terbuat dari bahan karet bisa melukai rambut. Saat ikat karet dilepas rambut bisa tersangkut sehingga menjadi rontok, rambut pun menjadi rusak dan bercabang. Menyisir rambut secara terus menerus juga bisa mengakibatkan rambut rontok dan akhirnya jadi bercabang.

Nah, itulah beberapa cara merawat rambut bercabang yang gampang serta beberapa pemicu atau penyebab rambut bercabang dari kebiasaan sehari-hari yang sering dilakukan. Tidak perlu pergi ke salon bukan? Perawatan rambut dengan memenuhi kebutuhan nutrisinya dan memperlakukan rambut dengan baik akan membuat rambut menjadi sehat, indah berkilau, dan bebas dari masalah rambut bercabang.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo raih mimpi Mu.

Leave a Comment