Cara Merawat Tubuh

Metode Sederhana Cara Merawat Paru-paru Tanpa Obat

cara merawat paru-paru
Written by Josua Rifandy

Paru-paru merupakan organ yang sangat vital karena berperan penting dalam sistem pernapasan sekaligus peredaran darah manusia. Agar tubuh mendapatkan oksigen dan tetap sehat, maka kita membutuhkan paru-paru yang sehat pula. Oleh karena itu, cara merawat paru-paru harus diperhatikan agar tetap sehat dan bekerja dengan baik. Selain itu, kebiasaan buruk yang dapat mengganggu fungsi paru-paru sebisa mungkin harus dihindari.

Cara Merawat Paru-paru Agar Tetap Sehat


Berikut ini adalah cara merawat paru-paru yang harus dilakukan agar organ vital tersebut tetap sehat:

1. Mengurangi atau Menghentikan Kebiasaan Merokok

Cara merawat paru-paru yang pertama adalah dengan mengurangi atau bahkan menghentikan kebiasaan buruk yaitu merokok. Asap rokok mengandung zat kimia berbahaya yang dapat merusak paru-paru. Zat ini dapat menggumpal dalam paru-paru, apabila dibiarkan dapat menyebabkan kanker dan penyakit paru kronis lainnya. Agar terbebas dari gangguan pernapasan sebaiknya mengurangi kebiasaan merokok. Lebih baik jika bisa meninggalkan kebiasaan buruk ini.

Memang meninggalkan kebiasaan merokok tidak mudah dilakukan. Mulailah dengan mengontrol stress, pikiran yang rileks terbukti dapat mengontrol keinginan untuk merokok. Kebiasaan ini biasanya dipicu oleh suatu hal, oleh karena itu sebisa mungkin hindari pemicunya. Misalnya, mengunyah permen karet atau mengonsumsi makan lainnya.

2. Menjauhkan Diri dari Asap Rokok

cara merawat paru-paru
(Sumber: Nypost.com)

Cara merawat paru-paru juga bisa dilakukan dengan menjauhkan diri dari adanya asap rokok. Beberapa penelitian yang dilakukan oleh para ahli membuktikan perokok pasif lebih berbahaya. Hal ini karena perokok aktif cenderung menghirup asap rokok lebih banyak. Perokok pasif lebih beresiko menderita gangguan pernapasan yang lebih kronis. Seperti paru-paru basah, kanker, dan obstruktif.

Sebisa mungkin kurangi berkumpul dengan perokok aktif. Himbau anggota keluarga untuk tidak merokok di dalam rumah. Beri tanda bebas rokok di depan rumah dengan sopan agar tamu dapat menghargai pemilik rumah. Hindari tempat umum atau lingkungan kerja yang sering digunakan untuk merokok.  

3. Mengurangi Kebiasaan Minum Alkohol

Cara merawat paru-paru selanjutnya adalah dengan mengurangi konsumsi minuman alkohol. Banyak yang tidak menyadari kandungan alkohol pada minuman yang kerap dikonsumsi dapat menyebabkan paru-paru tersumbat. Kondisi ini dapat mengganggu kelancaran sistem pernapasan. Nafas terasa berat dan muncul rasa sakit di area dada. Kurangi kebiasaan minum alkohol untuk kesehatan organ pernapasan. 

Jauhi semua kegiatan yang berhubungan dengan alkohol. Apabila sudah kecanduan berlebihan, alihkan perhatian perlahan-lahan. Sibukan diri dengan kegemaran seperti membaca buku, berkebun, memancing, dan kegiatan positif lainnya. Ganti minuman yang lebih menyehatkan seperti jus buah atau lainnya. Dengan begitu kesehatan paru-paru bisa tetap terjaga. 

Baca Juga : Tips Simpel Cara Merawat Rambut Rusak agar Kembali Sehat

4. Membiasakan Olahraga Rutin

cara merawat paru-paru
(Sumber: Hatfieldpt.com)

Olahraga adalah cara merawat paru-paru yang harus dilakukan secara rutin. Pasalnya, olahraga dapat membantu meningkatkan kinerja jantung dan membuat jantung lebih sehat. Kerja jantung yang maksimal otomatis menambah jumlah oksigen dalam paru-paru. Kondisi ini bisa membantu mencegah terjadinya berbagai macam penyakit pada organ pernapasan sekaligus membantu melancarkan sistem pernapasan serta peredaran darah.

Tidak harus melakukan aktivitas yang berat, cukup lakukan olahraga ringan secara rutin. Pilih jenis olahraga seperti lari, senam aerobik, zumba, yoga, pilates, dan olahraga ringan lainnya. Hanya perlu waktu sekitar 15 menit dalam satu hari untuk berolahraga sudah sangat membantu kerja paru-paru.

5. Menjaga Kebersihan Udara

Seperti yang diketahui, Indonesia merupakan negara yang memiliki tingkat polusi cukup tinggi. Oleh karena itu, cara merawat paru-paru juga bisa dimulai dengan menjaga kebersihan udara sekitar. Perlu adanya kesadaran diri agar udara kotor tidak terus menerus masuk dalam paru-paru. Setiap beraktivitas di dalam ruangan sebaiknya gunakan masker supaya terhindar dari udara kotor yang dapat masuk melalui mulut maupun hidung.

Udara kotor di lingkungan rumah juga perlu di kontrol. Rawat beberapa tanaman hias baik di dalam maupun di luar ruangan. Tanaman hijau merupakan penyerap zat karbon alami, serta penyuplai oksigen terbaik. Menanam beberapa tanaman di pekarangan tidak hanya membuat udara bersih, tempat tinggal juga terlihat lebih indah dan asri.

6. Menghindari Sesuatu yang Berbau Tajam

cara merawat paru-paru
(Sumber: Healthline.com)

Cara merawat paru-paru selanjutnya adalah dengan menghindari bau tajam. Kedengarannya sepele, tapi bau menyengat seperti bau busuk dari makhluk hidup atau basi dari makanan dapat mengganggu paru-paru. Aroma tidak sedap yang masuk melalui hidung tidak tersaring dengan sempurna. Sehingga, bau tersebut langsung masuk ke saluran pernapasan dan melemahkan kinerja paru-paru.

Penderita penyakit sistem pernapasan seperti asma, paru basah, atau penyakit paru ringan lainnya disarankan untuk menghindari lingkungan atau sesuatu yang beresiko mengeluarkan bau busuk. Apabila bau sudah terlanjur masuk hidung, segera dinetralisir dengan menghirup aroma terapi atau bubuk kopi.

Baca Juga : Pertolongan Pertama dan Cara Merawat Luka Diabetes Paling Aman

7. Menerapkan Pola Makan Sehat

Pola makan yang sehat juga akan sangat berpengaruh terhadap cara merawat paru-paru. Susu murni terbukti bagus untuk sistem pernapasan. Supaya lebih seimbang, konsumsi pula makanan yang bernutrisi seperti daging segar, ikan, kacang-kacangan, atau keju. Makanan mengandung banyak gizi dapat membersihkan paru-paru dari gumpalan kotoran  yang terhirup setiap harinya.

Hindari makanan yang mengandung klorin dan makanan manis. Jenis makanan ini dapat memperparah gangguan sistem pernapasan bagi penderita penyakit paru-paru. Mereka yang masih memiliki organ pernapasan normal, sebaiknya menghindari makanan tersebut agar paru-paru tetap sehat.

8. Rajin Mencuci Tangan

Cara merawat paru-paru yang terakhir adalah dengan rajin mencuci tangan. Kotoran dan bakteri yang masuk melalui hidung juga dapat melemahkan kinerja jantung. Sedangkan bakteri dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh, baik melalui udara maupun sentuhan tidak langsung. Tangan merupakan bagian tubuh yang paling sering bersentuhan dengan benda asing.

Tidak menutup kemungkinan pada benda yang disentuh terdapat bakteri jahat. Itulah alasan pentingnya membiasakan cuci tangan. Sering mencuci tangan dapat mengurangi tumbuhnya bakteri jahat yang menempel pada tangan. Sehingga, kemungkinan kotoran atau bakteri masuk ke dalam tubuh dan ke paru-paru bisa berkurang.

Gaya Hidup yang Dapat Merusak Paru-paru


1. Tidak Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekitar 

Tubuh yang terpapar polutan setiap hari dapat menurunkan fungsi paru-paru. Perlu diketahui, zat penyebab polusi udara tidak hanya ditemui di jalanan. Udara kotor dapat ditemui dimana saja, bahkan di dalam rumah. Penting untuk menjaga kebersihan rumah, pastikan semua sudut ruangan hingga perabot bebas dari debu.

Ketika membersihkan rumah jangan lupa menggunakan masker mulut untuk menghindari debu masuk dalam paru-paru. Perlu diperhatikan pula saat menjalani rutinitas olahraga, hindari tempat yang banyak terpapar polusi, karena setelah menjalankan kegiatan ini paru-paru lebih banyak menghirup oksigen.

2. Memiliki Kebiasaan Merokok atau Dekat dengan Asap Rokok

Kebiasaan merokok dapat merusak organ pernapasan secara perlahan, bahkan memicu munculnya kanker paru-paru. Meskipun sudah tahu dampak negatifnya, gaya hidup ini tetap dilakukan. Baik perokok pasif maupun aktif, sangat membahayakan bagi tubuh. Asap rokok mengandung racun yang langsung dihirup dan masuk ke dalam paru-paru.

Bukan hanya gangguan pernapasan, sering menghirup asap rokok dapat menyebabkan gangguan kesehatan bahkan komplikasi seperti asma, jantung, paru obstruktif kronis, hingga stroke. Rokok juga dapat menyebabkan tekanan darah meningkat, kondisi ini dapat mengganggu sistem saraf lainnya.

Baca Juga : Penjelasan Lengkap Cara Merawat Lidah yang Wajib Dilakukan

Selain menerapkan cara merawat paru-paru seperti di atas, jangan lupa untuk rutin memeriksakan kondisi sistem pernapasan ke dokter. Hal ini untuk memastikan paru-paru masih bekerja dengan normal. Kalaupun ditemukan gangguan, dapat segera diatasi sedini mungkin. 

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo raih mimpi Mu.

Leave a Comment