TrikMerawat Extraordinary Man!

Yuk Simak 8 Cara Merawat Motor Matic Kesayanganmu

4 min read

cara merawat motor matic

Motor matic telah hadir di Indonesia pada awal tahun 2.000 an dan menjadi tren hingga saat ini. Pembelian motor matic terhitung lebih tinggi daripada pembeli motor bebek atau motor sport.

Setiap tahunnya, motor matic mengalami peningkatan penjualan. Namun, motor matic membutuhkan perawatan khusus, terutama bagi motor matic yang telah menggunakan mesin injeksi. Bagaimana cara merawat motor matic yang benar ? Yuk simak cara berikut ini.

Cara Merawat Motor Matic dengan Rutin Panaskan Mesin Motor di Pagi Hari

Ada baiknya anda memanaskan mesin motor di pagi hari sebelum digunakan, agar oli dalam mesin siap untuk melumasi mesin motor secara sempurna. Seperti manusia, motor anda juga memerlukan persiapan sebelum beraktifitas seharian.

Baca Juga : Cara Merawat Baterai Hp Nonremovable

Mesin motor yang rutin dipanaskan, akan dapat bekerja lebih optimal. Oleh karena itu, tahap ini sangat penting dilakukan agar mesin motor tetap awet. Anda cukup memanaskan motor matic selama kurang lebih lima menit hingga sepuluh menit setiap hari.

Sebaiknya anda gunakan kick stater pada saat memanaskan motor, yang berfungsi  menghemat penggunaan baterai pada motor tersebut.  Apabila dirasa cukup, jangan lupa untuk tarik ulur gas agar oli dapat dipanaskan dengan sempurna pada mesin motor.

Stabilkan Kecepatan Kendaraan

Salah satu cara merawat motor matic adalah selalu stabilkan kecepatan kendaraan. Namun, ada kesalahan yang yang sering dilakukan oleh pengguna motor matic.

Disadari atau tidak, pengendara motor sering kali melaju dengan kecepatan tinggi dan secara tiba tiba menurunkan gas atau sebaliknya. Selain merusak umur mesin, kecepatan yang kurang stabil dapat merusak van Belt motor yang dapat membahayakan keselamatan pengendara.

Baca juga : Cara Merawat Laptop

Dalam kondisi macet, pengendara disarankan untuk menstabilkan kecepatan kendaaan. Selain untuk mengurangi kerusakan pada mesin, anda juga dapat mengurangi terjadinya kecelakaan.

Sebelum sepeda motor digunakan, hendaknya periksa terlebih dahulu apakah semua komponen sepeda telah bekerja dengan baik. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan akibat kerusakan pada salah satu komponen motor.

Isi Ulang Bensin Sebelum Habis

Jika anda  terbiasa mengisi ulang bahan bakar motor saat akan habis, hendaknya segera hilangkan kebiasaan ini.

Bahkan dalam beberapa kasus, sebagian motor menjadi mogok karena kehabisan bahan bakar dalam perjalanan. Hal ini sebaiknya tidak dilakukan lagi karena dapat merusak mesin.

Tahukah Kamu? ternyata body bongsor motor matic yang semakin gambot ini termasuk dalam kategori ringan bila dibandingkan dengan motor bebek generasi 2000-an.

Usahakan anda tidak lupa untuk isi ulang bensin sebelum indikator E pada speedometer. Anda dianjurkan untuk mengisi tanki bahan bakar secara penuh sebagai cara merawat motor matic anda. Bagi pengguna motor matic, sebaiknya anda rutin untuk memeriksakan mesin pada motor.

Terutama bagi motor yang sering mengalami mogok, anda sebaiknya segera bawa motor menuju bengkel terdekat untuk diperiksa apakah ada mesin yang rusak dan sebagainya.

Rutin Mengganti Oli pada Motor

Oli merupakan komponen penting lainnya pada motor. Anda disarankan untuk mengganti oli pada motor setiap 1.000 kilometer dan pergantian oli transmisi motor.

Apabila anda lupa acuan kilometer terakhir, sebaiknya anda lakukan perawatan rutin setiap dua sampai tiga bulan sekali. Pergantian oli sangat dianjurkan bagi motor yang telah melampaui angka 5.000 kilometer.  

Jangan lupa untuk mengganti oli yang sesuai dengan spesifikasi motor matic.  Dengan menggunakan oli yang sesuai dengan standart, membuat performa motor anda berjalan secara maksimal.

Oleh karena itu, anda harus mengetahui oli yang cocok bagi motor anda,  agar mesin motor dapat awet. Perawatan ini sangat penting dilakukan dan jangan sampai dilewatkan.

Perawatan Aki Pada Motor

Masalah yang sering ditemukan oleh pengguna motor matic adalah mati aki. Ketika hal ini terjadi, pengguna motor akan kehilangan kekuatan dari motor.

Tanda mati aki yang bisa dilihat langsung adalah cahaya lampu yang mulai redup dan ketika menyalakan motor harus menggunakan kick starter. Hendaknya anda selalu periksa kondisi aki sebagai cara merawat motor matic.

Aki motor mati adalah masalah yang cukup besar, terutama bagi matic yang memiliki bobot yang besar. Untuk meminimalisir, anda dapat mengganti aki dalam tujuh hingga delapan bulan setelah penggantian terakhir.

Apabila aki motor anda mati, maka sepeda motor anda tidak akan dapat digunakan. Hal ini berlaku bagi setiap pengguna motor, terutama bagi motor matic dengan mesin injeksi.

Servis Motor Secara Berkala

Anda disarankan untuk melakukan servis motor dalam jangka tertentu, agar semua mesin pada motor dapat bekerja secara optimal.

Ketika servis, motor akan diperiksa secara menyeluruh, seperti mengganti oli, membersihkan karburator, dan menset motor.

Matic mayoritas masih menggunakan suspensi jenis Monoshock Tunggal jadi tidak disarankan mengangkut beban yang terlalu berat seperti berboncengan bertigaan

Anda dapat bertanya kepada petugas servis,  apakah aki motor anda masih berjalan dengan baik atau aki sudah harus diganti .

Anda juga disarankan mengganti suku cadang original, daripada mencari yang murah namun kualitas masih dipertanyakan.

Apabila salah satu komponen motor berjalan tidak semestinya, anda dapat mendatangi tempat servis terdekat. Dengan cara merawat motor matic  yang tepat, motor anda dapat bekerja secara optimal mesin motor anda  menjadi lebih awet daripada sebelumnya.

Periksa vanbelt dan roler

Salah satu komponen wajib lainnya yang harus diperhatikan adalah vanbelt dan roler.  Komponen ini merupakan bagian vital yang ada pada sistem CVT.

Kondisi roler yang kurang bagus,  dapat dikenali dari bunyi bising yang dihasilkan pada dalam bagian box CVT. Apabila sudah terdengar bunyi aneh, segera ganti komponen tersebut agar tidak merusak mesin komponen lainnya.

Vanbelt mempunyai fungsi sebagai komponen pendukung motor dalam sistem penggerak motor.

Sedangkan roller memiliki fungsi sebagai pemberat yang mengatur besar kecilnya diameter pulley yang terhubung dengan perbandingan reduksi putaran mesin.

Baca juga : Cara Merawat Accu Kendaraan

Walaupun vanbelt dan roler adalah komponen pendukung pada motor, bukan berarti anda dapat mengabaikan fungsi dari komponen tersebut.

Gunakan Bahan Bakar Sesuai Standart

Apabila anda mencari bahan bakar motor, hendaknya anda langsung datangi pom atau tempat penjual bahan bakar terpercaya. Sebab, ada beberapa oknum yang menjual bahan bakar campuran yang dapat merusak mesin motor anda.

Pemilihan bahan bakar sangat penting sebagai cara merawat motor matic yang benar. Penggunaan bahan bakar berkualitas, tentu akan berdampak baik pada mesin motor.

Mesin motor anda memiliki standart tertentu untuk pengisian bahan bakar. Apabila anda menggunakan bahan bakar di bawah standart yang ditentukan, tentu akan berdampak pada mesin motor yang cepat rusak. Namun, anda diperbolehkan menggunakan bahan bakar dengan kualitas lebih tinggi dari standart yang telah ditentukan.

Tips Nih! Letak mesin matic kita tahu berada di bawah, jadi bagi pemilik motor matic jika akan melintas di daerah jalan banjir sangat tidak disarankan karena kita tahu kosekuensinya motor akan mudah mati mesin atau Mogok

Alasannya karena bahan yang berkualitas lebih tinggi tidak akan merusak mesin. Setiap kendaraan bermotor memerlukan cara perawatan yang berbeda, terutama bagi sepeda motor matic.

Bagi motor matic yang menggunakan mesin injeksi, ada baiknya anda melakukan perawatan lebih ekstra daripada motor matic lainnya. Anda perlu memperhatikan apakah terdapat komponen motor yang tidak berkerja dengan semestinya.

Dengan perawatan motor matic yang tepat, maka umur mesin motor anda akan jauh lebih panjang.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *