Tanaman Hias Cara Merawat Tanaman

Kunci Sukses Cara Merawat Monstera dengan Metode Terbaik

cara merawat monstera
Written by Josua Rifandy

Belakangan ini, monstera menjadi tanaman yang banyak disukai oleh kalangan masyarakat untuk menghiasi eksterior maupun interior rumah. Banyak sekali yang memilih hiasan rumah agar tampak asri dan segar dengan tanaman ini. Selain memberikan dan menambah efek natural atau alamiah pada rumah, tanaman monstera juga dapat menambahkan warna pada interior rumah. Poin plus lainnya, cara merawat monstera juga tidak terlalu rumit. 

Selain memberi kesan sejuk dan juga segar, adanya tanaman ini di dalam ruangan mampu dipercaya dapat menambah produktivitas dan memberikan perasaan bahagia bagi anggota keluarga yang tinggal di dalam rumah tersebut.

Si cantik monstera ini sangat menawan karena memiliki ciri khas, yaitu berupa daun yang berkesan sobek ataupun berlubang dengan ukuran yang besar. Tanaman ini juga dapat tumbuh hingga puluhan meter.

Si Cantik Monstera dari Meksiko


cara merawat monstera
(Sumber: Smartgardenguide.com)

Mungkin banyak yang bertanya, kenapa tanaman cantik ini diberi nama monster? Nah, nama monster ini ternyata diberikan karana ukuran daunnya yang dapat mencapai lebih dari ukuran telapak tangan orang dewasa. Tanaman cantik monstera ini berasal dari hutan hujan tropis, bagian selatan Negara Meksiko sampai ke Panama. 

Baca Juga : Point Penting Cara Merawat Bunga Kertas Dijamin Nggak Ribet

Tanaman monstera jenis Monstera deliciosa memiliki bentuk daun yang bulat dan lebar dengan sobekan-sobekan alamiah yang menjadi ciri khas dari tanaman ini. Selain itu, monstera jenis ini juga memiliki warna daun hijau pekat dan berkilau, sehingga bertambah terlihat menawan. Kesan unik inilah yang menjadikan tanaman ini sangat disukai oleh masyarakat. Lantas, bagaimana cara merawat monstera dengan baik dan benar?

Cara Merawat Monstera dengan Metode Terbaik

Merawat tanaman monstera bisa dibilang susah-susah gampang. Agar menghasilkan tanaman monstera yang tumbuh dengan kualitas terbaik, maka diperlukan metode yang tepat dalam perawatannya. Yuk, intip beberapa cara merawat monstera dengan baik berikut ini:

1. Pastikan Cahaya dan Kelembaban Tercukupi dengan Baik 

Cara merawat monstera yang pertama adalah memastikan jika cahaya dan kelembaban yang dibutuhkan telah terpenuhi. Pasalnya, untuk menghasilkan warna daun yang hijau dan berkilau, tanaman ini sebaiknya diletakkan pada tempat yang terpapar sinar matahari secara cukup. Semakin banyak cahaya yang diterima oleh monster, maka semakin baik tumbuh kembang tanaman ini. 

Meskipun membutuhkan paparan sinar matahari yang relatif banyak, namun sebaiknya hindari paparan sinar matahari secara langsung. Paparan sinar matahari langsung bisa menyebabkan tanaman ini mengalami kekeringan. Sehingga, solusi terbaiknya yaitu dengan meletakkan monstera pada ruangan dengan pencahayaan yang cukup dan teduh. Dengan begitu, maka monstera tetap mendapatkan sinar tanpa mengalami pemanasan yang berlebih.

Selain masalah pencahayaan, kelembaban pada tanaman ini juga sangat perlu untuk diperhatikan. Karena berasal dari negara tropis, maka kelembaban tanaman ini juga perlu disesuaikan dari habitat aslinya. Semakin lembap uap air yang dikandung tanaman monstera, maka semakin baik untuk proses pertumbuhannya. Oleh karena itu, pastikan juga bahwa tanaman monstera tumbuh di lingkungan dengan kelembapan yang pas. 

Dengan memperhatikan kelembaban dan juga cahaya yang mengenai monstera, maka tumbuhnya tanaman ini bisa berlangsung lebih baik dan lebih sehat. 

2. Pastikan Jika Kadar Air yang Diberikan Sudah Pas 

cara merawat monstera
(Sumber: Interiordesign.id)

Selama ini, banyak masyarakat yang beranggapan, jika semakin sering memberi air pada tanaman, maka pertumbuhan tanaman tersebut akan semakin baik. Namun, hal tersebut tidak selalu tepat. Jika memberikan air terlalu banyak pada tanaman, maka malah membuat tanaman tersebut cepat layu dan kemudian bisa mati. 

Baca Juga : Strategi Jitu Cara Budidaya Anggrek Agar Sukses

Cara merawat monstera selanjutnya adalah dengan memastikan jika kadar air yang diberikan sudah pas. Meskipun tanaman monstera ini mampu hidup di dalam air, namun akarnya akan lebih cepat membusuk jika dibiarkan terus menerus basah. Idealnya, tanaman monstera ini cukup disiram seminggu sekali secara rutin. Jadi, jangan terlalu sering menyiram tanaman ini karena kurang bagus untuk pertumbuhannya. Semakin cepat pertumbuhan tanaman ini, maka kadar air yang dibutuhkan akan semakin banyak.

3. Rawat Daun dengan Teliti dan Penuh Perhatian 

Ciri khas monstera terletak pada daunnya, sehingga cara merawat monstera selanjutnya adalah di daunnya. Pemilik monstera wajib memberikan perhatian yang lebih pada daun monstera ini. Di alam liar daerah tropis, tanaman monstera dapat tumbuh hingga lebih dari 15 meter. 

Warna daun sehat pada tanaman ini adalah hijau pekat, sehingga apabila tanaman monstera menghasilkan daun dengan warna kuning dan kering, maka bisa jadi daun monstera ini terpapar oleh udara panas ataupun udara yang terlalu dingin. Apabila hal tersebut terjadi terus menerus, maka tanaman ini dapat layu dan bahkan mati.

Dengan menjaga kesehatan daun monstera, maka tumbuh monstera juga bisa tetap terjaga dan bisa berkembang dengan baik. 

4. Penuhi Nutrisi Monstera dengan Baik dan Cukup 

cara merawat monstera
(Sumber: Realestate.com.au)

Tanah sebagai media tanam monstera juga sangat perlu untuk diperhatikan. Dalam hal ini, tanah mengandung nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan tanaman monstera. Tanaman monstera yang tumbuh dengan nutrisi yang cukup di dalam pot, memiliki kesempatan tumbuh dengan baik dari pada tanaman monstera yang tumbuh liar di alam. Hal ini karena nutrisi yang tersedia di alam sering tidak konstan persediaannya.

Untuk menambah nutrisi dari tanah, bisa ditambahkan pupuk. Hal ini bisa membantu monstera mendapatkan nutrisi yang cukup dan akhirnya pertumbuhannya bisa berlangsung baik dan terjaga. Ini juga menjadi salah satu kunci cara merawat monstera yang penting untuk diperhatikan.

5. Ganti Pot Secara Rutin dan Berkala 

Cara merawat monstera yang terakhir adalah dengan mengganti pot. Mengganti pot tanaman monstera secara rutin dan berkala, dilakukan apabila akarnya sudah terlihat mengikat dan penuh di dalam pot tersebut. Pot yang diganti, sebaiknya ukurannya 5-10 cm lebih besar dari ukuran sebelumnya. Gunakan juga tanah dengan kualitas baik yang tidak d ambil dari pekarangan rumah. Hal ini karena biasanya tanah tersebut mengandung hama yang ditakutkan dapat menghambat perkembangan tanaman monstera ini. 

Meskipun terlihat begitu cantik, tanaman ini memiliki racun di seluruh bagian tubuhnya, termasuk pada buah yang dihasilkannya apabila tanaman ini ditanam pada luar ruangan. Buahnya mengandung asam oksalat yang berbahaya apabila dikonsumsi. Daun monstera yang begitu menawan, juga memiliki racun yang dapat membuat iritasi pada mulut, melepuhkan tenggorokan, dan juga dapat membuat suara menjadi hilang apabila dikonsumsi. 

Baca Juga : Keuntungan dan Cara Budidaya Bunga Pukul Empat dengan Sukses

Oleh karena itu, apabila tanaman ini terdapat di rumah sebagai hiasan eksterior dan interior, maka perlu adanya pendampingan dan pengawasan orang dewasa jika terdapat anak-anak yang belum begitu paham akan bahaya tanaman ini. Lebih baik pula jika tanaman ini dijadikan hiasan di tempat yang lebih tinggi, sehingga anak-anak tidak dapat menggapainya.

Itulah beberapa cara merawat monstera dengan metode terbaik agar bisa tumbuh dengan menawan. Tanaman ini memang membutuhkan metode perawatan khusus agar bisa tumbuh dengan baik dan sempurna. Namun, cara merawat monstera yang harus dilakukan tidaklah sulit, sehingga tidak ada alasan untuk tidak merawat monstera dengan cara yang baik dan benar. Yuk, rawat tanaman monstera agar tumbuh cantik dan menawan!

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo raih mimpi Mu.

Leave a Comment