Cara Merawat Benda

Tata Cara Merawat Mobil untuk Pemakaian Sehari-Hari

cara merawat mobil
Written by Josua Rifandy

Mobil merupakan salah satu jenis sarana transportasi yang cukup banyak digunakan oleh masyarakat. Intensitas pemakaian sehari-hari pada mobil, dapat mengurangi kenyamanan dalam berkendara. Oleh karena itu, perlu dilakukan perawatan khusus, agar mobil dapat terus tampil prima dan menunjang mobilitas sehari-hari. Lalu, bagaimana cara merawat mobil secara baik dan benar? 

10 Cara Merawat Mobil agar Semakin Nyaman Digunakan


Berikut ini adalah berbagai cara untuk merawat mobil agar semakin nyaman digunakan sehari-hari:

1. Lakukan Pengecekan Oli Secara Rutin

cara merawat mobil
(Sumber : Driving-test.org)

Cara merawat mobil yang pertama adalah dengan mengecek oli mesin secara rutin. Oli pada mobil memiliki fungsi yang sangat krusial. Selain sebagai pelumas pada mesin, oli juga memiliki fungsi lain.

Fungsi oli pada mobil di antaranya adalah sebagai pelindung komponen mobil dari karat, pembersih mesin, pendingin mesin, penghemat bahan bakar, dan meningkatkan performa mesin pada mobil. Oleh karena itu, penting untuk mengecek oli secara rutin, agar mesin mobil dapat bekerja secara lebih prima dan optimal. 

Normalnya, oli pada mobil harus di cek setiap 10.000 km atau paling tidak setiap enam bulan sekali. Hal tersebut sesuai dengan anjuran yang tertulis pada buku manual. Akan tetapi, pada mobil dengan penggunaan lebih sering pada daerah macet, pengecekan oli sebaiknya dilakukan setiap 5000 km atau tiga bulan sekali. 

Baca Juga : Yuk Simak 8 Cara Merawat Motor Matic Kesayanganmu

Untuk memastikan apakah oli pada mobil harus segera diganti atau tidak, dapat dilihat dari wujud oli. Apabila terdapat serpihan halus atau kotoran pada oli, atau oli sudah mulai encer dan menghitam, maka itu tandanya oli sudah harus diganti.

2. Rutin Memeriksa Kopling dan Rem 

Pada mobil bertransmisi manual, kampas kopling yang aus dapat menyebabkan perpindahan gigi semakin berat. Hal itu tentu saja dapat mengganggu kenyamanan dalam berkendara.

Selain itu, ciri yang menandakan mobil sudah mulai aus adalah persneling yang sudah mulai sulit dipindah. Oleh karena itu, periksa mobil setiap 10.000 dan 50.000 km. Kemudian, periksa juga kondisi rem secara rutin setiap 20.000 km.

3. Ganti Air Radiator

Cara merawat mobil selanjutnya, adalah dengan mengganti air radiator dengan rutin. Air radiator adalah salah satu komponen mobil yang memiliki fungsi mendinginkan mesin mobil saat sedang bekerja. Mengganti air radiator tidak boleh dilakukan secara serampangan.

Perawatan air radiator dapat membantu mobil untuk bekerja lebih prima dan optimal. Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan pengisian air pada tabung radiator ini secara berkala. Hal ini dapat membantu mesin bekerja dengan baik.

4. Cek Kondisi Aki Secara Rutin 

Aki juga berperan penting dalam bagian cara merawat mobil. Salah satu hal mudah untuk merawat aki adalah dengan selalu memastikan bahwa air aki berada di antara garis batas tanda. Hal lain yang dapat dilakukan adalah dengan mengukur tegangan aki.

Mengukur tegangan aki dapat dilakukan dengan menggunakan voltmeter. Namun, apabila hal tersebut belum cukup membantu, sebaiknya bawa mobil ke bengkel agar bisa dicek oleh ahlinya.

5. Cek Tekanan dan Kondisi Ban Mobil 

cara merawat mobil
(Sumber: Cargurus.com)

Melakukan pengecekan terhadap kondisi dan tekanan ban perlu dilakukan setidaknya sebulan sekali atau ketika hendak melakukan perjalanan. Tekanan ban sangat penting untuk menjaga keselamatan dalam berkendara. Selain itu, jika kondisi ban dirasa sudah mulai rusak dan aneh, sebaiknya segera dilakukan pergantian ban.

6. Periksa Berbagai Sambungan Kabel dan Lampu Mobil 

Memeriksa kondisi kabel dan juga lampu dapat menambah kenyamanan dalam berkendara. Kondisi kabel dan lampu yang sudah kendur, putus, dan redup perlu segera dilakukan penggantian. Untuk mengganti kabel dan juga lampu, sebaiknya sparepart yang digunakan adalah sparepart yang telah direkomendasikan oleh pabrik. 

7. Cucilah Mobil Secara Rutin

Perawatan satu ini diperlukan untuk menjaga penampilan mobil tetap nyaman dipandang mata. Agar tetap menawan, bersih dari noda dan kotoran, pastikan untuk mencuci mobil secara rutin. Semakin lama rentang waktu untuk mencuci mobil, maka kotoran pada mobil akan semakin bandel dan susah untuk dibersihkan. 

Baca Juga : Panduan Dasar Cara Menggunakan Mesin Cuci

Untuk mencuci mobil, sebaiknya sabun yang digunakan adalah sabun khusus untuk mencuci mobil. Selain itu, lap yang digunakan sebaiknya lap dengan tekstur lembut. Hal tersebut untuk menjaga body mobil agar tidak lecet serta tidak merusak cat mobil. Usaha lain yang dapat dilakukan untuk menjaga penampilan mobil adalah dengan menggunakan penutup mobil saat akan parkir di tempat atau lokasi yang lembab dan juga panas.

8. Bersihkan Kaca Mobil 

Membersihkan kaca mobil dapat membantu kenyamanan dalam berkendara. Setidaknya, menjaga kaca dalam kondisi bersih akan membantu untuk memperjelas pandangan yang ada di depan mobil. Membersihkan kaca mobil, sebaiknya dilakukan dengan menggunakan cairan khusus, yaitu glass cleaner. Selain itu, kualitas air pencuci juga perlu diperhatikan. 

Saat membersihkan kaca mobil, sebaiknya pastikan karet yang terdapat pada kaca jendela  mobil jauh dari kotoran dan debu. Hal tersebut dikarenakan kotoran dan debu pada karet kaca jendela dapat membuat kaca mobil menjadi baret atau tergores. Hal tersebut tentunya akan sangat mengganggu pandangan saat berkemudi.

9. Bersihkan Mobil Bagian Dalam 

Membersihkan bagian dalam mobil juga merupakan salah satu upaya untuk menjaga penampilan mobil dan sebagai cara merawat mobil agar awet. Tidak hanya bagian luar, penampilan mobil bagian dalam juga perlu diperhatikan. Membersihkan bagian dalam mobil dapat menjaga jok, kabin, dan karpet agar tidak berubah warna dan berjamur. Dengan begitu, mobil dapat dengan nyaman digunakan.

10. Gunakan Jenis Bahan Bakar yang Beroktan Tinggi 

cara merawat mobil
(Sumber: Waspystruckstop.com)

Langkah terakhir yang dapat dilakukan dalam cara merawat mobil adalah dengan menggunakan bahan bakar beroktan tinggi. Langkah ini dapat membantu agar mesin mobil semakin prima dan memiliki performa yang lebih baik. Di sisi lain, jika bahan bakar yang digunakan kotor, maka hal tersebut dapat mempengaruhi kinerja dari mesin mobil. 

Baca Juga : Jangan Disepelekan, Yuk Simak 8 Cara Merawat Accu Agar Tetap Awet

Oleh karena itu, bahan bakar beroktan tinggi yang sesuai dengan ketentuan atau anjuran pabrik sangat disarankan dalam merawat mobil. Selain itu, sebaiknya pengisian juga dilakukan di tempat pengisian bahan bakar resmi.

Tips Merawat Mobil – Gangguan Pada System Suspensi dan Kemudi


Gangguan Pada System Suspensi dan Kemudi, Kenali penyebab kerusakannya agar segera bisa menentukan antisipasinya. Sistem kemudi dan suspensi bekerja dalam satu hubungan. Biasanya jika salah satu komponen mengalami gangguan bisa menyebabkan komponen lain dalam satu system tidak berfungsi maksimal.

Dengan mengenali gangguan pada system suspensi dan kemudi, Anda bisa langsung mengetahui penyebab kerusakan dan segera mengantisipasinya dengan membawa kendaraan ke bengkel. Gangguan apa saja yang biasa terjadi pada system suspensi dan kemudi ? Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Setir sulit digerakkan. Kemungkinan penyebabnya :
    • Terjadi kerusakan pada power steering sehingga tidak bekerja dengan normal.
    • Tekanan ban terlalu rendah.
    • Terjadi gesekan pada roda gigi pengarah, batang-batang penghubung system pengarah, ball joint.
    • Roda-roda depan membentuk sudut caster positif terlalu besar.
    • Pegas suspensi sudah terlalu lentur, dll.
  1. Jarak pergeseran setir terlalu besar dan kendaraan cenderung berbelok saat berjalan sehingga pengemudi harus berusaha menjaga arah kendaraan. Hal ini disebabkan karena terjadi kelonggaran pada system roda gigi pengarah, batang-batang penghubung, pegas daun, dan ball joint. Bisa juga karena bantalan roda sudah aus.
  2. Kendaraan cenderung berbelok ke satu sisi. Hal ini terjadi karena tekanan ban yang tidak sama serta sudut-sudut penyetelan roda yang tidak tepat.
  3. Gangguan pada setir seperti setir berputar sendiri dengan tiba-tiba atau setir susah kembali ke posisi semula setelah melakukan pembelokan.
  4. Terjadi getaran / goyangan yang berlebihan saat kendaraan berbelok.
  5. Keausan ban terjadi terlalu cepat.

Tips Merawat Mobil – Mengapa Setir Sukar Digerakkan


Waspadai kerusakan pada setir atau sistem kemudi. Sistem kemudi atau setir mempunyai peran yang sangat penting dalam mengemudi. Jika terjadi kelainan dan kerusakan apapun bentuknya maka perlu diwaspadai.

Salah satunya pada waktu kendaraan sedang dijalankan, setir sukar digerakkan alias terlalu berat untuk digerakkan. Anda perlu mengetahui penyebabnya sekaligus melakukan pemeriksaan untuk mengetahui dimana letak kerusakannya :

  1. Periksa bagian ban depan:
    • Apakah tekanan ban depan terlalu rendah.
    • Apakah kelurusan roda depan kurang tepat.
  2. Periksalah apakah terjadi kekurangan minyak pelumas dalam bak roda gigi setir atau kekurangan gemuk pada sambungan – sambungan batang setir atau bantalan-bantalan roda depan:
    • Dongkraklah kendaraan sedemikian rupa sehingga kedua roda depan dalam keadaan menggantung.
    • Periksalah apakah sambungan-sambungan dan sekrup-sekrup dari system kemudi cukup kokoh. Bagian-bagian yang perlu diperiksa adalah ball joints/suspensi depan, ujung dan pangkal batang pengikat (tie rod).
    • Cara mengecek kerusakannya Anda perlu dibantu oleh seorang teman. Putarlah setir ke kiri penuh, gerak-gerakkan setir sedikit ke kiri dan ke kanan. Lalu putarlah setir ke kanan penuh , gerak-gerakkan setir sedikit ke kiri dan ke kanan. Jika gerakan-gerakan tersebut terlalu berat itu menandakan kurang pelumas/gemuk.
  3. Untuk perbaikan lebih lanjut, bawalah mobil ke bengkel untuk dilakukan perbaikan dari system kemudi dan dilakukan penyetelan yang benar.

Tips Merawat MobilGetaran Pada Setir Saat Kendaraan Berjalan


Temukan penyebab getaran-getaran pada setir yang mengganggu. Bila Anda sedang mengemudikan kendaraan, namun terjadi getara-getaran pada setir tentu saja sangat mengganggu konsentrasi mengemudi.

Mengapa sampai terjadi getaran-getaran yang mengganggu tersebut ? Segera periksa komponen berikut :

  1. Periksa keadaan ban :
    • Apakah terjadi keausan pada ban sehingga menyebabkan tonjolan kembangan yang tidak sama. Segera ganti ban dengan yang baru.
    • Apakah ban dalam keadaan tidak seimbang. Lakukan balancing ke bengkel kepercayaan Anda.
    • Apakah tekanan ban dalam keadaan kurang atau tidak sama. Jika ya maka harus segera disesuaikan dengan tekanan ban yang sesuai.
  1. Periksa apakah batang penghubung dalam keadaan longgar. Lakukan penyetelan atau gantilah batang-batang penghubung yang sudah aus.
  2. Periksa apakah ball joint dalam keadaan longgar. Kencangkan dengan baut atau jika sudah aus segera ganti ball joint dengan yang baru.
  3. Periksa apakah terjadi kelonggaran pada bagian system roda-gigi pengarah. Lakukan penyetelan ulang dan gantilah jika ada komponen yang aus.

Tips Merawat Mobil  – Akibat Saat Penyalaan Yang Kurang Tepat


Hati-hati, saat penyalaan yang kurang tepat dapat menimbulkan masalah pada mesin. Penyetelan saat penyalaan harus dilakukan dengan tepat.

Saat penyalaan yang kurang tepat akan menimbulkan gejala-gejala seperti berikut ini :

1. Saat penyalaan terlalu cepat.

Jika saat penyalaan terjadi terlalu cepat mungkin akan terjadi pembakaran pada manifold pemasukan karena masih ada sisa campuran bahan bakar udara yang tidak masuk ke ruang bakar.

Tanda-tanda yang timbul antara lain : saat mesin distarter, maka akan terjadi letupan atau detonasi, penurunan daya. Mesin juga akan mengalami overheating saat mesin bekerja atau bahkan mesin dapat mati dengan tiba-tiba.

2. Saat penyalaan terlalu lambat.

Jika saat penyalaan terlalu lambat akan ada sebagian campuran bahan bakar dan udara yang belum terbakar sempurna dan meletup di manifold / pembuangan.

Tanda-tanda yang timbul yaitu daya mesin akan berkurang, boros bahan bakar, dan mesin juga bisa mengalami kepanasan / overheating.

Tips Merawat Mobil – Tips Darurat Kemacetan Roda Gigi


Tindakan darurat perlu dilakukan sebelum mobil dibawa ke bengkel. Mobil dengan system transmisi manual kadangkala mengalami gangguan pada proses pemindahan persneling.

Pemindahan persneling yang dilakukan dengan kasar dan tergesa gesa sebelum kopling benar-benar terlepas akan menyebabkan tuas pemindah roda gigi persneling dipaksa bergeser dan bergerak sendirian sehingga bisa menyebabkan kerusakan system batang pemindah persneling akibatnya terjadi kemacetan roda gigi.

Jika hal itu terjadi pada mobil anda tindakan darurat perlu dilakukan sebelum mobil dibawa ke bengkel seperti berikut ini :

  • Perhatikan dalam ruang mesin di tuas–tuas pemindah persneling pada kolom setir. Jika terjadi kemacetan roda gigi akan terlihat bahwa tuas–tuas yang terdapat pada kolom setir tersebut tidak pada kedudukan yang sama.
  • Tariklah atau doronglah salah satu dari tuas–tuas persneling itu sehingga terjadi keadaan posisi tuas-tuas tersebut berada pada kedudukan yang sama. Sehingga persneling akan kembali pada posisi netral dan untuk sementara mobil dalam kondisi yang aman.
  • Segera bawa mobil ke bengkel untuk diperiksa system pemindah persnelingnya lebih lanjut dan dilakukan perbaikan.

Tips Merawat Mobil – Trik Darurat Bila Rem Parkir Rusak


Waspada saat memarkir kendaraan di jalanan yang menanjak maupun menurun. Jika rem parkir pada mobil Anda sedang dalam kondisi rusak, maka Anda perlu waspada saat memarkir kendaraan di jalanan yang menanjak maupun menurun.

Untuk itu Anda perlu trik saat parkir dalam kondisi jalan seperti itu seperti berikut ini :

  1. Saat memarkir kendaraan pasanglah ganjalan pada roda-roda depan dan belakang. Ganjalan tersebut harus cukup berat / kokoh menahan mobil seperti balok kayu atau batu besar. Kemudian masukkan persneling sesuai kondisi jalan :
    • Apabila kendaraan diparkir di atas jalan yang menurun, masukkan pada persnelling mundur.
    • Apabila kendaraan diparkir di atas jalan yang mendaki, masukkan pada persnelling satu.
  2. Apabila anda akan menjalankan kendaraan yang semula berhenti di atas jalan yang mendaki cobalah cara berikut ini :
    • Sebelum kendaraan dijalankan injaklah pedal rem dan gas sekaligus, yaitu pedal gas dengan mempergunakan tumit dan meminjak pedal rem dengan ujung kaki kanan.
    • Tetapi apabila anda belum dapat melaksanakannya, terlebih dahulu pasanglah ganjal pada roda-roda belakang, sebelum kendaraan dijalankan.

Tips Merawat Mobil – Tips Bila Lampu dan Sekering Sering Putus


Sistem kelistrikan sangat penting dalam fungsi suatu kendaraan berjalan. Sistem kelistrikan sangat penting dalam fungsi suatu kendaraan berjalan. Jika lampu dan sekering seringkali putus tentu saja hal itu akan sangat mengganggu. Segera lakukan pemeriksaan berikut :

  1. Periksa hubungan kabel-kabel terhadap ground apakah ada yang terkelupas atau rusak. Segera perbaiki dan ganti.
  2. Periksa kondisi alternator, jika alternator rusak maka aliran listrik ke aki/batere akan terganggu. Makanya lampu dan sekring bisa putus tiba-tiba.
  3. Periksa juga kondisi aki/batere. Mungkin sudah waktunya diganti atau batere tidak berfungsi secara maksimal sehingga tidak dapat mengalirkan listrik ke seluruh komponen kelistrikan lainnya dalam kendaraan.

Perbedaan Mobil Matic dan Mobil Manual


Perbedaan kedua jenis mobil ini dapat dilihat dari empat hal yakni, akselerasi, cara operasi, kenyamanan saat berkendara, serta perawatannya. Perbedaan paling mendasar adalah pada cara mengoperasikannya.

Pengoperasian pada mobil matic cukup dilakukan dengan menggunakan gearbox, sedangkan pada mobil manual perpindahan gigi dilakukan dengan manual menggunakan pedal dan tuas kopling. 

Secara kenyamanan, mobil matic juga dinilai lebih baik jika dibandingkan dengan mobil manual. Meskipun mobil matic memiliki kenyamanan yang lebih baik, masih banyak juga peminat mobil manual. Alasannya, bahan bakar pada mobil manual cenderung lebih irit dibandingkan dengan mobil matic.

Kedua jenis mobil ini memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sementara itu, dalam hal cara merawat mobil, umumnya keduanya harus dirawat dengan cara yang tidak berbeda jauh. 

Demikianlah cara merawat mobil yang dapat dilakukan pada jenis mobil matic maupun manual. Dengan menjaga dan merawat mobil, maka keamanan dan kenyamanan dalam berkendara tentunya akan semakin meningkat. Selain itu, mobil yang bersih tentunya dapat meningkatkan kepercayaan diri saat berkendara. Namun, jika masih merasa kesulitan dalam melakukan perawatan, maka sebaiknya bawa saja mobil ke bengkel terdekat yang terpercaya.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo raih mimpi Mu.

2 Comments

Leave a Comment