Cara Merawat Tubuh

Cara Merawat Mata Minus yang Wajib Anda Coba

cara merawat mata minus
Written by Josua Rifandy

Mata minus adalah kondisi saat mata hanya bisa melihat objek dengan jelas hanya jika objek berada pada jarak yang dekat. Banyak sekali orang yang mengalami masalah mata ini. Untuk membantu memfokuskan penglihatan, biasanya dibantu dengan menggunakan kacamata. Tetapi penggunaan kacamata yang terlalu sering juga menyebabkan mata terasa lelah. Sebenarnya, mata minus bisa diatasi dengan berbagai cara. Namun, butuh treatment khusus agar kondisi mata minus bisa semakin membaik. Lantas, bagaimana cara merawat mata minus agar bisa lebih baik?

Ini Dia, Berbagai Cara Merawat Mata Minus agar Lebih Sehat


Mengatasi mata minus tidak hanya menggunakan kacamata. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut adalah cara merawat mata minus secara alami:

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Cara Merawat Lidah yang Wajib Dilakukan

1. Mengkonsumsi Wortel Secara Rutin

cara merawat mata minus
(Sumber: Thespruceeats.com)

Cara merawat mata minus yang paling dianjurkan adalah dengan mengkonsumsi wortel secara rutin. Wortel bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah terlebih dahulu menjadi makanan, seperti sup atau minuman seperti jus wortel. 

Kandungan beta-karoten yang ada pada wortel diperlukan tubuh untuk memproduksi vitamin A. Vitamin A ini sangatlah baik bagi kesehatan mata. Meminum dua gelas jus wortel setiap hari selama satu bulan penuh, mampu meningkatkan kemampuan penglihatan pada penderita mata minus secara signifikan. 

Hal tersebut dibuktikan dengan berkurangnya besar minus pada mata. Sementara itu, mengkonsumsi wortel secara rutin untuk pemilik mata yang masih sehat, dipercaya mampu menjaga dan memelihara mata dengan baik.   

2. Mengkonsumsi Buah Bit (Amaranthaceae-Chenopodiaceae)

Cara merawat mata minus secara alami selanjutnya adalah dengan mengonsumsi buah bit. Bagi yang belum tahu, buah bit ini semacam umbi-umbian yang masih satu keluarga dengan lobak dan sayuran berakar lainnya. 

Kandungan nutrisi yang ada di buah bit mampu meningkatkan kesehatan mata dan juga mampu menyembuhkan mata minus yang sudah parah. Cara mengkonsumsi buah bit ini biasanya diolah menjadi jus. Jus buah bit ini bisa juga dicampurkan dengan buah lain, seperti belimbing dan wortel agar lebih segar dan lezat.

3. Menggunakan Daun Sirih 

Daun sirih bisa menjadi salah satu alternatif dalam cara merawat mata minus secara alami. Daun sirih dikenal dengan kandungan minyak esensial, yaitu terdiri atas karakol,  eugenol, sineol, kavikol, dan kadinen. Bukan itu saja, daun sirih juga mengandung minyak atsiri, seperti zat samak, kavikol, apti, diatase, serta seskuiterpen. 

Penggunaan daun sirih ini dilakukan dengan dua cara. Pertama, menjadikannya masker mata dan yang kedua digunakan untuk merendam mata. Penggunaan untuk masker mata sangatlah mudah. Dua lembar daun sirih dicuci bersih, kemudian tempelkan ke atas kelopak mata. Lakukan hal ini sebelum tidur dan diamkan hingga pagi, baru kemudian dilepas.

Jika menggunakan daun sirih untuk merendam mata, maka langkah yang perlu dilakukan adalah dua lembar daun sirih dibersihkan dengan air bersih terlebih dahulu, Kemudian, direndam ke dalam baskom. 

Selanjutnya daun sirih diremas hingga air di dalam baskom berubah warna menjadi hijau. Jika air sudah siap, kepala ditundukKan dan rendam mata secara perlahan. Ketika merendam mata, usahakan mata dibuka dan ditutup beberapa kali agar air bisa masuk ke mata. Untuk hasil maksimal, rendam mata selama 30 menit.

4. Mengkonsumsi Lidah Buaya

Ternyata lidah buaya tidak hanya berguna untuk merawat kesehatan kulit dan rambut, tapi juga bisa digunakan untuk mengobati mata minus dengan cara mengkonsumsinya. Lidah buaya diolah menjadi jus dan dikonsumsi setidaknya dalam waktu satu minggu penuh. Agar rasanya lebih lezat, bisa juga tambahkan dengan madu, lemon, atau kenari.

Baca Juga: Beberapa Kesalahan dalam Cara Merawat Gigi Tambal

5. Melakukan Terapi Lilin 

cara merawat mata minus
(Sumber: Merdeka.com)

Cara merawat mata minus selanjutnya adalah terapi lilin, terapi ini dipercaya ampuh dalam menyembuhkan mata minus secara cepat. Cara terapi yang dilakukan pun terbilang mudah, yaitu dengan menyiapkan satu batang lilin dan menyalakannya. Kemudian, tatap cahaya lilin tersebut selama beberapa menit, usahakan untuk tidak berkedip sama sekali.

Menatap lilin ini dilakukan sampai air mata keluar baru hentikan terapi. Akan jauh lebih baik jika terapi dilakukan beberapa kali dalam seminggu, tapi jangan dilakukan setiap hari karena tidak baik untuk kesehatan mata.

6. Berjemur Secara Rutin di Pagi Hari 

Cara selanjutnya adalah dengan menjemur mata minus secara rutin di pagi hari. Menjemur mata ini dilakukan dengan menutup kedua mata kemudian diarahkan ke arah yang terkena panas matahari. Tunggu sampai mata terasa hangat dan diamkan setidaknya 10 menit. Agar hasilnya maksimal, lakukan hal ini setiap pagi hari. Tujuan dari menjemur mata ini adalah agar mata mendapatkan asupan vitamin D, sehingga minus di mata terus berkurang.

7. Melakukan Senam Mata

Tidak hanya untuk menggerakan tubuh, senam juga ternyata bisa juga dilakukan oleh mata, dan hal ini menjadi salah satu pilihan cara merawat mata minus secara alami yang cukup praktis. Senam mata dilakukan untuk merangsang otot mata agar berkontraksi dengan baik, sehingga bisa membuat mata yang lelah menjadi jauh lebih baik. 

Cara melakukan senam ini cukup mudah. Gerakan bola mata ke kanan, kiri, atas, dan bawah. Kemudian buat gerakan memutar searah dengan jarum jam sebanyak 5 kali. Gerakan-gerakan tersebut membuat bola mata menjadi bersih dan terlumasi. Lakukan senam ini setiap pagi setelah bangun tidur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

8. Melepas Kacamata Saat Tidak Digunakan 

Cara merawat mata minus selanjutnya adalah dengan melepas kacamata saat tidak dipakai. Jika kacamata sudah tidak digunakan lagi misalnya untuk membaca, dan lainnya sebaiknya lepaskan saja. Karena ternyata melepas kacamata juga bisa menjadi cara untuk mengatasi mata minus. 

Penggunaan kacamata setiap hari dan terlalu sering memang membantu mata melihat lebih jelas. Tetapi, hal ini menimbulkan efek lain, mata menjadi terbiasa untuk terfokus pada pusat lensa yang berakibat pada tegangnya otot mata. Oleh karena itu, jika tidak digunakan lebih baik lepas saja kacamata agar bola mata bisa bergerak dengan rileks.

Baca Juga: Solusi Ampuh Cara Merawat Bibir Kering di Rumah

9. Menggunakan Jari Telunjuk untuk Melatih Fokus Mata

cara merawat mata minus
(Sumber: Thestylecraze.com)

Cara merawat mata minus selanjutnya adalah melatih fokus mata menggunakan jari telunjuk atau pulpen. Membuat mata berfokus hanya pada satu titik ini bisa mengurangi mata minus. Letakkan jari telunjuk dengan jarak sejauh 10 cm dari hidung. Lalu, fokuskan pandangan ke jari telunjuk tersebut. 

Setelah itu, fokus mata dialihkan ke objek yang jauh di belakang jari telunjuk secara perlahan dengan tidak menggeser posisi kepala. Lakukan latihan fokus penglihatan ini sebanyak 10 kali dalam sehari, dan ulangi latihan ini setiap hari.

10. Melakukan Teknik Eye Palming

Cara merawat mata minus yang terakhir adalah teknik eye palming. Selain menjemur mata di bawah panas matahari pagi, cara lainnya yang bisa digunakan adalah dengan menggosokkan kedua telapak tangan sampai hangat. Kemudian, tempelkan di kedua mata dalam keadaan tertutup. Diamkan sampai otot mata terasa tenang. Cara ini dinamakan teknik Eye Palming yang sangat cocok dilakukan kapan saja ketika mata terasa lelah dan pegal.

Nah, itulah beberapa cara merawat mata minus yang bisa dilakukan secara rutin. Terdapat beberapa pilihan yang praktis, ada juga yang memerlukan usaha seperti mengolah buah untuk dikonsumsi. Tetapi apapun caranya, asal dilakukan dengan sungguh-sungguh hasilnya pasti akan memuaskan.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo raih mimpi Mu.

Leave a Comment