Cara Merawat Tubuh Gigi dan Mulut

Penjelasan Lengkap Cara Merawat Lidah yang Wajib Dilakukan

cara merawat lidah
Written by Josua Rifandy

Lidah merupakan salah satu organ tubuh yang penting untuk dijaga kebersihan dan kesehatannya. Dengan rajin menggosok gigi setiap harinya, ternyata tidak menjamin lidah akan ikut menjadi bersih. Bau mulut juga biasanya muncul disebabkan oleh lidah yang tidak dijaga kebersihannya. Untuk itu, diperlukan cara merawat lidah yang tepat agar kondisi lidah selalu sehat.

8 Cara Merawat Lidah yang Wajib Dilakukan 


Semahal apapun harga makanan dan seenak apapun rasa makanan, tidak akan pernah terasa nikmat jika kondisi lidah tidak sehat. Lidah cenderung rawan menjadi sarang berkembangnya bakteri yang biasanya terjadi karena asupan makanan yang tidak sehat dan memiliki bau yang tajam. 

Lidah yang sehat biasanya juga menggambarkan kondisi tubuh yang sehat juga. Pada umumnya, warna lidah yang sehat normalnya berwarna merah muda dengan permukaan yang tertutup oleh sejumlah bintil-bintil yang dikenal dengan nama papillae. Berikut ini akan diulas mengenai beberapa cara merawat lidah: 

1. Perbanyak Minum Air Putih 

Cara merawat lidah yang pertama adalah dengan memperbanyak minum air putih. Banyak minum air putih memang sangat bermanfaat dan baik untuk kesehatan. Hal ini juga berlaku untuk organ lidah. Karena lidah merupakan salah satu organ yang paling rawan menjadi salah satu sarang bakteri, maka hal tersebut dapat dicegah dengan cara memperbanyak mengkonsumsi air putih. 

Selain dapat mengatasi dehidrasi dan juga menghilangkan dahaga, mengkonsumsi air putih juga terbukti dapat menghilangkan bakteri yang bersarang di permukaan lidah. Tentunya juga bisa membuat lidah menjadi lebih sehat. Jadi, jangan ragu lagi untuk memperbanyak mengkonsumsi air putih setiap harinya. 

Usahakan untuk selalu minum air putih sebanyak 8 gelas dalam satu hari sesuai dengan anjuran dokter. Dengan begitu, kesehatan tubuh dan lidah juga bisa menjadi terjaga. 

2. Berkumur-kumur dengan Air Garam 

cara merawat lidah
(Sumber: TimesofIndia.indiatimes.com)

Cara merawat lidah yang kedua adalah dengan berkumur-kumur menggunakan air garam. Selain dengan memperbanyak mengkonsumsi air putih, menjaga kesehatan lidah juga dapat dilakukan dengan cara berkumur-kumur setiap setelah makan. Akan lebih baik lagi jika air yang digunakan untuk berkumur-kumur sudah dicampur dengan garam. Dengan begitu, lidah akan menjadi lebih sehat tentunya. 

Baca Juga : Informasi Terlengkap Cara Merawat Indra Pendengaran

Penggunaan garam juga bukan tanpa alasan. Air garam memiliki manfaat dapat meningkatkan pH pada rongga mulut dan menekan perkembangan bakteri. Sehingga rongga mulut bisa lebih bersih dan sehat setelah berkumur dengan air garam. 

3. Hindari Minuman yang Memiliki Kandungan Asam yang Tinggi 

Cara merawat lidah yang ketiga adalah dengan membatasi atau menghindari konsumsi minuman dengan kandungan asam yang tinggi. Pasalnya, minuman yang mengandung zat asam yang tinggi, seperti minuman beralkohol dan minuman yang berkafein, selain tidak baik untuk tubuh juga tidak baik untuk kesehatan lidah

Karena kandungan asam yang dimiliki kedua jenis minuman tersebut dapat melapisi seluruh permukaan lidah dan membuatnya menjadi tidak sehat. Jadi, lebih baik hindari jenis minuman tersebut. Dengan begitu lidah dan rongga mulut bisa lebih terjaga kesehatannya. 

4. Konsumsi Buah dan Makanan yang Sehat 

Cara merawat lidah selanjutnya adalah dengan selalu mengkonsumsi makanan dan buah yang sehat dan bernutrisi. Penting sekali untuk mengkonsumsi makanan yang sehat, yang kaya akan kandungan zat air, misalnya seperti sayuran dan juga buah-buahan. Selain karena kandungan vitamin C yang ada pada sayuran dan buah-buahan, dengan mengkonsumsi sayur dan buat juga dapat membuat lidah menjadi sehat. Rubah kebiasaan mengkonsumsi makanan yang buruk bagi kesehatan, karena hal ini juga akan mempengaruhi lidah secara tidak langsung. 

5. Hindari Pemakaian Tindik Pada Lidah

cara merawat lidah
(Sumber: Howcast.com)

Salah satu tren yang muncul di masa kini adalah tren untuk menindik lidah. Bagi beberapa orang, menindik lidah merupakan suatu hal yang keren dan menjadi sebuah fashion statement. Padahal, ini justru bisa berakibat buruk pada kesehatan lidah itu sendiri. 

Perlu ditekankan, jangan karena ikut-ikutan atau hanya karena ingin terlihat keren dan juga gaul, dengan sembarangan memakai berbagai macam aksesoris di tubuh atau bahkan di bagian lidah. Penggunaan aksesoris seperti tindik pada lidah cenderung sangat beresiko karena dapat membuat sejumlah saraf yang terdapat pada bagian lidah menjadi tertekan dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya. 

Baca Juga : Beberapa Kesalahan dalam Cara Merawat Gigi Tambal

Penggunaan tindik pada lidah dijamin sangat membuat tidak nyaman, lidah yang bertindik juga pasti akan terluka bahkan dapat mengalami iritasi. 

6. Usahakan Selalu Berbicara Hal yang Baik 

Cara merawat lidah tidak hanya dilakukan secara fisiknya saja, tetapi merawat lidah juga dapat dengan cara menjaga agar setiap perkataan yang keluar dari mulut adalah perkataan yang baik-baik. Usahakan setiap perkataan yang keluar merupakan perkataan yang tidak menyakiti hati siapa pun. 

Saat seseorang sudah mampu menjaga lidah dari berbagai perkataan yang tidak bermutu atau tidak baik, secara tidak langsung hal tersebut dapat membuat kehidupan menjadi lebih terasa nyaman dan juga sehat.  

7. Menggunakan Cairan Antiseptik atau Mouthwash Setiap Selesai Sikat Gigi 

cara merawat lidah
(Sumber: Covingtonsmiles.com)

Saat menyikat gigi, bagian lidah juga tidak bisa diabaikan begitu saja. Untuk membersihkan lidah, kita bisa menggosoknya dengan halus hingga lidah menjadi bersih. Akan tetapi cara ini seringkali kurang cukup untuk memastikan lidah sudah bersih dari kotoran dan bakteri. 

Oleh karena itu, cara merawat lidah selanjutnya bisa dilakukan dengan menggunakan cairan antiseptik mulut atau mouthwash setiap selesai menggosok gigi. Dengan begitu, seluruh bagian rongga mulut bisa bersih dan bagian lidah juga dipastikan bersih dari kotoran dan bakteri. 

8. Membersihkan Lidah dengan Alat Pembersih Lidah Khusus 

Ketika plak atau kuman sudah mengumpul pada bagian lidah, maka hal ini bisa menyebabkan bau mulut dan penyakit lain yang bisa menyerang bagian rongga mulut lain seperti gigi dan juga langit-langit mulut. Oleh karena itu, penting untuk menjaga jangan sampai plak atau kuman menumpuk pada bagian permukaan lidah. 

Baca Juga : Tips Sederhana Cara Merawat Ginjal Sesuai Anjuran Dokter

Cara merawat lidah yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan alat pembersih lidah khusus. Alat ini bisa ditemukan dan dibeli dengan mudah di apotik. Cara menggunakan alat ini juga sangat mudah. Hanya letakkan alat ini di bagian pangkal lidah, kemudian tarik secara perlahan alat tersebut hingga sampai ke ujung lidah. Dengan proses ini, plak, kuman, dan kotoran yang ada di permukaan lidah bisa ikut terbawa dan lidah menjadi bersih.

Tidak cukup hanya menggunakan alat ini satu kali, ulangi membersihkan lidah dengan alat ini dua sampai tiga kali hingga lidah benar-benar terasa bersih. Setelah itu, tutup dengan berkumur menggunakan air bersih atau menggunakan cairan mouthwash untuk hasil yang lebih bersih lagi.  

Itulah, beberapa cara merawat lidah yang bisa dipraktekkan dengan mudah dan oleh siapa saja. Yuk, mulai sekarang lebih perhatian pada kondisi kebersihan dan kesehatan lidah! Dengan begitu, maka kesehatan lidah dan rongga mulut kita bisa selalu terjaga. 

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo raih mimpi Mu.

2 Comments

Leave a Comment