TrikMerawat Extraordinary Man!

Berikut Ini 5 Cara Merawat Lidah Buaya

4 min read

cara merawat lidah buaya

Cara merawat lidah buaya sebenarnya sangat mudah karena tanaman ini mudah tumbuh dan berkembang. Lidah buaya atau aloe vera ini merupakan tanaman penuh manfaat yang sayang sekali jika tidak ditanam di halaman rumah.

Beberapa manfaatnya bisa untuk mengatasi mag, menyembuhkan luka biasa atau luka bakar, ketombe, herpes, menumbuhkan rambut dan lainnya.

Bahan pembuat nata de coco ini berasal dari benua Afrika dan memiliki beberapa duri di sisi kanan kirinya. Nah, pembahasan kali ini akan menjelaskan tentang cara budidaya atau menanam lidah buaya serta bagaimana perawatannya.

Menanam Lidah Buaya Sangat Mudah


Lidah buaya bisa tumbuh di mana pun dan biasanya mudah berkembang hingga lebat. Namun, agar lebih rapi lebih baik ditanam di media seperti pot atau polybag dan perhatikan cara merawat lidah buaya.

Berikut ini adalah teknik menanam lidah buaya, antara lain:

1. Siapkan Polybag atau Pot

Polybag yang akan digunakan jangan terlalu besar ataupun terlalu kecil, perkiraan pertumbuhan tanaman lidah buaya. Gunakan ukuran polybag yang berukuran sedang dengan diameter kira-kira 20 cm.

Polybag ukuran sedang ini sangat cocok jika Anda ingin budidaya lebih banyak tanaman lidah buaya.

Baca Juga : Cara Merawat Tanaman Kaktus

Tetapi jika hanya untuk tanaman rumahan Anda bebas menentukan ukuran polybag sesuai selera. Jika ingin menanamnya dalam pot, pilihlah pot yang lebar dan tidak perlu tinggi karena akar lidah buaya tidak terlalu panjang.

2. Media Tanam

Berbeda dengan tanaman pada umumnya yang menggunakan tanah basah atau tanah gembur, cara merawat lidah buaya justru menggunakan tanah kering. Alternatif lain bisa menggunakan tanah campuran pasir dengan pupuk kandang atau campuran pasir, batu apung dan perlit.

3. Menanam Lidah Buaya

Menanam lidah buaya tidak sulit dan siapa saja bisa melakukannya dengan mudah. Cukup memilih anakan atau lidah buaya kecil yang sehat, segar dan tanpa bintik hitam.

Setelah itu, langsung tancapkan pada media tanam yang sudah disiapkan, jangan terlalu dalam atau terlalu dangkal.

Tanaman lidah buaya yang sehat akan segera tumbuh banyak tunas setelah ditanam. Jika dirasa tunas terlalu banyak, maka cara merawat lidah buaya yaitu dengan memindahkan ke pot atau polybag yang baru.

Hal ini karena tunas baru yang tumbuh terlalu banyak tidak akan mempercantik tampilan serta berebut energi pertumbuhan dengan tunas lainnya.

Berikut ini terdapat berbagai macam khasiat atau manfaat dari lidah buaya untuk kehidupan sehari-hari, antara lain:

  • Membantu menjaga kesehatan cardiovascular yang berhubungan dengan kesehatan jantung dan membantu kinerja jantung lebih optimal
  • Menjaga daya tahan tubuh tetap kuat dan sehat serta bekerja secara optimal agar terhindar dari berbagai macam penyakit
  • Lidah buaya juga bisa menjadi sumber asam amino
  • Membantu memperlancar dan terhindar dari gangguan sistem pencernaan
  • Membantu penderita diabetes agar cepat sembuh dan bisa beraktivitas seperti biasa kembali

Inilah Cara Merawat Lidah Buaya


Untuk selanjutnya, yang perlu Anda perhatikan adalah perawatan tanaman lidah buaya itu sendiri, tips nya seperti berikut ini:

1. Siram dengan Air Secukupnya

Tanaman lidah buaya adalah jenis tanaman yang memiliki daun berdaging dan berfungsi untuk menyimpan air di dalam dagingnya. Dengan begitu, Anda tidak perlu terlalu banyak menyiram air seperti tanaman pada umumnya karena bisa membusuk.

Baca Juga : Cara Merawat Bunga Mawar

Selain itu, tanaman lidah buaya juga harus dipastikan memiliki lubang drainase pada pot/polybag agar lebih mudah membuang kelebihan air.

Tahukah Kamu? Menurut Sebagian Besar orang mesir Lidah Buaya Merupakan Tanaman Keabadian. Lidah buaya disebut tanaman keabadian karena dulunya jenazah di sana diawetkan dengan ramuan yang salah satu campurannya adalah lidah buaya.

2. Pastikan Mendapat Pencahayaan yang Optimal 

Cara merawat lidah buaya yaitu letakkan di tempat teduh namun tetap mendapat sinar matahari untuk berfotosintesis sempurna serta tumbuh maksimal.

Tanaman lidah buaya merupakan jenis tanaman outdoor yang biasanya dibudidayakan di sekitar halaman rumah.

Jangan terlalu terpapar sinar matahari karena bisa menyebabkan daun berbintik cokelat gelap atau jingga hingga bersisik.

Namun, tanaman ini juga bisa hidup di dalam ruangan dengan syarat mendapat sinar yang cukup. Sinar lampu yang terang sebenarnya sudah cukup untuk membuat tanaman ini tetap sehat dan segar.

Namun, lebih baik jika tanaman lidah buaya dijemur pagi/sore, atau diletakkan dekat jendela sehingga mendapatkan cukup sinar matahari.

3. Berikan Pupuk yang Tepat

Cara merawat lidah buaya setelah ditanam yaitu jangan lupa untuk memberikan pupuk yang tepat secara teratur.

Anda bisa memberikan pupuk NPK atau jenis pupuk organik lainnya secukupnya saja, jangan terlalu berlebihan. Pemberian pupuk yang terlalu berlebihan dapat menyebabkan tanaman menjadi busuk atau rontok.

Pemberian pupuk jenis NPK lebih baik dilakukan dalam jangka waktu dua minggu sekali. Sedangkan takaran yang pas untuk yaitu kurang lebih 2 gram untuk setiap polybag atau pot.

4. Tanaman Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya merupakan jenis tanaman yang sering dimanfaatkan untuk beragam kebutuhan. Oleh karena itu, tanaman ini sering dibudidayakan dan diperjualbelikan baik dalam bentuk tanaman atau sudah dipanen daging daunnya.

Baca Juga : Cara Merawat Tanaman Meat Leaf

Cara merawat lidah buaya mengenai waktu panen yang tepat yaitu setidaknya tunggu hingga tanaman ini berumur sekitar 7 bulan.

Cara panen yang baik dan benar adalah dengan memilih daun lidah buaya yang paling luar dan memotongnya dengan bantuan pisau. Setelah itu, daun lidah buaya bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan dan bisa diperjualbelikan juga.

Tanaman Lidah Buaya dipercaya sangat baik untuk Kesehatan dan Kecantikan bahkan Ratu Mesir, Cleopatra menggunakan Lidah Buaya Untuk Kecantikannya

5. Masalah pada Tanaman Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya memang tergolong mudah untuk dibudidayakan dan tidak perlu teknik penanaman atau perawatan khusus. Tanaman ini juga cepat tumbuh dengan banyak tunas dan berkembang lebih banyak secara cepat.

Baca Juga : Cara Merawat Tanaman Anthurium Jemani

Namun, bukan berarti tidak ada masalah yang dapat terjadi pada tanaman lidah buaya Anda. Berikut ini beberapa masalah yang sering terjadi dan cara merawat lidah buaya, antara lain:

  • Tanaman lidah buaya yang terlalu sering atau berlebihan terpapar sinar matahari akan membuat daunnya berbintik warna cokelat tua atau jingga
  • Tanaman ini jika terlalu banyak mendapat sinar matahari juga bisa menyebabkan seluruh bagian daun berwarna jingga hingga layu dan mati
  • Jika terlalu banyak atau sering mendapat sinar matahari dalam waktu seharian penuh, daun lidah buaya bisa bersisik putih hingga rontok
  • Tanaman lidah buaya bisa mengalami kondisi daun yang rontok karena drainase tidak bagus, kelebihan/kekurangan sinar matahari atau paparan cuaca dingin
  • Jika tidak mendapat matahari yang cukup, tanaman ini akan layu atau terlihat tidak segar, bahkan bisa mengerut dan terlihat buruk
  • Tunas yang tumbuh melebihi 10 cm akan memakan banyak energi dan berebut dengan tunas induk, harus dipindahkan ke wadah lain
  • Pasokan air dan pupuk yang terlalu berlebihan justru dapat membuat pertumbuhan lidah buaya terhambat atau tumbuh lebih lama dari biasanya
  • Menanam bibit lidah buaya terlalu dalam atau dangkal menyebabkan bibit menjadi busuk dan tidak mau tumbuh ke atas atau mati
  • Terlalu banyak menyiram air juga bisa membuat tanaman lidah buaya ini menjadi busuk karena terlalu banyak pasokan air yang diberikan

Nah, itulah 5 cara merawat lidah buaya yang perlu Anda ketahui. Selamat mencoba dan semoga informasinya bermanfaat.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *