Cara Merawat Tubuh

Cara Merawat Lambung Berdasarkan Penelitan Dokter

cara merawat lambung
Written by Josua Rifandy

Cara merawat lambung menjadi langkah kesehatan yang harus dilakukan oleh setiap orang. Pasalnya lambung adalah salah satu organ tubuh yang merupakan bagian penting dalam sebuah sistem pencernaan. Sayangnya, banyak orang yang kurang memperhatikan bahkan kurang peduli terhadap kesehatan lambungnya. Tidak heran, sekarang ini banyak dari masyarakat yang terserang penyakit asam lambung. Jika ingin terhindar dari berbagai macam penyakit lambung, maka sangat wajib untuk selalu merawat kesehatan lambung. 

Cara Merawat Lambung dengan 10 Cara Berikut 


Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk menjaga dan merawat kesehatan lambung. Tidak perlu biaya mahal jika ingin memiliki lambung yang sehat dan berfungsi dengan baik. Berikut ini adalah 10 cara merawat lambung:

Baca Juga: Rahasia Ampuh Cara Meredakan Sakit Gigi di Rumah

1. Jaga Asupan Makanan 

Cara merawat lambung pertama yang perlu diperhatikan adalah dengan menjaga segala jenis asupan makanan yang masuk ke tubuh. Sebab, tidak semua jenis makanan itu baik bagi kesehatan lambung. Ada beberapa yang memang harus di hindari, seperti makanan yang terlalu pedas, asam, atau bahkan mengandung banyak lemak jahat. 

Pastikan juga asupan serat bagi tubuh terjamin. Hal ini karena serat sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan lambung dan juga sistem pencernaan. Baik serat larut maupun yang tidak larut, keduanya baik untuk sistem pencernaan dan memberikan efek yang berbeda satu sama lain. 

2. Usahakan Selalu Mengunyah Makanan dengan Baik 

Hal ini mungkin terkesan sepele, tapi mengunyah makanan secara baik dan benar juga turut andil dalam cara merawat kesehatan lambung dan dapat membuat sistem pencernaan menjadi lancar. Jika makanan yang masuk ke tubuh tidak dikunyah dengan sempurna, maka dapat membuat lambung bekerja ekstra keras dalam menghancurkan makanan. 

Mengunyah dengan baik dan benar, selain dapat membantu menjaga kesehatan lambung, juga dapat membantu meningkatkan jumlah enzim yang bekerja di awal proses pencernaan. Jadi, usahakan untuk makan dengan tidak terburu-buru, sehingga proses mengunyah makanan dapat dilakukan dengan baik.

3. Penuhi Kebutuhan Air Minum Setiap Harinya 

cara merawat lambung
(Sumber: Personaltouchfitness.co.uk)

Minum merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi tubuh manusia. Dengan mencukupi kebutuhan air minum, itu artinya menjaga tubuh dari bahaya dehidrasi. Selain itu, minum air putih yang cukup setiap harinya juga dapat menjaga kesehatan lambung dan juga sistem pencernaan pada tubuh. 

Penting diketahui, bahwa antara satu orang dengan orang lainnya memiliki kebutuhan air minum yang berbeda setiap harinya. Semua tergantung pada aktivitas yang dilakukannya.   Namun, secara umum kebutuhan air minum setiap harinya adalah minimal sebanyak 8 gelas per hari. Dengan menjaga asupan air di tubuh, maka kesehatan lambung juga bisa terjaga dengan lebih baik. 

4. Makan Tepat Waktu 

Cara merawat lambung selanjutnya adalah dengan makan tepat waktu. Selain memperhatikan segala jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh, penting juga untuk memperhatikan waktu makan yang tepat agar kesehatan lambung tetap terjaga. Usahakan jam makan setiap harinya selalu tepat waktu dan juga konsisten. Hal ini dapat membantu segala proses pencernaan berjalan dengan baik. 

Mulai dari sarapan, makan siang, maupun makan malam, semuanya harus tepat waktu dan juga konsisten. Bukan hanya jam makan saja yang harus tepat, begitu juga dengan jam ngemil. Sebaiknya, jangan memiliki kebiasaan ngemil di sembarang waktu. Hindari juga kebiasaan makan terlalu larut malam. 

Baca Juga: Ketahui Cara Merawat Gigi yang Baik dan Benar

5. Kurangi Konsumsi Kafein

Perlu diketahui bahwa kandungan kafein yang biasanya terdapat di dalam segelas kopi, dapat memicu produksi asam lambung pada tubuh. Hal tersebut membuat para penderita asam lambung dan juga maag harus mengurangi konsumsi kafein atau bahkan menghindarinya. 

Oleh karena itu, cara merawat lambung selanjutnya bisa dilakukan dengan mengurangi atau batasi jumlah konsumsi kafein setiap harinya. Meskipun saat ini tidak memiliki keluhan apapun mengenai masalah lambung, namun pola hidup sehat seperti ini perlu dilakukan sejak dini sebelum terlambat.

6. Hindari Merokok dan Konsumsi Minuman Beralkohol 

cara merawat lambung
(Sumber: Insider.com)

Cara merawat lambung selanjutnya adalah dengan menghindari kebiasaan merokok dan minuman keras. Selain merupakan kebiasaan buruk, merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol juga dapat mengganggu kesehatan lambung dan juga sistem pencernaan. 

Penting untuk diketahui, bahwa mengkonsumsi alkohol secara berlebih dapat mengakibatkan berbagai macam bahaya bagi tubuh. Salah satunya adalah terjadi iritasi pada lambung dan menyebabkan terjadinya gangguan pada fungsi lambung. 

Pada dasarnya, baik rokok maupun minuman beralkohol memang sangat berbahaya bagi tubuh. Jadi, bagi siapa pun yang sampai saat ini masih aktif merokok dan juga mengkonsumsi minuman beralkohol, sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut demi hidup yang lebih sehat di masa mendatang.  

7. Konsumsi Probiotik

Cara merawat lambung bisa juga dilakukan dengan konsumsi minuman probiotik. Mengkonsumsi probiotik, terbukti dapat meningkatkan jumlah bakteri baik dalam sistem pencernaan. Selain itu, kandungan probiotik yang ada pada makanan atau minuman juga dapat meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh. Dengan begitu, tubuh dapat terhindar dari berbagai macam penyakit. Biasanya, probiotik diperoleh dari makanan atau minuman hasil dari fermentasi. 

Baca Juga: Cara Merawat Bibir agar Sehat Alami Tanpa Kosmetik

8. Rutin Berolahraga

Cara merawat lambung juga bisa dilakukan dengan olahraga dengan rutin. Para penderita asam lambung cenderung kesulitan mencari olahraga yang tepat dan sesuai. Sebab, terdapat beberapa jenis olahraga yang berat yang beresiko meningkatkan produksi asam lambung jika dilakukan. 

Meskipun ada beberapa jenis olahraga yang dapat meningkatkan produksi asam lambung, bukan berarti menjadi alasan untuk berhenti melakukan olahraga. Sebaliknya, lakukan olahraga secara rutin yang lebih aman. 

Beberapa jenis olahraga yang sangat sesuai untuk para penderita asam lambung diantaranya adalah berenang, yoga, dan juga bersepeda. Perlu diperhatikan pula bahwa jangan pernah melakukan olahraga melebihi kapasitas. Usahakan tetap pada porsinya. 

9. Manajemen Stress

cara merawat lambung
(Sumber: Blog.naipocare.com)

Stres juga menjadi salah satu penyebab terganggunya fungsi lambung dan juga sistem pencernaan. Maka dari itu, cara merawat lambung selanjutnya adalah dengan menghindari stres dan jangan sampai berkepanjangan agar kesehatan lambung dan sistem pencernaan akan terus terjaga. Lakukan berbagai macam kegiatan yang menyenangkan dan juga bermanfaat untuk dapat meminimalisir segala jenis bentuk stres.  

10. Perbanyak Konsumsi Tanaman Herbal 

Cara merawat lambung yang terakhir adalah dengan konsumsi tanaman herbal. Mengkonsumsi berbagai macam sayuran dan juga buah-buahan, tentu sangat baik untuk kesehatan lambung. Tapi, mengkonsumsi tanaman herbal juga dapat menjadi alternatif lain untuk membantu menjaga kesehatan lambung. 

Mengkonsumsi tanaman herbal dapat dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari dicampur sebagai salah satu bumbu masakan, diseduh kemudian langsung diminum, atau cara-cara lainnya. 

Jahe merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang baik bagi kesehatan lambung. Selain jahe, ada juga aloe vera yang terbukti dapat mengurangi jumlah produksi asam lambung yang ada pada tubuh. 

Itulah ulasan mengenai 10 cara merawat lambung yang wajib dilakukan oleh semua orang. Memang tidak sulit untuk menjaga kesehatan lambung. Hanya dibutuhkan niat dan konsisten agar selalu menerapkan pola hidup yang sehat. 

Sebaiknya, menjaga kesehatan lambung perlu dilakukan sedini mungkin. Jangan tunda-tunda sampai hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Merawat kesehatan lambung sejak dini, tentu bisa meminimalisir kemungkinan serangan berbagai jenis penyakit yang mengancam jiwa dan nyawa. Yuk, sayangi lambung dengan melakukan semua cara merawat lambung berikut! 

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo raih mimpi Mu.

Leave a Comment