TrikMerawat Extraordinary Man!

Yuk Belajar 5 Cara Merawat Kura-Kura yang Baik dan Tepat

4 min read

cara merawat kura kura

Cara merawat kura-kura perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk memeliharanya. Kura-kura merupakan salah satu hewan yang hidup di darat dan air.

Tubuhnya memiliki bentuk bulat kelonjongan dengan ukuran yang berbeda-beda. Pada tempurungnya terdapat sisik yang bermotif sehingga membuatnya tampak mungil. Apalagi melihatnya berlari, pasti tampak sangat menggemaskan.

Kura-kura saat ini menjadi salah satu hewan yang dipelihara oleh sebagian orang. Bukan tanpa alasan, hal ini karena mereka memiliki tubuh mungil dengan bentuk yang unik.

Nah, bagi Anda yang juga tertarik untuk memelihara mereka, Anda perlu mengetahui beberapa cara yang tepat dalam merawatnya. Simak informasi di bawah  ini untuk mengetahui detailnya!

Cara Merawat Kura-kura yang Benar dan Tepat


Memberikan Tempat Terbaik untuk Mereka

Cara merawat kura-kura pertama adalah memberikan tempat terbaik untuk mereka. Semua tahu bahwa sebagian besar hewan akan berkembang biak dengan baik jika mereka tinggal di tempat yang mirip seperti habitat aslinya.

Untuk itu, dalam merawat kura-kura, Anda harus tahu apa jenis kura-kura yang Anda beli. Jika kura-kura Anda adalah jenis Sulcata, Leopard, Yunani, maupun Rusia, Anda perlu menyiapkan tempat yang hangat dan kering.

Baca Juga : Cara Merawat Kura-Kura Brazil

Berbeda halnya jika Anda memiliki kura-kura yang mempunyai warna merah dan kuning pada kakinya. Mereka lebih suka hidup di tempat yang lembab.

Nah, dari sini Anda tentu sudah mengetahui bagaimana tempat terbaik yang seharusnya Anda siapkan untuk kura-kura Anda.

Memperhatikan Makanan dan Diet

Kura-kura merupakan salah satu hewan omnivora. Hewan jenis ini dapat memakan segala hal makanan, baik itu daging maupun sayur. Untuk diet, hewan ini umumnya memakan cacing, serangga, maupun tumbuhan hijau yang memberikan nutrisi untuk tubuh mereka.

Makanan tersebut adalah makanan yang biasa mereka cari ketika hidup di alam lepas.

Nah, jika kura-kura Anda masih berumur 7 bulan ke bawah, Anda perlu memberikan  makanan berupa cacing darah, pelet, jentik-jentik nyamuk, udang mentah, dan ikan mas kecil.

Selanjutnya, jika kura-kura Anda sudah berumur di atas 7 bulan, makanan yang bisa diberikan antara lain daging ikan, jangkrik, sayuran hijau, pelet, dan buah-buahan segar.

Tahukah Kamu? Ternyata ada Kura-Kura berbahaya loh! Alligator snapping turtle merupakan kura-kura dengan gigitan paling berbahaya

Mengenali Penyakit dan Cara Menanganinya

Perlu diketahui, kura-kura adalah salah satu hewan yang rentan terkena penyakit. Beberapa penyakit yang bisa menyerang mereka antara lain piramida dan diare.

Piramida adalah penyakit yang dapat menyerang kura-kura yang suka mengkonsumsi protein hewani terlalu banyak. Gejala yang ditunjukkan ketika hewan ini menderita penyakit piramida adalah adanya tonjolan pada tempurungnya.

Baca Juga : Cara Merawat Ikan Koi

Bagaimana cara merawat kura-kura dan menangani penyakit piramida itu? Sampai saat ini belum ada teknologi khusus yang bisa mengobati penyakit ini. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah melakukan pencegahan dengan mengurangi protein pada makanannya.

Untuk penyakit diare, gejala yang ditunjukkan adalah kondisi kotoran yang encer. Penyakit ini disebabkan oleh makanan yang tidak sesuai.

Jadi, Anda perlu memberikan satu jenis makanan saja agar tidak terjadi hal yang serupa.

Perhatikan Kondisi Suhu

Masing-masing jenis kura-kura memerlukan suhu ideal yang berbeda-beda. Contohnya kura-kura Rusia yang dapat hidup di area dingin dan kering secara baik.

Sedangkan untuk kura-kura Yunani lebih menyukai tempat-tempat yang lembap atau sekitar 80% lembap. Dari sini dapat diketahui bahwa suhu juga turut mempengaruhi kelangsungan hidup dan cara merawat kura-kura.

Kura-kura yang hidup di tempat yang tidak sesuai akan lambat dalam berkembang biak.

Oleh karenanya, Anda sebagai pemelihara sudah seharusnya memperhatikan suhu lingkungan di mana Anda meletakkan kandang kura-kura.

Mengonsultasikan Segala Keluhan Ke Dokter

Setelah memutuskan untuk merawat kura-kura, Anda perlu mengonsultasikan banyak hal kepada dokter hewan. Konsultasi tersebut bisa berupa pertanyaan mengenai makanan hingga cara merawat kura-kura.

Dalam kurun waktu tertentu Anda juga perlu memeriksakan kura-kura Anda untuk mengetahui bagaimana kondisi fisik mereka.

Baca Juga : Cara Merawat Udang Hias

Beberapa pemeriksaan yang dilakukan fokus pada tiga kasus. Kasus tersebut adalah pemeriksaan fisik, pemeriksaan tinja, dan tes darah. Pemeriksaan fisik kesehatan ini dilakukan selama 6 – 12 bulan sekali.

Pemeriksaan tinja dilakukan untuk memastikan ada atau tidaknya parasit. Lalu, tes darah yang tadi disebutkan, dapat dilakukan setiap tahunnya.

Hal-hal yang Perlu Anda Perhatikan dalam Cara Merawat Kura-Kura


Jenis Kura-kura yang Akan Dibeli

Cara merawat kura-kura pada masing-masing jenisnya memang berbeda-beda. Jadi, Anda harus tahu terlebih dahulu apa jenis kura-kura yang Anda beli. Ada kura-kura yang dapat hidup di darat maupun air.

Jenis kura-kura yang umumnya dijumpai antara lain kura-kura Ambon, snapping turtle, kura-kura RES, dan lain sebagainya.

Selanjutnya ada jenis Tortoise yang hanya bisa hidup di daratan. Ia bisa hidup hingga puluhan tahun dengan perawatan yang tidak terlalu rumit.

Jenis lainnya yaitu Terrapin yang hanya hidup di dalam air atau full aquatic. Kura-kura ini hanya dapat ditaruh di dalam aquarium untuk dipelihara.

Tahukah Kamu? Tidak semua kura-kura dapat hidup lebih dari 100 tahun loh, ada kura-kura brazil yang hidup 20-40 tahun dan Tidak semua juga kura-kura bergerak lambat, ada yang bergerak hingga 35 km/jam Wow

Lingkungan dimana Mereka Tinggal

Perlu diketahui, walaupun kura-kura bisa hidup di dalam air, mereka juga sangat sensitif terhadap suhu lingkungan dimana mereka tinggal. Bagi

Anda yang memelihara hewan ini, dalam cara merawat kura-kura, Anda perlu menghindarkan hewan peliharaan Anda dari lingkungan yang terlalu lembap. Mengapa? Karena lingkungan lembab dapat membuat kulit kura-kura gatal hingga berjamur.

Selain memperhatikan kelembapan lingkungan, Anda juga perlu memperhatikan suhu ruangan. Pastikan suhu ruangan dimana mereka tinggal sudah diatur dengan angka berkisar antara 21 hingga 32 derajat celcius.

Untuk kandangnya sendiri, Anda bisa memilih versi indoor maupun outdoor. Namun, baik di dalam maupun di luar ruangan, usahakan suhunya sudah disesuaikan dengan jenis kura-kura itu.

Tempat Tidur

Setiap hewan tentu menginginkan tidur yang nyenyak supaya mereka merasa nyaman dan tidak stress. Dalam pembuatan tempat tidur, Anda bisa menggunakan rumput-rumput kering untuk pakan kelinci yang dijadikan tempat tidur mereka.

Tempat tidur ini harus secara rutin dibersihkan agar terhindar dari kotoran yang membawa penyakit.

Genangan Air untuk Berendam

Semua tahu bahwa kura-kura adalah hewan yang bisa singgah di air maupun di darat. Jika Anda sudah memutuskan untuk memelihara mereka, Anda harus menanggung konsekuensi apapun, seperti halnya menyiapkan genangan air dangkal untuk mereka berendam dan minum.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Lele

Selain genangan air, usahakan Anda juga menyiapkan area untuk mereka berjemur untuk menghangatkan tubuh mereka.

Dengan memfasilitasi tempat yang nyaman untuk hidup, mereka pun akan berkembang biak dengan baik.

Waktu Hibernasi

Ada beberapa hewan memiliki waktu hibernasi selama hidupnya. Hal ini akan Anda temui nantinya jika Anda memelihara kura-kura Yunani dan Rusia. Waktu hibernasi mereka adalah di musim dingin.

Jadi, Anda tidak perlu kebingungan jika mereka secara tiba-tiba tertidur panjang. Nah, itu tadi merupakan sedikit ulasan mengenai cara merawat kura-kura. Jika Anda ingin memelihara hewan ini, Anda bisa membelinya di toko hewan terpercaya.

Pastikan kura-kura yang Anda beli dalam keadaan yang sehat sehingga perawatan pun akan berjalan dengan lancar. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *