TrikMerawat Extraordinary Man!

Inilah Cara Merawat Kuku Sendiri di Rumah

4 min read

cara merawat kuku

Cara merawat kuku sebenarnya mudah, namun tidak semua orang mengetahuinya dan beberapa bersikap cuek atau hanya fokus untuk mempercantik kuku.

Sebagian yang lain memilih untuk pergi ke salon untuk perawatan khusus, padahal tidak semua perawatan tersebut berakhir baik.

Proses membersihkan kutikula pada perawatan manicure justru dapat menyebabkan infeksi dan iritasi apabila dilakukan terlalu kasar.

Oleh karenanya, penting sekali mengetahui tentang perawatan kuku yang baik dan benar sehingga tidak salah dan menyebabkan kuku menjadi rusak.

Fungsi Utama kuku


Kuku itu sendiri mencerminkan kepribadian seseorang dan setiap orang pasti memiliki bentuk kuku yang berbeda-beda. Selain itu, cara orang memperlakukan atau merawat kukunya juga berbeda-beda sehingga tampilannya pun berbeda.

Baca Juga : Cara Merawat Telinga

Nah, sebenarnya apa sih fungsi dari kuku? Berikut ini beberapa fungsi utama kuku, antara lain:

  • Melindungi ujung jari yang penuh dengan saraf
  • Sebagai reseptor untuk memberi sensitivitas daya sentuh
  • Kulit ari pada pangkal kuku berfungsi untuk melindungi dari kotoran
  • Kuku kaki membantu tekanan keseimbangan dan kesadaran spasial
  • Kondisi kuku dapat dijadikan sebagai indikator penyakit tertentu

Begini Cara Merawat Kuku


Merawat kuku bukan hanya dengan memotongnya setiap minggu, masih banyak yang perlu di perhatikan dalam perawatan kuku, antara lain:

“Tahukah Kamu? Kuku tangan Anda tumbuh 3 sampai 4 kali lebih cepat dibanding kuku jari kaki. Itulah alasannya, Anda lebih sering memotong kuku jari tangan ketimbang kaki.“.

1. Potong Secara Teratur dan Pendek

Kuku merupakan salah satu tempat masuknya berbagai macam penyakit karena kuku dan tangan paling sering digunakan. Hal ini terutama bisa terjadi apabila Anda membiarkan kuku Anda dalam keadaan kotor.

Jangan biarkan kuku menjadi panjang dan lebih mudah dimasuki kotoran dan menjadi sarang bakteri atau kuman. Oleh karena itu, biasakan memotong kuku setiap satu minggu sekali hingga pendek.

Memotong kuku juga tidak boleh terau pendek karena ditakutkan kulit ikut terpotong dan menyebabkan infeksi.

Baca Juga : Cara Merawat Kesehatan Gigi dan Gusi

Cara merawat kuku lainnya adalah jangan memotong area kutikula kuku karena dapat menimbulkan infeksi dan iritasi serta pertumbuhan kuku menjadi terganggu.

Tahukah kamu? Berdasarkan penelitan Kuku pria tumbuh lebih cepat dibanding kuku wanita

2. Jangan Sering Menggunakan Cat Kuku

Kuku juga bertumbuh dan butuh udara segar seperti Kita, oleh karena itu jangan sering-sering menggunakan cat kuku. Anda bisa membiarkan kuku tanpa cat selama beberapa hari.

Hal ini karena cat kuku itu sendiri dapat menutup permukaan kuku dan membuatnya cepat rusak karena tidak mendapatkan udara segar.

Cat kuku juga bisa berbahaya bagi kesehatan kuku karena ada beberapa kandungan beracun. Beberapa di antaranya seperti toluene, dimetil, dibutyl ftalat, dietil ftalat, kapur barus dan formaldehida.

Sebagai pengguna cat kuku, Anda harus jeli membaca ingredient dengan cermat. Lebih baik pilih cat kuku yang berbahan dasar air karena hal ini merupakan salah satu cara merawat kuku secara aman.

3. Menghilangkan Warna Kusam pada Kuku

Perhatikan baik-baik saat membersihkan cat kuku, pastikan tidak ada noda yang tersisa pada kuku. Untuk membantu membersihkan secara menyeluruh, rendam kuku Anda ke dalam air hangat dicampur perasan jeruk nipis.

Diamkan selama 10 hinga 5 menit, lalu bersihkan dengan handuk kering.

Cara yang satu ini sangat ampuh untuk menghilangkan warna kusam pada kuku karena jeruk nipis mengandung astringent.

Cairan air hangat dan perasan jeruk nipis ini juga bisa Anda gunakan saat terkena noda kunyit setelah memasak.

4. Membuat Kuku Tetap Lembut

Cara merawat kuku selanjutnya adalah dengan merendam kuku ke dalam jus jeruk ditambah madu agar tetap sehat dan lembut. Biarkan selama 10 menit lalu bilas dengan air bersihkan keringkan dengan handuk.

Cara ini bisa dilakukan setelah Anda memasak atau membersihkan rumah sehingga kuku dan tangan akan tetap lembut dan sehat.

Baca Juga : Cara Merawat Mata

Kuku merupakan bagian tubuh terluar yang bisa terkena berbagai macam goresan, debu, kotoran dan lain sebagainya.

Hal ini bisa menyebabkan kuku menjadi tidak sehat dan mudah rusak, kusam, kering, rapuh dan kondisi tidak sehat lainnya.

Selain itu, biasakan untuk menggunakan lotion atau minyak sebagai pelembap setelah mencuci tangan

5. Membuat Kuku Tetap Cantik dan Bening

Bagi seorang wanita, kuku merupakan salah satu identitas diri yang perlu dijaga dan dirawat baik-baik. Cara merawat kuku agar cantik dan bening adalah dengan merendam kuku pada campuran cuka sari apel dan minyak zaitun yang dihangatkan. Selain itu, Anda juga bisa mengoleskan lidah buaya pada permukaan kulit.

6. Meremajakan Kuku yang Kering

Kondisi kuku yang rapuh dan kering bisa disebabkan karena kurangnya kandungan kalsium pada makanan yang Anda konsumsi.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa meremajakan kembali kondisi kuku yang rusak, rapu dan kering menggunakan belimbing wuluh.

Dalam sebulan, rata-rata kuku tangan Anda tumbuh sekitar sepersepuluh dari 1 inci dan kuku jari tengah Anda tumbuh lebih cepat.

Caranya cukup mudah yaitu dengan menggosok-gosokkan potongan belimbing wuluh yang sangat asam ini, lalu bersihkan dengan air.

Untuk pemilik kuku panjang, gosokan juga pada bagian permukaan bawah atau dasar kuku sebagai salah satu cara merawat kuku.

7. Perawatan Kuku Panjang dengan Krim Khusus

Beberapa orang mungkin menyukai dan memilih memanjangkan kuku mereka. Hal ini boleh saja dilakukan, tetapi ada treatment khusus untuk kuku panjang agar tetap bersih dan sehat.

Jika Anda memiliki kuku kering atau rapuh, Anda bisa membuatnya lebih sehat dengan meningkatkan asupan air.

Saat membersihkan cat kuku, hindari penggunaan cairan pembersih berbahan kimia karena akan merusak lapisan permukaan kuku. Selain itu, lakukan perawatan dengan mengoleskan krim khusus untuk kuku panjang.

8. Konsumsi Makanan Bergizi

Makanan yang Anda konsumsi ternyata juga memiliki pengaruh pada kesehatan kuku. Agar kuku menjadi lebih sehat dan cantik, biasakan minum air putih yang cukup.

Dengan begitu, Anda tidak mengalami dehidrasi yang dapat membuat kuku menjadi kering dan rapuh. Selain itu, cara merawat kuku juga bisa dilakukan dengan meminum suplemen, tetapi disarankan untuk konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Baca Juga : Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Selain itu, pertumbuhan kuku yang sehat membutuhkan kandungan kalsium pada makanan seperti susu, keju, ikan, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Sayuran yang bisa dikonsumsi yaitu wortel, bayam, brokoli, asparagus dan kangkung. Sedangkan jenis buahnya bisa mengkonsumsi stroberi, pepaya, nanas, mangga, apel merah, manggis, alpukat dan anggur.

9. Gunakan Sarung Pelindung

Kuku bisa mengalami kondisi pecah-pecah jika terkena sering bersentuhan dengan air misalnya pekerja cuci piring atau cuci kendaraan. Membiarkan kuku tetap kering juga bisa menyebabkan mudahnya pertumbuhan bakteri.

Oleh karena itu, selalu gunakan sarung tangan sebagai upaya atau cara merawat kuku agar kesehatannya terjaga dengan baik.

10. Jangan Biasakan Menggigit Kuku

Sebagian orang mungkin memiliki kebiasaan buruk menggigit kuku, padahal hal ini sangat tidak baik bagi kuku maupun mulut Anda. Bakteri pada kuku yang kotor akan masuk melalui mulut dan menyebabkan berbagai macam penyakit.

Selain itu, air liur juga mengandung enzim yang bisa merusak kuku dan permukaan kulit tangan Anda. Menggigit area kuku juga bisa menimbulkan luka kecil dan menyebabkan infeksi.

Itulah informasi penting seputar kuku tentang beragam fungsi dan bagaimana cara merawat kuku dengan baik dan benar. Semoga informasinya bermanfaat.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *