Kucing Cara Merawat Hewan

Teknik Jitu Cara Merawat Kucing Russian Blue untuk Pemula

cara merawat kucing russian blue
Written by Josua Rifandy

Cara merawat kucing Russian Blue harus dilakukan dengan tepat dan penuh kasih sayang. Russian Blue sendiri merupakan salah satu ras kucing yang memiliki visual cantik dan sangat disukai oleh para pecinta kucing. Sesuai namanya, kucing ini berasal dari Rusia dan memiliki warna bulu abu-abu kebiruan. 

Siapapun terutama para pecinta kucing rela mengeluarkan uang sebesar 900 ribu rupiah hingga puluhan juta rupiah demi memelihara kucing Russian Blue. Karena selain penampilannya yang cantik, kucing Russian Blue juga memiliki sifat dan karakter yang dapat memikat siapapun. Walaupun agak pemalu dengan orang baru, tapi jika sudah mengenal pemiliknya dia akan menjadi kucing paling setia hingga akhir hidupnya. 

Lantas Bagaimana Cara Merawat Kucing Russian Blue?


Bagi yang tertarik ingin merawat kucing ini, inilah panduan cara merawat kucing russian blue yang bisa menjadi referensi: 

Baca Juga : 7 Cara Merawat Kucing Exotic Shorthair, Kamu Harus Tahu

1. Memberikan Makanan yang Bergizi 

Cara merawat kucing russian blue yang pertama adalah dengan memperhatikan makanannya. Kucing Russian Blue merupakan kucing yang tidak rentan terhadap penyakit. Namun meski begitu, kucing Russian Blue tetap harus dijaga kesehatannya dengan asupan makanan yang bergizi. Pastikan makanan kucing yang diberikan mengandung nutrisi yang tepat bagi kucing. Hindari memberikan makanan manusia karena itu bisa berdampak buruk terhadap kesehatannya. 

Atur jadwal pemberian makannya karena kucing ini sangat suka makan dan rentan mengalami overweight. Terlebih kucing Russian Blue merupakan kucing yang disiplin dengan jadwal yang diberikan, sehingga atur dengan baik pukul berapa saja memberi mereka makan. Ikuti aturan dosis pemberian catfood pada bagian belakang kemasan catfood supaya pakan yang diberikan tidak terlalu berlebihan. 

2. Rutin Memandikan

cara merawat kucing russian blue
(Sumber: Youtube.com)

Cara merawat kucing Russian Blue selanjutnya adalah dengan memandikannya secara rutin. Russian blue termasuk jenis kucing yang dapat menjaga kebersihan tubuhnya sendiri. Dia akan mandi dengan cara menjilati tubuhnya, sebagaimana yang dilakukan kucing pada umumnya. Akan tetapi seperti itu saja belum cukup untuk mematikan bakteri, jamur dan kuman. Pemilik kucing Russian Blue harus rutin memandikannya setidaknya 2 minggu sekali. 

Ada cara khusus dalam memandikan kucing Russian Blue: 

  1. Dengan hati-hati, siramkan air hangat ruam-ruam kuku, secara merata ke seluruh tubuh kucing dengan menghindari area kepala. 
  2. Lalu usapkan shampo khusus kucing yang dapat dibeli di petshop terdekat–ke seluruh bagian bulu kucing sambil dipijat-pijat lembut agar meresap.
  3. Bilas dengan air hingga samponya benar-benar luruh dari bulu kucing
  4. Segera keringkan kucing dengan handuk bersih sampai benar-benar kering bulunya
  5. Jangan lupa berikan baby oil secukupnya saja yang diusapkan ke bulu kucing. Baby oil ini berguna untuk menghangatkan tubuh kucing dan membuat tubuh kucing menjadi wangi. 

Baca Juga : Harus Hati-Hati, Yuk Ketahui Cara Merawat Bayi Kucing

3. Menyediakan Air Minum 

Asupan makanan memang penting, tapi jangan pernah remehkan soal air minumnya. Air minum untuk kucing Russian Blue sebaiknya menggunakan air matang yang ditempatkan di wadah yang bersih. Pastikan untuk rutin mengganti air di wadah minumnya, termasuk mencuci wadah dan menjemur wadahnya di bawah terik matahari agar tidak ditempati oleh bakteri dan jentik nyamuk. 

4. Merawat Tubuh Kucing 

cara merawat kucing russian blue
(Sumber: Infobinatang.com)

Cara merawat Kucing Russian Blue selanjutnya adalah dengan memberikan perawatan pada tubuhnya. Jenis Russian Blue dikenal sebagai kucing yang memiliki visual menawan, tentu saja si pemilik kucing ini harus benar-benar merawatnya supaya tetap cantik dan sehat. Perawatan yang dibutuhkan oleh kucing Russian Blue adalah perawatan bulu, kuku dan telinganya. Jangan sampai Russian Blue memiliki bulu yang kotor, kusut dan kusam seperti tidak terurus. Luangkan waktu untuk merawat bulunya yaitu dengan menyisirnya sehari sekali menggunakan sisir khusus kucing. Setelah itu berikan bedak khusus bulu kucing yang bisa ditemukan dengan mudah di petshop. Bedak khusus bulu kucing ini berfungsi untuk mencegah datangnya kutu ke bulu kucing. 

Perawatan berikutnya adalah kuku. Kucing Russian Blue wajib dipotong kukunya secara rutin supaya tidak menyakiti kucing itu sendiri. Memotong kuku sebaiknya dilakukan tiap 1 sampai 2 minggu sekali. Potong sedikit saja dan merata, jangan dipotong terlalu dalam karena itu dapat menyakiti kucing dan kuku kucing sendiri merupakan bagian dari perlindungan diri kucing. 

Terakhir adalah kebersihan telinga. Telinga adalah bagian tubuh yang tidak bisa dibersihkan sendiri oleh kucing, sehingga pemiliknya harus membersihkannya dengan rutin agar kucing terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh jamur dan kotoran yang menempel di telinga. Cara membersihkan telinga kucing adalah dengan meneteskan obat tetes telinga khusus kucing, lalu bersihkan dengan hati-hati menggunakan kapas atau cotton bud yang sudah dibasahi baby oil. Sambil dibersihkan, berikan kucing pijatan lembut di telinga agar kucing merasa nyaman. 

5. Memberikan Vitamin dan Vaksin 

Jaga kesehatan kucing Russian Blue dengan memberikan vitamin dan vaksinasi secara berkala. Untuk mengetahui vitamin apa yang cocok bagi kucing, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter hewan. Ini menjadi salah satu cara merawat kucing Russian Blue yang paling penting. 

Sama halnya dengan vaksin yang sebaiknya dilakukan oleh dokter hewan. Untuk kucing Russian Blue, vaksin mulai diberikan saat kucing berusia 2 bulan. Lalu vaksin kedua diberikan berjarak 1 bulan dari vaksin pertama. Dan untuk vaksin berikutnya diberikan tiap setahun sekali. 

6. Memberikan Kasih Sayang 

cara merawat kucing russian blue
(Sumber: Idntimes.com)

Kucing Russian Blue selayaknya kucing pada umumnya tentu sangat suka diberi kasih sayang oleh pemiliknya. Luangkan waktu untuk mengajaknya bermain. Biasakan untuk bicara dengan lembut pada kucing Russian Blue, dan jangan pernah membentaknya. Jika merawat sejak kecil, ajari kucing untuk mengetahui namanya sendiri dengan memberikan nama panggilan yang sama. 

Meskipun kucing Russian Blue memiliki karakter yang tenang, kalem, dan mudah beradaptasi, namun kucing ini cukup pemalu saat bertemu dengan orang baru. Meski begitu kucing Russian Blue dapat berbaur dengan cepat dengan orang baru karena dia juga memiliki karakter yang penasaran dan ramah. Kucing Russian Blue juga cukup sensitif dengan emosi manusia, sehingga dia seolah bisa memahami apa yang sedang dirasakan atau dialami oleh pemiliknya. 

Tanda jika kucing Russian Blue dalam kondisi sehat dan mendapat kasih sayang yang cukup dapat dilihat dari tatapan dan tingkah lakunya. Terlihat bahwa tatapannya berbinar dengan mata jernih, dan tingkah laku yang lincah dan aktif. Dengan kasih sayang yang cukup, cara merawat kucing Russian blue juga akan semakin mudah. 

Baca Juga : Jangan Salah, Sudah Tau Cara Merawat Kucing Kampung ?

7. Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekitar 

Cara merawat Kucing Russian Blue yang terakhir adalah menjaga kebersihan lingkungannya. Kucing ini bisa dikandangkan maupun dibebaskan bergerak di dalam rumah. Namun satu hal yang pasti, tetap jaga kebersihan lingkungan tempat tinggalnya. Jika kucing dikandangkan, sebaiknya bersihkan kandangnya secara rutin sehari sekali. Ganti pasir di litter box nya agar tidak menimbulkan bau tidak sedap yang dapat menyebabkan kucing enggan buang kotoran lagi di sana. Kalau bisa cuci dan jemur litter box nya supaya tidak menimbulkan jamur. 

Tempatkan kandang di area yang tersinari matahari pagi. Perlu diketahui bahwa kucing Russian Blue sangat suka berjemur di pagi hari. Atur pula suhu dan kelembaban ruangan beserta ventilasi supaya tetap terjaga karena ini sangat berpengaruh terhadap bulu kucing Russian Blue. Demikian informasi mengenai cara merawat kucing Russian Blue. Semoga bermanfaat ya! 

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo raih mimpi Mu.

Leave a Comment