TrikMerawat Extraordinary Man!

Biar Ga Gampang Sakit, Yuk Simak Cara Merawat Kucing Persia Disini

3 min read

cara merawat kucing persia

Hewan yang paling banyak dijadikan peliharaan adalah kucing. Hal inilah yang menjadikan banyak orang memburu berbagai jenis kucing untuk dijadikan hewan kesayangan. Salah satu jenis yang banyak diminati adalah kucing persia.

Memiliki bulu lebat membuat cara merawat kucing persia haruslah diperhatikan agar kucing tidak gampang sakit. Ada baiknya kamu simak tips berikut ini agar kucing persia kesayanganmu tetap sehat.

Tips Cara Merawat Kucing Persia Agar Tetap Sehat


1. Tempat Tinggal Yang  Nyaman

Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika sudah memutuskan untuk memelihara kucing adalah menyediakan tempat tinggal. Tempat tinggal bisa berupa kandang maupun ruangan khusus yang layak serta nyaman.

Jika kamu ingin memelihara kitten berumur dua bulan, ada baiknya untuk memberi tempat tinggal yang hangat dan terhindar dari udara tinggi. Hal ini karena daya tahan tubuh milik kitten belum cukup baik.

Tahukah Kamu? Jika dirawat dengan baik Kucing Persia dapat hidup hingga 10-15 tahun

Kucing persia memiliki bulu yang panjang serta cantik, sehingga menjaga kebersihan bulunya penjadi sangat penting. Untuk menjaga kebersihannya alangkah baiknya jika mengunakan alas yang terbuat dari pellet kayu.

Pellet kayu mengunakan bahan yang tidak mengumpal dan tidak menempel, sehingga bulu kucing persia tetap terjaga kebersihannya. Mengunakan alas ini juga memudahkan dalam membersihkannya.

Menjaga lingkungan tempat tinggal kucing juga menjadi cara merawat kucing persia agar tetap sehat. Jika kamu mengunakan kandang yang bisa dipindah, usahakan tempat tersebut bebas dari hewan lain yang bisa mengancam keselamatan dari kucing kesayangan kamu.

Selain itu pastikan tempat tinggal atau kandang memiliki ventilasi udara yang cukup, agar sirkulasi udara lancar dan sinar matahari tetap bisa masuk.

2. Sediakan Tempat Makan dan Minum

Menyediakan tempat makanan dan minuman menjadi penting apalagi jika kamu memiliki lebih dari satu ekor kucing. Dengan menyediakan tempat makan dan minum kamu juga bisa mengontrol jumlah pakan sesuai dengan jumlah kucing yang kamu miliki.

Alangkah baiknya jika masing-masing kucing memiliki tempat makan sendiri atau gunakan saja yang lebih besar sehingga memuat banyak kucing dan memberi ruang yang  nyaman.

Baca Juga : Cara Merawat Kucing Exotic Shorthair

Untuk tempat minum, kamu harus mengusahakan untuk menaruhnya di tempat yang tidak mudah tergeser oleh kucing persia kamu. Jika tumpah tentu akan membuat bulu kucing basah, jika tidak segera dikeringkan bulu yang basah bisa menjadi tempat berkembang biaknya jamur.

Kucing jenis persia memiliki hidung yang pendek serta wajah yang datar, mangkok yang rendah dan datar akan memudahkan kucing untuk makanan.

Meskipun sepele, tempat makan dan minum sangat penting dalam cara merawat kucing persia agar tidak mudah sakit. Sebaiknya jangan gunakan mangkuk berbahan plastik karena bisa menjadi tempat tumbuh bakteri. Pastikan kamu menjaga kebersihan tempat makan dan minum kucing kamu.

Karena bakteri akan mudah berkembang ditempat kotor dan lembab. Apalagi makanan bisa saja jatuh dan berhampuran saat kucing persiamu sedang makan.

3. Perhatikan Asupan Makanan

Tidak hanya faktur lingkungan, makanan yang dikonsumsi oleh kucing persia kamu juga harus diperhatikan. Makanan kucing yang baik adalah makanan dengan kandungan gizi yang seimbang.

Makanan kucing bisa kamu buat sendiri atau membeli yang sudah banyak ditemui di pasaran. Daging dan Ikan menjadi makanan yang sangat digemari oleh kucing persia, tidak hanya itu bahan makanan tersebut juga memiliki kandungan yang dibutuhkan.

Daging memiliki banyak kandungan asam amino taurin, dimana menurut para ahli kucing yang kekurangan zat tersebut bisa mengalami gangguan penglihatan dan serangan jantung.

Makanan lain selain daging adalah keju. Kandungan vitamin dan kalsium bagus untuk membantu pertumbuhan tulang. Jika kamu mengunakan makanan instan pastikan makanan tersebut memang sesuai dengan kebutuhan gizi kucing kamu.

4. Memberikan Tempat Untuk Kotoran

Hal yang harus diperhatikan dalam cara merawat kucing persia selanjutnya adalah menyediakan tempat membuang kotoran bagi kucing persia kamu.

Kucing gemar membuang kotoran dan air di atas pasir. Pastikan kamu memilih pasir yang bagus yang banyak dijumpai di pasaran. Kamu harus menyediakan tempat yang lebih besar dan sedikit tinggi agar kucing bisa menutup kotorannya dan pasirnya tidak berhamburan.

Baca Juga : Cara Merawat Bayi Kucing

Kucing rata-rata sudah bisa membuang kotoran di atas pasir mulai usia 2 bulan, sehingga kamu tidak perlu mengajari. Hanya siapkan tempat yang nyaman serta terjaga kebersihannya. Agar bakteri dari kotoran tidak menyerang tubuh kucing kamu.

Gantilah pasir 2 hingga 3 hari sekali tergantung kondisi pasir masih bagus atau tidak. Untuk cara membersihkan pasirnya pun bisa disesuaikan dengan jenis pasir yang kamu gunakan.

5. Menjaga Kebersihan Kucing Persia

Kebersihan pada kucing persia meliputi banyak hal, mulai dari bulu, hidung, hingga mata. Kamu harus membiasakan kucing persia untuk menyikat bulu sejak usia dini sehingga kamu tidak kesulitan dalam merawat bulunya.

Baca Juga : Cara Merawat Kucing Anggora

Sebaiknya gunakan sikat bulu berbahan logam dengan ujung yang meruncing hal ini, agar bulu yang kusut mudah dirapikan. Sediakan beberapa sikat agar bisa digunakan bergantian.

Kucing Persia rentan terhadap banyak penyakit. Obesitas terkadang menjadi penyebab utama masalah yang ada

Cara merawat kucing persia yang harus dilakukan adalah membersihkan hidung dengan mengunakan cutton bud. Hal ini perlu dilakukan karena persia memiliki hidung pendek yang mudah tersbumbat oleh kotoran. Jika hidung tersumbat kucing persia kamu akan susah bernafas dan bisa memicu infeksi saluran nafas.

Kucing persia juga memproduksi air mata berlebih jika tidak dibersihkan dapat merusak bulu pada wajah dan menyebabkan iritasi.

Langkah untuk menjaga kebersihan selanjutnya adalah memandikan kucing kesayangan kamu. Mandikan ketika kucing terlihat kotor saja, terutama jika kucing persia kamu memiliki warna bulu putih. Memandikannya bisa mengunakan jasa pet shop atau memandikannya sendiri.

Gunakan suhu air yang tepat saat kamu memandikannya sendiri. Setelah itu keringkan hingga benar-benar kering.

6. Memberikan Vaksin dan Mengajaknya Bermain

Infeksi bisa menyerang semua jenis kucing terutama jika kucingmu jenis persia, karena kucing ini lebih rentan terserang infeksi saluran pernafasan.

Hal tersebut disebabkan karena kucing persia tidak memiliki filter ekstra dihidung untuk menyaring bakteri. Untuk menjaganya lakukan vaksinasi secara teratur sehingga daya tahan tubuhnya lebih kebal. Vaksinisasi juga berguna untuk  melindungi kucing persiamu dari flu kucing.

Tidak hanya vaksin, cara merawat kucing persia lainnya yaitu dengan menghindarkan kucing dari kestressan.  Ajak kucing bermain dengan mengunakan mainan kucing untuk membantu kamu bermain bersama kucing persiamu.

Jika kamu memiliki halaman luas kamu bisa melepaskannya sesekali agar dia bebas berlarian dan tidak jenuh dikandang. Lakukan kontroling kesehatan terhadap kucing kamu agar tetap sehat, ceria dan mengemaskan.

Untuk mendapatkan kucing persia yang sehat memang diperlukan perhatian yang lebih dan sungguh-sungguh. Ketika sudah berkomitmen untuk memelihara hewan sudah pasti segala resiko dan kesulitan sudah dipikirkan di awal.

Apalagi kucing adalah hewan yang sangat aktif dan rentan terhadap berbagai macam penyakit. Untuk itu perawatan yang baik sangat dibutuhkan jika ingin memelihara kucing.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

One Reply to “Biar Ga Gampang Sakit, Yuk Simak Cara Merawat Kucing…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *