TrikMerawat Extraordinary Man!

Jangan Salah, Sudah Tau Cara Merawat Kucing Kampung ?

4 min read

cara merawat kucing kampung

Selain anjing dan ikan, kucing merupakan salah satu hewan populer yang sering dipilih sebagai hewan peliharaaan. Terdapat beragam jenis kucing di Indonesia, salah satunya adalah kucing kampung.

Kucing jenis ini mudah ditemukan di sekitar kita, bahkan di jalanan maupun di rumah sendiri. Agar kucing kampung tetap sehat, anda perlu memperhatikan kebersihan bulu si kucing. Berikut cara merawat kucing kampung agar tetap sehat.

Mengenal Tentang Kucing Kampung

Kucing kampung sering disebut sebagai kucing domestik, padahal tidak semua kucing domestik itu termasuk kucing kampung.

Kucing domestik adalah kucing kecil dari keluarga kucing jenis Felis yang dikembang biakkan dari luar negeri, sedangkan kucing kampung adalah kucing yang identik dengan kucing jalanan.

Di Indonesia, kucing kampung sering dikategorikan sebagai kucing ras Jawa. Kucing kampung adalah kucing yang sangat bisa bersosialisasi dengan manusia, namun tidak mempunyai adopter.

Tahukah Kamu? Kucing yang mendengkur itu pertanda untuk meminta perhatian dan pertolongan dari pemiliknya

Adapula kucing yang hidup di jalanan karena dibuang oleh pemiliknya, kabur, atau tidak tau jalan pulang ke rumah tuannya. Terbiasa hidup di jalanan membuat kucing menjadi liar. Namun kucing jalanan dapat kembali menjadi jinak setelah adanya adaptasi.

Jenis Kucing Kampung yang Sering Ditemui

Merawat kucing kampung terasa lebih mudah karena mereka memiliki insting berburu tinggi. Contohnya seperti kucing merah bata yang dianggap kucing yang memiliki warna menarik. Kucing ini termasuk kucing kampung yang lucu dan ceria, namun ternyata kucing pandai dalam hal berburu.

Ada kucing kampung yang memiliki perpaduan warna hitam dan putih. Kucing ini biasanya agak pemalas namun mudah untuk diatur. Kucing kampung berwarna putih total terlihat begitu cantik.

Baca Juga : Cara Merawat Kucing Anggora

Sebagian orang ingin memelihara kucing jenis ini karena terlihat imut dan menggemaskan. Kucing ini dikenal pintar dan pandai berburu maupun berkelahi.

Kucing bisa melupakanmu kalau kamu gak menemuinya dalam waktu yang lama. So sering-sering berinteraksi dengan kucing mu ya.

Dan yang terakhir adalah kucing kampung tiga warna. Kucing ini dikenal sebagai kucing yang pintar dan juga energik, namun tergolong kucing yang tidak bisa berburu dan berkelahi.

Tidak Pemilih Pada Makanan

Anda tidak perlu mencemaskan makanan khusus bagi si kucing, karena kucing kampung tidak pemilih pada makanan. Anda cukup menyediakan ikan yang ditabur dengan campuran nasi. Anda juga dapat memberikan ikan dan tulang tulangnya.

Dapat dipastikan, kucing akan segera menyantap makanan ini dengan cepat dan lahap. Tips ini dapat anda terapkan agar kucing cepat gemuk. Bagi pemilik kucing Persia, pasti merasakan bahwa kucing mereka agak sedikit pilih pilih makanan.

Kucing rumah lebih cerewet daripada kucing liar karena dia tahu bahwa mengeong adalah cara terbaik untuk mendapatkan perhatianmu

Pada umumnya, kucing ras akan diberi makanan berupa biskuit kucing seperti whiskas, Friskies, Proplan, Royal Canin, dan lainnya. Anda dapat memberikan biskuit ini sebagai  salah satu cara merawat kucing kampung  agar memiliki bulu lebat.

Tidak Khawatir Akan Kabur Atau Dicuri

Kucing kampung umumnya memiliki daya jelajah yang tinggi, sehingga mereka akan senang  menjelajah daerah sekitarnya.

Pemilik kucing tidak perlu khawatir karena kucing ini tidak terlalu diminati maling lantaran harga jualnya yang rendah, bahkan dianggap sebagai kucing yang merepotkan.

Hal ini dapat membuat kita tenang tanpa menghawatirkan ketika anda ingin pergi jauh dan harus meninggalkan rumah.

Para pemilik kucing ras tentu akan merasa was was ketika hendak meninggalkan kucingnya, seperti takut hilang, takut kelaparan, dan sebagainya.

Bahkan saat ini banyak toko yang menerima jasa penitipan bagi kucing ras. Untuk penitipan, anda harus merogoh biaya kisaran lima puluh ribu rupiah per hari. Anda juga perlu memperhatikan kebersihan pada bulu kucing agar kucing tidak gampang sakit dan terlihat kotor.

Sebagai Pemburu Hama Di Lingkungan Sekitar

Kucing kampung memiliki insting untuk berburu predator hama yang baik. Kucing ini dapat kamu andalkan untuk membasmi tikus di rumah. Walaupun terkesan menjijikkan, tikus yang diburu akan dimakan si kucing, sehingga anda perlu mengetahui cara merawat kucing kampung agar tetap sehat.

Terkadang kucing juga suka memberikan hadiah kepada anda sebagai bentuk cintanya. Hal ini berbeda dengan kucing ras yang lebih senang bermalas malasan. Mereka juga tidak memiliki insting berburu yang besar seperti kucing kampung.

Baca Juga : Cara Merawat Anak Kucing

Hal ini dikarenakan kucing ras tidak terbiasa dengan berburu dan makanan mereka biasanya telah disiapkan oleh majikannya. Selain itu, kucing ras harus memiliki perawatan yang lebih agar bulu mereka dapat tumbuh dengan lebat dan bersih.

Kucing Kampung Susah Dimandikan

Bagi kucing kampung, mandi adalah urusan yang sangat sulit. Mereka akan menolak untuk dimandikan dan suka menghindar ketika terkena air. Terutama bagi anda yang ingin memandikannya dengan air dingin, maka mereka akan memberikan reaksi dengan mencakar tangan anda.

Mandi menjadi kegiatan yang susah dilakukan saat  anda merawat kucing kampung. Mandi merupakan salah satu cara merawat kucing kampung, namun mereka tidak menyukainya. Sedangkan kucing ras cenderung lebih santai dan tidak represif saat dimandikan.

Kucing ras juga takut terhadap air, namun mereka memiliki reaksi berbeda. Walaupun dalam beberapa kasus, ada juga kucing ras yang memiliki reaksi sama seperti kucing kampung.

Suka Mencuri Makanan Tetangga

Salah satu kebiasaan yang membuat pemilik kucing malu adalah mencuri makanan tetangga. Jika kucing kampung merasa lapar, naluri berburu pada kucing kampung akan aktif dan mulai mengendus aropa sedap dari rumah sekitar.

Baca Juga : Cara Merawat Kucing Persia

Tentu saja kucing akan dalam kondisi berbahaya bila tertangkap basah oleh pemilik rumah. Kucing bisa saja dipukul atau dilempari sandal agar tidak mencuri makanan disana. Bagi pemilik kuicng ras, tentu hal ini tidak perlu dikhawatirkan.

Hal ini disebabkan adanya naluri berburu pada kucing ras yang kecil. Kucing ras lebih suka berada di dalam rumah dan memiliki daya jelajah yang kecil.

Sehingga para pemilik kucing ini harus menyediakan biaya tambahan untuk membeli makanan khusus bagi si kucing. Tentu harga makanan kucing ras lebih tinggi daripada makanan kucing kampung.

Cara Merawat Kucing Kampung

Kucing kampung harus dimandikan minimal sekali dalam seminggu agar bersih dan sehat. Terutama dari sifat alaminya yang suka menjelajah, tentu banyak debu dan kotoran yang menempel pada bulu si kucing.

Cara merawat kucing kampung lainnya adalah memandikan si kucing dengan shampo khusus agar bulu terhindar dari kutu. Jangan  lupa berikan vitamin khusus kucing atau kuing telur. Anda dapat memberikan daging ayam rebus sebagai pakan si kucing.

Anda perlu menghentikan kebiasaan memberi makan si kucing dengan ikan asin, karena bulu si kucing dapat mengalami kerontokan. Anda juga perlu memberikan pakan khusus kucing agar bulunya dapat tumbuh dengan lebat dan sehat.

Jangan lupa untuk membersihkan telinga si kucing agar kotoran tidak menggumpal. Yang terakhir, anda perlu memotong kuku kucing setelah mandi. Kucing merupakan salah satu hewan yang populer untuk dijadikan peliharaan.

Selain karena tingkahnya yang lucu, ternyata memelihara kucing dapat bermanfaat bagi kesehatan mental pemiliknya. Jenis kucing favorit yang sering dipelihara adalah kucing kampung.

Selain perawatannya mudah dan terjangkau, kucing kampung juga tidak mudah sakit. Bagi anda yang ingin memelihara kucing dengan perawatan mudah, kucing kampung adalah solusinya.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

One Reply to “Jangan Salah, Sudah Tau Cara Merawat Kucing Kampung ?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *