Kucing Cara Merawat Hewan

Informasi Terlengkap Cara Merawat Kucing Himalaya

cara merawat kucing himalaya
Written by Josua Rifandy

Cara merawat kucing Himalaya cukup berbeda dari kucing-kucing ras lainnya. Sebelum pecinta kucing memutuskan untuk memelihara kucing berjenis Persia Himalaya, ada baiknya cat lover mengetahui terlebih dahulu bagaimana karakter cara merawat kucing Himalaya. Mengingat harga kucing Himalaya yang sangat fantastis, tentu akan sangat rugi jika kucing kesayangan sakit bahkan mati karena ketidaktahuan mengenai cara merawat kucing himalaya yang benar. 

Kucing Himalaya merupakan jenis kucing yang merupakan hasil persilangan antara kucing persia dengan kucing siam. Terlihat dari tipe tubuhnya yang mirip kucing persia, dan pola warna yang sama dengan kucing siam. Itulah mengapa kucing ini disebut dengan kucing persia Himalaya. Kucing persia himalaya dibagi dalam 2 jenis, yakni kucing himalaya tradisional dan himalaya ekstrim. Kedua jenis kucing himalaya ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan, khususnya pada jenis himalaya ekstrim di mana ia sangat rentan terhadap penyakit. 

Mengingat kucing himalaya merupakan ras hasil persilangan antara Persia dan Siam, kucing ini memiliki penyakit turunan. Penyakit akan menyerang apabila cara merawat kucing Himalaya kurang tepat. Untuk itu, hal pertama yang harus dilakukan cat lover yang akan memelihara kucing jenis ini adalah mengetahui cara merawat kucing Himalaya yang benar. 

Baca Juga: Tips dan Trik Jitu Cara Merawat Anak Kucing Persia

Langkah Perawatan Kucing Himalaya Dewasa yang Benar


Membicarakan soal perawatan kucing, sudah pasti tidak akan jauh-jauh dari kebersihan dan makanannya. Terutama untuk kucing ras yang memang memerlukan perawatan spesial yang tentu saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Kucing ras terutama persia himalaya sangat tidak disarankan untuk diliarkan, alias harus tinggal di dalam rumah. Mengingat persia himalaya memiliki karakter yang menyukai suasana rumah yang tenang, jauh dari hiruk-pikuk dan kebisingan. Untuk itu cat lover harus menyiapkan keperluan persia himalaya supaya betah di dalam rumah dan terhindar dari penyakit. 

1. Siapkan Ruangan Khusus

cara merawat kucing himalaya
(Sumber: Kittenswhiskers.com)

Cara merawat kucing himalaya yang pertama adalah menyiapkan ruangan khusus. Persia himalaya meski dilarang untuk dibebaskan di luar rumah, tetap sebaiknya jangan dimasukkan kandang. Karena kucing ini memiliki karakter yang lembut, tenang, dan tidak banyak tingkah dengan memanjat gorden dan sejenisnya. Untuk menghindari mereka dari stres, ada baiknya kucing himalaya memiliki ruang gerak yang bebas dan tidak terdapat polusi udara. 

Kucing himalaya memiliki keingintahuan yang tinggi, terutama pada barang-barang yang mengkilap. Untuk itu cat lover harus sangat hati-hati saat menempatkan barang-barang yang terbuat dari kaca di dekat kucing himalaya, karena bisa saja barang tersebut pecah dan berpotensi melukai si kucing. 

Baca Juga: Rahasia Cara Merawat Bulu Kucing Dijamin Anti Rontok

2. Jangan Lupa Rajin Memandikan Kucing

cara merawat kucing himalaya
(Sumber: Azerothadoptionagency.com)

Cara merawat kucing himalaya yang berikutnya adalah dengan rajin memandikannya. Mengingat persia himalaya memiliki bulu yang lebat, maka kucing akan rentan terserang kutu jika tidak rutin dimandikan. Pastikan untuk rajin menyisir bulunya supaya kucing tidak menelan bulunya sendiri.

3. Perhatikan Asupan Makanan 

cara merawat kucing himalaya
(Sumber: Sepicat.com)

Cara merawat kucing himalaya yang ketiga adalah memperhatikan makanannya. Sangat tidak disarankan untuk memberikan makanan manusia kepada kucing, karena sebagian makanan manusia mengandung pengawet dan perasa buatan yang dapat mengganggu sistem pencernaan kucing.  Semisal kucing bosan dengan menu makanan yang diberikan oleh cat lover, sebaiknya berikan tambahan menu sayur yang dicampur dengan daging. Seperti brokoli, bayam, atau wortel. 

Perawatan Kucing Himalaya yang Masih Kecil 


Lantas bagaimana dengan cara merawat kucing Himalaya yang masih kecil? Perawatan kucing himalaya yang masih kecil tentu berbeda dari kucing himalaya yang sudah besar. 

1. Berikan Vaksin Secara Rutin 

Yang pertama adalah dengan memberikan vaksin secara rutin setiap tahun sekali. Tujuan pemberian vaksin bagi anak kucing adalah supaya anak kucing terhindar dari penyakit menular spesifik yang bisa saja ditularkan oleh kucing peliharaan yang lain karena anak kucing masih cukup rentan terhadap penyakit.

Kemudian pakannya yang tentu saja berbeda dari pakan untuk kucing dewasa. Untuk anak kucing sebaiknya diberikan pakan yang semisolid, yang mana pakan dileburkan hingga halus dengan mencampurkan bersama air hangat. pemberian pakan bagi anak kucing sebaiknya dilakukan dua kali dalam sehari yaitu pagi dan sore hari. 

Baca Juga: Cara Mengawinkan Kucing yang Benar Hingga Berhasil Hamil dan Melahirkan

2. Jaga Selalu Kebersihannya 

Kebersihan juga merupakan salah satu cara merawat kucing himalaya anakan yang harus diperhatikan oleh cat lover. Salah satunya adalah dengan rutin memandikan anak kucing persia himalaya. Cara memandikannya adalah dengan cukup dibasuh menggunakan air bersih dan menghindari area kepala. Setelah dimandikan anak kucing ini harus dikeringkan, untuk menghindari serangan berbagai penyakit terutama penyakit keturunan. Karena anak kucing jauh lebih rentan terhadap penyakit jika suhu tubuhnya turun akibat kedinginan tidak segera dikeringkan setelah mandi. 

Kebersihan anak kucing himalaya juga mencakup bagian dalam mulutnya. cat lover harus rutin menyikat gigi anak kucing karena daging atau makanan yang bertekstur keras bisa saja menyelinap di antara sela-sela gigi anak kucing. Pastikan untuk rutin melakukan pengecekan dan pembersihan gigi anak kucing himalaya. 

3. Tempatkan di Ruangan yang Bersih 

Sama seperti cara merawat kucing himalaya dewasa, anak kucing himalaya sebaiknya ditempatkan di ruangan yang bebas polusi dan bersih. jauhkan barang-barang yang terbuat dari kaca atau berujung tajam supaya tidak melukai anak kucing.

Apabila cat lover terpaksa memelihara kucing Himalaya di dalam kandang karena keterbatasan tempat misalnya, maka pastikan untuk mengetahui cara merawat kandang kucing himalaya yang benar: 

  1. Yang pertama adalah mengetahui bahan pembuatan kandang kucing himalaya. Ketika memilih kandang bagi kucing peliharaan, pastikan bahannya terbuat aluminium dan tahan lama. Hindari memilih kandang yang terbuat dari bahan yang mudah berkarat. Ketika memilih, sebaiknya cat lover harus memperhatikan detailnya juga, seperti apakah ada paku atau kawat yang mencuat sehingga berpotensi menyakiti kucing kesayangan, kenyamanannya, maupun ukurannya yang membuat kucing bisa bergerak bebas. 
  2. Kemudian sesuaikan jenis kandangnya dengan kebutuhan. Untuk kandang kucing himalaya dewasa, tentunya beda jenis dengan kandang untuk anak kucing. Begitu juga kandang untuk mengembangbiakkan kucing himalaya dalam ukuran besar. 
  3. Berikutnya pilihlah alas kandang yang mudah dibersihkan serta tidak berpotensi membuat kaki kucing terjepit. Supaya cara merawat kucing himalaya dapat dilakukan dengan mudah, cat lover disarankan untuk memilih kandang yang memiliki alas terbuat dari plastik. Ada banyak keuntungan yang didapatkan oleh cat lover jika memilih alas kandang yang terbuat dari plastik. Pertama, kandang tidak akan mudah karatan. Kedua, kandang jadi lebih mudah dibersihkan sehingga kebersihan pun terjaga. Dan ketiga, kaki kucing tidak akan terjepit di sela-sela alas kandang. Kucing juga akan merasa lebih nyaman bergerak dan tidur-tiduran di dalam kandangnya. 

Meskipun cara merawat kucing himalaya terbilang ribet dan butuh biaya yang tidak sedikit, ini semata-mata dilakukan karena kucing himalaya cukup rentan dengan penyakit keturunan bernama PKD di mana ginjal kucing jenis ini akan membesar dan tidak berfungsi normal. Tentu sangat disayangkan jika kucing dengan harga berkisar 800 ribu hingga 3 juta ini sakit gara-gara perawatan yang kurang tepat. Sekian penjelasan mengenai cara merawat kucing himalaya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pemilik kucing yang sangat eksotis ini. 

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo raih mimpi Mu.

Leave a Comment