TrikMerawat Extraordinary Man!

7 Cara Merawat Kucing Exotic Shorthair, Kamu Harus Tahu

4 min read

cara merawat kucing exotic shorthair

Saat ini, kucing memiliki berbagai macam ras yang memiliki keunikan serta sisi lucu yang berbeda. Seperti halnya kucing persia jenis exotic shorthair yang populer di seluruh dunia, kucing lucu ini memang memiliki harga yang tergolong mahal di Indonesia.

Jika kamu pemilik kucing jenis ini sebaiknya kamu menyimak dengan baik cara merawat kucing exotic shorthair pada ulasan berikut agar kucing kamu tumbuh sehat dan semakin mengemaskan.

Cara Merawat Kucing Exotic Shorthair Yang Mengemaskan


1. Pemberian Makan Yang Baik

Makanan menjadi faktor penting untuk pertumbuhan kucing sehingga, kamu harus sangat memperhatikan makanan yang dikonsumsi oleh kucing berbulu pendek ini.

Pemilihan makanan yang sembarangan akan membuat kucing memiliki daya tahan tubuh yang rendah sehingga sering sakit. Hal ini disebabkan karena makanan tersebut tidak bisa memenuhi kebutuhan nutrisi pada kucing kamu.

Makanan yang cocok untuk kucing persia jenis exotic shorthair adalah keju, ikan dan juga daging. Keju menjadi makanan yang baik karena memiliki kandungan protein dan vitamin pendukung lainnya.

Baca Juga : Cara Merawat Anak Kucing

Proses pertumbuhan dapat dibantu dengan memberi makan ikan karena banyak kandungan protein dan asam amino. Tapi sebaiknya jangan terlalu sering memberi makanan ikan karena bisa membuat kebutuhan vitamin E tidak tercukupi.

Tahukah Kamu? Bahwa Kucing exotic shorthair merupakan hasil persilangan yang tidak disengaja yaitu persilangan antara kucing persia dengan kucing british shorthair

Sementara daging bisa menjadi alternatif dalam cara merawat kucing exotic shorthair karena bisa membuat kucing kamu menjadi lebih aktif. Tidak hanya itu dengan mengkonsumsi daging, nafsu makan pada kucing akan meningkat.

Kamu bisa memberi beberapa variasi daging yang sebelumnya sudah dipotong-potong yakni daging ayam, kelinci juga daging sapi. Makanan-makanan tersebut bisa sebagai selingan agar kucing tidak bosan makan, makanan kering.

2. Rajin Membersihkan Bulu

Kucing Persia jenis exotic memang memiliki bulu pendek, meskipun demikian kamu tetap harus menjaga bulu tetap bersih dan indah. Kamu bisa melakukan perawatan bulu seperti menyisir, menjemur dan memandikan agar bulu tetap lembut.

Penyisiran secara rutin juga sebagai salah satu cara mencegah terjadinya kerontokan bahkan kekusutan atau mengumpal. Bulu yang mengumpal akan membuat kucing kesakitan karena tertarik dengan kulitnya.

Kucing memiliki kebiasaan menjilati tubuhnya sendiri yang menghabiskan waktu 30% pada kesehariannya. Sehingga jika bulu tidak dirawat dengan baik, maka bisa masuk ke dalam sistem pencernaan.

Sebaiknya kamu berkonsultasi dengan yang lebih ahli untuk menangani bulu kucing yang kusut. Lakukan penyisiran 2 kali sehari jika bulu kucing sudah tebal dengan mengunakan sisir dari bahan logam agar tidak menyakiti kucing kamu.

3. Menjaga Kebersihan Kandang

Tidak hanya menjaga kebersihan bulu, kebersihan kandang juga harus dijaga dalam cara merawat kucing exotic shorthair yang harus kamu perhatikan. Kandang menjadi tempat mudah penyebaran penyakit jika kondisi kandang kotor.

Apalagi kucing banyak melakukan aktivitas di dalam kandang. Kotoran kucing yang tidak kamu bersihkan akan memicu timbulnya penyakit serta bau tidak sedap yang membuat kamu semakin enggan membersihkan.

Bakteri bisa berkembang biak dengan cepat jika kotoran tidak segera dibersihkan. Kondisi kandang yang kotor juga bisa terjadi akibat sisa-sisa makanan yang jatuh dan tertinggal.

Baca juga : Cara Merawat Kucing Persia

Kandang yang lembab akibat tumpahan air atau air pipis juga akan membuat bulu kucing kamu kusut dan jelek. Sehingga kamu harus melakukan pembersihan kandang secara rutin agar kandang tidak menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.

Kamu juga harus rajin menganti alas serta makanan dan minuman di dalam kandang. Pasir untuk membuang kotoran juga harus rajin digantikan.

Kucing kamu tidak akan terlihat mengemaskan jika tubuhnya kotor akibat kondisi tempat tinggalnya yang jarang dibersihkan. Bahkan kamu bisa menyemprotkan anti bakteri ke dalam kandang, atau sesekali menjemurnya agar kuman bisa mati.

4. Memberikan Vitamin Secara Rutin

Cara merawat kucing exotic shorthair selanjutnya adalah dengan memberikan vitamin secara berkala agar tetap sehat dan tumbuh dengan baik.

Vitamin juga bisa berguna untuk membentuk kekebalan tubuh sehingga, kucing kamu bisa kebal terhadap berbagai macam penyakit yang bisa mengancam kapan saja. Vitamin bisa kamu campurkan dengan minuman dan juga bisa melalui vaksin yang disuntikkan ke dalam tubuh kucing.

Kucing Exotic Shorthair Lebih manja dibandingkan kucing persia longhair, Warna mereka umumnya, tabby, tortoise, hitam, putih dan juga silver dan kucing ini memiliki umur hingga 15 tahun

Sebaiknya kamu melakukan pemberian vitamin dan vaksinasi secara teratur dengan membuat jadwal bersama dokter hewan langganan kamu.

Selain kamu bisa memantau perkembangan dari kucing lucu ini, kamu juga bisa melakukan pencegahan dini terhadap berbagai penyakit yang mengancam kucing kamu. Penyakit flu kucing, calici, panleukeponia dan lainnya menjadi penyakit yang paling banyak menyerang kucing persia jenis ini.

5. Mengatasi Masalah Saluran Air Mata

Beberapa kucing jenis exotic shorthair ini mengalami permasalahan pada saluran air matanya. Jika kucing kamu mengalaminya, maka kucing akan sering mengeluarkan air mata dan lebih banyak.

Air mata yang tidak segera dibersihkan akan merusak bulu di sekitaran mata bahkan bisa menyebabkan infeksi. Sebaiknya kamu membeli tisu khusus untuk membersihkannya, kamu juga bisa sekalian membersihkan bagian hidung.

6. Menjaga Kesehatan Mental Kucing

Memiliki kucing tidak hanya bertanggung jawab pada kesehatan fisik namun juga kesehatan mental harus dijaga karena, menjadi salah satu cara merawat kucing exotic shorthair yang harus dilakukan.

Kamu bisa menjaga kesehatan mentalnya dengan tidak membentak bahkan melakukan kekerasan karena bisa membuat kucing exotic menjadi lebih stress. Kamu juga bisa mengajaknya bermain ketika sedang senggang.

Baca Juga : Cara Merawat Kucing Kampung

Permainan bisa dilakukan di dalam rumah atau di halaman belakang jika kamu memiliki halaman yang luas. Kamu bisa berkejaran atau bermain mengunakan permainan khusus kucing seperti bola misalnya.

Kegiatan ini bisa menjaga kesehatan mental kucing kamu karena kucing tetap diperhatikan dan memperoleh banyak kasih sayang dari pemiliknya. Tidak hanya itu kamu juga bisa membangun chemistry dengan kucing kamu.

7. Menjemur Kucing

Kucing persia jenis exotic shorthair ini juga membutuhkan waktu untuk berjemur. Penjemuran pada kucing memiliki banyak manfaat baik untuk kucing kamu.

Dengan menjemur dibawah sinar matahari bakteri yang ada pada tubuh kucing mengemaskan ini bisa berkurang bahkan terbunuh. Menjemur juga bisa membuat bulunya semakin indah dan lembut. Manfaat lainnya agar tubuh kucing menjadi lebih segar.

Baca juga : Cara Merawat Kucing Anggora

Penjemuran pada kucing merupakan salah satu cara merawat kucing exotic shorthair yang sebaiknya kamu lakukan secara rutin. Penjemuran disarankan dilakukan di pagi hari dengan kucing berada di dalam kandang. Kamu cukup menjemur pada pukul 7 pagi hingga jam 9 pagi.

Namun lamanya harus disesuaikan dengan kondisi dari kucing kamu. Setelah berjemur kamu bisa memberikan pijat lembut dan menyisir bulunya.

Kucing exotic shorthair merupakan kucing yang diakui oleh cat Fanciers’ Assosiation pada tahun 1977 dan baru masuk Indonesia sekitar tahun 2015. Kucing ini merupakan salah satu kucing mahal yang satu ekornya dibandrol dengan harga mulai Rp. 2 juta hingga  Rp. 15 juta.

Kucing ini juga termasuk kucing yang mudah dirawat karena memiliki bulu pendek yang lembut. Dalam perawatannya sebaiknya kamu melibatkan ahlinya agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *