TrikMerawat Extraordinary Man!

9 Cara Merawat Kucing Anggora Paling Lengkap, Kamu Harus Tahu

4 min read

cara merawat kucing anggora

Kucing jenis anggora merupakan salah satu jenis yang cukup populer di Indonesia untuk dijadikan hewan peliharaan. Tak hanya memiliki bulu lebat yang cantik, cara merawat kucing anggora juga cukup mudah.

Meskipun demikian, kamu wajib tahu cara memelihara jenis kucing satu ini, karena kucing yang sehat tidak hanya dengan memberi makanan mahal dan penuh gizi saja. Yuk, simak ulasan berikut agar kucing anggora tumbuh dengan baik.

Cara Merawat Kucing Anggora Yang Harus Kamu Tahu


1. Sesuaikan Dengan Gaya Hidupmu

Kucing anggora memiliki karakter sebagai hewan yang cerdas dan aktif, namun hewan ini juga sangat haus akan perhatian pemiliknya. Jika dibiarkan kesepian berkepanjangan maka akan mengalami perubahan sikap menjadi tidak menyenangkan.

Untuk itu kamu perlu menyesuaikan dengan gaya hidup kamu, jika kamu memiliki aktivitas yang tidak terlalu padat dan sering dirumah maka kucing anggora cocok menjadi hewan kesayanganmu.

Sementara jika kamu orang yang sibuk begitu juga dengan orang terdekatmu, sebaiknya kamu memikirkan lagi untuk menjadikan kucing anggora sebagai hewan peliharaan.

Tahukah Kamu? Yang Membedahkan Antara Kucing Anggora dan Kucing Persia Adalah Bulu dan Wajahnya

Cara memelihara kucing satu ini tidak hanya merawat fisiknya saja, melainkan kesehatan mentalnya juga harus dijaga, mengingat jenis kucing satu ini memiliki kebutuhan akan kasih sayang yang tinggi. Jadi pastikan gaya hidup kamu sesuai jika ingin memiliki kucing lucu ini.

2. Pilihlah Kandang yang Tepat

Meskipun kucing ini sangat aktif dan sering menghabiskan waktu bermain di dalam rumah, namun kamu tetap perlu untuk menyiapkan kandang untuknya.

Cara merawat kucing anggora sebenarnya cukup mudah, kamu tidak harus menyediakan kandang mewah, cukup kandang yang luas untuk bermain. Hal ini cukup aman jika kamu meninggalkan dia sendirian, sehingga resiko kucing bermain ke tempat tinggi atau pergi keluar diam-diam bisa disiasati.

Baca juga : Cara Merawat Kucing Persia

Banyak pilihan kandang yang bisa dijadikan tempat tinggal untuk kucing anggora, kamu bisa memilih yang terbuat dari besi ataupun kayu. Jangan lupa untuk menyediakan pasir khusus di dalam kandang. Pasir memiliki fungsi sebagai tembat buang air juga bisa digunakan sebagai alas.

Ada baiknya kamu memisahkan karena jika disatukan bakteri didalam kotoran bisa menyerang kucing anggoramu. Dan sering-seringlah menganti pasir yang digunakan.

3. Perhatikan Jenis, Tempat Serta Pola Makanan

Dalam memelihara kucing anggora, seringkali obesitas menjadi masalah yang menimbulkan berbagai macam penyakit hingga berujung kematian. Hal itulah yang menjadikan memperhatikan pola makan menjadi sangat penting.

Banyak orang yang berfikir bahwa kualitas bagus didapatkan dari harga yang mahal, begitu juga dengan masalah memilih makanan untuk kucing anggora. Padahal makanan mahal tidak menjamin nilai gizinya.

Sebelum menginjak lebih jauh cara merawat kucing anggora ada baiknya untuk mengetahui makanan apa yang tidak boleh di makan. Anggora tidak didesain mampu mencerna karbohidrat dalam jumlah besar.

Kucing anggora pada 1954 pertama kali resmi diimpor ke AS. Dan pertama kali di registrasi Cat Fanciers Association (CFA) pada 1968, yang waktu itu kucing anggora putih.

Makanan yang tinggi protein adalah makanan yang baik untuk kucing anggora. Kamu juga harus memperhatikan porsi makan, untuk kucing betina ideal asupan perharinya adalah 300kcal/hari sementara untuk kucing anggora jantan lebih besar yakni 400 kcal/hari. Alangkah baiknya jika kamu membagi porsi menjadi 2 kali sehari yakni pagi dan sore hari.

Kucing anggora memiliki kepekaan tinggi akibat dari kebiasaan mengamatinya sehingga tempat makan yang kamu berikan akan sangat diperhatikan. Kucing anggora lebih suka makan dengan beralaskan baki daripada mangkuk.

Kamu juga bisa mengunakan tempat makan yang lebar jika tidak memiliki baki. Pastikan menempatkan ditempat kering dan bersih, karena kucing anggora tidak mau makan jika tempatnya kotor.

4. Monitoring Bobotnya Dengan Teratur

Cara merawat kucing anggora yang harus kamu perhatikan selanjutnya adalah berat badannya. Sudah diketahui jika kucing jenis ini mudah mengalami obesitas.

Kebanyakan orang berfikir jika kucing sudah kenyang makan semua gizinya sudah menjadi baik. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk kucing anggora, karena anggora memiliki tulang yang rapuh. Maka jika memiliki banyak lemak berlebih akan membebani tulang kucing anggora.

Bobot ideal kucing anggora jantan maksimal adalah 5,5 kg sedangkan untuk kucing betina berat badan idealnya mencapai 3 hingga 5kg. Jika kucing kamu memiliki kelebihan bobot maka kurangi asupan hariannya.

Tahukah Kamu? Kucing anggora merupakan salah satu kucing ras tertua yang berasal dari Angora sebuah kota di Turki

Obesitas untuk kucing anggora meningkatkan resiko terserang penyakit seperti hati berlemak dan hepatic lipidosis. Jadi, kamu harus rajin memonitoring berat badan kucing kesayanganmu.

5. Sisir Bulunya Secara Teratur

Kucing anggora memiliki bulu yang halus meskipun tidak telalu lebat namun harus kamu jaga kebersihannya. Bulu sebaiknya disikat minimal dua hari sekali dengan sisir metal yang memiliki gigi panjang.

Saat menyisir bagian dada dan perut usahakan jangan terlalu keras karena pada bagian tersebut sangat lembut dan mudah rontok. Menyisir kucing anggora tidaklah memerlukan banyak waktu dan tenaga karena bulunya yang tidak terlalu lebat.

6. Memandikan Dengan Cara yang Dianjurkan

Memandikan sesuai yang dianjurkan menjadi hal penting dalam cara merawat kucing anggora selanjutnya. Sebenarnya kucing sudah memiliki cara sendiri untuk membersihkan tubuhnya dengan menjilati, untuk itu kucing anggora perlu dimandikan sekitar 7 minggu sekali jika bewarna putih dan lebih dari itu jika bewarna lain.

Baca Juga : Cara Merawat Kucing Kampung

Kucing anggora memiliki bulu yang rapuh sehingga jika sering dimandikan akan mudah rontok. Gunakan sampo anti lepek serta kondisioner dan pastikan keringkan dengan baik.

7. Bersihkan Telinga

Ada baiknya kamu membersihkan telinga kucingmu sebanyak dua minggu sekali. Mengingat jenis ini mudah sekali tekena masalah kesehatan tuli. Kamu bisa gunakan cotton ball yang lembut agar tidak merusak kanal telinganya.

Telinga yang sudah bersih tidak akan berbau dan bagian dalam telinganya bewarna pink sementara jika masih kotor warna telinganya gelap dan keruh. Pastikan kamu membuat kucingmu nyaman saat membersihkannya.

8. Sediakan Tempat Memanjat

Seperti yang kamu tahu sebelumnya, kucing anggora sangat aktif dan memiliki rasa penasaran yang tinggi. Oleh karena itu, dia senang sekali memanjat. Ada baiknya dibuatkan tempat khusus memanjat agar tidak merusak furniture yang kamu miliki.

Sediakan juga beberapa mainan seperti bola karet agar keaktifannya tersalurkan. Dengan aktif bermain kucing anggoramu memiliki mental sehat juga bisa terhindar dari obesitas.

9. Vaksinisasi Rutin

Untuk mengontrol kondisi hewan peliharaanmu ada baiknya jika kamu rajin berkunjung ke dokter dan melakukan vaksinisasi. Vaksinisasi dan mengontrol kesehatannya merupakan cara merawat kucing anggora yang sangat penting dilakukan.

Baca Juga : Cara Merawat Anak Kucing

Bukan hanya menghasilkan kucing anggora yang sehat namun juga bisa memberikan umur panjang. Vaksinisasi yang bisa diberikan seperti vaksin rabies, Bordeteila, FPV, FelV, Chlamydophia hingga FIV.

Berbeda jenis hewan peliharaan berbeda juga cara memelihara dan memperlakukannya. Pahami karakteristiknya karena tidak semua kucing anggora memiliki karakteristik yang sama. Menjaga dan merawat kucing kesayangan kamu haruslah telaten dan sungguh-sungguh.

Sebaiknya konsultasikan dengan dokter hewan kepercayaan untuk perlindungan kesehatan yang lebih maksimal untuk umur kucing anggora yang lebih panjang.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

3 Replies to “9 Cara Merawat Kucing Anggora Paling Lengkap, Kamu Harus…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *