Cara Merawat Benda

Cara Merawat Kolam Renang agar Bersih dan Nyaman

cara merawat kolam renang
Written by Josua Rifandy

Kolam renang menjadi fasilitas khusus untuk mereka yang ingin memuaskan hobi berenang. Fasilitas ini umumnya dapat ditemui di tempat wisata. Selain di tempat wisata, sebagian orang juga memiliki fasilitas kolam renang pribadi di rumah. Baik kolam renang di tempat wisata atau di rumah, tentu perlu dijaga kebersihannya. Untuk itulah pemilik kolam renang wajib mengetahui cara merawat kolam renang yang benar. Hal ini dilakukan agar kolam renang tetap terasa nyaman, terutama dalam hal kebersihan air. Kondisi kolam renang yang bersih juga akan menimbulkan ketenangan bagi yang melihatnya. 

Ini Dia Cara Merawat Kolam Renang Tetap Bersih


Ikuti beberapa tips berikut ini agar kolam renang selalu bersih dan nyaman:

1. Gunakan Penjernih Air

cara merawat kolam renang
(Sumber: Pool-plus.com)

Cara merawat kolam renang yang pertama adalah dengan menggunakan penjernih air. Air yang jernih menjadi kebutuhan pokok untuk semua kolam renang, tak terkecuali kolam renang pribadi. Air yang kotor akan mengganggu pemandangan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menambahkan bahan penjernih air. Tentu saja, dengan penggunaan dosis yang tepat. 

Sebelum menggunakan penjernih air pada kolam renang, harus dilakukan cek klorin dan pH l air terlebih dahulu menggunakan alat test kit. Dengan cara ini, maka akan diketahui jenis bahan apa yang harus ditambahkan ke dalam kolam serta berapa takarannya.  Contoh bahan yang dapat digunakan sebagai penjernih air, yaitu kaporit 90%. 

Granular atau kaporit 90% dapat ditambahkan dengan dosis tiga seperempat kg ketika kadar klorin dalam air sudah ideal. Apabila ditambahkan terlalu banyak, maka akan menyebabkan gangguan pada kulit. 

Selain klorin, dapat juga ditambahkan soda ash. Soda ash ini berfungsi untuk menghilangkan bau anyir pada air kolam renang. Dosisnya cukup tiga seperempat kg pada kondisi air yang normal. 

Selanjutnya, ada terusi atau Copper Sulphate. Terusi ditambahkan satu genggam tangan pada mesin kolam agar memberikan efek yang cepat. Penambahan terusi berfungsi untuk memunculkan kesan kebiruan pada air. Ingat, penambahan bahan penjernih hanya dilakukan pada saat awal, ketika air belum terkontaminasi banyak kotoran.

Baca Juga : Cara Merawat Taman Sendiri saat Pandemi Corona

2. Bersihkan Lantai dan Dinding Kolam 

Kebersihan sekitar kolam juga harus diperhatikan, seperti dinding dan lantai kolam renang. Cara membersihkan dinding dan lantai kolam dapat dilakukan dengan cara mengepelnya. Apabila diperlukan, dapat menggunakan bahan pembersih yang mengandung bahan antibakteri. 

Penggunaan bahan pembersih ini juga digunakan untuk mempermudah menghilangkan kotoran yang susah terangkat. Hal ini karena biasanya lumut atau alga yang mengendap pada lantai kolam sulit untuk dibersihkan. 

Penggunaan bahan pembersih yang mengandung antibakteri dilakukan agar kolam renang terbebas dari bakteri patogen. Selain itu, dapat juga menggunakan alat penghisap bawah air untuk memudahkan mengangkat kotoran yang mengendap di lantai kolam.

3. Sirkulasi Air Secara Rutin 

Cara merawat kolam renang selanjutnya adalah dengan memastikan bahwa sirkulasi air berjalan dengan baik. Sirkulasi air harus rutin dijaga agar kebersihan air kolam renang terjamin. Sirkulasi air minimal 4 jam atau 8 jam per hari. Waktu sirkulasi tergantung dari kapasitas pompa yang digunakan. 

Ketika air tidak memperoleh sirkulasi maka air, akan selalu tergenang yang menyebabkan kotoran mudah mengendap dan menempel pada lantai dan dinding kolam. Hal ini dapat menjadi penyebab cepat kotornya air kolam. Dengan menjaga sirkulasi air, maka kebersihan air kolam renang akan terjaga. 

4. Bersihkan Daun dan Benda Lain yang Mencemari Air

cara merawat kolam renang
(Sumber: Yardibreeze.com)

Kolam renang biasanya berada di tempat terbuka. Sehingga, tidak menutup kemungkinan benda seperti daun atau ranting pohon yang terbawa angin, akan tergenang di kolam renang. Hal ini tentu dapat mengganggu kebersihan kolam renang. 

Selain membersihkan bagian lantai, dinding, dan kejernihan air, membersihkan air dari dedaunan atau benda lain yang mengganggu juga diperlukan. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengambil benda-benda yang mengganggu menggunakan jaring. Hal ini dapat dilakukan seperlunya ketika terdapat benda yang mengganggu mengapung di kolam. 

Untuk menghindari dedaunan tergenang di kolam, sebaiknya kolam dilengkapi dengan atap. Hal tersebut dapat dilakukan untuk meminimalisir pengaruh panas dan air hujan, sehingga air kolam tidak bercampur dengan air hujan. Air kolam renang yang bercampur dengan air hujan, dapat mempengaruhi pH air dan mengurangi tingkat kejernihannya. 

Baca Juga : Cara Merawat Bambu Air yang Baik Dan Benar

5. Gunakan Penyaring Air (Filter)

Cara merawat kolam renang juga bisa dilakukan dengan menggunakan filter. Penyaring air atau filter digunakan sebagai upaya untuk memperlambat kotornya air kolam. Penyaring air ini biasanya digunakan oleh kolam renang umum. Namun, akan lebih baik jika kolam renang pribadi di rumah juga menggunakannya. 

Alat ini akan menjaga air dalam kolam tetap bersih, karena penyaring ini akan menghisap lumut dan kotoran di air. Penyaring air dapat menghambat kotoran ikut bercampur dengan air. Filter akan menangkap kotoran, sehingga tidak ikut terbawa bersama air.

6. Vacuum Kolam Renang

Jangan salah, vacuum kolam renang juga dapat berpengaruh terhadap kebersihan kolam renang. Untuk itu cara merawat kolam renang selanjutnya adalah dengan cara memastikan bahwa vacuum kolam renang harus rutin dilakukan agar kotoran yang mengendap dapat mudah terangkat. Hal ini dapat mempermudah saat melakukan pembersihan kotoran yang menempel di dinding dan lantai kolam renang.

7. Rutin Bersihkan Filter Kolam Renang 

cara merawat kolam renang
(Sumber: Jasakolamrenang.com)

Cara merawat kolam renang selanjutnya adalah dengan menggunakan filter. Penggunaan filter memang sangat membantu untuk menjaga kebersihan kolam. Filter bertugas menyaring air dari kotoran dan kotoran akan tertinggal pada filter. Namun, filter juga memiliki kapasitasnya masing-masing. 

Apabila terlalu lama digunakan dan tidak dibersihkan, maka kotoran akan menumpuk pada filter dan akibatnya filter tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Kebersihan air pun akan terganggu. Oleh karena itu, filter juga harus rutin dibersihkan dari kotoran yang ada di dalamnya. 

Baca Juga: Pedoman Cara Merawat Kalung Titanium Gold Lengkap

8. Lakukan Perawatan Secara Rutin 

Hal terpenting yang perlu diperhatikan dalam cara merawat kolam renang adalah memantau dan membersihkan kolam secara rutin. Ingat, secara rutin! Baik itu kebersihan air, dinding, maupun lantai kolam. Pembersihan kolam dapat dilakukan seminggu sekali, 2 minggu sekali, atau sebulan sekali. Berikut ini perawatan yang perlu dilakukan secara rutin selain hal-hal di atas.

a. Perawatan Seminggu Sekali

Cara merawat kolam renang satu minggu sekali dapat dilakukan dengan memberikan algaecide pada pagi hari, yaitu setiap satu minggu sekali untuk menghancurkan alga tanpa merusak ubin lantai kolam renang. Jangan lupa untuk membersihkan air dari dedaunan atau kotoran lain yang mengganggu.

b. Perawatan 2 Minggu Sekali

Cara merawat kolam renang 2 minggu sekali dilakukan dengan mengecek pH air kolam. pH air yang normal haus berkisar antara 7,2-7,6. pH yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat berpotensi menimbulkan iritasi kulit. Apabila pH air tidak normal, maka dapat ke dalam air dapat ditambahkan baking soda pH air kembali normal. pH air yang normal dapat membuat bahan penjernih air seperti klorin bekerja lebih efektif. 

c. Perawatan 1 Bulan Sekali

Cara merawat kolam renang terakhir bisa dilakukan dalam jangka waktu 1 bulan sekali, yaitu mengecek kadar pH yang ada di kolam renang. Selain kadar pH, kadar kalsium juga perlu dilakukan pengecekan secara rutin. Kadar kalsium yang terlalu rendah dapat menyebabkan air menjadi korosif. Tentu, ini dapat berbahaya bagi pengguna kolam renang.

Nah, itu dia beberapa cara merawat kolam renang yang wajib dilakukan secara rutin. Kolam renang memang membutuhkan perawatan khusus agar selalu terjaga kebersihannya. Selain menjadi bersih, perawatan rutin juga akan membuat kolam renang menjadi sehat dan bebas dari berbagai penyakit.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo raih mimpi Mu.

Leave a Comment