Cara Merawat Tubuh

Panduan Cara Merawat Ketiak Agar Tidak Bau dan Hitam

cara merawat ketiak
Written by Josua Rifandy

Permukaan kulit ketiak yang kasar dan hitam, tentu membuat penampilan kurang maksimal. Kondisi ini membuat sebagian besar remaja wanita merasa kurang percaya diri. Terutama bagi mereka yang kerap menggunakan pakaian tanpa lengan. Untuk mengatasi hal ini, para remaja bisa menerapkan beberapa cara merawat ketiak agar tidak bau dan hitam. 

Cara Merawat Ketiak untuk Remaja Agar Tidak Bau dan Hitam


Menjaga kesehatan dan kebersihan ketiak dengan tepat membuat ketiak tetap mulus dan putih. Ikuti cara merawat ketiak tanpa menyiksa berikut ini.

1. Menggunakan Bahan Alami untuk Perawatan Ketiak

Cara merawat ketiak yang pertama adalah dengan menggunakan bahan-bahan yang alami. Seperti yang kita ketahui, kulit ketiak sangat sensitif dan rentan mengalami iritasi. Oleh karena itu, jangan terburu-buru menggunakan produk perawatan kulit ketiak. Tidak semua produk cocok dengan kulit, justru sebaliknya membuat kondisi ketiak semakin memburuk. 

Coba gunakan bahan alami yang untuk mengatasi masalah ketiak. Bahan alami lebih aman tanpa efek samping dan harganya relatif lebih terjangkau. Bahan pertama yang disarankan madu dan mentimun. 

Siapkan satu buah mentimun, kemudian tumbuk tapi jangan terlalu halus. Campurkan 3 sendok madu dengan tumbukan mentimun. Gosok melingkar pada ketiak selama 5 menit, lalu diamkan sekitar 10 menit. Bilas menggunakan air hangat.

Selanjutnya, campuran susu dan yoghurt. Kedua bahan ini memiliki kandungan asam laktat yang berfungsi memutihkan dan menghaluskan ketiak secara alami. Ambil 3 sendok susu dengan 4 sendok yogurt, kemudian aduk hingga merata. Oleskan secara merata pada ketiak, diamkan kurang lebih 60 menit. Bilas menggunakan air hangat setelah selesai.

2. Menggunakan Deodorant yang Memiliki Komposisi Tepat

cara merawat ketiak
(Sumber: Thesun.com)

Cara merawat ketiak yang kedua adalah terletak pada penggunaan deodorant. Kabar deodoran menyebabkan ketiak menghitam sudah menyebar di beberapa lapisan masyarakat. Sebenarnya hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Menggunakan produk dengan formulasi yang tepat dapat mencegah masalah ketiak. Gunakan deodorant yang mengandung bahan anti iritasi.

Selain memperhatikan formulasi, pemakaian deodorant harus diperhatikan. Pastikan setiap mandi, bagian ketiak dibersihkan dengan benar. Setelah selesai mandi, daerah ketiak harus benar-benar kering. Menggunakan deodorant saat kondisi ketiak tidak bersih sempurna dan masih basah dapat menyebabkan kulit ketiak menggelap.

Tujuan utama menggunakan deodorant tidak lain untuk mengatasi bau keringat. Tapi, tidak ada salahnya untuk menggunakan produk yang memiliki beragam manfaat. Misalnya, pilih produk yang dapat mengatasi keringat berlebih sekaligus mencerahkan ketiak. Produk semacam ini sudah banyak beredar di pasaran.

Banyak yang beranggapan penggunaan deodoran dalam jumlah banyak dapat memulihkan kondisi ketiak lebih cepat. Kenyataannya, penggunaan deodorant berlebihan sama sekali tidak disarankan. Hal ini dapat menyebabkan sisa produk yang menempel sulit dihilangkan. Sisa kotoran yang belum terangkat membuat kulit ketiak menghitam.

3. Mencukur Ketiak Harus Dilakukan dengan Benar

Mencukur bulu ketiak memang menjadi salah satu cara merawat ketiak, namun hal ini harus dilakukan dengan benar. Menggunakan pisau cukur yang tumpul dapat menyebabkan iritasi kulit. Pencukur yang kurang tajam bulu ketiak dapat tumbuh kedalam. Bukan hanya itu, gerakan mencukur berulang-ulang karena pisau tumpul dapat menyebabkan goresan.

Mencukur bulu ketiak tanpa menggunakan krim pencukur dapat menyebabkan peradangan pada folikel rambut. Kondisi ini dapat lebih parah apabila tidak segera diobati karena dapat menyebabkan timbulnya keloid.

Mencukur bulu ketiak bukanlah sesuatu yang dilarang. Merapikan pertumbuhan bulu ketiak juga sangat penting. Tidak heran banyak wanita yang melakukan berbagai cara untuk membersihkan bulu ketiak. Namun, pembersihan yang dilakukan sendiri di rumah sangat beresiko, apalagi yang tidak dilakukan dengan cara yang benar.

Waktu mencukur yang baik adalah ketika kondisi ketiak lembab, atau setelah mandi. Gunakan pencukur yang tidak memicu iritasi seperti pisau cukur model strip. Mulai mencukur dari arah tumbuhnya rambut, kemudian ulangi dari arah yang berlawanan. Kebersihan alat cukur juga perlu diperhatikan.

Baca Juga : Rahasia Cantik Alami dengan 7 Makanan Pencerah Kulit ini

4. Menggunakan Pakaian Longgar dan Menyerap Keringat

cara merawat ketiak
(Sumber: Healthline.com)

Cara merawat ketiak selanjutnya adalah dengan menggunakan pakaian yang longgar. Penggunaan pakaian ketat memicu ketiak hitam yang diakibatkan dari gesekan antara kulit dan pakaian. Apabila tidak dalam kondisi harus memakai pakaian ketat, sebaiknya jangan menggunakan. Lebih baik kenakan pakaian yang longgar.

Selain itu, penting juga memperhatikan bahan pakaian yang dikenakan. Pakaian yang dapat menyerap keringat dengan baik sangat direkomendasikan. Ketiak merupakan bagian tubuh yang paling banyak menghasilkan keringat. Keringat pada area ketiak yang tidak terserap dengan baik memunculkan berbagai masalah.

Area yang berkeringat merupakan tempat dimana bakteri dapat tumbuh dengan subur. Kotoran dak bakteri yang terus menumpuk dapat menyebabkan ketiak kusam. Sehingga sangat disarankan untuk menggunakan pakaian loose fitting yang sedikit longgar. Hal ini untuk mengurangi keringat yang tertinggal pada ketiak. 

5. Eksfoliasi Ketiak Secara Rutin

Cara merawat ketiak yang terakhir adalah dengan melakukan eksfoliasi atau proses pengangkatan sel kulit mati. Eksfoliasi tidak hanya dilakukan untuk membersihkan kulit wajah, kulit ketiak juga perli dibersihkan. Area kulit ketiak juga terdapat sel kulit mati yang tidak dapat mengelupas dengan sendirinya. Apabila dibiarkan ketiak akan terlihat kusam, lama kelamaan akan menghitam.

Perawatan ini membantu mengangkat kotoran sekaligus mengangkat sel kulit mati pada ketiak. Gunakan produk eksfoliasi ketiak yang kualitasnya dapat dipercaya, atau bisa menggunakan scrub dari bahan alami. Eksfoliasi dilakukan secara teratur dapat menghasilkan ketiak yang halus dan cerah.

Baca Juga : Kulitmu Bermasalah ? Yuk Intip Cara Merawat Kulit Kering

Penyebab Masalah Ketiak yang Bau dan Hitam


cara merawat ketiak
(Sumber: Manscaped.com)

Ada beberapa hal yang bisa membuat kulit ketiak menjadi menghitam. Diantaranya adalah sebagai berikut: 

1. Kebiasaan Mencukur yang Kurang Tepat

Kulit ketiak sangat sensitif, sehingga kebiasaan mencukur yang kurang tepat dapat menyebabkan iritasi. Kondisi inilah yang nantinya membuat ketiak menjadi kasar dan hitam. Memang mencukur sendiri di rumah membutuhkan kehati-hatian yang ekstra.

2. Penumpukan Bakteri dari Keringat

Penumpukan bakteri yang berasal dari keringat berlebih juga dapat menyebabkan ketiak hitam. Mencukur saja tidak cukup membuat ketiak bersih, perlu dilakukan perawatan tambahan agar kotoran dan bakteri yang menempel pada kulit benar-benar hilang. Sel kulit mati yang tidak terangkat tidak sempurna juga menyebabkan masalah pada ketiak.

3. Mengenakan Pakaian Ketat

Kurangi kebiasaan menggunakan pakaian ketat. Ketahuilah pakaian ketat membuat tubuh sulit bergerak. Kondisi ini menyebabkan permukaan kulit ketiak bergesekan dengan pakaian. Kulit yang sering bergesekan lama kelamaan akan menghitam. Mulai biasakan menggunakan pakaian yang sedikit longgar.

4. Tanda Adanya Suatu Penyakit 

Masalah pada ketiak bisa juga merupakan gejala dari suatu penyakit. Seperti contohnya penyakit addison yang muncul ketika kelenjar adrenalin tidak bekerja dengan baik. Gangguan kesehatan ini terjadi karena sel dalam tubuh tidak dapat memproduksi hormon kortisol dan aldosteron dalam jumlah banyak.

Gejala penyakit addison sendiri berupa hiperpigmentasi yang ditandai dengan menghitamnya kulit ketiak. Hiperpigmentasi juga dapat terjadi pada ibu hamil karena produksi melanin yang meningkat. Kondisi ini tidak dapat dibiarkan begitu saja, segera hubungi dokter agar mendapat penanganan dengan cepat.

Baca Juga : 8 Cara Menghilangkan Belang pada Wajah secara Alami

Ketiak merupakan bagian tubuh yang tidak boleh luput dari perhatian. Meskipun area ini jarang terekspos, kebersihannya tidak bisa diabaikan begitu saja. Bagian ini sangat menunjang penampilan terutama bagi para wanita. Untuk mencegah masalah ketiak yang hitam, ikuti cara merawat ketiak berikut agar ketiak tetap sehat dan bersih! 

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo raih mimpi Mu.

Leave a Comment