Cara Merawat Tubuh

Cara Merawat Kesehatan Mental saat Pandemi Corona

cara merawat kesehatan mental
Written by Josua Rifandy

Pandemi virus corona saat ini menjadi salah satu momok yang sangat luar biasa bagi seluruh masyarakat dunia. Sehingga, virus ini tidak hanya mengancam kesehatan fisik saja, tapi dapat mengancam kesehatan dari segi mental juga. Oleh karena itu, sangat penting untuk menerapkan cara merawat kesehatan mental di tengah pandemi seperti ini. 

Gangguan kesehatan mental selama pandemi, biasanya muncul akibat adanya ketakutan berlebih terhadap wabah, merasa terasing sepanjang masa karantina, serta kebingungan informasi yang begitu simpang-siur setiap harinya. Terlebih lagi adanya anjuran untuk tetap berdiam diri di rumah masing-masing. Begitu juga dengan adanya kebijakan physical distancing yang menimbulkan jarak antara keluarga, sanak saudara, atau pun rekan kerja.

Cara Merawat Kesehatan Mental Saat Pandemi 

Menjaga kesehatan mental di tengah pandemi seperti ini adalah hal penting yang harus dilakukan. Tujuannya adalah agar kita senantiasa sehat, tidak hanya dari segi fisik saja namun batin dan mental juga tetap stabil dan bisa berpikir jernih dalam menghadapi kondisi selama pandemi ini. Inilah beberapa cara merawat kesehatan mental yang bisa dilakukan di tengah pandemi ini:

Baca Juga: Kamu Akan Malas Begadang Kalau Tahu 14 Akibat Buruknya

1. Berbagi Cerita Mengenai Apa yang Sedang Dirasakan 

Cara merawat kesehatan mental pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membagikan cerita mengenai perasaan atau hal apapun kepada orang terdekat atau orang yang dipercayai. Berbicara mengenai perasaan bukan berarti lemah, itu merupakan salah satu treatment mandiri untuk menjaga kesehatan mental. 

Berbagi perasaan kepada orang lain mungkin terkesan mudah, walaupun pada kenyataannya sangat sulit mendeskripsikan dengan baik perasaan yang sedang dirasa apalagi berusaha membuat orang untuk mengerti. Jika melakukan hal ini dirasa sulit, maka buatlah percakapan dan biarkan berkembang secara alami.

Berhubung sedang musim pandemi corona, percakapan dapat dilakukan dengan keluarga terdekat yang ada di rumah atau dapat juga melakukan percakapan dengan sahabat terdekat via telepon atau video call. Cara yang satu ini terbukti sangat efektif dapat membantu mengurangi kecemasan yang sedang dialami. 

Jika beban perasaan yang sedang dirasakan bisa sedikit tersalurkan pada orang terdekat, maka hal ini bisa sangat berpengaruh terhadap kesehatan mental yang kita miliki. Oleh karena itu jangan pernah meremehkan pentingnya berbagi cerita dengan orang lain. 

2. Rutin Berolahraga

cara merawat kesehatan mental
(Sumber: Forbes.com)

Cara merawat kesehatan mental seseorang selanjutnya adalah dengan olahraga secara teratur. Dengan rutin berolahraga, dipercaya dapat secara alami meningkatkan rasa percaya diri dan dapat membantu meningkatkan konsentrasi. Jadi, pastikan untuk tetap rutin berolahraga di rumah meski wabah corona sedang melanda.

Olahraga tidak serta-merta dilakukan di tempat gym saja. Berjalan-jalan di sekitar rumah, berkebun, atau mengerjakan berbagai pekerjaan rumah juga dapat membantu tubuh tetap aktif. Agar kondisi psikis tetap bahagia, baiknya jalani berbagai aktivitas fisik yang memang disukai. Dengan begitu, suasana hati akan lebih tenang meski di tengah pandemi.

Baca Juga: Ingin Hidup Bahagia dan Bermakna? Temukan Rahasianya di sini

3. Pastikan Memenuhi Asupan Nutrisi yang Dibutuhkan Oleh Tubuh 

Cara merawat kesehatan mental juga harus dilakukan dari dalam. Semua jenis asupan nutrisi untuk tubuh, memiliki hubungan erat dengan kesehatan mental. Meskipun di rumah saja, pastikan untuk memenuhi konsumsi makanan dengan kandungan gizi seimbang. Sehingga, kesehatan mental akan selalu terjaga. 

Berbagai asupan yang baik untuk kesehatan fisik maupun mental, diantaranya adalah buah-buahan, sayur, aneka macam kacang dan biji-bijian, segala jenis olahan susu, ikan, dan jangan lupa mengkonsumsi air putih yang cukup. 

4. Pelajari Berbagai Cara Mudah Mengatasi Stres

cara merawat kesehatan mental
(Sumber: Healthline.com)

Stres merupakan suatu hal yang sering dialami oleh banyak orang tidak memandang usia, muda ataupun tua. Terlebih di saat terjadi wabah Covid-19 seperti sekarang ini. Oleh sebab itu, pelajari berbagai macam cara mudah untuk mengatasi stres, misalnya berolahraga atau bermain dengan hewan peliharaan tersayang. 

Melihat sesuatu yang mengandung humor juga dapat meredam stres. Sebuah penelitian membuktikan bahwa dengan tertawa, maka bisa menambah imunitas pada tubuh. Selain itu, cara ini juga bisa meredakan berbagai rasa sakit dan dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks. Ini juga bisa menjadi salah satu cara merawat kesehatan mental yang efektif. 

5. Menjalin Komunikasi dengan Banyak Orang 

Cara merawat kesehatan mental berikutnya adalah dengan tetap menjaga komunikasi dengan banyak orang. Menjalin komunikasi yang baik dengan banyak orang juga dapat membuat kesehatan mental tetap terjaga. Komunikasi dengan orang lain sangatlah penting. Sebab, dengan berkomunikasi terbukti dapat membuka kesempatan berbagi hal-hal positif serta bisa memberikan dukungan emosional. 

Jika memang memungkinkan, selalu luangkan waktu khusus untuk keluarga atau orang-orang yang tercinta. Meskipun sedang terjadi wabah corona, jangan menjadikan hal tersebut sebagai sebuah alasan untuk berhenti melakukan komunikasi dengan keluarga. 

Walaupun jarak yang mungkin berjauh-jauhan komunikasi dapat tetap berlangsung. Sebab, kini ada teknologi canggih yang siap menjadi wadah komunikasi dengan teman atau keluarga. Misalnya dengan melakukan video call menggunakan whatsApp. Dengan begitu, maka jarak tidak lagi menjadi penghalang

6. Pelajari dan Coba Berbagai Keterampilan Baru 

cara merawat kesehatan mental
(Sumber: Paladinehealth.com)

Berada di rumah saja selama berbulan-bulan pasti akan menimbulkan kebosanan. Untuk itu, cara merawat kesehatan mental juga bisa dilakukan dengan cara mencoba untuk mencari dan mempelajari keterampilan baru sehingga tetap membuat diri sibuk. Jangan sampai momen di rumah saja hanya dimanfaatkan untuk rebahan. Pastikan untuk melakukan hal-hal positif agar suasana hati selalu senang.

Beberapa contoh aktivitas yang bisa dilakukan adalah belajar menu resep masakan baru, belajar merajut, membuat kue, ikut kursus online, berkebun, dan masih banyak aktivitas positif lainnya yang bisa dicoba. Dengan banyaknya aktivitas positif yang dilakukan, maka kesehatan mental bisa selalu terjaga.

Baca Juga: Memasuki Usia 25 Tahun, 5 Kenyataan harus Siap Dihadapi

7. Lakukan Beragam Kebaikan Pada Orang Lain

Cara merawat kesehatan mental bisa dilakukan dengan cara berbagi kebaikan dengan orang lain. Melakukan tindakan baik kepada orang lain juga dapat membuat kesehatan mental tetap terjaga. Apalagi di tengah wabah pandemi corona seperti sekarang ini. Semua orang berlomba-lomba untuk saling membantu dan berbagai hal-hal yang bermanfaat kepada orang-orang yang membutuhkan. 

Tidak harus turun langsung dengan menjadi relawan. Ada banyak cara lain untuk berbagi kebaikan dengan orang lain. Misalnya, ikut menggalang dana bantuan yang dilakukan secara online, menyebarkan berita fakta dan bukan hoax, memberi dukungan, dan menyisihkan sedikit rezeki yang dimiliki untuk diberikan kepada yang membutuhkan.

8. Selalu Berpikiran Positif

Cara merawat kesehatan mental yang terakhir adalah dengan berpikir positif. Kesehatan mental yang terganggu, biasanya disebabkan karena seseorang tidak punya mindset positif dalam dirinya. Sehingga, hanya aura negatif yang menguasai dirinya. Akibatnya, kesehatan mental menjadi terganggu. Baik itu merasakan tekanan batin, kecemasan, ketakutan yang berlebih, dan sebagainya.

Jadi, teruslah berpikiran positif, walaupun pandemi corona sedang menyerang. Buat mindset bahwa tidak hanya dampak negatif yang diperoleh dari wabah ini, tapi banyak juga hal-hal positif yang bisa didapatkan. Misalnya, memiliki lebih banyak waktu untuk berkumpul dengan keluarga di rumah. Jangan lupa pula terus berdoa agar wabah ini cepat berakhir.

Itulah ulasan mengenai beberapa cara merawat kesehatan mental. Terutama di kala pandemi seperti sekarang ini. Lakukan berbagai hal yang positif, rutin berolahraga, dan penuhi asupan makanan yang bergizi. Dengan cara ini, maka kesehatan fisik maupun mental akan selalu terjaga. 

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo raih mimpi Mu.

Leave a Comment