TrikMerawat Extraordinary Man!

Milenials Harus Tahu, 6 Cara Merawat Kesehatan Gigi Dan Gusi

4 min read

cara merawat gigi

Kesehatan gigi dan gusi banyak di abaikan oleh banyak orang terutama kaum Milenials. Padahal jika tidak diperhatikan akan menyebabkan gigi rusak dan gusi akan terganggu.

Tidak hanya itu berbagai penyakit berbahaya bisa muncul kapan saja. Padahal menjaga kesehatan gig dan gusi tidaklah ribet, kamu hanya perlu memperhatikan cara merawat kesehatan gigi dan gusi dengan benar pada ulasan berikut.

Langkah Praktis Cara Merawat Kesehatan Gigi Dan Gusi


1. Menyikat Gigi Dengan Rutin

Cara merawat kesehatan gigi yang pertama adalah Sikat gigi. Kamu tentunya sudah sangat paham jika harus rajin menggosok gigi. Bahkan sejak dini kedua orang dua pasti sudah mengajari serta membimbing untuk rajin menggosok gigi. Sikat gigi secara rutin setidaknya sebanyak 2 kali sehari.

Baca Juga : Cara Merawat Telinga

Kamu bisa menggosok gigi saat pagi dan malam sebelum tidur. Pastikan kamu menggosok gigi dengan benar sehingga semua bagian gigi menjadi bersih. Namun, kamu tidak boleh melakukan terus menerus serta terlalu kuat.

Bagian gigi dan gusi merupakan salah satu area sensitif terhadap gesekan. Menggosok gigi terlalu kuat akan bisa menjadikan mulut terluka dan juga terjadi perdarahan.

Meskipun disarankan menggosok gigi 2 kali, kamu tetap bisa menggosok gigi ketika selesai makan. Selain membuat gigi dan gusi tetap bersih, juga untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang masih tertinggal di sela sela gigi maupun gusi.

Tahukah Kamu? Kebiasaan ngemil bisa merusak gigi loh hal tersebut bisa terjadi karena karbohidrat dan gula dari ngemil akan menghasilkan asam pada lapisan gigi paling luar.

2. Membersihkan Sela Gigi

Tidak hanya menggosok gigi cara merawat kesehatan gigi juga dengan membersihkan sela gigi. Meskipun kamu sudah menggosok gigi setiap hari, bisa saja sisa makanan seperti daging atau sayuran masuk di sela gigi dan susah untuk dibersihkan.

Makanan yang membusuk pada gigi akan berdampak besar seperti adanya penggerosan gigi yang lama kelamaan membuat gigi berlubang.

Baca Juga : Cara Merawat Behel Gigi

Kamu bisa mengunakan tali tipis atau dental floss untuk membersihkan sela gigi yang tidak bisa terjangkau oleh sikat gigi. Caranya adalah dengan menggosok gigi dengan bersih terlebih dahulu, kemudian kamu berdiri di depan cermin untuk melihat kondisi gigi.

Jika masih terdapat kotoran yang ada di sela gigi, gunakan dental floss untuk menghilangkannya. Lakukan secara rutin saat masih ada kotoran yang tertinggal.

Selain itu, kamu bisa mengunakan cairan pembersih mulut untuk berkumur. Setelah selesai makan, dan tidak sempat untuk sikat gigi maka kamu bisa berkumur.

Dengan berkumur mengunakan pembersih mulut, plak dan bakteri di dalam mulut akan hilang. Plak bisa menyebabkan gigi berlubang karena menghasilkan asam.

Tidak hanya gigi, gusi kamu juga akan terancam. Kedua langkah ini bisa kamu lakukan secara bersamaan agar mendapat gigi bersih maksimal.

3. Mengunakan Pasta Gigi Yang Memiliki Kandungan Fluoride

Cara merawat kesehatan gigi dan gusi yang selanjutnya adalah menyikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung fluoride. Hal ini dikarenakan gigi kamu membutuhkan perlindungan pada bagian enamel atau lapisan terluar gigi.

Sementara fluoride berperan untuk melindungi gigi dan memperbaiki laposan enamel. Dengan begitu kerusakan gigi dapat dihindari sehingga gigi akan semakin kokoh.

Baca Juga : Manfaat Pasta Gigi yang Tidak Kamu Ketahui

Meskipun fluooride memiliki manfaat namun, kamu sebaiknya tidak mengunakan pasta gigi secara berlebihan. Fluoride yang terlalu banyak akan membuat kamu tidak nyaman karena, merasa ada banyak sabun di dalam mulut.

Anak-anak juga disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter gigi. Sehingga mengetahui dosis aman pasta gigi dengan kandungan flouride untuk anak-anak.

4. Membatasi Makanan Manis dan Panas

Setelah melakukan perawatan sederhana seperti menyikat gigi dan membersihkan kotoran kamu juga harus memperhatikan makanan yang kamu konsumsi.

Makanan yang terlalu manis akan membuat gigi lebih asam sehingga pengeroposan mudah terjadi. Peringatan untuk tidak mengomsi makanan manis ini mungkin sudah kamu dapatkan sejak masih kecil. Nyatanya larangan tersebut berlaku hingga kini agar kamu memiliki gigi yang sehat.

Makanan manis juga bisa memicu munculnya bakteri merugikan. Jika kamu memiliki gigi berlubang maka akan sangat menganggu karena bisa saja makanan masuk ke dalam lubang. Yang akhirnya membuat kamu mengalami sakit gigi.

Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya kamu berkumur dan menyikat gigi setelah mengkonsumsi makanan manis. Tidak hanya itu, dengan tidak mengkonsumsi makanan yang panas juga sebagai cara merawat kesehatan gigi.

Mengkonsumsi makanan panas ataupun makanan yang memiliki suhu berbeda akan membuat gigi sensitif dan rusak. Ada baiknya kamu menunggu beberapa saat hingga makanan menjadi hangat.

Gigi sensitif biasanya muncul ditandai dengan gigi ngilu saat terkena panas dan membuat kamu tidak nyaman. Tidak jarang akan membuat selera makan kamu menjadi terganggu dan tidak bisa menikmati makanan.

5. Kebiasaan Hidup Sehat

Ketika kamu menginginkan gigi yang sehat kamu juga harus menerapkan pola hidup sehat. Kebiasaan buruk seperti merokok sebaiknya dihentikan. Rokok menyebabkan banyak radikal bebas masuk dan membuat area mulut menjadi panas.

Rokok juga membuat gigi kamu menjadi kuning bahkan lama kelamaan akan kehitaman. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi penampilan kamu.

Tidak hanya menghentikan kebiasaan buruk, kamu juga harus rajin minum air putih. Sudah kita ketahui bahwa air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh yang ternyata bisa sebagai cara merawat kesehatan gigi dan gusi.

Baca Juga : Cara Merawat Wajah Kering dan Kusam

Meskipun manfaat tersebut tidak bisa kamu dapatkan secara instan dan langsung. Namun, minum air putih setelah makan membuat sisa makanan ataupun kotor di dalam mulut ikut masuk ke dalam tubuh.

Air putih juga bisa kamu gunakan untuk berkumur setelah makan. Gangguan pada gigi juga tidak akan kamu alami karena air putih tidak memiliki kandungan yang merusak elemen gigi.

Kamu bisa saja meminum minuman manis, namun kandungannya bisa membuat resiko pengeroposan pada gigi semakin besar. Sehingga pastikan kamu selalu membawa air putih ke mana-mana.

Kesehatan seluruh tubuh Anda bisa dicerminkan dari kesehatan gigi dan gusi, Orang yang memiliki masalah penyakit dengan gusinya, lebih rentan memiliki risiko tinggi untuk penyakit lain

6. Mengunjungi Dokter Gigi Dengan Rutin

Cara Merawat Kesehatan gigi dan gusi tidak hanya bisa kamu dapatkan dengan rajin menggosok gigi ataupun menjaga pola hidup yang sehat. Kamu tetap membutuhkan dokter gigi untuk memeriksa kondisi gigi dan gusi kamu.

Tidak jarang tanpa disadari ternyata terdapat plak yang harus dibersihkan oleh dokter gigi. Kamu tidak bisa membersihkan sendiri karena keterbatasan alat dan tidak mungkin untuk melihat isi mulut sendiri.

Sebaiknya kamu rutin untuk check up bahkan membuat jadwal rutin kunjungan dengan dokter gigi langganan. Sehingga kamu bisa mengetahui lebih awal jika ada gangguan pada gigi yang timbul. Dokter juga akan menjelaskan kondisi gigi kamu dan akan menjelaskan secara rinci apa yang kamu butuhkan agar gigi kamu tetap sehat.

Baca Juga : Cara Merawat Mata

Berkunjung dan berkonsultasi dengan ahli menjadi cara merawat kesehatan gigi yang bisa dengan mudah kamu lakukan. Jadi Milenials, kamu harus mulai memperhatikan kesehatan gigi dan gusi kamu tanpa menunggu gigi kamu rusak. Sebaiknya kamu mulai menerapkan langkah sederhana untuk membuat gigi kamu tetap sehat.

Mengunjungi dokter gigi juga tidak harus menunggu gigi kamu sakit terlebih dahulu. Kamu bisa berkunjung kapan saja dan berdiskusi dengan ahlinya agar gigi kamu tetap sehat dan tidak menganggu kenikmatan saat makan. Itulah Cara Merawat Kesehatan Gigi dan gusi, Semoga bermanfaat!

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *