Cara Merawat Hewan

Sudah Tahu Cara Merawat Kelinci dengan Benar? Cek Di sini

cara merawat kelinci
Written by Josua Rifandy

Anda perlu memahami dengan betul mengenai bagaimana cara merawat kelinci yang tepat. Kelinci adalah hewan yang memiliki tingkah yang menggemaskan.

Tingkahnya yang lucu dapat Anda ketahui ketika ia sudah berlarian ke sana kemari. Selain itu, dua gigi depannya yang muncul turut menambah kesan comel pada dirinya. Hewan ini populer sebagai hewan pecinta wortel yang kaya akan vitamin A.

Berbicara mengenai kelinci, hewan ini memiliki postur tubuh yang hampir mirip dengan marmut, namun sebenarnya keduanya tidak dalam satu peranakan.

Beberapa orang lebih tertarik untuk memelihara kelinci daripada marmut karena faktor tertentu. Jika Anda adalah salah satu dari mereka, Anda perlu mengetahui cara merawat hewan ini. Simak informasi singkat di bawah ini!

Cara Merawat Kelinci yang Sesuai Prosedur


Menyiapkan Kandang yang Tepat untuk Tempat Tinggal

Cara merawat kelinci dengan baik pertama adalah menyiapkan kandang yang layak. Setelah membuat kandang, Anda harus tahu dimanakah kandang tersebut akan diletakkan.

Ada dua opsi yang bisa Anda pilih yaitu di luar rumah dan di dalam rumah. Perlu diketahui, jika Anda memutuskan untuk meletakkan kandang di dalam rumah, Anda harus siap akan konsekuensi yang terjadi.

Baca Juga : Cara Merawat Hamster Hamil

Beberapa konsekuensi tersebut di antaranya adalah senantiasa merapikan rumah dari barang-barang yang bisa saja digerogoti oleh kelinci seperti kabel misalnya.

Selain itu, jika Anda membiarkan kelinci Anda berada di dalam rumah, Anda harus menyiapkan tempat untuk mereka buang air kecil maupun buang air besar.

Jika Anda menaruhnya di luar rumah, Anda memerlukan sosialisasi yang lebih setiap harinya. Nah, untuk kandangnya sendiri, sebaiknya Anda membuat kandang yang berukuran 0.61 m dengan panjang minimal 1.32 m.

Untuk tingginya, menyesuaikan tinggi kelinci yang Anda pelihara. Kandang tersebut bisa berbahan plastik dengan atap dari kawat untuk membuat Anda ringan memindahkannya.

Mencoba Berinteraksi dengan Kelinci

Kelinci adalah salah satu hewan yang mudah merasa tertekan sehingga Anda harus membuatnya nyaman berada di rumah dalam cara merawat kelinci. 

Buatlah mereka bebas beradaptasi dengan lingkungan di sekitarnya. Anda bisa memindahkannya pada waktu tertentu untuk membuat mereka terbiasa mengenal tempat baru.

Dalam proses interaksi dengan lingkungannya untuk pertama kali, biarkan mereka mengenal berbagai macam suara, pemandangan, hingga bau-bau baru yang belum pernah mereka jumpai di habitat mereka.

Untuk itu, Anda disarankan untuk tidak mengganggunya selama 24 jam yaitu selama proses interaksi berlangsung.

Jika kelinci Anda sudah merasa nyaman, Anda bisa mulai berinteraksi dengan mereka dengan duduk menghabiskan waktu sesaat bersama mereka. Anda juga bisa mengajaknya berbicara sambil mengelus-elus tubuhnya untuk membuat mereka lebih jinak.

Memberikan Makanan yang Tepat

Bagi Anda yang baru saja membeli kelinci dari orang lain, ada baiknya Anda menanyakan ke mereka mengenai makanan apa yang biasa mereka berikan kepada kelinci tersebut.

Dengan mengetahuinya, Anda dapat memberikan makanan yang sama untuk beberapa hari agar mereka tidak kaget dengan tempat tinggal barunya.

Baca Juga : Cara Merawat Sugar Glider

Setelah Anda melihat kepercayaan diri pada si kelinci sudah terbentuk, Anda bisa memberikan makanan yang menurut Anda lebih ideal dalam cara merawat kelinci itu.

Hewan herbivora ini sejatinya menyukai rumput-rumputan yang kaya akan nutrisi. Namun, jika Anda kesulitan dalam mencari rumput yang berkualitas, Anda bisa memberikan jerami atau pelet sebagai penggantinya.

Dalam pemberian makan, Anda diharapkan tidak memberikan mereka kacang-kacangan untuk dimakan seperti jagung, kacang, dan lainnya.

Bagaimana dengan wortel? Wortel bisa dijadikan makanan alternatif, namun jangan memberikan sayur ini setiap hari karena akan mempengaruhi kesehatan si kelinci. Hal ini disebabkan oleh kandungan oksalat yang memungkinkan risiko batu kandung kemih.

Tips! Kelinci Suka Makanan yang Agak Layu, Biasanya kelinci Memakan rumput jika sudah Siang dimana embun sudah menguap dari tumbuhan

Mengajak Kelinci Berolahraga, Berlatih, dan Bermain

Sama halnya seperti cara merawat kucing, Anda juga perlu mengajak kelinci Anda berolahraga, berlatih, dan bermain dalam cara merawat kelinci.

Biarkan mereka berinteraksi dengan dunia luar agar mereka tidak merasa stress di dalam kandang. Biarkan mereka mengikuti Anda saat berjalan-jalan di rumah atau bahkan menonton TV. Ini akan membuatnya lebih rileks.

Jika kelinci Anda adalah kelinci rumahan, bawa mereka ke luar rumah sekali-kali untuk membuat mereka merasa lebih fresh. Namun, Anda juga harus senantiasa mengawasinya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga : Cara Merawat Marmut

Jika Anda khawatir mereka akan hilang, Anda bisa mengaitkan tali ke leher kelinci, lalu mengajaknya berjalan-jalan bersama.

Selain berlatih dan berolahraga, Anda juga perlu mengajak mereka bermain. Belikan mereka mainan agar tidak merasa bosan di rumah. Mainan tersebut bisa berupa bola, atau pun mainan bayi.

Cara merawat kelinci seperti ini dapat melatih mereka untuk lebih aktif dalam kesehariannya.

Tips! Kelinci Perlu Mainan Kunyah Agar Giginya Terkikis. Anda dapat membelinya di toko mainan atau toko hewan.

Menjaga Kesehatan Kelinci

Cara merawat kelinci terakhir adalah menjaga kesehatan mereka. Agar mereka terhindar dari penyakit yang berbahaya, Anda harus secara rutin membersihkan kandangnya, terutama pada bantalan dalam kotak tidurnya. Pastikan Anda selalu menggantinya dengan yang baru.

Selain membersihkan tempat tidur, Anda juga perlu memberikan vaksin kepada si kelinci. Ini bisa Anda lakukan sejak mereka berusia 12 minggu. Apa tujuannya?

Tujuan dari pemberian vaksin adalah mencegah penyakit myxomatosis dan diare virus hemorrhagic yang sangat berbahaya bagi tubuh kelinci.

Tahukah Kamu? Kelinci sudah mulai bisa beranak pada usia tiga sampai empat bulan dan Kelinci mampu melahirkan 20 sampai 40 bayi per tahun. Wow!

Beberapa Jenis Kelinci yang Perlu Anda Ketahui


Kelinci Anggora

Jenis kelinci yang pertama adalah Kelinci Anggora. Nama Anggora ternyata tidak hanya digunakan untuk kucing saja, melainkan juga hewan lainnya seperti kelinci. Kelinci jenis ini berasal dari Ankara, Turki.

Baca Juga : Cara Merawat Kelinci Anggora

Seperti tampilan yang dimiliki oleh kucing Anggora, kelinci ini memiliki bulu lebat yang menggemaskan. Bulu panjangnya itu bahkan tidak hanya menutupi tubuh saja, melainkan sampai ke wajah.

Kelinci ini memiliki karakteristik yang berbeda dari kelinci umumnya. Mereka cenderung lebih suka berdiam diri dibandingkan berlarian aktif. Tak heran, jika mereka sangat disukai oleh para pecinta kelinci.

Kelinci Himalaya

Selanjutnya ada Kelinci Himalaya yang berasal dari China atau Rusia. Dominan warna di sekujur tubuhnya adalah putih, sedangkan warna gelap hanya ada pada telinga, ekor, kaki, hingga hidung.

Cara merawat kelinci ini dianggap cukup sulit sehingga hanya segelintir orang lah yang mau membudidayakannya. Karena itulah, harga yang di banderol untuk per ekornya cukup mahal.

Kelinci Dutch

cara merawat kelinci
Kelinci Dutch Sumber : Dictio.id

Jika Anda bosan dengan kelinci yang berwarna putih. Anda bisa memilih kelinci Dutch atau hias. Kelinci ini memiliki dua kombinasi warna yaitu putih dengan bercak hitam, cokelat atau abu-abu.

Jika dilihat sekilas, kelinci ini tampak seperti boneka yang berjalan-jalan. Itu mengapa siapa pun yang melihatnya akan merasa gemas. Nah, jika Anda tertarik untuk membelinya, Anda perlu menyiapkan bujet sekitar Rp100.000 hingga Rp2.000.000.

Nah, itu tadi adalah ulasan singkat mengenai cara merawat kelinci yang tepat. Pastikan Anda memahami setiap cara yang sudah dipaparkan sehingga tidak akan terjadi treatment yang salah.

Jika Anda mengalami kendala dalam perawatannya, Anda bisa mengkonsultasikannya ke dokter hewan kepercayaan Anda. Semoga bermanfaat!

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo Raih Mimpi Mu.

2 Comments

Leave a Comment