Cara Merawat Tubuh

Prosedur Cara Merawat Kandungan Sesuai Anjuran Dokter

cara merawat kandungan
Written by Josua Rifandy

Anugerah terbesar yang paling ditunggu oleh sepasang suami istri adalah dikaruniai seorang buah hati. Buah hati yang mungil dan lucu, pasti sudah dinanti kelahirannya oleh orang tuanya. Agar buah hati bisa tumbuh sehat dan lahir dengan selamat, maka perlu dilakukan perawatan kandungan yang tepat. Cara merawat kandungan sebaiknya disesuaikan dengan anjuran dokter. Lantas, bagaimana prosedur perawatan kandungan atas saran dokter?

Inilah 8 Cara Merawat Kandungan Paling Tepat


1. Tidak Mengkonsumsi Minuman yang Mengandung Kafein dan Alkohol

cara merawat kandungan
(Sumber: Medicalnewstoday.com)

Cara merawat kandungan yang pertama adalah dengan menghindari minuman yang mengandung kafein dan alkohol. Minuman yang paling sulit terlepas dari kebiasaan sehari-hari diantaranya ada teh, kopi, minuman bersoda, dan minuman beralkohol. Contoh minuman beralkohol yakni bir, wine, whisky, champagne, dan lain sebagainya. Selain itu, usahakan hindari makanan ringan coklat dan roti untuk sementara waktu.

Dampak buruk yang dapat dirasakan jika tetap mengkonsumsi makanan yang mengandung kafein dan alkohol ini, terlihat dari terhambatnya perkembangan janin dalam kandungan. Adapun risiko lainnya yaitu bayi lahir dalam kondisi cacat, mengalami keterbelakangan mental atau idiot, serta BBLR (Berat Bayi Lahir Rendah). 

Baca Juga: Urutan Tata Cara Merawat Tali Pusar Bayi Baru Lahir

Oleh karena itu, selama mengalami masa-masa awal kehamilan, sebaiknya perbanyak minum air putih. Setelah kandungan memasuki bulan tua, diperbolehkan mengkonsumsi kafein namun dibatasi kadarnya. Hal ini dilakukan guna menghindari adanya risiko keguguran ataupun masalah lainnya yang akan dialami selama hamil. 

2. Lakukan Olahraga Ringan 

Hindari melakukan kegiatan yang terlalu membahayakan tubuh dan janin. Cara merawat kandungan bisa dilakukan dengan olahraga ringan, seperti olahraga senam. Ketika Ibu hamil ingin melakukan olahraga senam, maka sebaiknya didampingi dengan seorang instruktur senam profesional. 

Senam ibu hamil, pada dasarnya bermanfaat untuk memudahkan jalannya proses persalinan. Oleh sebab itu, dokter sangat menganjurkan para calon ibu hamil untuk melakukan kegiatan senam ibu hamil tersebut. Selain tidak membutuhkan tenaga yang terlalu banyak, gerakan yang dilakukan sangat aman dari bahaya kecelakaan terhadap janin dalam kandungan.

Selain senam, ada juga jenis olahraga ringan lainnya yang cocok untuk Ibu hamil, seperti jalan sehat, renang, dan yoga. Olahraga seperti ini dapat membantu melancarkan peredaran darah dan mengurangi tingkat stress yang biasa dialami saat memasuki masa kehamilan menjelang persalinan. 

Tidak hanya membantu saat persalinan, olahraga yang dilakukan akan membantu sang ibu memiliki tubuh yang bugar dan segar meskipun sedang hamil. Sehingga, ibu hamil dapat tetap beraktivitas seperti sedia kala. Pastikan Ibu hamil menghindari jenis olahraga yang berat, seperti sit up atau push up, karena bisa menyebabkan keguguran. 

3. Perbanyak Konsumsi Makanan yang Memiliki Gizi Seimbang

Cara merawat kandungan selanjutnya adalah dengan konsumsi makanan dengan gizi yang seimbang. Mengubah gaya hidup menjadi lebih baik selama masa kehamilan adalah hal yang harus dilakukan. Terutama dalam hal memperhatikan asupan gizi dari makanan yang dikonsumsi. Setiap makanan yang dikonsumsi akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang janin dalam kandungan. 

Nutrisi seperti protein, kalsium, lemak, dan berbagai vitamin harus tercukupi, supaya bayi tidak lahir dalam kondisi kekurangan gizi. Selain mengkonsumsi buah-buahan dan makanan lainnya, ibu hamil juga biasanya akan diberikan resep obat yang merupakan vitamin tambahan dari dokter kandungan. 

Baca Juga: Trik Gampang Cara Merawat Rambut Bercabang Seperti di Salon

4. Istirahat yang Cukup dan Berkualitas

cara merawat kandungan
(Sumber: Blog.uad.ac.id)

Cara merawat kandungan berikutnya adalah perihal waktu istirahat. Istirahat bukan berarti tidur secara terus menerus. Istirahat bisa saja dilakukan dengan cara duduk bersantai sambil membaca buku atau sekedar mendengarkan musik. Terlalu banyak tidur, juga tidak baik untuk kesehatan ibu hamil. 

Waktu istirahat yang dibutuhkan oleh orang dewasa, yakni selama 6 hingga 8 jam setiap harinya. Sementara itu, ibu hamil membutuhkan waktu tidur yang biasanya lebih lama dari keadaan normalnya. 

Namun, tidur saja tidak membantu sang ibu mengembalikan rasa lelah akibat kegiatan yang telah dilakukan. Tidur berkualitas adalah hal yang paling dibutuhkan saat seseorang sedang hamil. Tidur yang nyenyak dan ketika bangun terasa segar adalah apa yang dinamakan dengan tidur yang berkualitas.

5. Gunakan Produk Kecantikan Organik 

Kandungan bahan kimia yang menyusun sebuah produk kosmetik, terkadang dapat berbahaya jika digunakan dalam kondisi hamil. Maka dari itu cara merawat kandungan berikutnya adalah membatasi penggunaan kosmetik yang tidak organik. Ada baiknya, lakukan konsultasi terkait produk kecantikan yang boleh dan tidak boleh digunakan saat memasuki masa-masa kehamilan. 

Sebagai informasi, bahan kimia yang harus dihindari oleh ibu hamil, diantaranya adalah AHA, retinoid, merkuri, dan beberapa zat lainnya karena dapat membahayakan keselamatan janin dan ibu yang sedang mengandung. 

Ada baiknya menggunakan produk berbahan organik demi keselamatan diri sampai menjelang proses melahirkan. Kedepannya, setelah melahirkan, juga tetap dijaga karena kandungan kimia dalam produk kecantikan dapat meresap ke dalam kulit ibu yang menyusui dan berdampak terhadap bayi.

6. Mulai Konsumsi Kacang Almond sebagai Makanan Ringan

cara merawat kandungan
(Sumber: Babybottles.com)

Cara merawat kandungan juga bisa dilakukan dengan mengubah kebiasaan ngemil. Kacang almond seringkali ditemukan dalam salah satu bahan campuran minuman kesehatan yang biasa dikonsumsi oleh para atlet. Akan tetapi, ternyata kandungan vitamin yang terdapat di dalam kacang almond, baik untuk pertumbuhan bayi selama dalam kandungan. 

Vitamin E, B2, B9, protein serta serat yang ada dalam kacang almond, bermanfaat untuk menjaga kepadatan tulang, melancarkan sistem pencernaan, mengatasi risiko alergi, serta menjaga kekebalan tubuh bayi hingga dilahirkan nanti.

Makanan ringan yang mengandung kacang almond sangat mudah ditemukan di berbagai supermarket. Misalnya coklat, biskuit, roti, dan lain sebagainya. Mengkonsumsi kacang almond dalam takaran yang tepat, baik untuk kesehatan janin maupun ibu yang mengandung. Akan lebih baik lagi, jika langsung mengkonsumsi kacang almond dalam bentuk utuh, bukan makanan yang hanya mengandung kacang almond tersebut.

Baca Juga: Pertolongan Pertama dan Cara Merawat Luka Diabetes Paling Aman

7. Kendalikan Emosi dengan Konsultasi Bersama Pasangan 

Ketidakseimbangan hormon selama memasuki masa kehamilan, dapat berpengaruh terhadap kondisi emosi dari sang ibu. Pada umumnya, saat tahap awal mengetahui bahwa dirinya sedang hamil, emosi yang terlihat yakni sangat positif atau gembira dan bersemangat. Cara merawat kandungan berikutnya adalah dengan tetap mengendalikan emosi agar stabil. 

Kemudian, hingga pada akhirnya mulai mencapai tahapan hamil tua, dimana persalinan tinggal menghitung hari, kondisi ibu hamil dapat berubah drastis menjadi sangat negatif. Kondisi yang dimaksud adalah muncul perasaan cemas, gelisah dan rasa takut yang berlebih. Jika mengalami perubahan emosi yang terlalu drastis, segera diskusikan bersama pasangan atau lakukan konseling dengan dokter kandungan maupun ahli psikologis. 

8. Pastikan Selalu Hadir Disetiap Jadwal Pengecekan Kandungan

Cara merawat kandungan yang terakhir adalah dengan melakukan pengecekan kandungan secara rutin. Dianjurkan bagi ibu hamil memeriksakan diri sejak awal kehamilan ke dokter kandungan secara rutin.  Jumlah frekuensi kunjungan, nanti secara otomatis akan diatur oleh dokter kandungan. Tergantung dari kondisi kesehatan ibu dan janin. 

Akan tetapi, jika mengalami kondisi seperti adanya flek, keluarnya cairan di bagian intim, adanya rasa panas saat buang air kecil, maka segera konsultasikan ke dokter kandungan, meskipun belum memasuki jadwal kunjungan. Hal ini dilakukan untuk memastikan dan menghindari kepanikan berlebih yang biasanya akan dialami oleh ibu hamil.

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara merawat kandungan. Seorang calon Ibu memang harus ekstra hati-hati selama masa kehamilannya. Oleh karena itu jangan lupakan untuk senantiasa mengikuti panduan cara merawat kandungan tersebut. Jangan sampai melakukan hal-hal yang dilarang bagi Ibu hamil, agar janin yang dikandung bisa tumbuh sehat dan nantinya bisa lahir dengan selamat.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo raih mimpi Mu.

Leave a Comment