TrikMerawat Extraordinary Man!

Ketahui 5 Cara Merawat Kambing Agar Tidak Mudah Sakit

3 min read

cara merawat kambing

Agar kambing peliharaan di rumah tidak mudah terserang penyakit, pastikan untuk menerapkan beberapa cara merawat kambing berikut ini. Seperti yang diketahui, kambing merupakan salah satu jenis hewan yang banyak dibudidayakan di Indonesia.

Budidaya kambing di Indonesia sendiri masih dilakukan secara tradisional dan banyak orang yang hanya menjadikannya sebagai usaha sampingan saja.

Perlu diketahui, memelihara kambing sendiri bisa dikatakan susah-susah gampang. Apabila salah dalam perawatan, maka kambing akan mudah sakit atau tidak bisa berkembang secara sempurna.

Nah, bagi Anda yang berencana untuk memelihara kambing di rumah, ada baiknya menyimak terlebih dahulu beberapa cara perawatan kambing berikut ini.

5 Cara Merawat Kambing Agar Cepat Gemuk dan Tidak Mudah Sakit


Pemberian Pakan dan Minum

Seperti yang diketahui, salah satu makanan pokok kambing adalah rerumputan yang mana berfungsi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam pemberian pakan ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Selain memberikan rumput-rumputan, Anda juga sebaiknya memberikan pakan jenis lainnya.

Baca Juga : Cara Merawat Ayam Broiler

Tidak hanya pakan, air minum yang diberikan pada kambing juga perlu diperhatikan. Pastikan bahwa air minum yang Anda berikan dalam kondisi bersih sehingga tidak mengganggu kesehatan kambing.

Umumnya dalam satu hari, satu ekor kambing dewasa membutuhkan air minum sebanyak 1,5-2.5 liter. Jadi pastikan untuk memberikan takaran yang pas dan sesuai kebutuhan kambing.

Tahukah Kamu? Kambing akan depresi jika dipelihara tanpa teman kambingnya, So kambing kamu harus dipelihara dengan pasangannya ya!

Memandikan Kambing Peliharaan

Selain memperhatikan makanan dan juga minuman kambing peliharaan Anda, cara merawat kambing yang benar yaitu dengan memandikan kambing secara rutin.

Tujuan memandikan kambing ini yaitu untuk meningkatkan kesehatan kambing dan juga menambah nilai jualnya. Perlu diingat, untuk memandikan kambing peliharaan Anda sebaiknya dilakukan sekurang-kurangnya 2 kali dalam setahun.

Dengan memandikan kambing peliharaan Anda secara rutin, Anda sudah bisa mengantisipasi kuman, parasit, dan juga jamur bersarang pada tubuhnya.

Kambing yang bersih akan terlihat lebih sehat dan juga segar, sehingga harga jualnya juga semakin tinggi.

Pengendalian Penyakit

Tahukah Anda bahwa kambing merupakan salah satu hewan peliharaan yang mudah terserang penyakit. Beberapa jenis penyakit yang sering dijumpai pada hewan kambing seperti kembung, cacingan, pink eye dan masih banyak lagi.

Selain itu, kambing juga sering mengalami masalah keracunan makanan terutama untuk kambing yang di angon. Lalu bagaimana cara merawat kambing tersebut?

Untuk mengendalikan beberapa penyakit tersebut, penting sekali melakukan budidaya ternak kambing dengan baik dan tepat. Untuk menjaga kesehatan kambing peliharaan bisa dilakukan dengan beberapa cara di antaranya memberikan vaksin, memberi vitamin dan antibiotik dan lain sebagainya.

Pemotongan Kuku Kambing

Cara merawat kambing selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu dengan memotong kuku pada kambing kesayangan Anda. Umumnya, pemotongan kuku kambing ini dilakukan untuk jenis kambing yang sering dikandangkan.

Kambing yang dikandangkan memiliki pertumbuhan kuku yang lebih cepat dibandingkan yang diangonkan.

Baca Juga : Cara Merawat Ayam Petelur

Perlu diketahui bahwa ada beberapa hal yang muncul akibat kuku kambing yang terlalu panjang.

Beberapa akibatnya yaitu kesulitan dalam berjalan, mudah patah dan menyebabkan infeksi dan luka dan lain sebagainya.

Pilih Lokasi  Beternak yang Tenang

Tahukah Anda kambing merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang memerlukan lingkungan yang tenang dan nyaman. Suasana yang tenang tentunya akan membuat kambing nyaman sehingga meningkatkan nafsu makannya.

Selain itu, suasana yang tenang juga membuat kambing terhindar dari stress yang mana dapat mempengaruhi tingkat nafsu makannya.

Jika nafsu makan kambing peliharaan Anda bermasalah maka risiko untuk terkena penyakit juga semakin besar. Oleh karena itu Anda perlu mengusahakan untuk memilih lokasi peternakan yang mana jauh dari sumber-sumber kebisingan yang dapat mengganggu suasana kambing peliharaan Anda.

Jadi bagi Anda yang ingin kambing tetap sehat pastikan untuk menerapkan cara merawat kambing berikut ini.

5 Kunci Sukses Ternak Kambing yang Wajib Diperhatikan


Pilih Bibit Unggulan

Hal pertama yang perlu diperhatikan agar bisnis ternak kambing yang Anda jalankan sukses yakni pastikan memilih bibit yang unggul. Dalam hal ini hal yang paling utama yakni terkait kesehatan dan juga peranakan dari kambing tersebut. Biasanya bibit yang berpengaruh besar adalah bibit jantan yang unggul.

Nah, ada beberapa hal penting yang perlu Anda lihat saat membeli kambing yaitu tubuh fisiknya yang terlihat sehat, bentuk tubuhnya yang cukup panjang, bentuk kaki yang kompak dan juga lurus.

Selain itu Anda juga perlu memastikan bahwa fisik tubuh dari kambing yang akan Anda beli tidaklah cacat.

Siapkan Kandang yang Baik dan Benar

Selain memperhatikan terkait bibit kambing, hal lain juga tidak kalah penting namun sering diabaikan yaitu terkait kandangnya. Perlu diketahui, kandang menjadi salah satu faktor penting akan mempengaruhi perkembangbiakan kambing tersebut.

Cara merawat kambing yang tepat dalam hal ini, Anda perlu menyiapkan kandang yang nyaman dan ukuran yang pas.

Selain melihat dari ukurannya, Anda juga perlu menyesuaikan kapasitas kandang. Jangan mengisi kandang yang melebihi kapasitasnya karena hal tersebut dapat mengganggu perkembangannya.

Selain itu, pastikan juga kandang kambing yang Anda siapkan mendapat sinar matahari yang cukup.

Kebersihan dan Sanitasi Kandang

Selanjutnya hal yang juga tidak kalah penting untuk diperhatikan yaitu terkait kebersihan dan juga sanitasi kandang. Salah satu cara merawat kambing yang baik yaitu memastikan bahwa kebersihan kandang yang harus benar-benar terjaga.

Hal tersebut perlu dilakukan agar kambing peliharaan Anda tidak masuk angin dan tidak mudah terkena penyakit.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Puyuh Petelur

Cara yang paling mudah untuk menjaga kebersihan kandang yaitu dengan membersihkan kotoran kambing yang terdapat dalam kandang secara rutin.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu bersihkan sisa makanan yang berserakan karena dapat menjadi sarang penyakit yang mana dapat membahayakan kambing Anda.

Pemberian Vitamin Secukupnya

Satu lagi hal yang perlu diperhatikan saat beternak kambing yaitu dengan selalu memberikan vitamin secukupnya. Cara merawat kambing yang satu ini memang seringkali diabaikan karena dianggap tidak penting.

Tahukah Anda memberikan vitamin secara rutin dapat menghindarkan kambing dari berbagai penyakit yang bisa kapan saja menyerang.

Diharapkan dengan memberikan vitamin kambing secara rutin, akan membuat kambing sehat dan terbebas dari berbagai penyakit berbahaya.

Jika kambing sehat dan gemuk tentu harga jualnya di pasaran semakin tinggi. Sangat menguntungkan sekali, bukan? Jadi pastikan untuk memperhatikan hal yang satu ini.

Tahukah kamu? Rentan terhadap beberapa penyakit, terutama penyakit pernafasan serta mampu menyebarkan infeksi yang mengarah ke penyakit zoonosis

Setelah membaca beberapa informasi di atas, tentu Anda sudah memiliki gambaran terkait cara merawat kambing yang baik dan benar. Jika Anda masih pemula, tidak ada salahnya menanyakan berbagai hal tentang beternak kambing pada orang-orang yang sudah berpengalaman.

Dengan begitu Anda bisa menjalankan bisnis baru Anda ini dengan tenang. Demikian ulasan singkat tentang hal-hal yang perlu diperhatikan beserta cara merawat kambing dengan baik dan tepat. Semoga informasi di atas bermanfaat dan membantu Anda ke depannya.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *