Cara Merawat Benda

Pedoman Cara Merawat Kalung Titanium Gold Lengkap

cara merawat kalung titanium gold
Written by Josua Rifandy

Perhiasan seringkali dijadikan sebagai salah satu barang yang dikoleksi oleh masyarakat. Hal ini disebabkan, karena perhiasan dapat berguna di kemudian hari. Selain itu, keanekaragaman dari bahan dasar pembuatan perhiasan yang dikeluarkan, mampu menarik minat pembeli dari masa ke masa. Salah satu bahan yang sering digunakan dalam perhiasan adalah titanium gold, baik untuk kalung, gelang, dan sebagainya. Meski memiliki kekuatan yang baik namun cara merawat kalung titanium gold tetap penting untuk diketahui agar kalung bisa bertahan lama dan tetap indah. 

Inilah 8 Cara Merawat Kalung Titanium Gold 


Berikut ini adalah beberapa cara merawat kalung titanium gold, lengkap dengan penjelasannya:

1. Gunakan Pasta Gigi

Cara merawat kalung titanium gold yang pertama adalah dengan menggunakan pasta gigi. Pasta gigi, terkadang juga dimanfaatkan oleh sebagian orang sebagai bahan perawatan bibir untuk mengembalikan warna merah pada bibir. Tidak hanya itu, ternyata bahan kimia yang terkandung dalam pasta gigi, mampu mengubah tekanan yang ada pada permukaan cairan. Sehingga, kotoran yang tertinggal di dalam perhiasan akan mudah terangkat. 

Akan tetapi, perlu perilaku yang lebih hati-hati ketika menggosok permukaan kalung. Jika menggosok permukaan kalung terlalu kencang atau kuat, maka bisa berdampak terhadap kualitas permukaan perhiasan. Hal yang paling terburuk adalah meninggalkan bekas goresan yang sulit hilang.

Cara merawat kalung dengan pasta gigi, cukup dilakukan dengan mengoleskan sedikit pasta gigi ke dalam sikat gigi yang memiliki bulu sikat yang sangat halus. Kemudian, gosok perlahan kurang lebih selama tiga menit. 

Selanjutnya, bilas perhiasan dengan memanfaatkan air hangat, lalu lap menggunakan kain kering berbahan dasar halus yang dapat menyerap air secara menyeluruh. Jika masih merasa ragu perhiasan belum kering, maka letakkan diatas silica gel selama kurang lebih satu menit.  

Baca Juga : Cara Merawat Kacamata Berdasarkan Model dan Bahan Material

2. Cuci dengan Bir 

cara merawat kalung titanium gold
(Sumber: Tokopedia.com)

Cara merawat kalung titanium gold kedua adalah dengan menggunakan bir. Bir biasa dimanfaatkan dalam industri minuman. Namun, dibalik fungsi utama bir, terdapat kelebihan lainnya, yaitu dapat digunakan untuk merawat kalung titanium gold. Diketahui bahwa kandungan alkohol yang ada di dalam minuman jenis bir ini, mampu mengangkat kandungan minyak dan lemak yang terdapat di perhiasan. 

Selain itu, kandungan lainnya seperti gas karbon dioksida yang biasa membuat minuman mengeluarkan suara ciss, saat dituangkan atau ketika membuka penutup kaleng minuman, mampu menghilangkan partikel kotoran, seperti debu atau noda lainnya yang melekat pada perhiasan.

Cara membersihkannya cukup mudah. Tuangkan terlebih dahulu cairan bir ke dalam sebuah mangkuk, kemudian masukkan perhiasan ke dalamnya. Tunggu kurang lebih sekitar 10 menit untuk memastikan warna perhiasan kembali seperti sedia kala. Lalu, gunakan lap kering bersih untuk menggosok perhiasan sampai kering sempurna. Hasil yang dapat terlihat adalah warna perhiasan kembali berkilau sama halnya saat pertama kali membeli perhiasan tersebut.

3. Oleskan Saus Tomat 

Bahan lain yang bisa digunakan dalam cara merawat kalung titanium gold adalah saus tomat. Meski terdengar aneh, ternyata kandungan bahan yang menyusun saus tomat dapat dimanfaatkan juga sebagai media perawatan perhiasan kalung titanium gold.

Masukkan saus tomat cair ke dalam sebuah wadah, kemudian perhiasan dimasukkan ke dalam saus tomat tersebut selama kurang lebih lima menit. Lalu, bersihkan menggunakan air dingin. Noda karat yang terdapat dalam perhiasan kalung dapat hilang dengan adanya reaksi kimia antara bahan dasar kalung bersamaan dengan senyawa asam yang terdapat dalam bahan penyusun saus. 

4. Semprot dengan Pembersih Kaca 

Cara merawat kalung titanium gold juga bisa menggunakan cairan pembersih kaca. Pembersih kaca pada umumnya mengandung senyawa alkohol atau asam yang memiliki fungsi untuk membersihkan permukaan kaca. Akan tetapi, saat diaplikasikan bisa menjadi bahan perawatan pembersih perhiasan. 

Namun, cukup gunakan air pembersih kaca dalam jumlah yang sedikit saja. Dikarenakan, kandungan zat kimia dalam produk pembersih ini lebih keras dibandingkan produk pembersih tangan berbentuk cair. Oleh sebab itu, pastikan gunakan cairan pembersih hanya untuk jenis perhiasan berbahan dasar kuat, seperti kalung titanium gold.

Baca Juga : Petunjuk Lengkap Memilih, Menggunakan dan Cara Merawat Powerbank

5. Rendam Menggunakan Vodka 

cara merawat kalung titanium gold
(Sumber: Tokopedia.com)

Vodka adalah salah satu jenis lain minuman yang mengandung alkohol. Namun, kandungan alkohol yang terdapat di dalam vodka lebih tinggi dibandingkan bir. Tingginya kadar alkohol tersebut, membuat vodka dijadikan sebagai salah satu cara merawat kalung titanium gold paling praktis oleh masyarakat. 

Akan tetapi, hindari penggunaan vodka untuk membersihkan perhiasan berbahan mutiara, karena mampu merusak struktur permukaan perhiasan tersebut. Cara menggunakan vodka untuk kalung titanium gold sangat mudah, masukkan perhiasan kedalam wadah berisi vodka, aduk sebentar lalu diamkan selama lima menit. Setelahnya, jangan lupa mengeringkan perhiasan menggunakan lap kain yang bersih.

6. Rendam dalam Cairan Sparkling Water

Butiran-butiran kilau yang terdapat dalam cairan ini, merupakan hasil dari reaksi kimia. Soda mampu menghasilkan asam dan gelembung di waktu yang bersamaan karena adanya senyawa CO2. Gelembung tersebut dimanfaatkan sebagai bahan pembersih perhiasan dalam hal menghilangkan noda yang sulit dihilangkan. 

Rendam perhiasan kalung kedalam sparkling water kurang lebih selama 30 menit. Kemudian bilas menggunakan air dingin dan dilap hingga perhiasan benar-benar kering. Kalung titanium gold pun akan semakin bagus warnanya.

7. Cuci dengan Sampo

cara merawat kalung titanium gold
(Sumber: Review.bukalapak.com)

Cara merawat kalung titanium gold juga bisa menggunakan sampo. Sampo berfungsi untuk membersihkan rambut serta permukaan kulit kepala seseorang. Tapi, kini shampoo juga ternyata dimanfaatkan oleh pedagang perhiasan guna menghilangkan noda yang melekat di permukaannya. Selain cara ini sangat praktis, biaya yang harus dikeluarkan pun sangat murah. 

Caranya, cukup tuangkan sampo ke dalam mangkuk berisi air hangat. Lalu, diaduk sampai berbusa. Selanjutnya, oleskan cairan sampo dengan menggunakan kuas ke bagian perhiasan yang akan dibersihkan. Kemudian, bilas perhiasan dengan air dingin. Selanjutnya, gunakan kain bersih untuk mengeringkan perhiasan.

Baca Juga : Pedoman Praktis Cara Merawat Mesin Cuci untuk Usaha

8. Hindari dari Panas yang Berlebih 

Cara merawat kalung titanium gold yang terakhir adalah dengan menghindari panas berlebih. Bahan dasar perhiasan yang mengandung logam titanium, memiliki daya tahan anti karat yang kuat. Akan tetapi, jika terkena panas yang berlebih dapat mengubah bentuk dari perhiasan tersebut. 

Oleh sebab itu, rancangan model perhiasan yang dibuat dari titanium, biasanya terlihat sederhana. Namun, bahan titanium sangat cocok digunakan oleh masyarakat yang memiliki alergi terhadap bahan dasar perhiasan seperti perak, emas, dan lain sebagainya. 

Sehingga, harga jual di pasaran untuk perhiasan berbahan titanium, lebih mahal dibandingkan dengan perhiasan berbahan dasar emas. Hal ini dikarenakan, emas lebih mudah dibentuk dibandingkan titanium dan dapat dicampurkan dengan bahan logam lainnya untuk menguatkan struktur perhiasan itu sendiri. 

Industri perhiasan banyak diminati oleh kalangan atas maupun menengah yang ingin memiliki barang inventaris jangka panjang. Terutama di saat mengalami krisis ekonomi yang sangat signifikan. Jadi, pastikan perhiasan tetap terjaga kualitasnya dengan menerapkan cara merawat kalung titanium gold seperti poin-poin di atas agar kalung bisa awet dan indah sehingga bisa dijual di kemudian hari. 

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo raih mimpi Mu.

Leave a Comment