TrikMerawat Extraordinary Man!

8 Cara Merawat Kaktus dengan Benar

4 min read

cara merawat kaktus

Cara merawat kaktus sebenarnya cukup mudah, terutama bagi Anda yang tidak terlalu mahir dalam berkebun. Namun, sebagian orang masing saja sering gagal dalam merawat tumbuhan gurun yang satu ini.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Mungkin saja disebabkan oleh kurangnya pengetahuan atau wawasan seputar kaktus dan perawatannya. Di bawah ini akan dibahas lebih lengkap tentang perawatan kaktus.

Ciri-ciri Tanaman Kaktus


Kaktus merupakan tanaman gurun yang lebih cocok dengan habitat kering, panas dan sedikit air. Kondisi tersebut membuat kaktus memiliki ciri-ciri khusus dan berbeda dari tanaman lainnya.

Baca Juga : Cara Merawat Tanaman Lidah Buaya

Namun, di Indonesia kaktus juga bisa tumbuh dengan baik dan biasanya digunakan sebagai tanaman indoor. Nah, untuk tahu cara merawat kaktus yang baik dan benar, ketahui dulu ciri-cirinya seperti berikut ini:

  • Ciri khas kaktus adalah memiliki daun yang mengalami perubahan bentuk atau morfologi menjadi duri, hal ini berfungsi untuk mengurangi penguapan
  • Batang kaktus ternyata mengandung lapisan lilin yang berfungsi untuk menghambat penguapan air sehingga bisa mempertahankan kadar air di dalamnya
  • Batang kaktus terdiri dari jaringan spons yang berfungsi untuk menyerap cadangan air ketika musim hujan dan digunakan selama musim kering
  • Kaktus memiliki akar yang panjang untuk mempermudah memperoleh cadangan air dan makanan berupa zat hara karena habitatnya yang cukup kering

Life is like a cactus, prickly but very beautiful

Anonim

Begini Cara Merawat Kaktus yang Benar


Bagi sebagian orang yang tidak pandai berkebun atau tidak punya banyak waktu, merawat tanaman kaktus bisa jadi pilihan terbaik. Perawatannya cukup mudah dan tidak memerlukan banyak waktu, antara lain sebagai berikut:

1. Buat Jadwal Menyiram

Semua tanaman memerlukan air untuk bisa bertahan hidup dan tumbuh dengan baik hingga berbunga dan tampak indah. Namun, berbeda dengan kaktus yang tidak membutuhkan intensitas penyiraman terlalu sering.

Terlalu banyak memberikan air pada kaktus justru akan membuatnya menjadi busuk dan mati.

Baca Juga : Cara Merawat Anthurium Jemani

Oleh karena itu, penting sekali untuk membuat jadwal penyiraman agar kaktus tumbuh dengan baik. Saat musim sejuk atau hujan, Anda bisa menyiram tanaman ini satu minggu sekali karena pada musim ini kaktus mengalami pertumbuhan.

Namun saat musim kering atau kemarau, cara merawat kaktus yang benar yaitu hanya perlu disiram jika tanahnya mulai kering.

2. Memberikan Pupuk Tanaman

Untuk membuat kaktus tumbuh dengan baik dan sehat, Anda perlu memberinya makanan berupa pupuk. Memberikan pupuk pada tanaman kaktus bias dilakukan seminggu sekali pada musim sejuk/hujan maupun musim kering/kemarau.

Namun, saat musim hujan lebat dan terjadi terus menerus, udara menjadi sangat dingin dan tidak perlu sering diberi pupuk.

3. Kaktus Membutuhkan Sinar Matahari

Kaktus memang sering dijadikan sebagai tanaman indoor atau di dalam ruangan, namun bukan berarti kaktus tidak membutuhkan sinar matahari. Semua tanaman pasti membutuhkan sinar matahari, namun intensitasnya saja yang berbeda.

Kaktus juga merupakan tumbuhan pintar yang akan tumbuh condong ke arah matahari jika sedang tidak sehat atau butuh sinar matahari. Namun, hal ini dapat membuat pertumbuhan kaktus menjadi tidak merata atau miring.

Oleh karena itu, cara merawat kaktus selanjutnya adalah dengan memutar posisi pot tanaman kaktus paling tidak sebulan sekali.

Kaktus itu sendiri ada banyak jenisnya, beberapa spesies tanaman kaktus membutuhkan sinar matahari langsung selama beberapa jam di luar ruangan.

Namun, beberapa yang lain justru tidak baik terkena sinar matahari langsung, jadi lebih baik ditempatkan di dekat jendela. Dengan begitu, kaktus akan tetap mendapatkan sinar matahari tanpa terpapar secara langsung.

4. Kaktus Membutuhkan Sirkulasi Udara

Selanjutnya, tanaman kaktus juga perlu mendapatkan kelembaban udara karena kaktus membutuhkan sirkulasi udara yang baik. Namun, tanaman kaktus tidak suka udara yang terlalu dingin atau berangin kencang.

Tahukah Kamu? Tanaman kaktus dikenal juga memiliki duri yang tak lain adalah daunnya. Daun kaktus ini tumbuh dari sebuah struktur yang di kenal dengan sebutan areole

Meletakkan tanaman kaktus di jendela kamar mandi atau dapur merupakan spot terbaik untuk menjaga kaktus tetap sehat. Hal ini karena kaktus juga akan menyerap kelembaban udara sebanyak yang mereka butuhkan untuk bertahan hidup.

Itulah cara merawat kaktus yang benar berkaitan dengan kelembaban udara.

5. Dormansi pada Kaktus

Dormansi merupakan suatu kondisi dimana sebagian tanaman mengalami keadaan berhenti tumbuh karena kondisi alam yang kurang mendukung.

Dormansi pada tanaman kaktus dapat terjadi setelah musim hujan yang berlangsung lama sehingga udara menjadi sangat lembap dan dingin.

Baca Juga : Cara Merawat Bunga Mawar

Untuk mengatasi hal ini Anda bisa mengurangi intensitas pemberian air misalnya mengubah jadwal penyiraman menjadi lebih jarang. Pemberian pupuk juga bisa diberhentikan sejenak.

6. Kaktus Juga Bisa Terkena Hama

Cara merawat kaktus yang terkena hama adalah dengan memberikan semprotan pembasmi hama yang khusus untuk tanaman kaktus. Namun, sebelum itu bersihkan terlebih dahulu hama yang ada pada kaktus, setelah bisa menyemprotkan pembasmi hama.

Semprotan pembasmi hama ini bisa anda dapatkan secara mudah di toko tanaman atau pun dibeli secara online.

Baca Juga : Cara Merawat Tanaman Seledri

Meski merupakan tanaman indoor yang jarang berada di luar dan jarang terkena debu atau kotoran, kaktus juga bisa terjangkit hama. Beberapa jenis hama yang bisa menyerang tanaman kaktus adalah kutu putih, agas jamur, sisik dan tungau laba-laba.

Hama ini bisa muncul apabila intensitas pemberian air terlalu banyak dan menyebabkan akar membusuk dan mengundang organisme seperti hama.

Tahukan Kamu? Tanaman kaktus ini adalah tanaman yang termasuk kedalam anggota keluarga dari Cactaceae yang memiliki banyak varietes dan jenis sekitar 2.000 dengan berbagai warna dan juga bentuk yang berbeda – beda

7. Mengganti Pot Kaktus

Cara merawat kaktus selanjutnya adalah dengan rutin mengganti pot dalam kurun waktu satu tahun. Hal ini perlu dilakukan karena kaktus bertumbuh semakin besar dan membutuhkan tempat atau pot yang lebih besar pula. Langkah-langkah mengganti pot kaktus adalah sebagai berikut ini:

  • Pertama-tama, pegang kuat-kuat pada pangkat tanaman kaktus
  • Kemudian putar pot untuk mengeluarkan tanaman kaktus
  • Setelah kaktus keluar dari pot lama, tepuk pelan-pelan dengan lembut pada bagian akar untuk menghilangkan tanah yang lama
  • Jika ada akar yang tampak kering, sebaiknya dipotong dan dibuang saja
  • Selanjutnya, masukkan tanah ke dalam pot baru yang lebih besar dan tekan dengan jari agar tanah menjadi padat
  • Lalu masukkan tanaman kaktus tadi ke dalam pot baru yang sudah berisi tanah
  • Langkah terakhir, masukkan tanah di sekeliling kaktus hingga penuh dan tertutupi dengan rata

Setelah proses mengganti pot baru selesai dilakukan, sebaiknya jangan menyiram kaktus terlebih dahulu selama dua minggu. Selanjutnya, perhatikan cara merawat kaktus dengan meletakkan kaktus pada tempat yang kering dan cukup sinar matahari tidak langsung. Setelah dua minggu, Anda bisa melakukan penyiraman dan pemberian pupuk seperti biasa sesuai jadwal mingguan.

8. Mengembangbiakkan Kaktus dengan Benar

Jika tanaman kaktus yang Anda miliki dapat tumbuh dengan baik, maka bisa dikembangbiakkan menjadi lebih banyak. Pengembangbiakan ini bisa dilakukan jika sudah muncul bibit baru, pilihlah bibit yang gemuk dan tidak cacat.

Untuk memindahkannya, Anda bisa memotongnya terlebih dahulu dengan hati-hati lalu biarkan selama dua hari sampai bekas luka potongannya mengering. Jangan buru-buru memasukkan bibit kaktus pada pot baru jika luka potongnya belum kering karena akan membusuk dan mati.

Itulah 8 cara merawat kaktus yang perlu diperhatikan dengan baik agar tanaman kaktus yang Anda miliki tumbuh dengan sehat. Semoga informasinya bermanfaat.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *