Cara Merawat Benda

Cara Merawat Kacamata Berdasarkan Model dan Bahan Material

cara merawat kacamata
Written by Josua Rifandy

Kacamata kini sudah menjadi bagian dari tren, bukan hanya kebutuhan bagi mereka yang mengalami masalah kesehatan mata. Tapi, tahukah bahwa membeli kacamata tidak boleh sembarangan? Kacamata yang dijual bebas belum tentu sesuai dengan kebutuhan seseorang.

Oleh karena itu, penting untuk melakukan pemeriksaan mata sebelum memutuskan membeli sebuah kacamata. Selain itu, ketahui juga cara merawat kacamata yang tepat.

Cara Merawat Kacamata yang Tepat Sesuai dengan Bahan


Secara umum, bahan material yang digunakan untuk lensa kacamata diantaranya adalah kaca, polikarbonat, trivex, dan high index. Sementara itu, untuk bagian body kacamata umumnya terbuat dari plastik, silver, kaca, ataupun metal.  Cara merawat kacamata juga harus disesuaikan dengan materialnya supaya kacamata menjadi awet dan tidak mudah rusak. Berikut ini beberapa cara perawatan yang bisa dilakukan:

1. Rutin Menggunakan Cairan Pembersih Kacamata 

cara merawat kacamata
(Sumber: Eyerim.com)

Untuk semua jenis bahan material kacamata, cara merawat kacamata yang pertama adalah jangan lupa untuk selalu membersihkannya menggunakan cairan pembersih. Cairan pembersih yang biasa digunakan untuk membersihkan kacamata, sebaiknya ditempatkan dalam botol spray. Selain lebih mudah dalam proses pembersihannya, spray lebih efisien serta efektif dalam penggunaannya. 

Baca Juga : Tips Cara Merawat Tas Kulit Agar Tak Mudah Rusak

Sebelum mengaplikasikan cairan pembersih, terlebih dahulu bilas kacamata dengan air bersih mengalir supaya kotoran yang berbentuk kasar hilang. Setelahnya, semprotkan cairan pembersih kacamata secukupnya pada kedua lensa kacamata. Lalu, keringkan lensa kacamata menggunakan kain yang telah tersedia saat melakukan pembelian kacamata.

Jika tidak ada, hindari penggunaan kapas atau kain yang berbahan kasar karena dapat merusak permukaan lensa kaca. Gunakan kain yang bersih dan terbuat dari bahan yang halus supaya air yang tersisa di permukaan lensa tidak meninggalkan bekas saat nantinya kering. Hal terpenting saat melakukan proses ini adalah kehati-hatian dan ketelatenan supaya kacamata tetap bagus dan tidak rusak akibat terlalu kasar saat membersihkannya. 

2. Mencuci Kacamata dengan Sabun Cair Serta Air Mengalir 

Cara merawat kacamata selanjutnya bisa dilakukan dengan mencuci kacamata dengan sabun cair dan air. Entah itu material metal ataupun plastik, semuanya bisa melakukan cara ini. Sabun cair lebih efektif dan mudah diaplikasikan dibandingkan dengan sabun padat atau sabun batangan. Misalnya, pemilik kacamata dapat menggunakan sabun yang biasa digunakan untuk mencuci piring. 

Jika menggunakan sabun cair mandi, sabun lebih lama tertinggal di permukaan lensa, oleh sebab itu harus segera dibilas dengan air yang mengalir hingga benar-benar tidak terasa licin di tangan. Perhatikan juga kuku jari saat mencuci menggunakan sabun. Jangan sampai permukaan lensa kacamata tergores akibat kuku jari tangan yang panjang.

Hal ini lebih mudah dilakukan karena tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan lagi untuk membeli cairan khusus pembersih kacamata. Selain itu, bahan-bahan yang dibutuhkan dapat ditemukan dan selalu tersedia di dalam rumah.

3. Membawa Kacamata ke Optik Terdekat 

cara merawat kacamata
(Sumber: Hakimoptical.ca)

Cara merawat kacamata yang ketiga adalah dengan membawanya ke optik terdekat. Perawatan yang satu ini cenderung lebih diminati meskipun harus mengeluarkan uang, karena dianggap lebih praktis dan cepat. Selain itu, membawa kacamata ke optik untuk dibersihkan akan jauh lebih dibutuhkan bagi kacamata yang terbuat dari material khusus seperti metal, kaca, atau stainless steel yang memang membutuhkan perawatan lebih khusus dari material lain seperti plastik. 

Baca Juga : Biar Tetep Awet, Yuk Cari Tahu Cara Merawat Sneakers Yang Benar

Umumnya, jika kacamata yang dibeli dijual dengan harga mencapai jutaan, pembeli mendapatkan kartu garansi untuk biaya perawatan ataupun service kacamata. Sehingga, pemilik dapat menyerahkan kartu garansi tersebut supaya mendapatkan potongan harga saat membersihkan kacamata. 

Sebelum membawa kacamata ke optik terdekat, pastikan biaya yang dibutuhkan telah dipersiapkan dan telah dibawa kedalam saku atau tas kecil. Akan lebih baik jika membawa kacamata yang akan dibersihkan ke tempat optik pertama kali membeli kacamata tersebut. 

Cara membersihkan kacamata yang dilakukan oleh optik, tentu berbeda dengan yang biasa dilakukan di rumah. Pengelola optik menggunakan alat pembersih yang dilengkapi dengan teknologi ultrasonik yang canggih sehingga keseluruhan bagian kacamata akan terbebas dari kotoran layaknya kacamata baru.

4. Membersihkan Kacamata Menggunakan Jenis Kain Khusus 

Cara merawat kacamata yang satu ini berlaku universal untuk setiap material kacamata. Kain khusus yang dimaksud, biasanya sudah ada di dalam tempat kacamata saat membeli ke sebuah optik. Pengelola akan menyertakan kain pembersih sesuai dengan model serta jenis dari bahan lensa kacamata yang dibeli. Dapat dikatakan juga kain khusus tersebut, bawaan dari merek kacamata yang dijual. 

Kain khusus kacamata terbuat dari bahan katun atau bahan microfiber yang aman untuk lensa kacamata. Penggunaan bahan yang sembarangan, dapat merusak lensa kacamata. Pemilik akan dapat melihatnya dari penampakan goresan yang terdapat di permukaan lensa kacamata. 

Selain mengganggu pemandangan saat berada di publik, lensa yang tergores akan mempengaruhi penglihatan penggunanya. Keakuratan penglihatan dapat menurun akibat adanya goresan kecil atau banyak yang tepat di tengah lensa. Jika sudah parah, pemilik kacamata lebih baik mengganti lensa yang ada dengan lensa baru ke optik terdekat.

5. Menyimpan Kembali Kacamata yang Telah Dibersihkan ke Dalam Tempat Kacamata 

cara merawat kacamata
(Sumber: Eyerim.bg)

Cara merawat kacamata yang satu ini sering diabaikan oleh pengguna kacamata. Kebanyakan, setelah membersihkannya pengguna tetap menaruh kacamata di sembarang tempat. Padahal, kacamata memiliki tempatnya tersendiri untuk tempat menyimpannya. 

Tempat kacamata yang diberikan setelah membeli sebuah kacamata, tentu bervariasi. Ada yang menggunakan tempat berbentuk unik, standar hingga ada yang hanya menggunakan plastik saja. Namun, jika seseorang membeli kacamata dari optik, pastinya tidak mungkin mendapatkan tempat kacamata yang hanya berbentuk plastik tipis.

Baca Juga : Biar Ga Usang, Yuk Cari Tahu Cara Merawat Jam Tangan Warna Emas

Tempat kacamata yang diberikan sangat bermanfaat untuk menjaga kondisi kacamata yang telah dibersihkan. Bagian luar tempat kacamata yang keras, dapat membantu kacamata terhindar dari kerusakan yang diakibatkan oleh benturan atau terjatuh dari tempat yang cukup tinggi. 

Tempat kacamata berperan penting untuk memastikan kacamata terhindar dari debu serta kotoran lainnya yang akan merusak kualitas lensa. Oleh sebab itu, bawalah tempat kacamata di saat bepergian ke mana pun. Kacamata dapat digunakan lebih lama dibandingkan dengan kontak lensa. 

Oleh sebab itu, banyak orang yang memilih untuk membeli kacamata walaupun harganya yang cukup mahal. Akan tetapi, dengan harga yang ditawarkan, pembeli mendapatkan kualitas barang yang sesuai dengan harga yang telah dikeluarkan. Jadi, baik pembeli maupun penjual tidak merasa dirugikan satu sama lain.

Pengetahuan mengenai bagaimana cara merawat kacamata yang benar ini sangat diperlukan, terutama bagi pengguna kacamata yang intens. Dengan mengetahui cara ini, pengguna bisa mencegah kerusakan dari kualitas dari lensa ataupun frame kacamata itu sendiri. 

Demikianlah informasi mengenai cara merawat kacamata yang tepat serta penjelasan mengenai beberapa jenis bahan material yang biasa digunakan pada lensa kacamata. Bagi para pengguna kacamata, jangan lupa untuk selalu merawat kacamatanya ya!

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo raih mimpi Mu.

1 Comment

Leave a Comment