Rambut Cara Merawat Tubuh

Proses Cara Merawat Janggut Tebal Dengan Mudah

cara merawat janggut
Written by Josua Rifandy

Bagi seorang pria, menumbuhkan janggut bisa dikatakan sebagai kebebasan berekspresi. Janggut yang rapi dan sehat, tentu bisa membuat penampilan pria semakin maskulin. Namun, untuk merawat janggut butuh komitmen yang tinggi. Jika janggut dibiarkan panjang begitu saja dengan perawatan yang ala kadarnya, bukannya kesan maskulin yang didapat, justru penampilan pria menjadi terkesan acak-acakan atau berantakan. Untuk itulah diperlukan tips cara merawat janggut apalagi bagi yang memiliki janggut tebal. 

Memelihara janggut memang bukan hanya soal memanjangkan saja. Perlu dilakukan treatment khusus supaya janggut bisa tumbuh dengan sehat dan rapi. Sama halnya dengan rambut di kepala, janggut juga butuh sentuhan perawatan agar bisa tampil maksimal. 

11 Cara Merawat Janggut Tebal yang Wajib Dipahami Para Pria


Tak perlu harus dengan membawanya ke salon, perawatan jenggot yang tebal juga bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Berikut ini adalah beberapa cara merawat janggut tebal. 

1. Biarkan Janggut Terus Tumbuh Selama Sebulan Pertama 

Saat pertama kali memanjangkan janggut, biasanya para pria terlalu terburu-buru untuk memangkas janggut dengan tujuan untuk membentuknya menjadi lebih rapi. Ternyata, hal ini bukan cara yang tepat dalam kaidah perawatan janggut. Pada sebulan pertama, janggut mungkin belum tumbuh terlalu panjang. Sehingga, belum bisa dibentuk sesuai keinginan.

Setidaknya, tunggu selama 1 bulan sampai janggut tumbuh agak panjang. Janggut baru boleh dibentuk jika panjangnya sudah tumbuh sekitar 1 – 1,5 cm. Jadi, jangan cepat-cepat memangkas janggut jika baru seusia jagung. Sabarlah untuk menunggu janggut tumbuh lebih panjang.

Baca Juga : Tutorial Lengkap Cara Merawat Rambut Gondrong

2. Pangkas Janggut Secara Teratur

cara merawat janggut
(Sumber: Wowkeren.com)

Cara merawat janggut yang kedua adalah dengan memangkasnya. Rutin mencukur janggut sangat penting untuk dilakukan. Hal ini bertujuan agar janggut bisa tetap tumbuh dengan sehat tanpa mengalami kerusakan. Sama halnya dengan rambut, jika tidak dicukur dalam waktu yang lama, pasti akan mengalami berbagai masalah kerusakan. 

Untuk itu, rajin-rajinlah memotong ujung janggut agar selalu rapi dan tetap sehat. Treatment ini setidaknya dilakukan setiap dua bulan sekali. Namun, bagi yang ingin janggutnya tetap terlihat rapi dan pendek, maka pemangkasan janggut bisa dilakukan setiap dua minggu sekali. Mencukur janggut bisa dilakukan dengan alat pangkas elektronik.

3. Rajin Mencuci Janggut

Siapa sangka jika janggut bisa menjadi sesuatu yang sangat tidak higienis. Apalagi jika janggut sudah mulai tumbuh dengan lebat. Saat sedang makan, sangat mungkin ada makanan yang masuk ke dalam janggut. Jika diabaikan begitu saja, maka janggut bisa menjadi kotor dan menyebabkan beberapa masalah.

Oleh karena itu, sangat penting untuk rutin mencuci janggut agar bisa tetap bersih atau higienis. Buatlah jadwal khusus untuk mencuci janggut secara rutin. Jangan lupa untuk menggunakan sampo ringan yang bebas sulfat. Sangat disarankan untuk mencuci janggut dengan produk sampo yang dibuat dari bahan-bahan alami.

4. Gunakan Kondisioner

Cara merawat janggut juga bisa dilakukan dengan menggunakan kondisioner. Para pria tentu ingin jenggut yang dipelihara bisa tumbuh lembut dan bebas dari keriting. Untuk itu, pemakaian kondisioner pada janggut sangat disarankan. Cukup dengan menggunakan kondisioner selama beberapa menit saja, lalu bilas menggunakan air bersih. Keringkan janggut dengan handuk yang lembut. 

Ingat, jangan pernah mengeringkan janggut dengan cara menariknya. Lakukan dengan lembut menggunakan handuk. Perawatan janggut dengan kondisioner bisa dilakukan setiap dua minggu sekali.

5. Jaga Kelembaban Janggut

cara merawat janggut
(Sumber: Manofmany.com)

Cara merawat janggut selanjutnya adalah dengan menjaga kelembabannya. Janggut dan kulit di sekitarnya harus terjamin kelembabannya. Tidak perlu bingung, karena ada produk khusus yang bisa digunakan untuk melembapkan janggut, seperti minyak janggut. Produk seperti minyak kelapa bisa membantu melembapkan janggut beserta kulit di sekitarnya. 

Bukan hanya mengeluarkan aroma yang wangi saja, minyak kelapa juga mudah dibersihkan dan memiliki banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan pada pertumbuhan rambut. Bahkan, produk ini juga sekaligus bisa mengontrol terjadinya keriting pada janggut serta bisa menyehatkan folikel rambut.

Baca Juga : Yuk Simak Cara Merawat Rambut Keriting Paling Ampuh Disini

6. Sisir Janggut Secara Teratur

Memiliki janggut yang kusut tentu membuat kharisma pria menurun. Agar penampilan tetap maskulin, maka janggut harus selalu bebas kusut. Hanya dengan menyisir janggut secara rutin, maka masalah kusut pada janggut bisa teratasi. Dengan rutin menyisir janggut, maka janggut akan lebih mudah saat diatur dan terbebas dari kesan kumuh.

7. Pakai Produk Khusus Perawatan Janggut

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan pria berjanggut adalah merawat janggut dengan produk perawatan rambut seperti biasa. Ini tentu bukan ide yang baik, karena sebenarnya ada produk khusus untuk merawat janggut yang dijual di pasaran. 

Jadi, sebaiknya segera tinggalkan kebiasaan lama merawat janggut dengan produk yang salah. Segera beralih untuk memakai produk perawatan janggut yang spesifik. Menggunakan produk perawatan yang tepat, tentu akan membantu janggut tumbuh semakin sehat serta mudah diatur.

8. Jangan Biarkan Janggut Melewati Leher

cara merawat janggut
(Sumber: Bluebeards-revenge.co.uk)

Cara merawat janggut selanjutnya terletak pada panjang janggut itu sendiri. Salah satu faktor mengapa laki-laki berjanggut terlihat lusuh adalah karena mereka tidak memperhatikan panjangnya janggut yang dipelihara. Sebaiknya, jangan pernah membiarkan janggut melewati garis leher. Segera pangkat jika ada janggut yang tumbuh di sekitar leher. Hal ini sangat berguna untuk menciptakan kesan sehat dan rapi pada janggut.

9. Jaga Kumis Tetap Rapi

Janggut dan kumis memang layaknya saudara kembar yang tak bisa dipisahkan. Jika telah berkomitmen untuk merawat janggut, maka pastikan pula untuk berkomitmen merawat kumis. Pastikan kondisi kumis juga selalu rapi setiap harinya. Jaga jarak antara kumis dan janggut agar keduanya tetap terkesan rapi.

Baca Juga : Cara Merawat Rambut agar Cepat Panjang dengan Trik Khusus

10. Jaga Pola Makan dan Penuhi Nutrisi

Tidak hanya dari luar, cara merawat janggut juga perlu dilakukan secara internal. Makanan yang dikonsumsi juga sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan kesehatan rambut, termasuk janggut. Makanan yang sehat, kaya protein, dan vitamin sangat baik untuk menjaga pertumbuhan janggut tetap sehat. Dengan menjaga pola makan, maka janggut dan kulit menjadi semakin sehat.

Telur, kacang-kacangan, sayuran hijau, susu, dan daging merupakan rekomendasi makanan sehat yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan janggut. Sebaiknya, hindari memakan junk food terlalu banyak.

11. Rawat dengan Sabar

Cara merawat janggut yang terakhir adalah dengan kesabaran. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa menumbuhkan janggut adalah sebuah komitmen yang besar. Butuh usaha, kerja keras, waktu, serta kesabaran agar janggut bisa tumbuh sehat dan semakin menunjang penampilan.

Nah, itu dia 10 cara merawat janggut yang wajib dilakukan oleh para pria. Jadi, mulai sekarang jangan asal-asalan lagi dalam merawat janggut yang dipanjangkan. Memang butuh usaha dan kesabaran dalam melakukan treatment tersebut, namun hasilnya tidak akan mengecewakan, karena bisa membuat penampilan semakin keren.

Jika sudah berniat untuk memanjangkan janggut, maka pastikan untuk berkomitmen penuh dalam merawatnya. Janggut yang dibiarkan tumbuh begitu saja tanpa sentuhan perawatan apa pun, tentu akan tidak sehat dan bahkan tidak higienis. Jadi, pastikan untuk melakukan berbagai cara merawat janggut terbaik agar janggut sehat, kuat, dan semakin berkarisma.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo raih mimpi Mu.

Leave a Comment