TrikMerawat Extraordinary Man!

Biar Ga Usang, Yuk Cari Tahu Cara Merawat Jam Tangan Warna Emas

4 min read

cara merawat jam tangan emas

Jam tangan menjadi salah satu barang yang hampir dimiliki oleh semua orang. Selain menjadi pengingat waktu, jam tangan juga menjadi salah satu item pelengkap fashion baik wanita maupun pria.

Apalagi saat ini sudah tersedia beragam model jam tangan mulai dari model formal hingga casual. Bagi anda yang memiliki jam tangan berwarna emas sebaiknya menyimak ulasan mengenai cara merawat jam tangan warna emas berikut.

Cara Merawat Jam Tangan Warna Emas Agar Tidak Usang

1. Menyimpan Di Tempat Kering

Cara Merawat Jam Tangan Warna Emas
Simpanlah Jam Tangan Anda di Tempat Kering

Langkah mudah yang bisa anda lakukan agar jam tangan tidak usang adalah dengan menyimpan jam tangan di tempat kering pada suhu normal di dalam ruangan.

Penyimpanan jam tangan yang tidak sesuai akan membuat umur jam tangan anda menjadi berkurang. Warna emas dari jam tangan juga bisa memudar jika menyimpan pada suhu ekstrim yang mempengaruhi kondisi jam tangan. Ada baiknya anda menyimpan dalam kotak khusus sehingga jam tetap aman.

2. Rajin Membersihkan Jam Tangan

Cara Merawat Jam Tangan Warna Emas
Sumber : https://www.mallardsgroups.com/

Jam tangan membutuhkan pembersihan secara rutin agar kualitas jam tangan terjaga. Membersihkan jam tangan bisa mengunakan kain lembut ataupun tisu berbahan lembut yang sebelumnya sudah dibasahi.

Kain yang bisa digunakan yakni kain berbahan katun atau microfiber karena memiliki tekstur yang lembut. Pengosokkan harus dilakukan secara lembut agar lapisan berwarna emas tidak terkikis.

Anda bisa mengunakan pasta gigi untuk membersihkan kotoran yang tertinggal pada jam tangan. Bahan pada pasta gigi juga tidak akan menimbulkan efek buruk pada jam tangan kesayangan anda.

Baca juga : Cara Merawat Jam Tangan Automatic

Sebaiknya anda melakukan pengosokkan dari tali pengikat hingga ke mata jam. Pengosokkan yang benar merupakan salah satu cara merawat jam tangan warna emas agar tidak mudah usang.

Tahukah Kamu? Salah satu jam tangan termahal adalah Graff Diamonds Hallucination yang memiliki harga senilai US$ 55 juta atau sekitar Rp 757 miliar. Wow!

Membersihkan jam tangan juga bisa dilakukan dengan mengunakan kapas basah dengan tambahan sedikit pasta gigi. Kapas bisa digosokkan pada permukaan jam tangan.

Saat pasta gigi sudah merata anda bisa mencelupkan kapan baru dan membersihkan pasta gigi yang masih tertinggal. Setelah itu anda harus melakukan pengeringan dengan maksimal mengunakan kain yang bertekstur lembut.

3. Membersihkan Tali Jam Tangan

Tidak hanya bagian permukaannya saja, bagian tali juga harus dibersihkan sesuai dengan material dari bahan yang digunakan. Membersihkan bagian tali juga bisa menjadikan tangan anda terhindar dari iritasi akibat adanya bakteri yang menempel pada tangan.

Kualitas dari jam tangan milik anda juga akan terjaga jika talinya dibersihkan secara rutin. Anda bisa membersihkan dengan cara menyikat disela-sela tali jam agar sisa keringat bisa hilang.

4. Menjauhkan Jam Tangan Dari Magnet

Cara Merawat Jam Tangan Warna Emas
Jauhkan Jam Tangan dari Magnet

Cara merawat jam tangan warna emas yang selanjutnya adalah dengan tidak mendekatkan dengan barang-barang elektronik seperti lemari es, kipas angin, televisi dan lain sebagainya.

Hal ini karena barang-barang tersebut memiliki gelombang elektromagnetik yang bisa mempengaruhi perputaran sehingga jam anda bisa menunjukkan waktu yang tidak sesuai. Jika hal ini terjadi pada anda mungkin hal ini menjadi penyebabnya.

5. Mengalasi Dengan Tisu

Cara ini sangat berguna bagi anda yang mudah sekali berkeringat terutama pada bagian dimana jam tangan anda terpasang. Sebaiknya anda mengalasi pergelangan tangan dengan tisu atau kain berbahan lembut yang bisa menyerap keringat.

Baca Juga : Cara Merawat Baterai HP Lepas

Hal ini dilakukan karena jam tangan yang bersentuhan dengan keringat secara langsung akan menimbulkan korosi atau karat karena, kandungan garam sehingga jam tangan warna emas anda bisa pudar.

Anda juga bisa mengatasinya dengan melepas terlebih dahulu jam tangan dan mengeringkan bagian yang berkeringat. Cara ini harus diperhatikan terutama jika jam tangan bewarna emas anda berbahan stainless steel yang lebih rentan berkarat dibandingkan dengan bahan yang lain.

Pastikan untuk tidak membuat keringat bersentuhan langsung dengan jam tangan anda agar tidak menimbulkan sesuatu yang tidak diinginkan.

6. Memakai Sesuai Kegiatan

Cara Merawat Jam Tangan Warna Emas
Jangan Gunakan Jam Tangan Anda Terus Menerus

Jam tangan menjadi pelengkap wajib yang selalu digunakan dalam setiap aktivitas, meski demikian anda harus menyesuaikan kegiatan dengan pengunaan jam tangan sebagai salah satu cara merawat jam tangan warna emas agar tahan lama.

Jika sedang berolahraga sebaiknya anda tidak mengunakan jam tangan berbahan stainless agar tidak menimbulkan terjadinya korosi atau karat yang dapat merusak jam tangan anda.

Tidak hanya itu, pengunaan jam tangan yang tidak sesuai dengan kegiatan juga bisa membuat jam tangan lecet akibat benturan. Lebih baik anda mengunakan jam tangan berbahan karet saat beraktivitas berat.

Dan mengunakan jam tangan berbahan stainless untuk kegiatan yang tidak beresiko tinggi untuk meminimalisir benturan dan goresan. Jam tangan anda juga bisa pecah jika tidak memperhatikan hal ini.

7. Mengenali Water Resistance

Setiap jam tangan memiliki fitur yang berbeda yang harus anda perhatikan. Beberapa jam tangan memang dibekali dengan water resistant dengan kadar yang berbeda.

Jam warna emas anda bisa memudar karena pengaruh dari berbagai cairan yang singgah. Pemakaian parfum atau cologne pada pergelangan tangan contohnya bisa menjadi penyebab jam warna emas anda memudar.

Parfum jelas memiliki kandungan bahan kimia yang belum dipastikan tidak akan membuat jam tangan anda rusak. Sebaiknya anda menghindari jam tangan bersingungan secara langsung dengan cairan tersebut.

Baca juga : Cara Merawat Baterai Hp Non Removable

Anda harus memastikan bahwa parfum sudah benar-benar kering saat dipergelangan tangan sebelum pemakaian jam tangan. Cara merawat jam tangan warna emas ini sangat penting untuk menghindari kusamnya warna jam tangan.

Info! Jam tangan Rolex Submariner adalah jam presisi pertama yang dikembangkan untuk digunakan dalam laut.

Water resistance yang tersedia pada jam juga harus diperhatikan dengan benar, karena jika tertera label waterproof to 100 m bukan berarti anda bisa memakainya untuk menyelam dengan kedalaman 100 m.

Hal ini karena tekanan di lab uji coba berbeda dengan tekanan pada laut yang bebas. Agar jam anda tidak mati dan rusak ada baiknya anda mengunakan jam tangan tersebut hanya untuk snorkeling atau berenang.

8. Service Secara Berkala

Memiliki jam tangan tidak hanya menjaga tampilannya saja namun juga komponen yang ada di dalamnya. Apalagi jam, bekerja setiap hari selama 24 jam penuh dalam jangka waktu yang panjang.

Sebaiknya anda, melakukan service dengan rutin untuk mengontrol kondisi jam tangan warna emas milik anda. Dengan service rutin anda bisa mengetahui kondisi tertentu yang tidak bisa dilihat dengan kasat mata.

Melakukan service dalam cara merawat jam tangan warna emas juga bisa anda gunakan untuk menganti baterai yang sudah waktunya diganti.

Pengantian baterai ditentukan dengan melihat kondisi, tipe jam dan juga usia pemakaian. Anda bisa mendatangi tempat service untuk melakukan pemeriksaan dalam 1 atau 2 tahun sekali. Waktu ini tergantung dari seberapa sering pemakaian dan perawatan yang diberikan.

Menjaga jam tangan tetap indah dan bisa bertahan lama bisa anda sesuaikan dengan material bahan yang terdapat pada jam tangan. Selain itu, perawatan dan cara penyimpanan saat tidak digunakan juga sangat mempengaruhi kondisi dari jam tangan anda.

Sebaiknya anda melakukan service dan perawatan secara rutin, entah melakukannya sendiri atau menyerahkan pada orang yang sudah ahlinya.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *