TrikMerawat Extraordinary Man!

Sudah Tahu Cara Merawat Jam Automatic ? Yuk Cek Disini !

4 min read

cara merawat jam automatic

Tidak hanya sebagai alat untuk petunjuk waktu, jam tangan kini pun menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Bahkan jam tangan kini telah termasuk dalam kategori aksesoris untuk meningkatkan penampilan.

Beberapa jam tangan yang modis seperti jam automatic menjadi model jam tangan mewah yang cukup diburu penggemarnya. Sebagai alat yang bekerja secara otomatis, perawatannya pun lebih intensif. Yuk simak cara merawat jam automatic berikut.

Tips Cara Merawat Jam Automatic dengan Mudah


1. Hindari dari Alat Elektronik

Karena bergerak secara otomatis, tentu jam tangan automatic memiliki ebrbagai komponen mesin didalamnya. Mesin – mesin tersebut dapat terganggu apabila berdekatan dengan magnet yang besar, untuk waktu yang lama.

Magnet besar dapat ditimbulkan dari berbagai media elektronik seperti televisi, komputer, speaker, hingga gadget.

Baca Juga : Cara Merawat Mesin Fotocopy

Magnet-magnet yang dihasilkan oleh alat elektronik tersebut dapat mengacaukan sistem mekanisme jam tangan automatic ini.  Apabila magnet besar terus berdekatan dengan jam otomatis ini, pada akhirnya dapat merusak mesin yang ada di dalamnya.

Usahakan untuk tidak mendekatkan jam otomatis dengan perangkat elektronik terlalu lama.

Tahukah Kamu? Jam tangan otomatis memiliki ketahanan rata-rata 40 jam. Dan apabila jam tangan tidak digunakan selama kurang lebih 48 jam – 72 jam, tenaga pada rotor akan habis dan akan membuat jam tangan berhenti bergerak.

2. Hindari Menggunakan Jam Ketika Berolah Raga

Jam Automatic sangat sensitif terhadap gerakan,  oleh karena itu cara merawat jam automatic  adalah dengan meminimalisir pergerakan tangan. Ketika anda hendak berolahraga seperti golf atau tenis lebih baik melepasnya terlebih dahulu.

Olahraga seperti golf dan tennis, menggunakan banyak gerakan pada tangan. Namun, gerakan-gerakan yang kencang ini dapat mengguncang mesin yang ada di dalam jam.

Jam otomatis memiliki komponen-komponen mesin yang sangat rentan untuk lepas atau mengalami macet. Apabila jam terlalu digerakkan dengan sangat kencang, dapat membuat mekanisme roda gigi pada jam menjadi cepat rusak.

Pastikan anda melepas dan menyimpan terlebih dahulu jam automatic ini sebelum berolahraga.

3. Set UP Jam Automatic

Ketika memiliki sebuah jam, terkadang jam tersebut tidak akan cocok dengan waktu yang diinginkan. Beberapa orang lebih suka dengan memberikan waktu lebih 5 menit agar tidak terlambat dalam berkegiatan.

Sama seperti jam pada umumnya, jam automatic ini pun dapat diatur sedemikian rumah sesuai dengan pemilik jam.

Namun ada hal yang perlu diperhatikan, hal pertama yang perlu dilakukan adalah melepaskan jam dari pergelangan tangan. Beberapa orang ada yang terbiasa langsung mengatur jam saat masih digunakan di pergelangan tangan.

Baca Juga : Cara Merawat Jam Tangan Warna Emas

Sedangkan untuk jam otomatis ini, sangat rentang dengan pergerakan yang terlalu kuat. Oleh karena itu usahakan untuk melepas terlebih dahulu dan putar perlahan crown jam.

Cara merawat jam automatic adalah dengan memutar crown sehalus mungkin, arahkan searah dengan jarum jam sebanyak 20 hingga 30 kali sampai jarum panjang bergerak.

Setelah mengatur waktu, anda pun dapat menyesuaikan tanggal pada jam otomatis. Apabila anda selesai mengatur waktu pada jam automatic, tekan kembali crown untuk menyelesaikan set up waktu. Jam otomatis biasanya dapat menyimpan energi selama kurang lebih 36jam.

4. Bersihkan Jam Tangan Menggunakan Lap

Sapa seperti perangkat elektronik lainnya, jam automatic akan awet tahan lama apabila dibersihkan secara rutin. Ketika membersiihkan bagian jam, gunakan lap yang lembut dan bebas serat agar tidak merusak atau mengubah crown pada jam.

Apabila anda ingin membersihkan kotoran yang terdapat pada celah-celah jam, gunakan tusuk gigi dan bersihkan secara perlahan.

Untuk mencuci bagian jam yang terbuat dari besi, bersihkan dengan air hangat dan sabun untuk menghilangkan noda atau kotoran. Gunakan sikat gigi yang lembut, lalu segera keringkan menggunakan kain lembut.

Cara merawat jam automatic selanjutnya adalah dengan tidak  merendam jam dalam air, apabila jam trelalu basah keringkan dengan lap halus.

5. Simpan Jam dalam Watch Winder

Apabila anda memiliki jam otomatis yang jarang digunakan, lebih baik simpan jam tersebut di dalam watch winder. Alat penyimpan tersebut akan membantu mekanisme jam, seolah –olah sedang dipakai dalam pergelangan tangan.

Pastikan untuk selalu memperhatikan dan terus melakukan perawatan meski jam otomatis sedang tidak digunakan.

Baca Juga : Cara Merawat Air Cooler

Perawatan dalam jam dapat memberikan umur jam otomatis menjadi lebih lama. Ketika jam otomatis tidak digunakan dan tetap dalam watch winder, bersihkan tempat menyimpan dari tumpukan debu.

Anda juga bisa meletakkan jam otomatis beserta watch winder ke dalam sebuah laci atau lemari yang dpat melindungi jam dari debu.

6.  Bersihkan Tali Jam Automatic

Tidak hanya case, dan kaca jam nya saja yang perlu di bersihkan. Tali jam juga perlu dibersihkan karena tali ini bersentuhan langsung dengan kulit yang berkeringat.

Membersihkan tali jam otomatis yang terbuat dari karet cukup dengan menggunakan kain lap basah. Jika terdapat sisa atau noda bekas keringat yang menempel pada tali, bisa menggunakan sikat halus.

Tali kulit tentu memerlukan perawatan yang lebih khusus, hal ini karena apabila kulit tersebut pudar atau terdapat jamur dapat menurunkan nilai dari penampilan jam automatic.

Gunakan lap halus kering untuk membersihkan bagian luar tali, atau anda juga bisa menggunakan produk pembersih dari manufaktur apabila diperlukan.

Salah satu Jam termahal adalah Patek Philippe 5004T diproduksi mulai tahun 2013 dengan harga Rp55,8 Miliar

7. Ketahui Fungsi Dari Jam Automatic

Tidak seluruh jam automatic dibekali dengan fitur water resistance, oleh karena itu cara merawat jam automatic adalah dengan mengetahui terlebih dahulu fitur apa saja yang ada pada jam otomatis anda.

Apabila jam otomatis yang anda miliki memiliki fitur water resistance, tentu jam automatic tersebut memiliki tingkat yang berbeda.

Fitur water resistance yang dimiliki pada jam otomatis pun perlu anda cermati, seberapa besar air yang mampu ditahan oleh jam. Umumnya, meskipun memiliki fitur tersebut, jam automatic tetap perlu dihindari dari cairan berbahan dasar kimia.

Cairan seperti parfum, cologne, kosmetik, hingga mintak dapat merusak warna dan strap jam. Jika anda ingin memakai parfum pada pergelangan tangan, kenakan parfum sebelum menggunakan jam automatic.

8. Rutin Mengganti Baterai

Umumnya jangka pakai baterai sebuah jam otomatis adalah tiga hingga empat tahun. Namun, umur baterai ini pun dapat berkurang sesuai dengan perawatan yang didapatkan.

Berkurangnya umur baterai bergantung dari beberapa faktor yaitu usia pemakaian, kondisi jam, hingga tipe jam. Perlu anda ingat bahwa semakin banyak fitur atau fungsi yang dimiliki, semakin sering pula anda harus mengganti jam automatic.

Baca Juga : Cara Merawat Baterai Hp Non Removable

Selalu memperhatikan gerakan jam otomatis juga merupakan cara merawat jam automatic yang perlu dilakukan, ketika jarum telah melambat segera ganti baterai agar terhindar dari kebocoran.

Kebocoran ini dapat merusak mekanisme jam, daripada dibiarkan saja hingga mati dan justru dapat merusak jam lebih baik anda langsung mengganti baterai.

9. Rutin Melakukan Pemeriksaan Setiap 2 tahun

Alat elektronik, tentu membutuhkan pengecekan yang mendalam untuk menghindari masalah yang berkelanjutan. Sama halnya dengan jam automatic, apabila jam yang anda miliki adalah jam mekanis lakukan pemeriksaan setiap 2 hingga 3 tahun sekali.

Dengan sering melakukan pemeriksaan pada servis jam, anda bisa langsung mengetahui ketika ada kesalahan pada mesin jam automatic.

Faktor seberapa sering jam digunakan, serta bagaimana penyimpanannya pun sangat berpengaruh pada frekuensi servis. Tidak hanya itu saja, bahkan jam otomatis yang tidak digunakan pun dapat berpengaruh pada kesehatan mesin jam automatic.

Apabila anda merasa jam automatic milik anda sering digunakan, maka lakukan pemeriksaan atau perawatan lebih sering lagi.

Jam automatic adalah model jam dengan display sejenis analog, rangkaian mesinnya pun bekerja secara mekanikal sehingga membuat baterai ini dapat berjalan secara otomatis.

Jam otomatis menjadi model jam mewah yang cukup di gemari, karena jam mekanik dinilai meningkatkan style yang lebih classy dan modern. Jam mekanik terdiri dari berbagai komponen manual, sehingga perawatannya pun perlu lebih diperhatikan untuk menambah usia pemakaiannya.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *