Cara Merawat Benda

Agar Tidak Jamuran, Yuk Simak Cara Merawat Jaket Kulit Asli

cara merawat jaket kulit
Written by Josua Rifandy

Pakaian yang kita gunakan akan mencerminkan karakter kita. Hadirnya beragam pakaian luar hingga dalam yang beragam membuat kita bebas berekspresi dengan memadu padankan pakaian tersebut.

Jaket kulit sebagai item produk fashion luaran yang digemari oleh wanita maupun pria. Bahan yang terbuat dari kulit hewan tentunya membutuhkan perawatan khusus. Untuk itu yuk simak cara merawat jaket kulit asli berikut.

Cara Merawat Jaket Kulit Yang Harus Anda Tahu


1. Perhatikan Cara Mencuci Jaket Kulit

Jika anda menginginkan jaket kulit asli anda awet, anda harus memperhatikan cara pencucian yang benar. Anda sebaiknya tidak mencuci mengunakan mesin cuci seperti mencuci baju yang lainnya.

Sebenarnya ada trik khusus jika anda tetap ingin mencuci dengan mesin cuci namun, hasilnya tidak mengurangi kualitas pada fisik jaket kulit anda. Anda bisa mencucinya dengan beberapa baju lain secara bersamaan.

Baca Juga : Cara Merawat Kaos

Hal ini dikarenakan bahan seperti t-shirt, celana hingga kaos kaki menyerap banyak air, sehingga air tidak akan menyerap ke jaket kulit dalam jumlah banyak.

Ada baiknya anda mengunakan deterjen yang biasa digunakan dengan mengunakan air dingin. Anda juga harus mengunakan metode pencucian delicate. Dengan memperhatikan hal ini jaket kulit anda tetap bisa bersih namun tidak mengurangi tampilan fisiknya.

2. Membaca Label Pada Jaket

Jika anda masih ragu untuk mencuci mengunakan mesin cuci sebaiknya anda perhatikan label pada jaket. Hal ini disarankan dalam cara merawat jaket kulit asli untuk memastikan bagaimana teknik pencucian yang sudah disesuaikan dengan jaket.

Label ini tidak hanya memuat saran pencucian namun juga memuat cara perawatan yang disarankan serta suhu yang disarankan. Cara sederhana ini bisa dengan mudah anda lakukan.

ini tidak hanya memuat saran pencucian namun juga memuat cara perawatan yang disarankan serta suhu yang disarankan. Cara sederhana ini bisa dengan mudah anda lakukan.

Jaket Kulit Merupakan pakaian yang cocok dikombinasikan sebagian besar Pakaian

3. Menjauhkan Dari Benda Tajam

Agar jaket kulit anda awet sebaiknya jauhkan dari benda tajam karena bisa membuatnya tergores. Noda-noda seperti minyak, kopi dan cairan lainnya sebaiknya juga dihindari, apalagi jika jaket anda memiliki permukaan yang lembut.

Baca Juga : Cara Merawat Sepatu Kulit

Jaket kulit yang asli memiliki pori sehingga, cairan tersebut akan terserap dan membentuk sebuah noda yang akan sulit untuk dihilangkan. Ancaman seperti ini sebaiknya anda hindarkan karena akan merusak jaket anda.

4. Lakukan Pengeringan Yang Tepat

Untuk menghindarkan jaket kulit berjamur anda haruslah mengeringkan jaket dengan cara tepat. Harus benar-benar kering agar tidak menimbulkan bau yang tidak sedap.

Anda bisa mengeringkan jaket dengan mengunakan haidryer level yang medium. Sebaiknya anda tidak mengunakan level maksimum atau, panas yang terlalu berlebihan pada jaket kulit asli anda karena akan meninggalkan lipatan pada jaket.

Cara merawat jaket kulit asli yang disarankan saat mengeringkan jaket adalah, dengan menatanya lurus dan tidak membiarkan terlipat sedikitpun.

Jaket kulit bisa disimpan setelah benar-benar kering dan tidak ada bagian yang terlewatkan. Dengan cara ini jaket kulit asli anda akan tetap nyaman digunakan dan tidak merusak tampilan fisiknya. Jamur yang muncul pada jaket bisa membuat materialnya rusak dan mengurangi keindahan.

5. Sebaiknya Di simpan Pada Suhu Ruangan

Guna menjaga kualitas, jaket kulit asli haruslah disimpan pada tempat yang tidak lembab atau udara kering yang memiliki kualitas terjaga. Karena jaket kulit anda bisa terserang jamur atau rusak jika suhu penyimpanan tidak sesuai.

Sebaiknya anda menyimpannya pada tempat terbuka yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Dengan begitu jaket anda tidak akan ditumbuhi jamur juga tidak lembab sehingga, tetap nyaman digunakan.

6. Pastikan Untuk Tidak Pernah Melipatnya

Tidak jarang beberapa orang menyimpan jaket kulit dengan melipatnya. Meskipun jaket kulit asli memiliki tekstur yang lembut sebaiknya, anda jangan pernah untuk melipat jaket.

Anda lebih baik mengantungnya mengunakan hanger pakaian dalam, menyimpan jaket kulit asli anda. Hal ini dilakukan agar jaket memiliki bentuk yang sama dan terjaga. Kebiasaan melipat jaket akan membuat jaket memiliki kerutan bahkan retak.

Jaket kulit yang terlipat terlalu lama dan retak lama kelamaan akan mengelupas. Kejadian mengelupasnya kulit ini disebut dengan expired. Jika kondisi dibiarkan maka, akan membuat jaket kulit tidak sedap untuk dipandang atau bahkan saat dipakai.

Untuk menghindari hal ini sebaiknya, anda mematuhi untuk tidak pernah melipat jaket dalam kondisi apapun. Apalagi hingga menjadi kebiasaan yang artinya dilakukan berulang.

Tidak hanya keren dan melindungi, jaket kulit juga memiliki daya tahan yang baik sehingga mampu bertahan untuk waktu yang lama.

7.  Tempat Penyimpanan yang Sesuai

Para kolektor jaket kulit maupun pecinta fashion berpendapat bahwa cara merawat jaket kulit asli yang benar adalah dengan menyimpannya di lemari. Anda bisa memberikan silcagel di dalam lemari sehingga jaket kulit anda akan tetap memiliki kualitas seperti pertama membelinya.

Baca Juga : Cara Merawat Jam Automatic

Suhu dan kondisi ruangan juga tidak disarankan memiliki udara yang lembab. Lemari dirasa paling cocok karena bisa menghindarkan dari sinar matahari langsung.

Jaket kulit asli sebaiknya tidak terkena sinar matahari langsung karena, akan membuat jaket kaku atau bahkan mudah retak. Jika sudah rusak jaket kulit asli anda tidak akan bisa digunakan lagi.

Sebaiknya mulai saat ini anda memperhatikan tempat penyimpanan yang sesuai, jika anda ingin mengunakan jaket kulit kesayangan dalam jangka waktu yang lama. Penyimpanan yang tidak benar juga bisa membuat debu mudah untuk menempel.

8. Perhatikan Bahan Yang Diperbolehkan

Ada beberapa bahan yang diperbolehkan untuk digunakan menghilangkan noda pada jaket kulit anda. Jika jaket anda sudah terlanjur ditumbuhi jamur anda masih bisa membersihkannya dengan spirtus sebagai cara merawat jaket kulit asli anda.

Sebelumnya anda harus membuat campuran air dengan alkohol mengunakan perbandingan 1:1. Anda bisa mengunakan kain yang dibasahi dengan larutan yang sudah anda buat untuk bersihkan area yang berjamur. Kemudian anda bersihkan dengan lap basah lain dan keringkan.

Salah satu bahan tersebut adalah aseton yang digunakan untuk menghapus cat kuku. Untuk menghilangkan noda pada jaket anda bisa mengunakan kapas yang sebelumnya sudah dicelupkan pada penghapus cat kuku.

Anda harus mengosok pada bagian tersebut dan jangan biarkan nodanya menyebar. Setelah itu gunakan kain basah untuk membersihkan dan keringkan dengan benar.

Baca Juga : Cara Merawat Sneakers

Bahan lainnya yang bisa anda gunakan adalah pasta gigi. Cara pengunaannya cukup mudah yakni dengan mengusapkan pada bagian yang terkena noda.

Pastikan untuk mengosoknya dengan perlahan mengunakan kain lembut hingga noda terangkat. Anda tidak disarankan mengosok dengan sikat karena bisa mengores bahkan membuat warna jaket memudar. Setelah bersih hapus noda pasta gigi dengan lap lembab dan keringkan jaket.

Masih ada bahan disekitar anda yang bisa digunakan untuk membersihkan noda pada jaket kulit asli anda. Untuk hapuskan noda minyak atau lemak anda bisa gunakan baking soda atau maizena.

Caranya cukup mudah yakni menaburkan maizena atau baking soda dan mengosoknya dengan perlahan. Anda harus mendiamkan selama beberapa jam. Bahan –bahan tersebut menjadi salah satu cara merawat jaket kulit asli yang disarankan, karena tidak merusak fisik jaket.

Jaket kulit merupakan jaket yang berbahan kulit hewan sehingga membutuhkan perawatan yang tepat agar jaket tetap memiliki sisi estetik ketika dipakai. Apalagi selain sebagai penghangat badan, jaket kulit juga sebagai item fashion yang menunjang penampilan anda.

Dengan mematuhi hal yang harus dihindari, keinginan memiliki jaket kulit anti jamur dan tetap awet bisa diwujudkan.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

About the author

Josua Rifandy

Saya adalah seorang Entrepreneur Muda yang sedang aktif di dunia bisnis digital. Dalam menjalankan kehidupan saya memiliki Prinsip untuk Tidak Berhenti Belajar, Tidak Berhenti Bermimpi, dan Tidak Menyerah di Tengah Jalan. So tunggu apalagi, Ayo Raih Mimpi Mu.

Leave a Comment