TrikMerawat Extraordinary Man!

10 Cara Merawat Ikan Louhan Paling Efektif, Kamu Harus Tahu

4 min read

cara merawat ikan louhan

Ikan louhan merupakan ikan yang memiliki keunikan benjolan di kepalanya. Benjolan tersebut membuat ikan louhan menjadi ikan primadona bagi para pecinta ikan hias air tawar.

Harga untuk satu ikan louhan terbilang cukup fantastis, sehingga dengan harga selangit ikan louhan pun harus dirawat dengan baik. Yuk simak cara merawat ikan louhan agar tetap memiliki warna cerah dan sehat.

Berbagai Macam Cara Merawat Ikan Louhan

1. Perhatikan Aquarium

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika hendak membeli ikan louhan tentu adalah aquarium sebagai tempat tinggal louhan. Ukuran aquarium untuk ikan hias ini memerlukan panjang 90 cm, lebar  40 cm, dan tinggi 50 cm.

Semakin tinggi aquarium, semakin bagus untuk ikan louhan. Untuk melengkapinya menyaring kotoran pada air, pasang filter pada aquarium. Berikan penerangan pada aquarium, seperti lampu jenis TFC  untuk menghangatkan suhu air dan hidupkan selama 10 jam.

2. Pakan Ikan Louhan

Hal yang perlu diperhatikan dalam cara merawat ikan louhan tentu dari hal pakan yang diberikan, pakan louhan bisa terdiri dari pakan alami atau buatan.

Untuk pakan alami, bisa menggunakan udang, anakan lele, anak ikan mas, dan ikan ikan kecil.Bisa juga diberikan cacing sutra, cacing darah, bahkan jangkrik yang tersedia di pasar hewan.

Kebiasaanya yang hidup sendiri dan individual ini membuat ikan louhan akan segera mengusir pendatang bari dengan menyerang secara ganas.

Meskipun pakan alam merupakan makanan yang bagus untuk louhan, namun ikan hias ini juga memerlukan pakan buatan karena memiliki nutrisi yang pas.

3. Jumlah Pakan yang Tepat

Pemberian pakan memang baik untuk menurtrisi kebutuhan dari ikan louhan, namun pemilik louhan juga perlu memperhatikan jumlah pakan itu sendiri. Untuk mengetahui apakah ikan louhan sudah kenyang atau masih lapar adalah dengan melihat reaksi dari louhan sendiri.

Jika pakan yang diberikan masih tersisa banyak, menandakan louhan sudah kenyang. Maka untuk memberikan pakan selanjutnya bisa lebih dikurangi takarannya.

Baca Juga : Cara Merawat Ikan Cupang

Untuk mencegah kelebihan atau kekurangan pakan, bisa diantisipasi dengan memberikan pakan secara sedikit demi sedikit. Lalu perhatikan louhan, jika gerakannya mulai melambat hal ini menandakan bahwa ikan hias anda sudah kenyang. Trik ini sangat bagus untuk mengontrol jumlah pakan louhan.

4. Memperhatikan Suhu Air

Cara merawat ikan louhan agar terhidar dari stress salah satunya adalah dengan memperhatikan kualitas dan suhu air.

Perhatikan suhu air pada aquarium, standarnya suhu pada aquarium haruslah antara 29 – 30 derajat celcius. Usahakan mengganti air aquarium 2 minggu sekali sebanyak seperempat dari seluruh aquarium.

Tahukah Kamu? Salah Satu Keunikan dari Ikan Louhan adalah Mengumpulkan Krikil

Terlalu sering mengganti air juga tidak bagus untuk kondisi mental sang ikan, louhan bisa mengalami stres apabila pengurasan air sering dilakukan. Akibat dari louhan yang stres tentu saja berdampak pada warna ikan louhan.

Dengan menguras seperempat isi dari aquarium akan membuat kualitas air menjadi lebih bersih. Dilakukan 2 minggu sekali karena adanya alat penyaring atau filter telah membersihkan sebagian air aquarium.

5. Kontrol pH Air

Air merupakan tempat hidup untuk ikan hias, air kolam maupun aquarium yang buruk akan menghambat pertumbuhan louhan. Untuk mengetahui apakah air tempat louhan ini memiliki kualitas baik atau buruk, diperlukan alat pengukuran pHnya.

Alat untuk mengukur pH air ini akan mengukur kandungan Hidroksida (OH) dan Hidrogen (H+) yang ada di dalam air.

Skala pH yang cocok digunakan untuk ikan louhan adalah antara pH7 hingga pH8. Skala pH yang terlalu tinggi atau rendah juga merupakan faktor louhan menjadi stres. Mengetahui angka pH ini sangat penting, ikan tidak mungkin hidup dalam air dengan pH 4 atau pH 11.

Apabila louhan hidup dalam pH yang tidak sesuai, mengakibatkan warna tidak cemerlang, dan perkembangan terhambat.

6. Letakkan Pasir, Batu dan Tanaman Air

Ikan yang aktif tentu adalah ikan yang merasa nyaman dengan lingkungannya, sehingga cara merawat ikan louhan dilihat dari tempat yang anda berikan. Letakan berbagai dekorasi untuk melengkapi aquarium seperti pasir, bebatuan, dedaunan atau terumbu karang buatan.

Dengan aquarium yang lebih besar dari ukuran louhan, serta suasana yang mirip dengan habitat asli louhan, bisa membantu ikan hias ini untuk nyaman dengan tempat tinggal barunya.

7. Interaksi dengan Pemilik Louhan

Tips yang satu ini mungkin terdengar aneh, namun perlu diketahui bahwa berinteraksi dengan louhan sangat berpengaruh pada pertumbuhannya.

Cara berinteraksi dengan si louhan cukup dengan memasukkan tangan secara perlahan kedalam aquarium, atau hanya sebatas di dinding luar aquarium.

Jika takut menggunakan tangan, cermin yang ditempelkan pada aquarium juga mampu merangsang pertumbuhan benjolan yang ada di kepala louhan.

Pemberian batu pada dasar aquarium yang memungkinkan dipindah oleh louhan juga salah satu usaha agar pertumbuhan ikan hias ini semakin cepat.

8. Ketahui Penyakit Pada Louhan

Ikan louhan sangat mudah terinfeksi dengan penyakit, anda sebagai pemilik ikan louhan harus mengetahui berbagai penyakit yang bisa menginfeksi ikan hias ini.

Salah satu cara merawat ikan louhan adalah dengan melakukan pencegahan terhadap berbagai penyakit, penyakit seperti white spot sangat sering menyerang louhan. White spot merupakan penyakit yang disebabkan adanya bintik putih pada sisik, bintik tersebut adalah jenis jamur pada ikan.

Baca Juga : Cara Merawat Ikan Koi

Tidak hanya penyakit white spot, louhan juga bisa terkena penyakit bisul pada mulut. Biasanya ditandai dengan luka memerah pada mulut louhan, luka ini berawal dari infeksi akibat jamur, pakan yang tidak cocok, atau perkelahian.

Ketika terjadi hal ini, puasakan louhan selama 3-4 hari untuk tidak memperparah luka.

9. Ketahui Obat Untuk Louhan

Berbagai obat yang dapat digunakan agar louhan tidak mudah terserang penyakit adalah obat-obatan antibiotik. Obat antibiotik yang dimaksud adalah ciproflozatin, yaitu antibiotik yang digunakan untuk berbagai penyakit untuk louhan.

Penyakit white spot juga bisa ditangani dengan obat ini. Berikan dosis sesuai dengan tingkat keparahan jamur pada ikan, untuk teteskan obat pada air atau dioleskan langsung pada ikan.

Anti biotik selanjutnya adalah metronidazole, yaitu obat untuk menyembuhkan penyakit infeksi karena mikroorganisme atau jamur.

Hampir semua penyakit yang menyerang louhan dapat disembuhkan dengan metronidazole, karena memang hampir semua penyakit yang menyerang louhan disebabkan oleh jamur.

Dosis yang diberikan untuk obat ini disesuaikan dengan tingkat keparahan yang menyerang louhan.

10. Lingkungan yang Tenang

Cara merawat ikan louhan yang terakhir adalah memastikan bahwa lingkungan tempat tinggal louhan tidak bising. Tempatkan aquarium pada ruangan yang umum seperti ruang tamu, ini karena pada umumnya ruang tamu tidak seramai ruang tv atau ruang keluarga yang menjadi sarang tertawa dan bermain.

Perkawinan silang pada tahun 1995 yang kemudian melahirkan generasi baru dari ikan louhan yang dinamakan sebagai five-color god of fortune.

Memberikan suasana yang tenang dan tidak mengejutkan louhan bisa membantu ikan agar tidak menjadi ikan penakut. Apabila sering terkejut dengan suara teriakan atau suara bising lainnya, louhan akan cenderung mudah terkejut dan menjadi penakut.

Usahakan juga tidak mendekati louhan dengan suara lantang atau mengetuk kaca aquarium dengan keras.

Louhan banyak diminati para pecinta ikan hias karena keunikannya, warna sisik yang hidup serta benjolan di kepala mereka membuatnya semakin terlihat berbeda dengan ikan hias lainnya.

Namun, jika tidak dapat memberi perawatan dengan benar, maka keunggulan ikan louhan tersebut tidak akan terlihat. Ada baiknya perawatan disesuaikan dengan kondisi ikan louhan yang dimiliki.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

One Reply to “10 Cara Merawat Ikan Louhan Paling Efektif, Kamu Harus…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *