TrikMerawat Extraordinary Man!

Panduan Lengkap Cara Merawat Ikan Arwana di Akuarium

4 min read

Cara Merawat Ikan Arwana

Cara merawat ikan arwana di akuarium tidaklah sulit. Sayangnya masih banyak orang yang kesulitan merawat ikan arwana, sehingga kebanyakan sering gagal.

Meski harganya cukup mahal, daya tarik dari ikan ini tetaplah tinggi. Hal tersebut karena bentuknya yang sangat indah ditambah dengan aneka warna dari setiap jenisnya.

Jenis ikan warna sendiri cukup beragam berdasarkan warna sisiknya, seperti golde red dan silver. Ikan hias yang memiliki bentuk yang indah dan elegan tentu akan membuat hunian menjadi lebih hangat.

Oleh sebab itu, ikan arwana yang memiliki bentuk cantik ini bisa menjadi pilihan untuk dipelihara.

Lalu bagaimana cara merawat ikan arwana? Pada artikel ini akan dijelaskan panduan lengkap merawat ikan arwana di akuarium, khususnya bagi pemula. Langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Memelihara Ikan Arwana


Menyiapkan Akuarium

Seperti ikan hias kebanyakan yang dijual di pasaran, ikan arwana merupakan ikan air tawar. Salah satu cara merawat ikan arwana di rumah yang perlu diperhatikan adalah dengan menyiapkan akuariumnya.

Usahakan menggunakan akuarium yang memiliki ukuran tiga kali lebih besar dari ukuran ikannya.

Ukuran ikan arwana sendiri bisa mencapai satu meter ketika dewasa. Oleh sebab itu, jika ingin memelihara ikan arwana dari anakan siapkan ukuran akuarium untuk ikan dewasa. Besar kecilnya akuarium yang digunakan juga mempengaruhi pertumbuhan ikan arwana.

Baca Juga : Cara Merawat Ikan Louhan

Selanjutnya pastikan pH dalam air telah sesuai untuk pertumbuan ikan arwana. Idealnya air yang baik untuk pertumbuhan ikan arwana adalah memiliki suhu antara 26 hingga 30 derajat Celcius dan pH antara 5 hingga 8.

Menjaga temperatur air juga merupakan salah satu cara merawat ikan arwana yang perlu diperhatikan.

Harga Ikan Arwana bermacam-macam mulai dari Rp. 150.000 hingga Rp. 200 juta. Namun terdapat ikan arwana yang memiliki harga cukup melambung yaitu ikan arwana jenis Platinum yang memiliki harga hingga Rp. 5,7 Miliyar. Wow!

Menyediakan Perlengkapan Akuarium

Cara merawat ikan arwana di dalam akuarium memang membutuhkan perhatian yang lebih ektra. Agar ikan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, perlengkapan akuarium juga harus lengkap.

Beberapa aksesoris yang perlu dipersiapkan adalah aerator, filter, lampu TL, dan heather.

Setiap perlengkapan tersebut memiliki fungsinya masing-masing. Aerator berfungsi untuk menjaga oksigen di dalam air. Filter yang digunakan sebagai penyaring kotoran ikan.

Lampu TL diguanaan sebagai pengganti cahaya matahari atau hanya sekadar untuk mempercantik akuarium. Sedangkan heather  dapat digunakan untuk mengatur temperatur dalam akuarium.

Anakan Ikan Arwana

Sebelum memelihara ikan arwana, pastikan ikan arwana yang dibeli memiliki kondisi fisik sehat saat membelinya. Anakan arwana yang sehat biasanya memiliki ukuran tubuh yang besar dan dapat bergerak dengan lincah.

Cara yang bisa dilakukan saat memilih ikan adalah dengan melempar sedikit makanan pada ikan. Ikan yang sehat akan dengan gesit malahap makanan.

Hiasan yang Digunakan

Memberi hiasan di dalam akuarium tentu dapat mempercantik penampilan akuarium. Sayangnya penggunaan hiasan yang berlebihan pada akuarium dapat mengganggu tumbuh kembang ikan arwana.

Salah satu cara merawat ikan arwana yang perlu diperhatikan adalah gunakan hiasan seminimal mungkin agar ikan arwana dapat bergerak bebas.

Baca Juga : Cara Merawat Ikan Cupang

Selanjutnya jangan gunakan hiasan yang memiliki ujung tajam. Hiasan yang berujung tanjam dan runcing tentu akan membahyakan hidup ikan arwan dalam akuarium.

Cukup lengkapi dengan sedikit hiasan berbentuk tumbuhan agar akuarium tidak terlalu kosong.

Tips Cara Merawat Ikan Arwana


Mengadaptasikan Ikan

Setelah membeli ikan arwana, jangan langsung masukkan ikan ke dalam akuarium. Hal pertama yang perlu diperhatikan sebagai cara merawat ikan arwana adalah biarkan ikan beradaptasi terlebih dahulu.

Sebelum memasukkannya dalam akuarium, ambil sedikit air dalam akuarium lalu masukkan ke dalam bungkus plastik ikan arwana.

Biarkan air dalam kantong plastik bercampur dengan air dari akuarium. Setelah ikan arwana mampu beradaptasi dengan air dalam akuarium, masukkan ikan arwana bersamaan dengan air di kantong plastiknya di akuarium.

Perubahan habitat yang medadak dapat membuat ikan menjadi stres dan tidak nyaman.

Perhatikan Makanan Ikan Arwana

Tidak hanya manusia, makanan merupakan unsur yang paling penting untuk setiap makhluk hidup. Cara merawat ikan arwana yang paling penting adalah pemilihan makanannya.

Ikan arwana merupakan ikan yang tergolong sebagai predator. Oleh sebab itu, kalian bisa memberikan ikan kecil, cacing, atau hewan berukuran kecil lainnya.

Baca Juga : Cara Merawat Ikan Koi

Selain pemilihan makanan, hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah intensitas pemberian makanan. Sebaiknya berikan makan ikan arwana setiap dua kali dalam sehari.

Berikan porsi secukupnya sesuai ukuran ikan yang dipelihara. Porsi makanan yang berlebihan akan menyebabkan ikan menjadi sakit. Memberi ikan arwana lipan sesekali sebagai menu makanan akan memperindah sisiknya.

Kebersihan Akuarium

Cara merawat ikan arwana selanjutnya adalah menjaga kebersihan akuarium. Lakukan pembersihan kotoran setiap hari menggunakan penyedot atau jaring. Kotoran yang tidak dibersihkan secara rutin akan membuat habitan ikan arwan menjadi terganggu.

Tidak hanya kotoran, air yang ada pada akuarium juga perlu diganti secara rutin. Sisa kotoran dan makanan di dalam akuarium akan membuat air dalam akuarium mengandung sedimen.

Sedimen sendiri merupakan benda padat yang mengendap di dalam air. Banyaknya sedimen di dalam akuarium dapat mempengaruhi kesehatan ikan arwana.

Saat mengganti air, sebaiknya lakukan secara bertahap agar ikan tidak merasa terganggu. Hal tersebut juga berlaku saat membersihkan akuarium. Air yang digunakan juga harus diendapkan selama satu malam terlebih dahulu untuk menjaga kejernihan air.

Penempatan Akuarium

Hal yang perlu diperhatikan saat merawat ikan arwana di dalam akuarium adalah penempatannya. Ikan arwana membutuhkan lingkungan yang tenang untuk bisa tumbuh dengan baik.

Oleh sebab itu, letakkan akuarium di tempat yang tenang dan tidak terlalu sering dilalui orang. Ikan arwana bisa cepat menjadi stres saat berada di lingkungan yang ramai dan bising.

Baca Juga : Cara Merawat Ikan Lele Indukan

Setelah membeli ikan arwana, biasanya ikan membutuhkan waktu sekitar satu minggu untuk beradaptasi. Oleh karena itu, tutup dinding akuarium menggunakan kertas agar ikan mampu menyesuaikan lingkungan hidupnya secara perlahan.

Kalian bisa membuka kertas penutup setelah ikan dapat menerima kehadiran pemilik baru serta lingkungan barunya.

Tahukah Kamu? Bahwa Ikan Arwana mempunyai mitos pembawa keberuntungan dan Ikan Arwana merupakan Ikan Purba yang telah lama hidup jutaan tahun yang lalu

Pencahayaan Akuarium

Pencahayaan dalam akurium merupakan hal yang penting dalam kehidupan ikan arwana. Usahakan akurium berada pada tempat yang bercahaya terang.

Perhatikan pula cahaya pada lampu TL agar ikan tidak merasa kepanasan. Sesuaikan pemilihan lampu dengan ukuran akuarium yang digunakan.

Jumlah Ikan

Tidak hanya ukuran akurium yang perlu diperhatikan, jumlah ikan di dalam akuarium juga perlu diperhatikan pula. Jumlah ikan dapat mempengaruhi pergerakan ikan di dalam akuarium.

Jumlah ikan yang banyak ketika saat masih kecil tentu tidak akan mengganggu habitat dan pergerakannya. Akan tetapi, saat tumbuh dewasa jumlah ikan arwana yang terlalu banyak dalam satu akuarium akan menghambat pergerakannya.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai cara merawat ikan arwana di dalam akuarium. Usia ikan arwana yang dipelihara tentu akan mempengaruhi perawatan yang harus dilakukan terhadapnya.  

Sesuaikan perawatan ikan berdasarkan usia dan jenisnya.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram TrikMerawat.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Penulis.

TrikMerawat Extraordinary Man!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *